Kapolres Batu Hadir Dalam Sosialisasi Dan Penguatan P4GN Oleh Kepala BNN-RI

Kapolres Batu Hadir Dalam Sosialisasi Dan Penguatan P4GN Oleh Kepala BNN-RI

Kapolres Batu Hadir Dalam Sosialisasi Dan Penguatan P4GN Oleh Kepala BNN-RI

Batu – Kegiatan sosialisasi dan penguatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba oleh Kepala BNN RI Komjen Pol Drs. Budi Waseso, dilaksanakan di Markas Divisi 2 Kostrad Singosari dihadiri oleh pimpinan dan perwakilan anggota TNI-Polri se jajaran Malang Raya, kurang lebih 1300 personil, Jumat 21/4/2017.

Panglima Devisi 2 Kostrad Mayjen Benny Susianto, S.Ip yang diwakili oleh Kepala Staf Brigjen Syafrial, psc, M.Tr (Han) mengapresiasi dan menyambut baik sinergitas yang dilakukan oleh BNN dalam memerangi Narkoba seperti yang telah digagas oleh Komjen Pol Budi Waseso.

Kepala Staf Devisi 2 Kostrad juga menyampaikan bahwa ancaman Narkoba juga merupakan kejahatan “Extraordinary Crime” yang harus diperangi bersama seperti disampaikan oleh Presiden RI bahwa “Indonesia darurat Narkoba”, berarti semua komponen negara dilibatkan dalam memberantasnya.

Selanjutnya Kepala BNN menceritakan sejarah berdirinya lembaga yang dipimpinnya bermula dilahirkan untuk membantu Polri dalam memberantas Narkoba, yang berkembang menjadi bagian kekuatan negara untuk memerangi Narkoba di Indonesia.

Komjen Buas, sapaan akrabnya, juga menceritakan bagaimana perang Candu pada tahun 1842 yang menghancurkan negara Tiongkok oleh Inggris, dan sekarang sedang terjadi di Indonesia.

Kepala BNN juga menyajikan data korban Narkoba setiap tahun hingga per hari 50 orang meninggal dunia karena Narkoba, 11 negara penyuplai Narkoba ke Indonesia, termasuk Malaysia dan Singgapura, dengan 72 jaringan Internasional juga kerugian negara mencapai Trilyunan rupiah per tahunnya.

Selanjutnya Komjen Buas menyampailan langkah pencegahan/pemberantasan yang telah dan akan dilaksanakan bersinergi bersama TNI-Polri dalam perang melawan bandar Narkoba, dengan mengajukan payung hukum untuk pelibatan TNI.

Dalam kesempatan itu Kepala BNN juga menyampaikan, “tugas TNI adalah perang, dan Presiden telah menyatakan perang melawan bandar Narkoba, oleh karena itu sebagai benteng terakhir dari negara TNI-Polri harus bersinergi berantas Narkoba”, harapnya.

Kapolres Batu Akbp Leonardus Simarmata, S.Sos, S.I.K, M.H bersama Kapolres jajaran Malang Raya dan Komandan Kodim serta prajurit jajarannya dengan penuh antusias mengikuti kegiatan yang dimulai pukul 13.30 s/d 16.30 wib hingga selesai.