KAPOLRES BATU: LAUNCHING KAMPUNG TANGGUH BERSIH NARKOBA SEBAGAI BENTUK KOMITMEN ” WAR OF DRUGS”

KAPOLRES BATU: LAUNCHING KAMPUNG TANGGUH BERSIH NARKOBA SEBAGAI BENTUK KOMITMEN ” WAR OF DRUGS”

Sat Resnarkoba Polres Batu bergerak cepat menindaklanjuti instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo terkait pembentukan Kampung Tangguh Bersih Narkoba. Komitmen pemberantasan narkoba ini dilakukan dengan melibatkan stakeholder terkait .

“Kami tengah mempersiapan Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) dengan melibatkan pemkot Batu. Kegiatan ini telah dilaksanakan atas perintah Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta ” ujar Kapolres Batu AKBP catur C Wibowo, SIK, MH dalam keterangannya, di Desa Pendem junrejo Batu, Rabu (16/6/2021).

Menurut Kapolres, koordinasi persiapan untuk kegiatan ini secara cepat sudah kita lakukan untuk demi komitmen bersama segera membentuk Kota Batu bersih dari Narkoba.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membangun sinergitas, sebagai aparat negara seyogyanya kita memiliki satu visi terutama dalam rangka komitmen bersama untuk melakukan pemberantasan narkoba,” ungkapnya.

Catur mengungkapkan, tugas pemberantasan narkoba bukan hanya penindakan tapi juga pencegahan dengan melibatkan stakeholder terkait. Dia yakin dengan komunikasi serta koordinasi yang baik pemberantasan dan pencegahan narkoba dapat terlaksana dengan baik. Pencanangan Kampung Tanguh Bersih Narkoba ini adalah salah satu bentuk komitmen tersebut ( pencegahan . Red) .

“Harapannya Kota Batu bisa zero narkoba, ribuan anak bangsa dapat terselamatkan, pemulihan Ekonomi Nasional suatu daerah dapat berjalan dengan baik menuju indonesia bebas narkoba,” katanya.

Wakil Walikota Batu dalam amanatnya mengajak agar semua masyarakat memarangi narkoba dimulai dari diri sendiri .

“Penyalahgunaan narkoba adalah musuh kita semua,  karena sudah mencapai dan meracuni semua golongan dari tingkat masyarakat yang paling redah sampai strata yang tertinggi tak luput dari cengkeramanya , untuk itu marilah kita  bekerjasama baik dengan masyarakat , BNN dan dari Kepolisian dalah hal ini Satresnarkoba Polres Batu , dengan penuh Komitmen untuk memberantas Narkoba.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut adalah Kabid Pembinaan Lapas Lowokwaru Malang Bpk Sugeng Aji dan Kabid Pencegahan BNN Kota Batu Kompol Edi HK .

WASPADA LONJAKAN COVID, POLRES BATU TINGKATKAN OPS YUSTISI DAN SWAB ANTIGEN ACAK KPD MASYARAKAT.

WASPADA LONJAKAN COVID, POLRES BATU TINGKATKAN OPS YUSTISI DAN SWAB ANTIGEN ACAK KPD MASYARAKAT.

WASPADA LONJAKAN COVID, POLRES BATU TINGKATKAN OPS YUSTISI DAN SWAB ANTIGEN ACAK KPD MASYARAKAT.

Polres Batu melalui Satlantas Polres Batu melaksanakan rapid test secara acak kepada masyarakat pengendara yang melintas di Pos 901 Pendem bersama dengan Tim Medis dari Dinkes dan Satpol PP Kota Batu, Selasa (08/06/2021).

Kegiatan Rapid Tes secara acak ini dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Batu AKP Indah Citra Fitriani, S.I.K didampingi Kanit Turjawali Iptu M. Sholeh, dan Kanit Dikyasa Ipda M. Huda. Termasuk dari rekan dari Tim Medis Dinkes Kota Batu dan Satpol PP Kota Batu.

Selain melakukan rapid test, petugas gabungan juga melakukan pembagian masker kepada masyarakat pengendara kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Saat dikonfirmasi Kasat Lantas Polres Batu AKP Indah mengatakan, kegiatan rapid test ini sebagai langkah antisipasi ataupun salah satu upaya dari pihak kepolisian Polres Batu dalam penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polres Batu.

Kegiatan ini akan terus kami laksanakan bersama rekan-rekan yang tergabung dalam penanggulangan virus Covid-19. Dirangkai dengan sosialisasi tertib berlalu lintas dan Prokes Covid-19,” terangnya

Dikatakan juga olehnya, sasaran dalam rapid test ini ialah masyarakat pengendara kendaraan bermotor baik roda maupun roda empat yang berasal dari luar wilayah Malang Raya termasuk dari luar Kota Batu.

“Kami berharap masyarakat selalu mematuhi Prokes Covid-19 mulai dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak fisik. Melihat saat ini penanggulangan penyebaran Covid-19 masih menjadi tugas kita bersama,” ucapnya

Operasi ketupat berakhir, Polres Batu siap melanjutkan Penyekatan .

Operasi ketupat berakhir, Polres Batu siap melanjutkan Penyekatan .

Operasi ketupat berakhir, Polres Batu siap melanjutkan Penyekatan .

Batu – Secara resmi Operasi Ketupat Semeru 2021 telah berakhir Senin (17/5/2021) jam 00.00 Wib, Kendati demikian, penyekatan tetap dilanjutkan hingga 24 Mei 2021 untuk meminimalisir penyebaran Covid-19

Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo, SIK., MH mengakui hal tersebut . Dia mengatakan, mekanisme penyekatan mirip dengan kegiatan Operasi Ketupat Semeru 2021

“Namun bedanya, untuk pelaksanaan penyekatan mulai tanggal 18 Mei sampai dengan 24 Mei 2021 tidak terlalu ketat. Untuk tempat penyekatannya tetap sama, yaitu di Mangir Kasembon perbatasan Kab Malang dan Kediri, Pos Kambal perbatasan dengan Blitar, Pos Garuda Bumiaji dan Pos Chek Point Pendem Batu sedangkan Pos Alun alun dan beberapa pos di tempat wisata difungsikan sebagai pos pemantauan pariwisata” ungkap dia.

Selain melakukan penyekatan, pihaknya juga menggelar kegiatan rapid tes antigen secara random (acak) bagi pengemudi dan penumpang mobil yang akan memasuki wilayah Kota Batu serta.

“Kegiatan rapid test antigen tetap kami lakukan. Kami laksanakan secara random (acak), kita bekerjasama dengan Dinkes” tambahnya.

Sementara itu, menurut Kasat Lantas Polres Batu AKP Indah Citra F , SIK , mengungkapkan, bahwa pihaknya telah siap melaksanakan kegiatan perpanjangan penyekatan tersebut.

“Kami sebagai anggota Polri, siap melaksanakan perintah dari pimpinan. Bila kegiatan penyekatan diperpanjang, kami siap untuk melanjutkan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat. Untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

AKP Zainudin, SH , Kasat Sabhara juga akan menerjukan kekuatan penuh di tempat Wisata.

“Tempat wisata dan pusat keramaian juga tidak akan luput dari pemantauan kami, anggota Sabhara dan Pam Obvit akan kami sebar secara maksimal di Tempat wisata dan pusat keramaian,” ungkapnya

Lanjut, Kegiatan penyekatan akan tetap dilakukan sesuai perintah dari kesatuan atas dan semua ini dilaksanakan secara serentak semua semata mata demi mengurangi resiko penularan virus Covid di masyarakat.

KAPOLRES BATU CEK POS PENYEKATAN DI WILAYAH KASEMBON DAN NGANTANG UNTUK PASTIKAN SEMUA SUDAH SIAP MELAYANI MASYARAKAT

KAPOLRES BATU CEK POS PENYEKATAN DI WILAYAH KASEMBON DAN NGANTANG UNTUK PASTIKAN SEMUA SUDAH SIAP MELAYANI MASYARAKAT

KAPOLRES BATU CEK POS PENYEKATAN DI WILAYAH KASEMBON DAN NGANTANG UNTUK PASTIKAN SEMUA SUDAH SIAP MELAYANI MASYARAKAT

Polres Batu – Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo, S.I.K,. M.H didampingi PJU dan Kapolsek melakukan pengecekan Pos Pengamanan Ops Ketupat Semeru 2021 di wilayah Kasembon dan Ngantang.Kamis (6/5/2021).

Seperti diketahui sebelumya bahwa  pada tahun 2021 ini pemerintah melarang mudik masyarakat seluruh Indonesia dikarenakan untuk mengatisipasi adanya lonjakan bertambahnya pasien terkonfirmasi positif Covid 19 di daerah.

Sebelumnya, dalam apel gelar pasukan Rabu, (5/5/2021) Kapolres Batu menyebutkan, Apel ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya, sejalan dengan hal tersebut hari ini Kapolres menindak lanjuti dengan melakukan pengecekan Pos Pam di wilayah perbatasan Kasembon dan Kediri.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Batu bersama Kapolres Kediri memantau langsung pelaksanaan tugas pengamanan yang dilakukan oleh aparat gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Petugas Kesehatan.

“Jaga soliditas dan kekompakan petugas yang terlibat pengamanan ini, sehingga mampu mengatasi berbagai kendala dan dapat menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Lakukan tugas sesuai SOP yang ada, utamakan keselamatan dalam bekerja. Semoga Allah selalu melindungi dan mencatat kerja kita sebagai ladang ibadah,” tutur Kapolres Batu

AKBP Catur berharap segala upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 tersebut mendapat didukung penuh dari setiap warga negara, yaitu dengan taat dan patuh serta disiplin dalam menerapkan prosedur kesehatan.

“Berbagai upaya yang kita lakukan akan sia-sia jika masyarakat tidak disiplin dalam menerapkan prosedur kesehatan, untuk itulah kita harapkan peran serta masyarakat, yaitu dengan disiplin menaati instruksi pemerintah,” pungkas Kapolres Batu

Seperti diberitakan sebelumya, bahwa keinginan masyarakat untuk melaksanakan mudik sulit untuk ditahan. Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, apabila Pemerintah tidak melaksanakan larangan mudik maka akan terjadi pergerakan orang yang melakukan perjalanan mudik sebesar 81 juta orang.

“Namun setelah diumumkannya larangan mudik, masih terdapat 7% atau 17,5 juta orang yang akan melaksanakan mudik. Oleh karena itu, kegiatan Operasi Ketupat-2021 harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh jajaran dalam rangka menempatkan keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi,” lanjut dia.

Tak lupa dalam pelaksanaan tugas tetap jaga kesehatan, berikan pengertian kepada masyarakat secara tegas namun tetap humanis sehingga masyarakat benar benar memahami bahwa Larangan Mudik tahun ini memang bertujuan untuk menekan penyebaran Covid 19 di masyarakat .

Bagikan 1000 takjil, Kapolres juga sisipkan pesan agar masyarakat tidak mudik

Bagikan 1000 takjil, Kapolres juga sisipkan pesan agar masyarakat tidak mudik

Bagikan 1000 takjil, Kapolres juga sisipkan pesan agar masyarakat tidak mudik

Polres Batu bersama jajaran melaksanakan giat Gebyar 1.000 Takjil. Total ada 2.000 takjil secara serentak dibagikan kepada masyarakat, Sabtu (17/04).

Kegiatan dimulai pada pukul 14.00 WIB dan dipimpin langsung Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo didampingi Pejabat Utama (PJU) Polres Batu. Tampak Kapolres menyerahkan bantuan sembako (beras) kepada beberapa kusir dokar yang ada di sekitar alun-alun serta takjil dan bingkisan. Tak luput semua kendaraan yang melintas di depan pos lantas alun-alun juga mendapat takjil dari petugas kepolisian.

Wakapolres Batu, Kompol Suharsono, mengatakan ada 1.000 takjil dibagikan di seputaran Alun-alun Batu dan 1.000 takjil yang diberikan melalui 6 Polsek jajaran di wilayah hukum Polres Batu.

“Kegiatan terpusat di Pos 90 Lantas alun-alun, tapi juga ada di terminal Batu dan seluruh Polsek jajaran, termasuk pos Pendem,” jelasnya mewakili Kapolres Batu.

Tak hanya membagikan, takjil saja namun dalam kegiatan tersebut petugas juga menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mudik pada tahun ini.

“Himbauan kami dalam peringatan lebaran masyarakat tidak perlu mudik, cukup di rumah masing-masing, agar pandemi lekas berlalu, dan selalu nyalakan lampu untuk sepeda motor pada siang hari, serta selalu gunakan masker, saat berkegiatan di luar rumah,” himbau Wakapolres Batu

Bersama Forkopimda cek sembako, Kapolres Batu warning jangan ada penimbunan.

Bersama Forkopimda cek sembako, Kapolres Batu warning jangan ada penimbunan.

Bersama Forkopimda cek sembako, Kapolres Batu warning jangan ada penimbunan.

Polres Batu – Kapolres Batu, Wawalikota Batu dan Instansi terkait melakukan sidak harga di Pasar Besar Kota Batu, Kamis (153/04/2021). Kegiatan ini untuk menindaklanjuti kebijakan Pemkot Batu yang berkomitmen memastikan tidak ada lonjakan harga sembako pada saat Ramadhan dan menjelang Idul fitri 1442 H tahun ini.
Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo bersama Wawalikota Batu H. Punjul Santoso, SH, MM , Asisten 2 Pemkot Batu Bp. Erwan Puja Fianto, Diskoperindag Kota Batu Bpk. Nurbianto Puji, Ka Dishub Pemkot Batu Bpk. Imam Suryono meninjau Pasar Besar Kota Batu untuk memastikan stabilitas harga sembako.
Peninjauan itu dilaksanakan selama kurang lebih satu jam setengah, sejak pukul 09.30 WIB hingga 11.30 WIB.
Kapolres mengatakan bahwa terdapat kenaikan harga namun masih tipis dan tidak mengganggu stok sembako yang ada.
“Salah satu yang naik beras yang tipis saja dan tidak mengganggu stok sampai di Idul Fitri Nanti ,” jelasnya.
Secara keseluruhan, ia menilai harga sembako stabil dan stock terjaga pada saat Ramadhan tahun ini , Kapolres Batu menambahkan bahwa tidak terjadi penimbunan dalam pantauannya kali ini.
Jika terjadi penimbunan, ia mengatakan akan ditindak dengan tegas. Pihaknya sudah mengetahui ciri-ciri terjadinya penimbunan.
“Kalau ditimbun pasti harganya pasti akan melonjak dan tidak terkendali, itu indikatornya,” jelasnya.


Setelah sidak di Pasar Batu , dilanjutkan dengan pemantauan harga makanan minuman serta batas kadaluarsanya di Batu Plaza Kota Batu.

Rewards diberikan kepada masyarakat yang tertib dalam Ops Keselamatan , ini penjelasan Kasat Lantas

Rewards diberikan kepada masyarakat yang tertib dalam Ops Keselamatan , ini penjelasan Kasat Lantas

Rewards diberikan kepada masyarakat yang tertib dalam Ops Keselamatan , ini penjelasan Kasat Lantas

Setelah dilaksanakan gelar  Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Semeru 2021, di Halaman Mapolres Batu, Anggota Sat Lantas langsung Action turung dilapangan dengan mensosialisasikan pelaksanaanya , Senin (12/4/2021).

Giat sosialisasi dilaksanakan agar masyarakat mengetahui bahwa sekarang sedang digelar operasi dari kepolisian dengan sandi Ops Keselamatan Semeru 2021 yang bertujuan  mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), sekaligus mencegah penyebaran Coronavirus Disiase 2019, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) di wilayah setempat.

Dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Batu AKP INDAH CITRA FITRIANI,SIK serta Kanit Reg Ident Sat lantas Iptu Wiwit, SH serta anggota Sat Lantas Polres Batu.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Polda Jawa Timur, sekaligus persiapan menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriyah,  khususnya di tengah pandemi Covid-19,” kata Kasat Lantas.

Operasi tersebut dijadwalkan digelar selama 14 hari kedepan, terhitung sejak hari ini hingga Minggu (25/4/2021) mendatang. “Kegiatan ini dilakukan dengan tipe preventif dengan penegakan hukum selektif dan prioritas untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

“Selain itu, operasi ini juga digelar sebagai tindak lanjut dari edaran pemerintah terkait larangan mudik selama lebaran 2021. Sekaligus sosialisasi kepada masyarakat agar selalu memiliki komitmen yang sama memutus rantai penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Dalam giat Operasi Keselamatan Semeru 2021, pihaknya akam memberikan Rewards kepada masyarakat yang sudah tertib dalam berlalu lintas dan  menjalankan Prokes secara baik dan benar.

“Disamping membagikan masker gratis, kami juga berikan sedikit rewards kepada masyarakat bagi yg sudah tertib dan taat prokes, semoga sedikit perhatian dari Kami dapat dijadikan pemicu bagi masyarakat lain untuk berbuat yang sama dengan mereka (masyarakat yg tertib), sekaligus kami  mengajak seluruh anggota agar bersama-sama mensukseskan kegiatan ini, sekaligus terus berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat khususnya dalam sektor pelayanan selama operasi keselamatan semeru 2021,” pungkasnya.

Pimpin Gelar pasukan Ops Keselamatan Semeru 2021 , ini yang ditekankan Kapolres

Pimpin Gelar pasukan Ops Keselamatan Semeru 2021 , ini yang ditekankan Kapolres

Pimpin Gelar pasukan Ops Keselamatan Semeru 2021 , ini yang ditekankan Kapolres

Dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1442 H, Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo, S.I.K., M.H pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2021 bersama instansi terkait di halaman Mapolres Batu, Senin (12/4/2021)

Selain Kapolres Batu , turut Hadir PJU Polres Batu, Kapolsek Jajaran Polres Batu, peserta upacara anggota TNI, Pabung Batu – Malang ,  Perwakilan Personil Polres dan Polsek Jajaran Polres Batu, Satpol PP, Dishub Kota Batu dan Dinkes Kota Batu.

Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo , membacakan amanat Kapolda Jatim dalam rangka Operasi Keselamatan Semeru 2021 dalam rangka mewujudkan Kamseltibcarlantas dan pencegahan Covid-19 dengan meningkatkan Disiplin Protokol Kesehatan serta tidak melaksanakan mudik lebaran Tahun 2021.

Dalam rangka Kamseltibcarlantas Menjelang Idul Fitri 1442H tahun, di Tengah Pandemi Corona Virus Disease ( Covid-19) maka Polda Jatim beserta Jajarannya melaksanakan Ops Keselamatan Semeru 2021 selama 14 Hari di mulai dari tanggal 12 April 2021 sampai dengan 25 April 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif serta penegakan hukum secara selektif Prioritas.

“Sasaran operasi ini antara lain masyarakat yang tidak patuh protokol kesehatan dan masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas, serta masyarakat yang belum memahami tentang larangan mudik lebaran tahun 2021’”terangnya

Koordinasi Dan Komunikasi Merupakan Kunci Sukses Melalui Kebersamaan

Koordinasi Dan Komunikasi Merupakan Kunci Sukses Melalui Kebersamaan

Koordinasi Dan Komunikasi Merupakan Kunci Sukses Melalui Kebersamaan

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, bersama Pejabat Utama Polda Jatim memberikan pemaparan kepada seluruh Pejabat Utama Polres, dan para Kapolsek jajaran Polres Batu pada Kamis (8/4/2021) di gedung Rupatama Mapolres Batu.

Dalam kunjungannya, Kapolda Jatim berpesan agar seluruh anggota dan jajaran di Polres Batu selalu menerapkan Pelaksanaan Program Bapak Kapolri, PRESISI merupakan respon dari tantangan tugas yang selalu berubah – ubah, dan tuntutan masyarakat terhadap Polri.

“Respon tersebut direalisasikan melalui 4 transformasi kebijakan, 16 Program Prioritas, 51 kegiatan dan 177 rencana aksi. Maka dari itu setiap anggota Polri harus melaksanakan program tersebut sesuai dengan Tugas Wewenang dan Tanggung jawab masing masing,” Pesan Irjen Pol Nico Afinta, kepada anggota jajaran Polres Batu.

Selain itu, Kapolda juga menyampaikan, Pemimpin disetiap lapisan harus mampu merubah anggota yang kurang baik menjadi anggota yang baik, dengan cara menerapkan pola keteladanan dalam memimpin, dengan sistem reward and punishment dalam setiap pelaksanaan tugas.

Melaksanakan Strategi Preventif yaitu sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari hari, dan optimalisasi Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro (PPKM Mikro).

Selain itu, melaksanakan Strategi Penegakan Disiplin, berupa Komunikasi, Koordinasi , dan Kolaborasi yang baik dengan Instansi, terkait dalam Penegakan Disiplin Operasi Yustisi dengan harapan dapat menekan angka penyebaran Covid-19.

Kapolda juga menghimbau kepada jajaran untuk turut serta membantu pelaksanaan vaksinasi, dengan strategi kuratif, yaitu dengan melaksanakan pengamanan, pengawalan, dan pengawasan proses vaksinasi yang telah berjalan, untuk meminimalisir pelanggaran maupun hal hal yang dapat menghambat percepatan pelaksanaan vaksinasi.

“Sehingga secara efektif dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Tidak hanya itu, Kapolda juga berpesan untuk selalu meningkat kewaspadaan dan sistem pengamanan di Mako, dalam setiap pelaksanaan tugas.

Tak lupa Kapolda Jatim berpesan untuk selalu menjalin komunikasi antar anggota dengan baik, karena hal tersebut dapat menjadi kunci sukses kebersamaan.

“Selalu jalin Komunikasi, Koordinasi , dan Kolaborasi dalam setiap pelaksanaan tugas agar dapat mencapai sukses melalui kebersamaan,” pungkasnya.

Kapolres Batu pastikan sendiri keamanan pada saat perayaan Paskah tahun 2021 .

Kapolres Batu pastikan sendiri keamanan pada saat perayaan Paskah tahun 2021 .

Kapolres Batu pastikan sendiri keamanan pada saat perayaan Paskah tahun 2021 .

Jajaran kepolisian Polres Batu melakukan pengamanan secara ketat di gereja pada  perayaan Paskah tahun ini .

Hal itu dilakukan setelah terjadi bom bunuh diri di depan gereja katedral kota Makassar pada Minggu (28/3/2021) dan aksi teror seorang perempuan di area Mabes Polri pada Rabu (31/3/2021).

Kepolisian meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan pengamanan, baik markas maupun pengamanan kegiatan masyarakat, seperti pengamanan gereja.

“Kita cek pengamanan gereja pagi dan siang ini , untuk memastikan pelaksanaan perayaan Paskah yang dilaksanakan secara serentak di beberapa gereja yang ada di wilayah Kota Batu, Jum’at  (2/4/2021).

Didampingi PJU, Perwira menengah itu menjelaskan, kegiatan pengecekan dilaksanakan di gereja GKJW Batu Jl. WR. Supratman no 60 Kota Batu, GKRI Jl. Sukarno Junrejo Kota Batu, GPDI Sejahtera Junrejo dan GPIB  Trunojoyo Kota Batu.

Ia juga berpesan kepada pengurus gereja untuk lebih teliti kepada jemaat yang akan melaksanakan kebhaktian.

Jika ada yang mencurigakan atau bukan bagian dari jemaat, silahkan untuk diperiksa atau dilaporkan kepada anggota kepolisian yang melaksanakan mengamankan.

Kepolisian dibantu TNI, Banser maupun Ansor, juga ikut mengamankan pelaksanaan ibadah sepanjang hari ini .

“Silahkan laksanakan ibadah dengan tenang dan khusyuk serta tidak usah panik, meskipun di tempat lain pelaksanaan ibadah gereja telah diwarnai aksi terorisme, Kami akan memberikan pengamanan yang maksimal atas serangkaian kegiatan perayaan paskah ini,” pungkas nya.

Sebelum pelaksanaan perayaan ibadah Paskah tahun 2021 telah dilaksanakan sterilisasi gereja yang dilakukan oleh anggota sat Sabhara Polres Batu sebagai bentuk kesiapan pengamanan TNI-Polri untuk umat yang beribadah saat misa suci Paskah di gereja wilayah Kota Batu hari ini.

“Masih dalam suasana Pandemi covid 19, personel TNI dan Polres Batu bersinergi dalam mengamankan tempat ibadah, Patroli gabungan yang dilaksanakan guna menjaga keamanan wilayah dan juga memberikan himbauan protokol kesehatan dalam rangka mendukung PPKM mikro, pada perayaan Paskah umat kristiani ini, pada pengamanan lokasi tempat ibadah sampai dengan selesai Giat tersebut,” tandasnya.