Unjuk Rasa UU Cipta Kerja, Ketertiban Sosial Harus Menjadi Prioritas Bersama Kita

Unjuk Rasa UU Cipta Kerja, Ketertiban Sosial Harus Menjadi Prioritas Bersama Kita

Untuk kembali memusatkan energi penolakan terhadap UU Cipta Kerja, elemen masyarakat dapat menggunakan mekanisme yang tersedia dalam sistem ketatanegaraan kita, yakni menguji pasal-pasal yang kontroversial itu ke meja Mahkamah Konstitusi. Termasuk sejumlah catatan formil yang dianggap tidak sesuai dengan prosedur pembentukan UU juga bisa diujikan ke Mahkamah Konstiusi

Unjuk Rasa UU Cipta Kerja, Ketertiban Harus Menjadi Prioritas Bersama

Unjuk Rasa UU Cipta Kerja, Ketertiban Harus Menjadi Prioritas Bersama

Penyebaran informasi terkait rencana aksi lanjutan dengan agenda-agenda yang melampaui dari isu UU Cipta Kerja, di tengah masyarakat telah menimbulkan keresahan dan ketakutan. Aksi unjuk rasa dengan agenda-agenda ekstra konstitusional harus dicegah dengan tindakan hukum yang akuntabel. Percampuran kepentingan dan agenda aksi oleh berbagai komponen masyarakat telah menggambarkan bahwa aksi unjuk rasa yang digelar hari ini memiliki kerentanan lebih luas mengganggu ketertiban sosial.

Ketertiban Sosial Harus Menjadi Prioritas Bersama, Unjuk Rasa UU Cipta Kerja

Ketertiban Sosial Harus Menjadi Prioritas Bersama, Unjuk Rasa UU Cipta Kerja

Aksi dengan kekerasan yang terjadi di beberapa tempat pada 5-7 Oktober 2020 semestinya memberikan pembelajaran bagi semua pihak untuk menahan diri dalam menyampaikan aspirasinya. Peristiwa awal Oktober tersebut juga menggambarkan bahwa aksi dalam jumlah massa yang besar hampir pasti mengundang conflict enterpreneur untuk memanfaatkan situasi untuk kepentingan-kepentingan tertentu.

Unjuk Rasa UU Cipta Kerja,  Ketertiban Sosial Harus Menjadi Prioritas Bersama

Unjuk Rasa UU Cipta Kerja, Ketertiban Sosial Harus Menjadi Prioritas Bersama

Unjuk rasa adalah artikulasi kebebasan berpendapat yang dijamin UUD Negara RI 1945 dan juga instrumen hak asasi manusia. Oleh karena itu secara prinsip aksi-aksi unjuk rasa yang menolak UU Cipa Kerja adalah sah dan harus dihormati. Akan tetapi, kebebasan itu harus dijalankan dengan tidak melanggar pembatasan-pembatasan yang sudah ditetapkan, seperti larangan melakukan pengrusakan, tidak menimbulkan anarki sosial, tidak mengganggu ketertiban umum dan lain sebagainya. Jika aksi unjuk rasa berpotensi menimbulkan anarki sosial, penegak hukum dan aparat keamanan memiliki kewajiban untuk memastikan pencegahan serta penindakan. Tindakan-tindakan tersebut mesti dilakukan dengan cara-cara yang dibenarkan

10.000 Masker Gratis dibagikan Polres Batu

10.000 Masker Gratis dibagikan Polres Batu

Polres Batu Cyber News– Dalam upaya memutus mata rantai COVID – 19 Polres Batu menggelar aksi bagi masker gratis. Saat ini kegiatan bagi masker  serta penertiban penggunaan masker termasuk kegiatan rutin yang dilakukan. Bagi masker ini dilakukan tepat di depan LIPPO PLAZA BATU/BATOS (Batu Town Square) . Kamis (10/9)

Kegiatan pembagian masker ini juga dilaksanakan melalui sinergitas antara Polri/TNI, pemerintah serta relawan terkait. Kegiatan diawali dengan apel pagi bersama kemudian adanya arahan dari Kapolres batu AKBP Harviadhi Agung Prathama lantas melanjutkan dengan pembagian masker.

 

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama mengatakan, pembagian masker ini serentak diadakan di seluruh Indonesia. Ada 10.000 masker yang akan dibagikan kepada masyarakat yang melewati jalan raya depan BATOS dan warga sekitar.

Selain membagikan masker, edukasi sosialisasi untuk tetap menjaga protokol kesehatan terutama penggunaan masker juga terus digalakkan. Agar terciptanya ketertiban serta COVID – 19 tidak semakin menyebar. Karena Jawa Timur adalah salah satu wilayah penyumbang angka terbesar COVID – 19. (RA)

Upacara kenaikan pangkat di Polres Batu

Upacara kenaikan pangkat di Polres Batu

Polres Batu Cyber News – Dalam periode 1 Juli 2020, sebanyak 27 personil dilingkungan Polres Batu menerima kenaikan pangkat. Upacara kenaikan pangkat ini dipimpin oleh Kapolda Jatim Irjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si dan di ikuti oleh Polres Jajaran Polda Jatim secara serentak.

Upacara kenaikan pangkat kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Di masa pandemi wabah covid-19, upacara kenaikan pangkat dilakukan secara virtual berlangsung di Gedung Rupatama Polres Batu, Kamis (2/7/2020).

Upacara yang dihadiri Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, S.I.K., M.I.K dan Wakapolres Kompol SUHARSONO, S.H beserta para pejabat utama Polres Batu tetap memberlakukan protokol kesehatan sesuai dengan himbauan pemerintah.

Sementara diinformasikan, selama periode 1 juli 2020, personel Polres Batu yang memperoleh kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi ini berjumlah 27 personel.

Terdiri dari 5 orang AIPDA ke AIPTU, 10 orang BRIPKA ke AIPDA, 10 orang BRIGPOL ke BRIPKA, 2 orang BRIPTU ke BRIGPOL.

Dalam hal ini Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, S.I.K., M.I.K., menyampaikan, kenaikan pangkat secara virtual dapat berjalan dengan tertib dan lancar di tengah pandemi covid-19, namun tidak mengurangi makna kenaikan pangkat itu sendiri.

Upacara kenaikan pangkat ini dalam organisasi Polri bukan semata – mata merupakan hak setiap personel yang di berikan secara otomatis begitu saja. Tapi selektif dengan melihat prestasi kinerja, integritas dan moralitas personel, serta dedikasi terhadap organisasi dan beberapa aspek lain.

Sehingga kenaikan pangkat bukan hanya perubahan status, gaji dan hak yang diterima. Namun cerminan kompetensi yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan profesionalisme dan tanggung jawab sesuai jenjang pangkat yang di raih, tegas Kapolres Batu. (Denmas).

Polres Batu Cyber News.

Kapolres Batu pimpin Sertijab Kapolsek Ngantang

Kapolres Batu pimpin Sertijab Kapolsek Ngantang

 

Polres Batu Cyber News – Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama S.I.K., M.I.K pimpin Sertijab (Serah Terima Jabatan) Kapolsek Ngantang dari yang sebelumnya dijabat oleh AKP Suyatno ke Iptu Hanis Siswanto, Sabtu (06/06/2020).

 

 

Selanjutnya, AKP Suyatno akan bertugas di Polres Blitar dengan jabatan barunya sebagai Kapolsek Lodoyo Barat.

Sertijab yang berlangsung di Gedung Rupatama Mapolres Batu dihadiri oleh para pejabat utama Polres Batu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

 

 

Dalam amanatnya Kapolres Batu AKBP Harviadhi menekankan kepada Kapolsek Ngantang yang baru Iptu Hanis Siswanto untuk segera menyesuaikan diri ditempat tugasnya yang baru yang sebelumnya menjabat sebagai Kasi Propam Polres Batu.

“Tingkatkan sinergritas dengan tiga pilar yang ada diwilayah Kecamatan Ngantang TNI Polri serta perangkat Desa yang ada demi menciptakan situasi Kamtibmas yang senantiasa kondusif ditengah pandemi Covid-19,” ujar Kapolres Batu.

 

 

Dirinya juga menegaskan kepada Kapolsek yang baru dilantik untuk melaksanakan tugas secara baik sesuai dengan tugas selaku anggota Polri yang senantiasa dituntut untuk memberikan keamanan dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Seperti yang ditekankan bapak Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, S.I.K., M.Si laksanakan tugas dengan sebaik – baiknya serta bekerjalah dengan penuh rasa tanggung jawab, biarlah masyarakat dan pimpinan yang menilai,” ungkapnya. (Denmaz).

 

Polres Batu Cyber News

Polres Batu terima bantuan APD

Polres Batu terima bantuan APD

 

Polres Batu Cyber News – Yayasan Klenteng Eng An Kiong bersama Hawaii Waterpark Grup, mendonasikan alat perlindungan diri (APD) di Polres Batu (6/5/20).

Iwan Handoyo, Ketua Umum Yayasan Eng An Kiong mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan secara intens.

“Inilah saatnya kita bergerak bersama semua unsur pemerintah terutama Polri untuk memerangi wabah Covid-19 yang penyeberannya juga semakin masif,” tutur Iwan Handoyo.

Hal yang sama diakui Direktur Utama Hawaii Waterpark, Bambang Yudho Utomo. “Semoga apa yang kami lakukan ini bisa membantu Polri dalam melaksanakan tugas,” katanya.

“Harapan kami, sarana kesehatan yang kami baktikan pada Polres Batu ini dapat membantu menjaga kesehatan dan keamanan para petugas Polri,” tambah Iwan Handoyo.

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, S.I.K., M.I.K., di dampingi Wakapolres Kompol Suharsono, S.H dan para pejabat utama (PJU) usai menerima donasi sarana kesehatan dari Eng An Kiong dan Hawaii Waterpark Grup itu mengungkapkan terimakasih yang tak terhingga.

“Kami menilai ini adalah upaya positif yang dilakukan Yayasan Klenteng Eng An Kiong dan Hawaii Waterpark Grup. Kami ucapkan banyak terima kasih karena sarana ini sangat vital. Semoga hal positif ini juga bisa dikembangkan di masyarakat, misalnya harus selalu pakai masker, selalu cuci tangan pakai sabun, stay di rumah, hindari kerumunan massa, jaga jarak dan sebagainya, ” katanya.

Ketika berada di Polres Batu,  Yayasan Klenteng Eng An Kiong Bersama Hawaii Waterpark menyerahkan donasi 5 item yakni 300 APD, 150 sepatu both, 300 masker, 200 sarung tangan serta 150 face shield.

Sebagai acara penutup, Tim dari Dokkes Polres Batu memperagakan cara penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). (Denmaz).

Polres Batu Cyber News

Kapolres Batu bagikan paket sembako kepada warga

Kapolres Batu bagikan paket sembako kepada warga

Polres Batu Cyber News – Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama S.I.K., M.I.K., bersama komunitas Gusdurian Kota Batu bagikan paket sembako kepada warga kurang mampu, Senin (27/04/2020).

Kegiatan sosial yang diikuti oleh sejumlah tokoh lintas agama kota Batu yang dilaksanakan secara bersama sama ini sangat berdampak positif terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan sembako.

Bantuan sembako dari komunitas Gusdurian Kota Batu yang mempercayai Polres Batu untuk membagikan paket sembako kepada masyarakat kurang mampu tersebut dampak dari wabah Covid – 19 dipimpin langsung oleh Kapolres Batu AKBP Harviadhi.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Batu AKBP Harviadhi secara simbolis menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) untuk diserahkan kepada masyarakat yang kurang mampu dan belum mendapatkan bantuan.

Kepada rekan media Kapolres Batu mengatakan, sebelumnya saya sebagai Kapolres Batu mengucapkan terima kasih kepada komunitas Gusdurian Kota Batu yang telah mempercayakan bantuan sembako untuk dibagi – bagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

“Semoga kegiatan sosial ini diikuti para komunitas maupun para pengusaha lainnya, untuk saling membantu  saudara -saudara kita yang saat ini banyak mengalami kesulitan ekonomi akibat dari pandemi Covid-19,” ungkapnya. (Denmas).

Polres Batu Cyber News.

Polres Batu ungkap kasus sandiwara begal

Polres Batu ungkap kasus sandiwara begal

Polres Batu Cyber News – Jajaran Sat Reskim Polres Batu berhasil mengamankan 2 pemuda yang diduga melakukan rekayasa kasus penjambretan di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jumat (17/4/2020) lalu.

Korban jambret yang kini sudah menjadi tersangka, ‘M’ warga Desa Giripurno Kec. Bumiaji Kota Batu sempat memberikan keterangan palsu ketika diinterogasi oleh petugas. Sedangkan pelaku merupakan teman baiknya yaitu ‘A’ asal Kelurahan Temas Kecamatan Kota Batu yang diberi upah Rp 2 juta untuk melakukan aksinya.

Menurut Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, S.I.K., M.I.K., tersangka berani merekayasa peristiwa penjambretan itu di latar belakangi persaingan di pekerjaannya. Tersangka takut kompetitornya bakal mengambil alih perannya jadi supervisor (SPV) di salah satu perusahaan aksesoris, lantaran dalam membuat laporan ia tak kunjung rampung.

“Dalam pengungkapan kasus ini kami berhasil mengamankan dua buah motor matic jenis Vario dan N Max, laptop, ponsel amplop uang, dan sejumlah berkas,” jelas Kapolres saat konferensi pers di Mapolres Batu, Kamis (23/4).

Lulusan Akpol 2001 ini pun mengeluhkan adanya kejadian ini ditengah Pandemi Covid-19 (Virus Corona) sehingga meresahkan banyak masyarakat ditengah harus bersama meningkatkan kewaspadaannya. Demi menjamin keamanan, giat patroli rutin terus digalakkan. Alasan kasus ini harus serius diungkap, tambah Harvi, supaya tidak menimbulkan keresahan.

“Jangan sampai ada lagi tindakan serupa atau lainnya yang memunculkan kesan Kota Batu tidak aman,” tegas dia.

Sementara itu tersangka M, menyesali perbuatan yang telah ia lakukan atas rekayasa penjambretan yang membuat resah warga Kota Batu.

“Yang kami lakukan pada 17 April, siang sekitar pukul 12.30, itu benar-benar kami rencanakan atau rekayasa. Apa yang saya lakukan pada Jumat itu saya sesali, terutama kepada warga Batu yang saat ini resah karena berita tersebut. Sekali lagi, kami mohon maaf kepada warga Kota Batu,” keluh M.

Senada, A juga mengucapkan permintaan maaf dan menyesali perbuatannya, terlebih menimbulkan kecemasan di tengah masyarakat.

“Saya meminta maaf kepada warga Kota Batu karena telah membuat resah, yang saya lakukan berperan sebagai jambret dikasih imbalan uang Rp 2 juta, dan saya telah menjalankan sesuai perintahnya itu saja,” urainya.

Akibat perbuatannnya, kedua tersangka dikenai Pasal 220 KUHP tentang laporan palsu dan diancam dengan hukuman 1 tahun 4 bulan. (Denmaz)

Polres Batu Cyber News.