Polwan Polres Batu bantu korban laka

Polwan Polres Batu bantu korban laka


Polres Batu Cyber News – Dalam tugasnya sehari – hari Polisi Pariwisata dibawah naungan Sat Sabhara Polres Batu rutin melaksanakan patroli ke kawasan wisata dan Obyek Vital lainnya seperti kantor pemerintahan serta perhotelan.
 
Dipimpin Kanit Pam Obvit Ipda Mawang, Polisi Pariwisata Sat Sabhara Polres Batu melaksanakan patroli wisata di wilayah Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Mulai dari wisata petik apel, Coban Talun hingga wisata Selecta. (15/02)
 
Dalam tengah perjalanannya, unit Polisi Pariwisata menjumpai seorang pengendara sepeda motor terjatuh akibat kelalaiannya. Tepatnya ditanjakan yang menikung di sekitar Bumiaji Kota Batu.
 
Dengan sigap petugas langsung turun menolong korban dan segera membawa korban ke rumah sakit terdekat guna mendapat pertolongan secepatnya.

Kepada awak media teman korban mengatakan, “Tadi kita tidak tahu persisnya, tahu tahu motornya waktu menikung oleng, trus terpental. Untunglah ada Ibu Polisi itu, teman saya cepat diantar ke Rumah Sakit”.
 
Secara terpisah Kasat Sabhara Polres Batu melalui Kanit Pam Obvit Ipda Mawang S.Pd menyampaikan, “Sepanjang Bumiaji Sampai Cangar, banyak tikungan dan tanjakan, kami berharap masyarakat lebih berhati – hati dalam berkendara. Disamping itu akhir – akhir ini cuaca kurang bersahabat,” himbaunya. (Denmaz)
 
Polres Batu Cyber News
Untung ada pak polisi

Untung ada pak polisi

Polres Batu Cyber News – Curah hujan di Wilayah Kota Batu intensitasnya memang cukup tinggi. Anggota Sat Sabhara Polres Batu tidak mengenal lelah untuk patroli antisipasi bencana alam akibat dari derasnya curah hujan.
Saat melaksanakan patroli di kawasan pujon, ada salah satu masyarakat menyampaikan ada pohon tumbang dan menutup jalan dari Pujon ke arah Kota Batu. Dengan sigapnya Anggota Sat Sabhara menuju ke lokasi kejadian untuk mengecek kebenaran laporan tersebut.
Kata Sukarjito warga Kediri yang hendak ke Kota Batu, ” Untunglah ada pak polisi, pohon yang tumbang langsung dipotong dan dipinggirkan. Jalan bisa lancar kembali”.
“Semoga pak polisi itu, diberi kelancaran karier dan rezekinya,” doa dari Sukarjito.
Secara terpisah kata Kapolres Batu melalui Kasat Sabhara AKP Achmad Zainuddin SH MM, “Kita punya personil khusus untuk membantu menangani bencana yang terjadi di Wilayah hukum Polres Batu. Tugasnya adalah selalu memantau dan mobilitas ke daerah yang dianggap rawan bencana. Sehingga dengan cepat kita bisa memberikan perbantuan,” pungkasnya. (Denmaz).

Polres Batu Cyber News
Upaya Sat Sabhara Polres Batu tekan angka kejahatan

Upaya Sat Sabhara Polres Batu tekan angka kejahatan

Polres Batu Cyber News
Untuk mengantisipasi terjadinya aksi begal maupun pencurian disertai dengan kekerasan, Sat Sabhara Polres Batu melaksanakan patroli di daerah yang rawan kejahatan. 11/2/20.
Patroli dilaksanakan pada saat jam – jam rawan, baik di siang maupun malam hari. Patroli tersebut dilaksanakan guna menekan angka kriminalitas terutama aksi begal di wilayah hukum Polres Batu.
Kapolres Batu melalui Kasat Sabhara AKP Achmad Zainuddin, SH. MM. mengatakan, “Dengan adanya patroli di daerah sepi dan jauh dari pemukiman ini diharapkan bisa menekan angka kriminalitas termasuk begal dan memberi rasa aman kepada masyarakat Kota Batu.”

“Selama ini angka kriminalitas di Batu memang cukup rendah, namun kami tidak boleh lengah. Kita tetap waspada dan terus melaksanakan kegiatan ini secara rutin guna mempersempit aksi gerak pelaku kejahatan.” Imbuh Kasat Sabhara. (Denmaz).

Polres Batu Cyber News

Bhabinkamtibmas Desa Pendem dampingi Walikota tinjau daerah rawan bencana di musim hujan


Polres Batu Cyber News – Selasa tgl 11 Februari 2020 pukul 09.00 wib  Bhabinkamtibmas Desa Pendem Brigadir Ibnu Mubarok, Kapolsek Junrejo, Camat Junrejo, Pemerintah Desa Pendem  serta Babinsa Sertu Hendrik mendampingi Walikota Batu Hj. Dewanti Rumpoko melakukan pengecekan gorong – gorong aliran air yang berada di pinggir jalan raya simpang empat Pusdik Arhanud Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Kegiatan itu bertujuan untuk mengecek secara langsung gorong – gorong  tersebut mengingat tadi malam air hujan yang mengalir dari Dusun Sekar putih Desa Pendem Kecamatan Junrejo meluber sampai ke jalan raya.
 
Hasil pantauan nantinya di dokumentasikan untuk menjadi bahan kajian bersama instansi terkait. Kajian itu juga akan diaplikasikan menjadi program kebijakan pemerintah Kota Batu.

“Kami buat program antisipasi bencana yang isinya nanti lintas sektoral tidak hanya Pemerintah Kota Batu, tetapi juga lintas sektoral yang melibatkan Polri, TNI dan masyarakat,” ujar dia.

Kapolsek Junrejo AKP Setyo Krestianto menuturkan, “Kami setiap hari melaksanakan patroli rutin ke areal rawan bencana, baik rawan longsor, rawan banjir maupun daerah rawan bencana lainnya di wilayah hukum Polsek Junrejo guna antisipasi dan deteksi dini daerah rawan bencana alam dan kecepatan dalam perbantuannya bersama stakeholders”.

“Untuk hari ini patroli antisipasi bencana kami arahkan di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu serta langkah – langkah antisipasi sesuai arahan dan petunjuk dari Kapolres Batu.” Imbuh Kapolsek. (Denmaz).
 
Polres Batu Cyber News

Patroli Polsek Bumiaji antisipasi daerah rawan bencana alam

Polres Batu Cyber News
 
Musim penghujan yang terus mengguyur wilayah Kota Batu dan sekitarnya berpotensi menimbulkan bencana alam, mengingat karakteristik Kota Batu adalah pegunungan, bencana alam seperti tanah longsor, pohon tumbang bahkan angin kencang masih menjadi kekhawatiran bagi warga Kota Batu. Selasa, 11/2/20
 
Unit Sabhara Polsek Bumiaji dibagi menjadi 3 Tim Patroli untuk mencegah terjadinya bencana alam. Dimana di masing – masing mobil patroli tersebut sudah ada peralatan SAR terbatas. Apabila sewaktu – waktu ada bencana terjadi, siap di gunakan. Hal ini juga guna mendukung untuk kecepatan penanganan bencana alam dengan instansi terkait.

Kapolsek Bumiaji AKP Nyoto Gelar, S. Psi menuturkan, “Kami setiap hari melaksanakan patroli rutin ke areal rawan bencana, baik rawan longsor, rawan banjir maupun daerah rawan bencana lainnya di wilayah hukum Polsek Bumiaji, guna antisipasi dan deteksi dini daerah rawan bencana alam dan kecepatan dalam perbantuannya bersama stakeholders”.

“Untuk hari ini patroli antisipasi bencana kami arahkan di Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu serta langkah – langkah antisipasi sesuai arahan dan petunjuk dari Kapolres Batu.” Imbuh Kapolsek. (Denmaz).
 
Polres Batu Cyber News

SIAGA CUACA EKSTRIM, POLISI DAN TNI EVAKUASI POHON TUMBANG.


Pohon sono keling yang terletak di Jl. Raya Jombok Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang tumbang dan sempat menutup akses jalan raya mengakibatkan kemacetan di jalur utama Malang Kediri, Sabtu (1/2). Adapun penyebabnya dikarenakan hujan deras disertai angin kencang yang berlangsung sejak malam hari. 
 
Sementara itu petugas dari Polsek Ngantang, Perhutani, Koramil, PMI dan BPDB bersama – sama masyarakat sekitar melakukan gotong royong membersihkan pohon tumbang yang melintang dan menutupi akses jalan raya kemudian memotong pohon yang tumbang dengan memakai gergaji mesin dan dipinggirkan di tepi jalan hingga arus lalu lintas kembali normal untuk dilewati.

Salah satu warga  Ahmad Thoha yang mengetahui awal kejadian sempat menghentikan kendaraan dari dua arah mengatakan peristiwa pohon tumbang terjadi pukul 5 pagi hari di satu titik tepatnya jalur utama Malang Kediri yang masih masuk wilayah dusun  Kasin Desa Jombok Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang namun tidak sampai ada korban jiwa” ujarnya.

Pasca pembersihan pohon tumbang dijalan raya tersebut agar tidak menghalangi pengguna jalan, Anggota Polsek Ngantang juga memberikan himbauan agar warga tetap waspada mengingat saat ini musim hujan disertai angin kencang masih sering terjadi.
 
“Kami menghimbau kepada warga agar lebih waspada terlebih lagi cuaca ekstrim yang sedang terjadi saat ini supaya tidak menimbulkan korban jiwa, agar warga lebih berhati – hati, serta tanggap dan cepat melaporkan kepada pihak kepolisian jika terjadi bencana seperti pohon tumbang agar bisa cepat dievakuasi.” ujar Aiptu Heri Anggota Polsek Ngantang.

TEKAN ANGKA KECELAKAAN, SAT LANTAS POLRES BATU GELAR OPERASI.

KOTA BATU, polresbatu.id

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) selama Januari 2020 di wilayah hukum Polres Batu mendapat tanggapan serius jajaran Satlantas Polres Batu. Sejak minggu kemarin para senior Satlantas di jajaran Polres Batu gencar menggelar operasi, salah satunya menyasar kalangan pelajar di jalan AP III Kacoeng Permadi Junrejo, Kota Batu.

“Tujuan operasi lalu lintas ini agar para pengendara, khususnya yang melewati jalan raya depan Mako Polres Batu ini mengenakan helm. Lebih khusus lagi para pelajar,” ujar Iptu Hariyanto, Kanit Turjawali Lantas Polres Batu, di sela kegiatan operasi lalin di Jalan AP III Kacoeng Permadi, Junrejo, Rabu (29/1).

Dijelaskan, selama Januari 2020 sudah terjadi sekitar 30 laka lantas di wilayah hukum Polres Batu. Sebanyak 6 korban meninggal dunia di lokasi kejadian. “Ironisnya, kebanyakan di antara mereka adalah pelajar. Itu sebabnya, saya ingatkan betul pada pelajar yang tidak mengenakan helm yang melintas di depan Mapolres ini, ” terangnya.

Bahkan, tambah Gianto, kepedulian akan keselamatan berlalu lintas ini juga ditunjukkan Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK, MIK. Saat melintas di jalan Hasanudin dan melihat ada pelajar tidak mengenakan helm, Kapolres langsung turun dari mobilnya dan mengingatkan si pengendara.

Hal senada diungkapkan Hariyanto, Kanit Turjawali Polres Batu. Menurutnya,yang terlibat dalam operasi lalin di jalan raya depan Mapolres Batu ini cukup spesial, yakni para senior di lantas seperti para Kanit.

“Dalam operasi ini kami belum memberikan tindakan tilang. Kami masih mengingatkan agar mereka yang tidak memakai helm bisa mengenakan helm. Sejelek apapun helm yang mereka pakai tidak masalah, ” ujar Hariyanto.

Menanggapi operasi rutin di jalan AP III Kacoeng Permadi depan Mapolres Batu, Drs. Sumadi, wakil kepala SMA Negeri 2 Batu menyambut baik. Menurutnya, langkah Satlantas Polres Batu tersebut untuk mengantisipasi banyak korban laka lantas khususnya di kalangan pelajar.

“Saya menyambut baik adanya operasi ini. Apalagi anak didik saya juga melewati jalan AP III Kacoeng Permadi. Paling tidak anak-anak sadar tentang keselamatan dirinya, ” ujar Sumadi yang juga guru olah raga SMAN 2 Batu. (Denmas)

Edukasi Tertib Lalu lintas sejak dini, Kaur Mintu Sat lantas Polres Batu laksanakan penyuluhan ke sekolah – sekolah

Edukasi Tertib Lalu lintas sejak dini, Kaur Mintu Sat lantas Polres Batu laksanakan penyuluhan ke sekolah – sekolah

Edukasi Tertib Lalu lintas sejak dini, Kaur Mintu Sat lantas Polres Batu laksanakan penyuluhan ke sekolah – sekolah

Polres Batu – Untuk mengedukasi Tertib berlalu lintas sejak dini , Anggota Satlantas Polres Batu Aiptu Trimo,SH yang menjabat sebagai Kaur Mintu Sat Lantas , melaksanakan kegiatan memberikan himbauan kepada masyarakat terutama kepada anak sekolah para guru para wali murid yang ada di MI Baiturrahman, Rabu 20 November 2019.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan suri tauladan kepada masyarakat pengguna jalan untuk senantiasa tertib berlalu lintas. Persiapan perorangan berupa peralatan berkendara terutama jaket sarung tangan helm (SNI) penting diperhatikan disamping persyaratan administrasi berupa surat-surat STNK surat izin mengemudi dan juga kelengkapan dari kendaraan bermotor itu sendiri harus juga tidak boleh dilaikan . Kesehatan juga merupakan faktor penting yang harus menjadi mutlak ada di diri para pengendara , apabila dalam keadaan sakit jangan jangan dipaksakan untuk mengedara di jalan raya.

Program tersebut merupakan tugas rutin dari Satlantas Polres Batu untuk memberikan himbauan kepada masyarakat terutama yang terorganisasi maupun non organisasi yang merupakan disekolah-sekolah kepada guru-guru kepada wali murid dan juga kepada siswa, himbauan tentang keselamatan berkendara kami memberikan kan aturan daripada lalu lintas yang pertama harus mematuhi aturan lalu lintas kedua harus siap kendaraanya, yang ketiga harus siap fisik pengendaranya, aturan lalulintas artinya pengendara harus betul betul taat pada aturan lalulintas,kendaranya artinya harus betul-betul diperhatikan kendaraannya jangan sampai kendaraannya yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan dipakai di jalan raya

Dan juga satlantas Polres Batu Kaur mintu itu terima meresmikan daripada penambahan kelas yang ada di MI Baiturrahman didampingi dengan para sesepuh dari Yayasan Walisongo Yayasan pendidikan Mi baiturrohmah adapun yang dilaksanakan yaitu pemotongan pita kemudian dilanjutkan dengan tasyakuran bersama-sama agar pelaksanaan kegiatan pemakaian awal daripada penambahan kelas ini akan dapat diberikan keselamatan kesuksesan dan bisa belajar mengajar di kelas ini dengan nyaman.

” Sesuai rencana kegiatan dari Satlantas Polres Batu, ke depan tugas penyuluhan seperti ini akan terus kami laksanakan secara berkesinambungan sampai tujuan akhir dari program ini tercapai yaitu terciptanya kamtibcarlantas di masyarakat ” ujar Aiptu Trimo ,SH

75 orang pelanggar terjaring di hari ke 7 pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 di Polres Batu

75 orang pelanggar terjaring di hari ke 7 pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 di Polres Batu

75 orang pelanggar terjaring di hari ke 7 pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 di Polres Batu

Polres Batu – Satlantas Polres Batu dalam sepekan pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 mulai tanggal 23 Oktober 2019 selama 14 Hari telah menjaring sedikitnya 457 pelanggar dengan berbagai pelanggaran yang telah dilakukan mulai tidak memakai helm sampai dengan tidak membawa perlengkapan kendaraan.

Seperti yang telah dilaksanakan pada hari ini di jalan Trunojoyo dan jalan semeru Kota Batu , anggota Sat Lantas telah mengeluarkan Tilang sedikitnya 75 lembar kepada para pellangar.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa item sasaran penindakan dalam pelaksanaan Ops Zebra tahun 2019 ini .

“Sasaran operasi pengendara yang tidak pakai sabuk pengaman, terus anak dibawah umur, yang berkendara dalam keadaan mabuk. Melawan arus, melebihi batas kecepatan, tidak pakai helm, main HP saat berkendara, menggunakan strobo atau rotator,” tutur Kasat Lantas AKP Diyana.

Ditambahkan AKP Diyana, dirinya berharap pelaksanaan operasi yang sudah berjalan ini ini bisa menimbulkan kesadaran pengendara, khususnya di wilayah Kota Batu agar taat berlalu lintas. Dia mengingatkan, sebagian besar kecelakaan diawali dengan pelanggaran lalu lintas.

Oprasi ini sendiri akan tetap digelar sampai dengan batas terakhir dengan memaksimalkan kekuatan yang ada di Polres Batu dengan melibatkan polsek polsek jajaran sebagai penyeimbang.

Hari ke 4 Operasi Zebra, Jajaran Sat Lantas tilang  beberapa pengendara yg masih membandel tidak melengkapi surat surat kendaraan.

Hari ke 4 Operasi Zebra, Jajaran Sat Lantas tilang  beberapa pengendara yg masih membandel tidak melengkapi surat surat kendaraan.

Hari ke 4 Operasi Zebra, Jajaran Sat Lantas tilang  beberapa pengendara yg masih membandel tidak melengkapi surat surat kendaraan.

Polres Batu – Jajaran Sat Lantas Polres Batu kembali menggelar  pelaksanaan operasi  Zebra Semeru tahun 2019 di hari ke 4 ini di beberapa tempat di wilayah Kota Batu , mulai dari Jl. Dewi Sartika, Jl. P. Sudirman , Jl. Hasanudin  dan Jl. Brantas menjadi sasaran tempatnya , Minggu 27 Oktober 2019.

Dari beberapa titik yang digelar ini , pelanggaran yang masih mendominasi adalah banyak para pengendara yang masih belum melengkapi administrasi kendaraan baik STNK ataupun tidk memliliki SIM sehingga dengan sangat terpaksa petugas melaksanakan penilangan kepada para pengendara tersebut.

Kecenderungan pengendara yang masih senang melanggar banyak ditemui walaupun mereka pada prinsipny mengetahui bahwa apa yg dilakukan tersebut melanggar aturan lalu lintas.

“Masih banyak kami jumpai masyarakat yg masa bodoh dengan kelengkapan kendaraanya, mereka tahu bahwa itu melanggar namun mereka berusaha menghindari keberadaan petugas yg di lapangan sehingga berpotensi terjadi laka lantas, “ tutur Kanit Patroli Ipda Hariyanto.

Ke depan sudah menjadi tugas kami selaku anggota lalu lintas untuk tetap mensosialisasikan pentingnya untuk tertib diri dan tertib administrasi sehingga masyarakat merasa aman ketika berkendara di jalanan tanpa takut terkena Razia Polisi.

“ Saya sudah perintahkan kepada Kasat Lantas untuk tetap melakukan penindakan ini sampai tanggal yang telah ditentukan namun harus tetap mengedepankan sikap Humanis , senyum sapa salam kepada masyarakat sehingga dengan harapan masyarakat akan tersentuh hatinya untuk tertib dalam berkendara dari diri sendiri bukan karena ada Polisi,” sambung Kapolres Batu yang ditemui terpisah.