Polres Batu Melakukan Pengamanan Pengambilan Sumpah Dan Janji Panitia PPK Dan PPS Oleh Ketua KPU

Polres Batu Melakukan Pengamanan Pengambilan Sumpah Dan Janji Panitia PPK Dan PPS Oleh Ketua KPU

Polres Batu Melakukan Pengamanan Pengambilan Sumpah Dan Janji Panitia PPK Dan PPS Oleh Ketua KPU

Pada hari Rabu tanggal 22 November 2017 mulai jam 09.40 s/d 15.00 wib bertempat di Hall YWI Jl. Oro – or Ombo Kec. Batu Kota Batu telah dilaksanakan kegiatan Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah / Janji Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Batu dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 yang diikuti oleh +/- 150 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain :- Ibu Rochani, S.Pi. M.P (Ketua KPU Kota Batu).- Ashar Chilmi, S. Psi (Komisioner KPU Kota Batu)- Saifudin Zuhri, S.H ( Komisioner KPU Kota Batu)
– Erfanudin, S.Hi (Komisioner KPU Kota Batu)- Mardiono, S.Hi (Komisioner KPU Kota Batu)- Dr. H. Alwi M.Hum (Plt. Sekda Kota Batu)- Suliyanah S.Sos (Ka Kesbang Polinmas Kota Batu)
– Ary Handoko, SH (Kasi Pidum Kejari Kota Batu)- Aldul Rohman, ST dan Ir. Abdul Rokhim (Panwaslih Kota Batu)- KH. Ali Rokhim Zamzani (MUI Kota Batu)- Rohmatullah (Kemenag Kota Batu)
– Thomas Maydo (Sekretaris KPU Kota Batu)- AKP Muhamad Arobi, SH (Kasat Intelkam Polres Batu)- AKP Arinto, SH (Kapolsek Batu)- 15 orang Anggota PPK se Kota Batu- 72 orang Anggota PPS se Kota Batu.- Camat se Kota Batu.- Kepala Desa / Lurah se Kota Batu.

 

. Pembacaan Surat Keputusan KPU Kota Batu oleh Sekretaris KPU Kota Batu :a. Nomor : 01/HK.03.2-KPT/3579/KPU-Kot/XI/2017 tentang Pembentukan dan Penetapan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Rahun 2017 ditetapkan di Batu tanggal 22 November 2017.b. Nomor : 02/HK.03.2-KPT/3579/KPU-Kot/XI/2017 tentang Pembentukan dan Penetapan Anggota Panitia Pemungutan Suara dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Rahun 2017 ditetapkan di Batu tanggal 22 November 2017.

Pengambilan Sumpah / Janji Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 oleh Ketua KPU Kota Batu.6. Pengucapan Kata – kata Pelantikan oleh Ketua KPU Kota Batu. Penandatangan Berita Acara Sumpah / Janji oleh Ketua KPU dan Perwakilan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 oleh Ketua KPU Kota Batu.

. Sambutan Ketua KPU Kota Batu yang intinya adalah :- Ucapan selamat datang kepada Plt. Sekda Kota Batu Dr. H. Alwi M.Hum yang baru saja ditunjuk oleh Gubernur Jawa Timur dan juga mewakili Plt. Walikota Batu.- Memenuhi Pasal 23 dan Pasal 6 sesuai dengan PKPU No. 13 tahun 2017 bahwa anggota PPK dan PPS dibentuk dan diangkat oleh KPU Kab./Kota dan pada hari ijo dilakukan pegangkatan dan pengambilan sumpah janji.- Masa kerja anggota PPK dan PPS selama 8 bulan dan tahapan Pilgub 2018 juga berhimpitan dengan tahapan Pemilu 2019.
– Untuk pembentukan PPK dan PPS dalam Pemilu tahun 2019 akan dilakukan pendaftaran pada bulan Januari 2019.
– Pentingnya pemahaman aturan dalam Pemikada maupun Pemilu sebelum melakukan tugas dan kewajiban sebagai anggota PPK dan PPS.
– Tanggal 22 – 26 November 2017 dilaksanakan tahap penyerahan dukungan bagi calon perseorangan dalam Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018 sehingga dalam tahap tersebut dapat diketahui ada tidaknya calon perseorangan.
– Pembentukan sekretariat PPK diharapkan agar segera dilakukan koordinasi dengan camat dimasing-masing daerah pemilihan demikian juga untuk pembentukan sekretariat PPS agar berkoordinasi dengan Kepala Desa / Lurah untuk penetapan sekretaris.
– Untuk tingkat partisipasi pemilih di Kota Batu kasih menduduki peringkat pertama diwilayah Kota Batu sehingga diharapkan pada Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019 bisa meningkatkan prosentase partisipasi pemilih.

Sambutan Plt. Sekda Kota Batu yang intinya adalah :- Ucapan selamat kepada KPU Kota Batu dan anggota PPK dan PPS yang baru saja dilantik agar dapat melaksanakan tugas dan kewajiban dengan maksimal dan sebaik-baiknya.- Lancar tidaknya pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wail Gubernur Jawa Tumur tahun 2018 sepenuhnya berada pada tangan penyelenggara pemilu mulai dari KPU, PPk dan PPS.- Pemerintah menghimbau kepada seluruh elemen agar mencaga keamanan dan turut serta melancarkan dan mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wail Gubernur Jawa Tumur tahun 2018.- Pemerintah Kota Batu juga siap menyediakan segala keperluan terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wail Gubernur Jawa Tumur tahun 2018.