Kapolres Batu go to school

Kapolres Batu go to school


Polres Batu Cyber News – Untuk menambah jiwa nasionalisme, patriotisme dan sikap patuh terhadap hukum peraturan perundang – undangan kepada generasi penerus bangsa, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, S.I.K., M.I.K., menjadi pembina upacara bendera di SMA Al Hikmah Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu dalam rangka Ops Bina Kusuma Semeru 2020. (02/24).

Kegiatan tersebut di hadiri juga oleh Pejabat Utama Polres Batu diantaranya Kompol Idayu S.I.K. ( Kabag sumda polres Batu), AKP Diyana ( Kasat Lantas Polres Batu ), AKP Diana ( Kasat Binmas polres Batu), AKP Hendro T, S.H. ( Kasat Reskrim Polres Batu ), Iptu Yossi ( Kasat Narkoba  Polres Batu ), Iptu Agus Mulyono ( KBO Sat  Binmas Polres Batu ), Iptu Hariyanto ( Kanit Turjawali  Sat Lantas Polres Batu), Iptu Giyanto ( KBO Sat Lantas Polres Batu), Iptu Ivandi Yudistiro ( Paur Subbag Humas polres Batu ), Ipda Widi ( Kanit Reskrim Polsek Bumiaji ), dari pembimbing SMA Al Hikmah Ustadz Dr. Edi Kuncoro M.Pd ( kepala sekolah SMA Al hikmah) beserta 22 Guru SMA Al Hikmah Kota Batu dan para siswa sebanyak 60 orang.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Batu menyampaikan agar pelajar memahami pentingnya Janji Siswa. Bukan hanya sekedar diucapkan ketika upacara saja, namun juga dilaksanakan. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia Kepada Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945, Patuh dan taat kepada orang tua dan guru serta peraturan yang berlaku, bersifat sopan jujur dan saling menghormati dan turut serta menjaga dan memelihara keamanan ketertiban dan kebersihan sekolah.

“Terdapat lima poin dalam Janji Siswa, diharapkan kepada para pelajar sekalian bisa melaksanakan Janji tersebut dan menjadi pedoman baik di sekolah maupun luar sekolah,” ujar Kapolres.

Kapolres juga mengingatkan agar para siswa fokus belajar dan tidak terpengaruh dengan isu yang beredar saat ini, “Tolong saya minta di SMA Al Hikmah termasuk adik – adik tidak ada yang melakukan bully apapun bentuknya kepada teman – temannya karena jangan sampai adik – adik sekalian yang kena ciduk, karena zaman sekarang era media sosial era keterbukaan semuanya bisa ditelusuri dengan mudah sampai ke alamat yang bersangkutan sampai ke identitas. Apabila menjadi korban jangan pernah takut untuk melapor, jangan disimpan sendiri, melaporlah kepada sekolah, kepada orang tua. Jelaskan kepada kami di kepolisian silakan jangan sampai di simpan sendiri yang dampaknya nanti melebar dan luar biasa merugikan adik – adik sendiri. Jauhi dan jangan main main dengan Narkoba. Isu LGBT jangan sampai ada dan apabila ada teman yang terindikasi dan mengetahui jangan sampai di bully namun kita bimbing dan lakukan pengawasan”.

Kapolres juga mengingatkan kepada para siswa yang sudah berumur 17 tahun wajib memiliki SIM. Nantinya para siswa bisa berkoordinasi dengan anggota Sat Binmas Polres Batu agar di data untuk kemudian dilanjutkan ke Sat Lantas Polres Batu.

“Jika sudah berusia 17 tahun, wajib baginya untuk memiliki SIM. Bukan hanya menggunakan Helm SNI dan pengaman lainnya, SIM dan dokumen kendaraan juga tak kalah penting. Mari kita lengkapi semua demi keamanan dan ketertiban dalam berlalu lintas,” ungkap Kapolres.

Lanjut Kapolres, pihaknya yaitu Kepolisian Negara Republik Indonesia yang berkewajiban untuk memelihara kemanan dan ketertiban dan juga sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat sehingga upaya dari kepolisian untuk bisa mengajak, menghimbau kepada para siswa agar tidak mudah terprovokasi dan tidak mudah terpengaruh dengan ajakan – ajakan yang tidak sesuai.
 
“Saya berharap kepada adik-adik semua sebagai generasi penerus bangsa nantinya akan menjadi pemimpin pemimpin negara, karena Indonesia sangat membutuhkan orang orang yang cerdas sehingga untuk fokus dalam proses belajar. Tidak perlu terlibat dalam kegiatan yang bertentangan dengan hukum serta jangan rusak masa depan dengan menerima ajakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang sifatnya dapat melanggar hukum,” tutur Kapolres Batu.

Dengan adanya Police go to school yang dilakukan oleh kepolisian kepada siswa SMA dan SMK di Kota Batu agar para siswa memahami isu yang sedang beredar saat ini dan tidak mudah ikut terpovokasi dengan isu yang beredar maupun berita hoax serta dapat memberikan dampak positif bagi para siswa.
 
Sebagai penutup rangkaian kunjungan, Kapolres Batu memberikan Helm SNI kepada perwakilan Pelajar dan Guru SMA Al Hikmah Kota Batu dan dilanjutkan Foto Bersama. (Denmaz).
 
 
Polres Batu Cyber News
Polres Batu galakkan patroli di songgoriti

Polres Batu galakkan patroli di songgoriti

Polres Batu Cyber News

Sat Sabhara Polres Batu menggalakkan patroli malam hari untuk meminimalisir timbulnya aksi kejahatan jalanan pada malam hari. Hal tersebut terlihat pada malam hingga menjelang Subuh. (22-02-20).
Dalam Patroli yang dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara AKP Achmad Zainuddin, S.H., M.M., bersama dengan 6 ( enam ) anggotanya. Dengan sasaran di sepanjang jalan yang rawan terjadi kejahatan jalanan baik premanisme maupun tindak kriminalitas lainnya.

Patroli yang di lakukan pada malam hari ke sejumlah wilayah sepi dan rawan terjadinya aksi tindak kejahatan tersebut, dilakukan dengan mengendarai 3 ( tiga ) mobil patroli back bone.

Selain itu, petugas juga memperhatikan situasi dan kondisi dengan seksama. Jika mendapati orang yang mencurigakan, petugas tidak segan untuk memeriksanya.
Terlihat di daerah Klemuk Songgoriti Kota Batu, melintas kendaraan Pick up dengan muatan Sapi pada tengah malam, petugas langsung menghentikan dan memeriksanya.

“Kita hentikan kendaraan tersebut, kita periksa muatannya. Kita sifat antisipasi jangan sampai barang hasil tindak pidana diangkutnya,” Kata Zainuddin.
Tidak tertinggal juga para pemuda yang nongkrong di sekitar Among Tani jadi sasaran pemeriksaan.

“Pemuda ini calon penerus bangsa, kita periksa dan kita himbau. Jangan sampai mereka salah pergaulan. Apalagi sampai menggunakan narkoba. Pokoknya jangan dech”, tambahnya.

Secara terpisah Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, S.I.K., M.I.K menyampaikan, “Kami memerintahkan seluruh personil Polres Batu untuk maksimal menjaga dan melayani masyarakat. Termasuk menindak tegas semua pelaku kejahatan di wilayah hukum Polres Batu”. (Denmaz)

Polres Batu Cyber News
Pupuk solidaritas anggota Polres Batu

Pupuk solidaritas anggota Polres Batu

Polres Batu Cyber News – Untuk memelihara kebersihan markas, personil Polres Batu bahu membahu melaksanakan erja bakti bersama, (22/2).

Hal ini dilakukan Anggota Polres Batu guna menjaga kebersihan dan kenyamanan markas sebagai central office kegiatan kepolisian di Kota Batu.
Dalam melaksanakan kegiatan kerja bakti bersama tersebut seluruh personel membersihkan lingkungan baik didalam ruangan kerja maupun di halamaan sekitar markas, kegiatan tersebut dilakukan personil Polres Batu setelah pelaksanaan apel pagi dipimpin oleh Wakapolres Batu Kompol Suharsono, S.H.

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, S.I.K., M.I.K., melalui Wakapolres Batu mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan sebagai implementasi dari program pimpinan dalam rangka program peduli lingkungan.
Dalam melaksanakan kegiatan kerja bakti bersama tersebut seluruh personel membersihkan lingkungan baik didalam ruangan kerja maupun di halamaan sekitar markas, kegiatan tersebut dilakukan personil Polres Batu setelah pelaksanaan apel pagi dipimpin oleh Wakapolres Batu Kompol Suharsono, S.H.

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, S.I.K., M.I.K., melalui Wakapolres Batu mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan sebagai implementasi dari program pimpinan dalam rangka program peduli lingkungan.
Selain itu, Wakapolres Kompol Suharsono, S.H dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan korvei atau membersihkan lingkungan sesuai program pimpinan Polresta Bandung yaitu Program peduli lingkungan tujuanya untuk menanamkan kedisiplinan dan meningkatkan solidaritas antar anggota Polres Batu terhadap kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan khususnya tempat kerja.

“Dengan adanya lingkungan yang bersih maka akan tercipta rasa nyaman bagi anggota terutama pada saat memberikan pelayanan kepada warga masyarakat” terangnya. (Denmaz).

Polres Batu Cyber News

” Maksimalkan namun jangan dipaksa “, pesan Kapolres Batu dalam pelaksanaan TKJ SMT I tahun 2020

” Maksimalkan namun jangan dipaksa “, pesan Kapolres Batu dalam pelaksanaan TKJ SMT I tahun 2020

Polres Batu – Kapolres Batu Akbp Harviadhi Agung P, SIK, MIK memberikan petunjuk kepada Paurlat Polres Batu, agar setiap 6 Bulan sekali melaksanakan tes kesamaptaan jasmani bagi seluruh anggota Polres Batu baik Perwira maupun Bintara dan PNS Polres Batu beserta jajarannya untuk untuk mengetahui tingkat paerkembangan kondisi kesamaptaan jasmani seluruh anggotanya.

Menindaklanjuti surat telegram dari Kapolda Jatim dan petunjuk dari Kapolres Batu, Paurlat Polres Batu Ipda Supriadi menerbitkan Surat Perintah kepada seluruh anggota Polres Batu agar melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani yang dimulai pada tanggal 18 Februari 2020

Pada pagi ini Polres Batu melaksanakan TKJ tahap Satu yang diikuti oleh kurang lebih 100 peserta dari masing – masing Satfung di Polres Batu dan Polsek jajaran. Sebelum melaksanakan tes kesamptaan jasmani calon peserta TKJ terlebih dahulu melaksanakan absensi dan mengisi formulir TKJ sesuai dengan golongan yang telah ditentukan. Rabu/18-02-2020/08.30 Wib.

Dilihat dari faktor usia, Calon peserta TKJ dibedakan menjadi 4 golongan yaitu golongan 1 untuk peserta dengan usia 18-30 Th, golongan 2 untuk peserta dengan usia 31-40 Th, golongan 3 untuk peserta dengan usia 41 – 50 Th dan golongan 1 untuk peserta dengan usia 51-58 Th.

Calon peserta TKJ diwajibkan untuk mengikuti tes kesehatan oleh Urkes Polres Batu dan selanjutnya apabila dinyatakan lolos dari tes kesehatan anggota calon peserta diberikan nomer peserta tanda untuk persiapan mengikuti giat TKJ. Adapun beberapa tes yang dilaksanakan oleh Baglat Polres Batu mulai dari lari sprint 12 menit, push up maksimal 1 menit, pull up maksimal 1 menit, sit up maksimal 1 menit  dan shuttle run dengan jarak 6X10 M.

Komponen yang diukur dalam kesamaptaan jasmani lari selama 12 menit adalah daya tahan otot (muscle endurance) dan cardio respriratory (meliputi daya tahan jantung, pernafasan dan peredaran darah). Sedangkan dalam kesamaptaan jasmani untuk push up, pull up, sit up dan shuttle run yang diukur adalah kekuatan dan daya tahan lengan bagian dalam (untuk pull up/chinning), kekuatan dan daya tahan serta fleksibilitas otot perut (untuk sit up), kekuatan dana daya tahan otot lengan bagian luar (untuk push up) serta kecepatan, kelincahan dan keseimbangan tubuh (untuk shuttle run).

Ada Beberapa catatan yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan TKJ, mulai dari faktor cuaca, kondisi kesehatan peserta dan Kesiapsiagaan petugas kesehatan/paramedis.

“Saya himbau kepada rekan – rekan peserta TKJ agar saat melaksanakan TKJ sesuai dengan kemampuannya dan jangan terlalu dipaksa karena rekan – rekan yang tahu kondisi kesehatannya masing – masing” pesan Kabag Sumda Kompol Idayu mengakhiri arahanya mewakili Kapolres Batu.

Bhabinkamtibmas hobby budidaya ikan

Bhabinkamtibmas hobby budidaya ikan

Polres Batu Cyber News – Bhabinkamtibmas Polsek Junrejo Bripka Radityo melaksanakan kegiatan sambang serta dialogis ke rumah pak suwarno pemilik budidaya ikan air tawar di Dusun Ngukir Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu serta sampaikan himbauan kamtibmas, (2/16).

Dengan menyampaikan pesan – pesan
kamtibmas secara ramah dan sopan, Bhabinkamtibmas sangat di segani para warga, dengan ciri khasnya yang humoris membuat masyarakat lebih nyaman di dalam
melakukan koordinasi dan kerjasama dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar.

Dari hal tersebut membuat warga sangat berantusias tinggi di saat diadakannya giat – giat kepolisian.

Dengan upaya dan giat sambang yang rutin di lakukan oleh  Bhabinkamtibmas ini dapat membuat jalinan silaturahmi dengan masyarakat serta sinergitas yang selama ini sudah cukup baik dapat menjadi lebih baik
lagi.

Sambang ini juga bertujuan untuk mendengarkan keluh kesah atau permasalahan yang dirasakan masyarakat, sehingga bisa bersama – sama untuk mencari cari jalan keluarnya sehingga tercipta susana lingkungan yang kondusif.

Kapolsek Junrejo AKP Setyo Krestianto menambahkan bahwa, ” Kegiatan sambang ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh para Bhabinkamtibmas demi terpeliharanya keamanan dan
ketertiban di masyarakat”. (Denmaz)

Polres Batu Cyber News
Polwan Polres Batu bantu korban laka

Polwan Polres Batu bantu korban laka


Polres Batu Cyber News – Dalam tugasnya sehari – hari Polisi Pariwisata dibawah naungan Sat Sabhara Polres Batu rutin melaksanakan patroli ke kawasan wisata dan Obyek Vital lainnya seperti kantor pemerintahan serta perhotelan.
 
Dipimpin Kanit Pam Obvit Ipda Mawang, Polisi Pariwisata Sat Sabhara Polres Batu melaksanakan patroli wisata di wilayah Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Mulai dari wisata petik apel, Coban Talun hingga wisata Selecta. (15/02)
 
Dalam tengah perjalanannya, unit Polisi Pariwisata menjumpai seorang pengendara sepeda motor terjatuh akibat kelalaiannya. Tepatnya ditanjakan yang menikung di sekitar Bumiaji Kota Batu.
 
Dengan sigap petugas langsung turun menolong korban dan segera membawa korban ke rumah sakit terdekat guna mendapat pertolongan secepatnya.

Kepada awak media teman korban mengatakan, “Tadi kita tidak tahu persisnya, tahu tahu motornya waktu menikung oleng, trus terpental. Untunglah ada Ibu Polisi itu, teman saya cepat diantar ke Rumah Sakit”.
 
Secara terpisah Kasat Sabhara Polres Batu melalui Kanit Pam Obvit Ipda Mawang S.Pd menyampaikan, “Sepanjang Bumiaji Sampai Cangar, banyak tikungan dan tanjakan, kami berharap masyarakat lebih berhati – hati dalam berkendara. Disamping itu akhir – akhir ini cuaca kurang bersahabat,” himbaunya. (Denmaz)
 
Polres Batu Cyber News
Polres Batu Stop Pungli. Ada apa …?

Polres Batu Stop Pungli. Ada apa …?


Polres Batu Cyber News – Pungutan liar termasuk dalam kategori kejahatan jabatan, di mana dalam konsep kejahatan jabatan dijabarkan bahwa pejabat demi menguntungkan diri sendiri atau orang lain, menyalahgunakan kekuasaannya untuk memaksa seseorang untuk memberikan sesuatu, untuk membayar atau menerima pembayaran dengan potongan, atau untuk mengerjakan sesuatu bagi dirinya sendiri.
 
STOP PUNGLI, slogan inilah yang yang sedang di gencarkan oleh Polres Batu.

Pada kegiatan sosialisasi yang di gelar oleh Unit Tipidkor Sat Reskrim Polres Batu di Ruang Rupatama kali ini (15/02/20), Kanit Tipidkor Aipda Yudik, S.H., memaparkan bahwa secara umum terjadinya pungli disebabkan oleh :
 
1.    Adanya ketidakpastian pelayanan sebagai akibat adanya prosedur pelayanan yang panjang dan melelahkan sehingga masyarakat menyerah ketika berhadapan dengan pelayanan publik yang korup.
 
2.    Penyalahgunaan wewenang, Jabatan atau kewenangan yang ada / melekat pada seseorang.
 
3.    Faktor ekonomi, Penghasilan yang tidak mencukupi kebutuhan hidup atau tidak sebanding dengan tugas / jabatan yang diemban membuat seseorang terdorong untuk melakukan pungli.
 
4.    Faktor kultural & Budaya Organisasi yang terbentuk dan berjalan terus menerus di suatu lembaga agar pungutan liar dan penyuapan dapat menyebabkan pungutan liar sebagai hal biasa.
 
5.    Terbatasnya sumber daya manusia.
 
6.    Lemahnya sistem kontrol dan pengawasan oleh atasan.

Pasal – pasal yang terkait dengan pungutan liar yang telah disebutkan di atas kemudian diakomodir dalam menyusun Undang – Undang No. 31 Tahun 1999 yang diperbaharui dengan UU No 20 Tahun 2001, dalam pasal penerimaan hadiah (gratifikasi).

Upaya dalam memberantas Pungli dapat dilakukan melalui beberapa kegiatan seperti:
 
1.    Meningkatkan pelayanan publik berupa memangkas waktu pelayanan, memangkas jalur birokrasi, memberlakukan system antri (queueing system), memasang tarif yang berlaku terkait dengan pembayaran pelayanan, serta transparan.
 
2.    Mengedukasi masyarakat dalam bentuk kampanye publik untuk tidak memberi tips kepada Petugas Pelayanan, Mau mengantri dengan tertib untuk mendapatkan pelayanan.
 
3.    Kontrol dari atasan langsung yang lebih sering.
 
4.    Adanya inspeksi berkala dari pihak Atasan.
 
Kapolres Batu AKBP Harviadhy Agung Prathama, S.I.K., M.I.K., melalui Wakapolres Batu Kompol Suharsono, S.H., dan di dampingi oleh Kabag Ops Kompol Endro Sujiat, S.H.,M.M.,M.H., mengatakan bahwa “Sosialisasi STOP PUNGLI ini sebagai komitmen bersama Polres Batu dalam memberantas pungutan liar di wilayah hukum Polres Batu, Kami tak segan – segan  tindak tegas bagi anggota Polres Batu yang menerima pungli” imbuhnya. (Denmaz)
 
Polres Batu Cyber News
Polres Batu gelar Lat Pra Ops Bina Kusuma Semeru 2020

Polres Batu gelar Lat Pra Ops Bina Kusuma Semeru 2020


Polres Batu Cyber News – Untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel, Polres Batu  melaksanakan Kegiatan Lat Pra Ops Bina Kusuma Semeru 2020 yang dipimpin langsung oleh Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, S.I.K., M.I.K., di damping oleh Waka Polres Batu Kompol Suharsono, S.H., dan Kabag Ops Polres Batu Kompol Endro Sujiat, S.H, M.M., M.H., bertempat di ruang Rupatama Polres Batu. (15/2/20).

Dalam kegiatan tersebut di hadiri  oleh para Kapolsek jajaran Polres Batu, Kasat Binmas, Kasat Intelkam serta personil yang terseprin dalam Oprasi Bina Kusuma semeru 2020.

Kapolres Batu menerangkan kepada seluruh peserta latihan bahwa berjalanya Operasi Kepolisian yang berlangsung selama 15 hari dimulai tanggal 17 Februari s/d 2 Maret 2020 dengan sandi “Bina Kusuma semeru 2020” ini  untuk menekan terjadinya gangguan kamtibmas khususnya Premanisme, Prostitusi, Kenakalan remaja, Penyalahgunaan Narkoba, KDRT, Perkelahian antar kelompok masyarakat, Pencegahan penyakit masyarakat, Kekerasan terhadap perempuan dan anak serta gangguan kamtibmas lainnya di wilayah hukum Polres Batu.

“Lat Pra Ops ini sangat penting, guna mengecek kesiap siagaan anggota Polres Batu yang tersprint agar lebih siap dalam pelaksanaan operasi nanti,” ungkapnya.
 
Selain itu juga dimanfaatkan untuk memaparkan petunjuk teknis pelaksanaan dalam operasi agar terjalin sinergitas dari masing – masing satuan yang mendapatkan tugas dalam operasi nanti.

Kabag Ops polres Batu Kompol Endro Sujiat, S.H, M.M., M.H., menyampaikan agar seluruh personil yang terlibat dalam kegiatan ini untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik dengan penuh tanggung jawab sehingga tujuan dari pelaksanaan operasi Bina Kusuma semeru 2020 kali ini dapat tercapai dengan maksimal.
 
“Kepada seluruh personil agar Operasi Bina Kusuma semeru 2020 ini benar – benar  dilaksanakan dengan baik,  selain sasaran yang telah ditentukan juga dapat melaksanakan upaya pencegahan terjadinya gangguan kamtibmas yang lain dengan mengedepankan pembinaan dan penyuluhan masyarakat, sehingga masyarakat dapat ikut serta terlibat dan bekerjasama dengan Kepolisian dalam menjaga kondusifitas wilayah setempat”, ungkap Kabag ops. (Denmaz)
 
 
Polres Batu Cyber News
Sinergitas TNI Polri dengan Masyarakat Desa Pendem

Sinergitas TNI Polri dengan Masyarakat Desa Pendem

Danpos ramil Junrejo Peltu Joko mengungkapkan, kegiatan ini wujud dari sinergitas TNI – Polri dan pemerintah bersama masyarakat dalam mengantisipasi banjir di musim hujan. Gotong royong mempercepat penyelesaian pekerjaan. “Sekaligus menjalin silaturahmi dan kekompakan,” katanya.

Camat Junrejo Arif menjelaskan, kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab bersama. Kerja bakti membersihkan lingkungan bagian dari menjaga dan antisipasi agar tidak terjadi banjir dan bencana lainya. “Saya harap masyarakat Desa Pendem mengembalikan semangat gotong – royong dan kerja bakti, karena itu budaya kita,” katanya. 
Dalam kegiatan kerja bakti turut serta Walikota Batu Hj. Dewanti rumpoko yang sangat mendukung semangat gotong royong masyarakat bersama TNI Polri dalam peduli lingkungan guna antisipasi bencana di Kota Batu.

“Mari kita dukung program antisipasi bencana bersama lintas sektoral tidak hanya Pemerintah Kota Batu, tetapi juga lintas sektoral yang melibatkan Polri, TNI dan masyarakat,” ujar dia.
Turut hadir dalam giat tersebut Dan Pusdik Arhanudse,
Dan Poltekad, Dan Dohar, Kasatpol PP kota Batu bersama anggota, Kades Pendem bersama perangkat desa, Tagana kota Batu, BPBD kota Batu, Karang Taruna desa Pendem, Kasatgas linmas beserta anggota se desa Pendem serta tokoh masyarakat.

(Denmaz)

Polres Batu Cyber News
Pastikan Stok Pupuk Bersubsidi Aman, Bhabinkamtibmas Polsek Junrejo Sambangi Distributor

Pastikan Stok Pupuk Bersubsidi Aman, Bhabinkamtibmas Polsek Junrejo Sambangi Distributor


Polres Batu Cyber News – Bhabinkamtibmas melaksanakan pengawasan proses distribusi pupuk bersubsidi yang mana sudah pasti para petani membutuhkan ketersediaan pupuk untuk tanaman di sawah. (13/2)
 
Seperti halnya yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Junrejo Bripka Radityo yang melaksanakan kegiatan sambang sekaligus monitoring ketersediaan stok di gudang distributor hingga pengecer. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya kelangkaan pupuk bersubsidi di Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu.
 
“Sebagai Bhabinkamtibmas harus berupaya untuk menjamin pasokan pupuk bersubsidi bagi para petani di masing – masing desa, dengan harap tidak ada lagi istilah pupuk langka,” kata Bripka Radityo.

Dalam kegiatan sambangnya di kios milik Mulyono, warga Desa Torongrejo tersebut, untuk saat ini ketersediaan pupuk masih belum ada tambahan. Mengingat sedang musim penghujan.
 
“Stok pupuk saat ini masih mencukupi untuk kebutuhan petani menanam benih padi. Mungkin kedepannya akan ditambah dari distributor sebagai antisipasi kelangkaan pupuk,” ujar Mulyono.
 
Sementara itu, Kapolsek Junrejo AKP Setyo Krestianto mengatakan bahwa menindaklanjuti perintah Kapolres Batu, pihaknya memberdayakan Bhabinkamtibmas untuk selalu cek dan kontrol stok pupuk bersubsidi sebagai antisipasi adanya penyelewengan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
 
“Kami terus tingkatkan pengawasan terhadap penyaluran pupuk subsidi untuk mencegah kekurangan stok. Sekaligus kami ingin memastikan penyaluran pupuk betul – betul  sampai ke petani,” ujarnya.

Kapolsek berpesan, dalam pemenuhan kebutuhan pupuk menghadapi musim tanam, para distributor maupun pengecer untuk senantiasa memperhatikan dan mematuhi peraturan yang berlaku.
 
“Distributor dan pengecer harus memenuhi kebutuhan pupuk bagi petani pada musim tanam secara tepat dan benar. Apabila ada indikasi baik distributor maupun pengecer pupuk yang nakal akan kami tindak sesuai aturan hukum,” tandas Kapolsek Junrejo. (Denmaz).
 
Polres Batu Cyber News