Polsek Batu Polres Batu mengamankan Selamatan Desa kKelurahan Ngaglik

Polsek Batu Polres Batu mengamankan Selamatan Desa kKelurahan Ngaglik

Polres Batu.id- di RW 12 Kel. Ngaglik Kec. Batu diadakan pengamanan kelihatan selamatan bersih Desa. Yg tujuannya melestarikan budaya Kelurahan Ngaglik dan berdirinya atau asal usul Kelurahan Ngaglik
Kelurahan Ngaglik adalah salah satu kelurahan yang  terletak di wilayah kecamatan Batu.  Batas wilayah Kelurahan Ngaglik sebelah utara adalah Desa Sumberejo, Sebelah selatan Kehutanan, sebelah Barat Desa Pesanggrahan , sedangkan sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Sisir.Senin tanggal 15 Mei 2017 mulai pukul 15.00 wib s/d 17.00 wib

Menurut sesepuh Kelurahan Ngaglik Pak Pitut 61 th asal usul nama Desa/Kelurahan Ngaglik  berawal dari kisah. Pada jaman dahulu kelurahan Ngaglik ini adalah salah satu Desa yang terpencil dan posisinya adalah yang paling atas di banding dengan Desa/Kelurahan yang lain dan di huni oleh seorang wanita yang bernama Mbah Sayu Mentaram dengan suaminya. Pada awalnya beliau membuka hutan (babat alas) dan menghuni sebuah gubuk yang satu-satunya dimiliki dan di bangun pada posisi paling atas di sebut juga Rumah Angglik-angglik, sehingga sampai saat ini masyarakat menyebut juga Desa/Kelurahan Ngaglik.

Ada juga yang berpendapat bahwa ada batu yang berdiri di atas batu yang apabila posisi batu yang di atas di sentuh ataupun digoyang tidak akan jatuh hanya oglak-aglik tidak sampai roboh. Hal-hal itulah yang menjadi dasar atau pedoman bahwa Desa/Kelurahan ini terjadi dengan nama-nama dari nenek moyang dari kata-kata “Angglik-angglik dan Oglak-aglik”.

Ada 2 (dua) makam leluhur yang sampai saat ini dianggap keramat oleh warga kelurahan  Ngaglik, yaitu  makam Bu Sri Dewi yang terletak di jalan Ikhwan Hadi (kampung Suketan  belakang kantor Kelurahan) dan makam suami Bu Sri Dewi yaitu mbah Mentaram yang terletak di jalan Ikhwan Hadi (selatan).

Di Kelurahan Ngaglik ada beberapa nama kampung, yang penamaannya mempunyai  cerita yang unik  seperti:  Suketan tempat ini terletak di sebelah utara kantor Kelurahan nama Suketan berasal dari kata Suket atau rumput, dahulu di tempat ini digunakan sebagai pusat penjualan Rumput/Suket. Lokasi tempat ini berada di sekitar jalan Ikhwan Hadi dan jalan Abdul rahman.
•    Klebengan yang berada di sebalah utara jalan Panglima Sudirman tepatnya di jalan Lesti berasal dari kata Keleb atau terendam, dahulu ketika Gunung Bokong meletus daerah ini sempat terendam lahar atau dalam bahasa jawa Keleb.
•    Kampung Hendrik yang  terletak di jalan Darsono Barat berbatasan dengan Desa Pesanggrahan, asal usul nama kampung ini  diambil  dari nama  seorang Warga Negara Belanda yang bernama Hendrik yang  tinggal di kampung ini.
•    Kampung Mul berada di sebelah timur kampung Hendrik atau jalan Darsono Timur, dahulu warga di kampung ini setiap hari selalu mengenakan sarung sebagai ganti jaket atau “kemulan sarung” untuk melindungi tubuhnya dari udara dingin. Mul diambil dari kata Kemul atau selimut.
•    Gang Karate terletak di jalan Suropati adalah tempat pemakaman 8 karateka yang meninggal di pantai Ngliyep pada tahun 1980-an.
•    Gang Garasi adalah tempat garasi dan bengkel mobil. Gang Garasi terletak di jalan Panglima Sudirman.
•    Kampung Tengah adalah kampung yang terletak di tengah-tengah Kelurahan Ngaglik, berada di jalan Ikhwan Hadi Tengah.
•    Gentengan seperti  namanya  Gentengan berasal dari kata Genteng. Dahulu di Gentengan ini adalah tempat pembuatan Genteng untuk atap rumah. Kampung ini berada di Jalan Brantas yang berbatasan dengan kampung Kali putih kelurahan  Sisir. Uniknya di kampung Gentengan ini separuh wilayah Gentengan masuk wilayah kelurahan Sisir dan setengahnya lagi masuk Kelurahan Ngaglik.
•    Kampung Pentil, kampung ini terletak di tempat paling tinggi di kelurahan Ngaglik yakni berada di kaki gunung Panderman kenapa diberi nama pentil karena dahulu tempat ini di tempati oleh para pemulung yang mengumpulkan karet Pentil.
Dalam acara Selamatan bersih Desa tersebut dihadiri sekitar 250 orang yg berjalan sekitar 1 km.
Hadir dalam acara tersubut Kapolsek Batu AKP Arinto Prio Sularso, S.H
Tiga Pilar Kades Desa Ngaglik Yandi galih Pratama spd, Babinsa Kel. Ngaglik sertu Tutut Wicaksono dan Bhabinkamtibmas Kel. Ngaglik Brigadir Ari Yudi. selama giat situasi aman tertib kondusip.

DUM
Kanit Sabhara Polsek Batu