Kapolres Batu Usulkan Katjoeng Permadi Sebagai Pahlawan Nasional Bersama Sumber Sejarah

Kapolres Batu Usulkan Katjoeng Permadi Sebagai Pahlawan Nasional Bersama Sumber Sejarah

Kapolres Batu Usulkan Katjoeng Permadi Sebagai Pahlawan Nasional

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2017, Kapolres Batu Akbp Budi Hermanto, S.I.K., M.Si Rabu (29/11/2017) ingin mengangkat dan mengusulkan Pahlawan Nasional yang ada di wilayah Hukum Polres Batu tepatnya di wilayah Kec. Pujon Kab. Malang. Kegiatan tersebut diawali dengan kegiatan diskusi/FGD (Focus Grup Diskusi) bersama beberapa sumber sejarah dan penulis sejarah.

Kegiatan dalam rangka peringatan hari Pahlawan tahun 2017 tersebut bertemakan “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri” dan bertempat di Pendopo Kecamatan Pujon Jl. Abd. Manan Wijaya. Pujon dengan diikuti kurang lebih 100 Orang.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain AKBP. Budi Hermanto, S.I.K, M.Si  (Kapolres Batu), Kompol Nurmala, S.H., S.I.K (Wakapolres Batu), PJU Polres Batu, Kapoksek jajaran Polres Batu, Bhayangkari cabang Batu, Mayor Inf. Budi Santoso, Mayor Budi (Pabung Kodim 0818), Ibu Nur Chusniah (Kajari Batu), Ibu Suliyanah (Kakesbangpol Kota Batu) mewakili Plt. Walikota Batu), Ibu Santi (Humas Pemkot Batu), Tengku Lutfiansya (Kasi Intel Kajari Kota Batu), Bpk  Mulyono (Camat Pujon), Serma S. Wibowo (mewakili Danramil Kec. Pujon), Kades se Kec. Pujon, Veteran Polri/TNI, Tomas/Toga/Toda, Ibu Ngaisah selaku saksi hidup dalam perjuangan para Pahlawan, Bpk. Ngatemoen pelaku Sejarah, Bpk. Oesodo Ngarifan pelaku sejarah, Bpk. Supeno adik kandung Bpk. Katjoeng Permadi, Bpk. Saimo pelaku sejarah, Sdr. Ahmad Yanuar Rosadi Komunitas 65391, Sdr. Ahmad Rifai als Mat Berlin Ketua Dewan Kesenian Kota Batu, Sdr. Risky Ika Pradipta Sarjana Psikologi penulis buku sejarah pahlawan di Wil pujon, Bpk. Dr. Ari Sapto M.Hum (Pelaku Sejarah), Keluarga pelaku sejarah, Pelaku Usaha se – Kec. Pujon, PWRI Kec. Pujon dan Para Undangan.

Dalam sambutannya, Kapolres Batu menerangkan bahwa Program kegiatan Fokus Diskusi ini bertujuan untuk mengingat sejarah perjuangan para Pahlawan di wilayah Batu dan Pujon Kab. Malang. Dan mengingatkan kepada kita semua bahwa dengan perjuangan beliaunya inilah, sehingga kita saat ini dapat menikmati kemerdekan.

“Jasa para pahlawan ini seharusnya kita ingat selalu dalam mengisi kemerdekaan, kami akan menggandeng penulis dari Jember dalam membuat buku sejarah perjuangan para pahlawan Polri di wil Kec. Pujon. Dan kami sebagai insan Bhayangkara akan selalu  mengingat jasa para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah” tambah Kapolres Batu.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Batu juga memberikan penghargaan medali dan piagam kepada pejuang, di antaranya kepada Ibu Siti Ngasiah, Bapak Ngatemun, Bapak Saimo adik kandung Katjoeng Permadi, Ahmad Yanuar Rosadi Komunitas 65391, Sdr. Ahmad Rifai als Mat Berlin Ketua Dewan Kesenian Kota Batu, Sdr. Risky Ika Pradipta Sarjana Psikologi penulis buku sejarah pahlawan di Wil pujon.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penanda Tanganan kesepakatan bersama untuk mengangkat Agen Polisi Katjoeng Permadi sebagai pahlawan Nasional oleh Kapolres Batu, para Pelaku Sejarah,  Budayawan, Akademisi, Forpimda Kota Batu dan Forpimda Kab. Malang.