Tim Puslitbang Mabes Polri, Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Kepada Polri

Tim Puslitbang Mabes Polri, Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Kepada Polri

Humas Polres Batu Kamis tanggal 05 April 2017 jam 16.40 s/d 17.44 Wib di Mapolres Batu Jl. Bhayangkari Kec. Junrejo Kota Batu , telah dilaksanakan kegiatan Puslitbang Mabes Polri Tema “Peningkatan Kepercayaan Masyarakat kepada Polri di Polres Batu” yang di ikuti -/+30 Org Personel.

Adapun yang hadir dalam giat, Sbb : Kombes pol. Drs. Burdin Hambali ketua Tim PusLitbang Mabes Polri. DR. Witta dari Mabes Polri. Kompol Siti Azizah Mabes Polri. Dua Anggota TIM Pulitbang Mabes Polri.Kapolres Batu AKBP Leonardus Simarmata. S.Sos.SIK.MH.
Waka Polres Batu Kompol Mudawaro.
Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira jajaran Polres Batu.

Dalam acara pertama Sambutan Kapolres Batu AKBP Leonardus Simarmata. S.Sos, SIK,MH. Intinya bahwa ucapan selamat datang Ketua Tim Puslitbang Mabes Polri di Polres Batu.Mohon petunjuk arahan untuk giat penelitian di Polres Batu demi kemajuan Reformasi Polri kedepan.Permohonan maaf kepada Tim Litbang Mabes apa bila dalam penyambutan kurang berkenan.

Sambutan kedua oleh ketua Tim Puslitbang Kombes Pol Drs. Burdin Hambali intinya judul penelitian di Polres Batu adalah kepercayaan masyarakat kepada Polri.Bahwa tingkat kepercayaan masyarakat di wilayah Kota Batu sangat tinggi.Puslitbang Polri di Tahun 2000 tingkat kepercayaan masyarakat sangat rendah.Di Tahun 2016 mencapai peningkatan 17% dalam kepercayaan masyarakat kepada Polri .Perlunya di tingkatkan kinerja Polri dengan Profesionalisme di lapangan. Pembenahan mental dan Sikap di setiap Anggota untuk mencapai kepercayaan kepada Polri.Khusunya di Fungsi pelayanan Satlantas baik Pelayanan SIM dan penanganan pelanggaran di jalan (Tilang ) harus di rubah baik mental dan sikap personilnya.Aspek Insuler artinya masyarakat mendapatkan pelayanan yg baik dr Polri.

Pemberian Materi diskusi oleh Dr. Witta tentang pelayanan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri.
Untuk hasil penelitian di berbagai Polres bahwa Anggara Unit Reskrim hanya 5,6 bulan sudah habis di serap.Tetang IT di pelayanan On Line seperti SKCK, dan pelayanan di Samsat perlu di perbaiki secara baik.Bagaimana tanggapan Kapolres tentang Saber Pungli di lingkungan di Internal Polri contoh: Uang Bensin yg di berikan oleh Babinkamtibmas untuk Patroli wilayah.

Tanggapan Kapolres Batu tentang Anggaran, Inovasi, dan Program Saber Pungli. Anggaran bahwa tidak serta merta kurangnya Anggaran, namun kurangnya Profesionalisme di Lingkungan suatu Polres tertentu dalam menyerap anggaran.Terkait dengan Reskrim sudah mulai ada perubahan lebih Baik dan Profosionalisme.Tetang Inovasi alangkah baiknya lebih di ciptakan bersama bukan sendiri sendiri.
Terkait dg Program Saber Pungli sudah di lakukan cukup baik di Kota Batu, namun pasti ada dampak negatif tentang Polri, namun kami tetap Konsisten.Saber Pungli di Lingkungan Polri kami tidak terlalu menanggapi terkait masalah Uang bensin untuk Babinkamtibmas dari Masyarakat & pemahaman terkait dg Uang Tips di internal Anggota dg pembinaan Kasipropam.

Tanggapan Kasat lantas terkait dengan Aplikasi Modern di pelayanan fungsi Lantas tentang E- tilang kami masih kebingungan dalam mensosialisakannya, karena Belum bisa melakukan Aplikasi E- tilang sesuai yang di harapkan Polri, dg keterbatasan masyarakat Batu yang menggunakan Aplikasi Modern sehingga menghambat dalam melakukan penindakan E- Tilang.Denda E-Tilang hanya dua hari kami lakukan kami Stop karena pembayaran denda tilang E-Tilang beda dg Persidangan.Kami juga melakukan penindakan Pelanggaran E-Tilang masih tebang pilih.Apapun kendalanya kami tetap berupaya melakukan yg terbaik dan semakin menambah kepercayaan masyarakat kepada Polri.

Tangapan Kasat Reskrim kaitannya tentang Saber Pungli sesuai dg Perintah Mentri dalam negeri agar segera di bentuk Saber Pungli kami sudah lakukan.
Untuk kegiatan Pungli mulai dr nilai nominal terendah.Saat kami melakukan OTT hanya nominalnya hanya sedikit tapi di lakukan secara terus menerus.Polres Batu di Tahun 2017 sudah melakukan penindakan pelanggaran Pungli sudah dua kali.Agar di buat Kreteria dan di bedakan antara hadiah atau Pungli.

Tanggapan Kasat Intelkam terkait dengan SKCK Online bagaimana cara pengoprasionalkanya alat SKCK online dari Mabes agar Singkron dg alat yang di Polda.Untuk data yg masuk di komputer kami hanya daftar Perna melakukan Pidana namun daftar DPO belum masuk.
Pendaftaran SKCK hanya membawa bukti pendaftaran SKCK, saat pindah Propinsi kami tidak mengetahuinya.
Diharapakan pemohon SKCK On Line mintak berkas persyaratan Formal RT, RW.Dengan mengakhiri sesi tanya jawabnya.