Satbinmas Polres Batu Beri Penyuluhan Kepada Distributor Kembang Api

Satbinmas Polres Batu Beri Penyuluhan Kepada Distributor Kembang Api

Satbinmas Polres Batu Beri Penyuluhan Kepada Distributor Kembang Api

Batu – Polres Batu terus meningkatkan pengamanan situasi diwilayahnya agar tetap aman dan kondusif di Bulan suci Ramadhan seperti pada saat ini.

Kasat Binmas AKP Diana Pudjiastuti, SH menindak lanjuti perintah Kapolres Batu AKBP Leonardus Simarmata, S.Sos, S.I.K, M.H untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada distributor kembang api sehingga selama bulan Ramadhan ini tidak ada korban jiwa akibat menyambuat dan memeriahkan hari raya Idzul Fitri 1438 H dengan merayakan pesta kembang api.

Di area pertokoan Batu Plaza PS. Kanit Binpolmas Aiptu Sudarmadji dan PS. Kanit Bintibmas Aiptu Endro Supriyono melakukan binluh kepada Ibu Sri, distributor kembang api dan memberikan himbauan, Selasa (13/06/2017).

Dalam himbauan agar distributor yang sudah lama bekerja sebagai penjual kembang api yang meliputi area Malang raya ini tiap memasuki bulan Ramadhan dan tahun baru tidak menjual mercon dan bahan peledak untuk pembuatan petasan karena sangat membahayakan keselamatan jiwa bahkan nyawa bisa melayang akibat petasan.

Sudah banyak contoh akibat mercon atau petasan di Dau Kab Malang akibat membuat petasan pelaku meninggal dunia dan rumahnya hancur akibat ledakan.

Bila melayani agen-agen agar lebih selektif dan upayakan beri pengetahuan dulu bahaya dan dampak kembang api yang mengandung unsur ledakan karena kalau disalahgunakan unsur ledakannya diarahkan kepada orang atau bangunan rumah bisa terbakar.

Kasat Binmas berharap dengan binluh kepada distributor, agen-agen atau penjual kembang api dapat memahami dampak atau bahaya yang ditimbulkan akibat ledakan sehingga bisa disampaikan kepada pembeli untuk lebih berhati-hati.