Pekik Perjuangan Buruh dari Kapolri saat Puncak Peringatan May Day

 

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadir dalam acara puncak peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day Fiesta tahun 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (14/5).

Guyuran hujan tak menghentikan langkah Kapolri untuk ikut meninjau pengamanan dalam rangka memperingati May Day 2022, sekaligus menyapa serta melihat secara langsung semangat kelompok elemen buruh, yang terus berjuang demi keadilan serta kesejahteraan.

Sambutan hangat dari kelompok buruh bergemuruh menyambut kehadiran Kapolri. Semangat tersebut pun dibalas suara lantang Kapolri, dengan menyerukan pekik perjuangan dari kelompok buruh.

“Dalam kesempatan ini, izinkan saya untuk mengucapkan pekik perjuangan buruh. Hidup buruh!. Hidup buruh!. Hidup buruh!,” kata Sigit dengan suara lantang disambut gemuruh para buruh yang ‘membanjiri’ Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Usai menggemakan pekik perjuangan, mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan harapannya agar seluruh elemen buruh di Indonesia dapat semakin sejahtera, sebagaimana yang terus dikawal dalam perjuangannya selama ini.

“Tentunya saya selaku Kapolri mewakili seluruh institusi Polri, dari lubuk hati yang paling dalam mengucapkan selamat ulang tahun untuk seluruh rekan-rekan buruh, baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Semoga buruh semakin sejahtera,” ujar Sigit.

Dihadapan puluhan ribu pasang mata, Sigit pun menyampaikan apresiasinya kepada elemen buruh yang telah berpartisipasi langsung dan aktif membantu Pemerintah Indonesia dalam penanganan dan pengendalian Pandemi Covid-19.

“Bagaimana rekan-rekan bersama dengan kami dan seluruh elemen bangsa lainnya melakukan dengan kerja keras menghadapi Pandemi Covid-19, dengan berbagai macam kegiatan yang kita laksanakan mulai dari mengikuti aturan prokes, mengikuti aturan PPKM bahkan buruh terlibat langsung dalam kegiatan vaksinasi untuk kepentingan masyarakat,” ucap Sigit.

Bahkan, kata Sigit, prestasi Negara Indonesia terkait jumlah vaksinasi yang mencapai 408 juta atau menjadi negara terbesar kelima di dunia, tidak lepas dari peran serta dan kerja keras dari kelompok buruh.

“Dan ini semua bisa terjadi karena kontribusi dan peran serta, rekan-rekan buruh di seluruh Indonesia. Tentunya, dengan penanganan laju Covid-19 bisa kita kendalikan. Saat ini Pemerintah memberikan kelonggaran. Sehingga aktivitas kegiatan masyarakat mulai bisa berjalan normal. Aktivitas rekan-rekan buruh juga mulai berjalan normal. Kita bisa bekerja kembali dan juga kita semua bisa ikut melaksanakan mudik pada saat hari raya Idul Fitri,” papar Sigit disambut gemuruh buruh.

Lebih lanjut, Sigit menekankan, berkat kerja keras buruh, di masa sulit Pandemi Covid-19 ini, pertumbuhan perekonomian Indonesia terus membaik. Saat ini berada di atas angka lima persen.

“Angka ini jauh di atas pertumbuhan ekonomi negara-negara maju lainnya. Ini semua berkat partisipasi, kerja keras, keringat rekan-rekan buruh semua. Kami mewakili Pemerintah mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan buruh,” tutur Sigit.

Tak hanya itu, Sigit mengungkapkan, saat ini Indonesia sedang bergerak untuk menjadi negara produsen. Menurut Sigit, berbagai macam kegiatan terus dilakukan guna menciptakan lapangan pekerjaan terbaru untuk masyarakat. Tentunya hal itu, ditekankan Sigit, membutuhkan peran serta dari kelompok buruh.

Sementara itu, Sigit menegaskan, akan terus berkomitmen untuk mengawal dan menjaga ruang-ruang demokrasi yang digunakan buruh dalam menyampaikan aspirasinya demi mewujudkan cita-cita dan harapan yang diinginkan.

“Kita minta semua dilaksanakan sesuai aturan undang undang, sesuai aturan konstitusi. Dan Alhamdulillah hari ini semua bisa ditunjukkan. Buruh yang begitu besar bisa berkumpul dengan khidmat, damai, menggembirakan dan itu menunjukkan Indonesia adalah negara demokrasi yang sudah modern. Tunjukkan terus, jaga terus karena ini adalah modal bagi kita untuk terus maju,” jelas Sigit.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sigit pun memimpin para buruh untuk menyanyikan salah satu lagu wajib nasional berjudul Bagimu Negeri. Kapolri dan buruh pun larut bernyanyi bersama di acara tersebut.

Kapolri Tekankan Terus Awasi Implementasi Kebijakan Larangan Ekspor Minyak Goreng

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pihak Kepolisian masih terus melakukan pengawasan terkait dengan implementasi kebijakan yang dikeluarkan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) soal larangan ekspor minyak goreng dan juga Crude Palm Oil (CPO).

Sigit menyatakan, jajaran kepolisian terus melakukan pemantauan ke pihak produsen maupun pasar terkait kebijakan tersebut. Dalam hal ini, kata Sigit, itu dilakukan untuk memastikan ketersediaan stok nasional serta pengendalian harga minyak goreng jenis curah.

“Polri akan terus melakukan pengawasan dan pengecekan di lapangan terhadap proses realisasi produksi dan distribusi minyak goreng curah oleh perusahaan. Serta akan memonitor pelaksanaan kebijakan larangan ekspor sebagaimana perintah Bapak Presiden,” kata Sigit dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Berdasarkan data dan temuan di lapangan, Sigit menyatakan dari dua minggu dikeluarkannya kebijakan tersebut, harga serta stok minyak goreng dipasaran sampai saat ini masih sangat fluktuatif dan bervariasi.

Presiden Jokowi resmi mengeluarkan kebijakan larangan ekspor minyak goreng dan juga Crude Palm Oil (CPO) pada 28 April 2022 lalu. Kebijakan itu untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri akan minyak goreng.

“Dengan pengawasan langsung dan terus menerus dari aparat Kepolisian di lapangan, diharapkan implementasi kebijakan Pak Presiden tersebut, bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang tinggi terhadap minyak goreng dengan harga penjualan yang diharapkan,” ujar mantan Kabareskrim Polri itu.

Oleh sebab itu, Sigit menegaskan kepada seluruh produsen hingga distributor untuk benar-benar menerapkan kebijakan yang telah dikeluarkan oleh Presiden Jokowi demi kepentingan masyarakat Indonesia.

Mantan Kapolda Banten ini menekankan, pihak Kepolisian tidak akan segan melakukan tindakan tegas kepada pihak-pihak yang tidak menghormati maupun menjalankan keputusan dari Pemerintah Indonesia terkait minyak goreng.

“Polri fokus mengawasi, dan kami tidak akan ragu menindak tegas kepada seluruh pihak yang terindikasi mencoba melakukan pelanggaran kebijakan larangan ekspor minyak goreng ini. Semua ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan dari masyarakat Indonesia,” ucap Sigit.

Diketahui sebelumnya, Polri sejak awal fokus melakukan pengawasan dan pemantauan terkait dengan ketersediaan serta pengendalian harga dari minyak goreng. Bahkan, bersama dengan Kemenperin, Polri membentuk satgas gabungan untuk melakukan pemantauan di pihak produsen, distributor tingkat I hingga IV serta tingkat pengecer selama 24 jam penuh.

“Oleh karena itu untuk memastikan ketersediaan di pasar betul-betul ada, kami bersama pak Menperin membentuk satgas gabungan. Dimana satgas gabungan ini kita tempatkan mulai di level pusat para produsen dan di kantor pusat juga ditempatkan personel dari kepolisian dan Kemenperin. Khususnya di beberapa produsen besar melekat selama 24 jam. Untuk mengawasi proses produksi,” kata Sigit dalam konferensi pers usai melakukan evaluasi bersama Menperin di Gedung Mabes Polri, Senin 4 April 2022.

Sigit memastikan, pengawasan dan pemantauan melekat selama 24 jam, pihak Polri telah mengerahkan personel dari Satgas Pangan tingkat pusat, daerah, hingga Bhabinkamtibmas untuk melakukan pengecekan ketersediaan dan stabilitas harga minyak goreng curah di pasaran.

“Di level distributor baik distributor tingkat I sampai tingkat IV, hingga pengecer sudah kita turunkan personel dari Satgas Pusat, daerah, Bhabinkamtibmas untuk turun mengecek di pasar. Sehingga rangkaian proses, mulai dari produsen, distributor sampai dengan pasar betul-betul bisa kita awasi dengan baik,” tutup Sigit.

Gema Takbir Berkumandang di Polres Batu Iringi Pelaksanaan Sholat Ied 1443H

  

Polres Batu – Gema Takbir berkumandang di Mako Polres Batu mengiringi pelaksanaan Sholat Ied 1443H/2022H. Senin (2/5/2022)

Waka Polres Batu, Kompol Iswahab turut hadir ditengah-tengah warga masyarakat untuk melaksanakan Sholat Ied di lapangan apel Polres Batu

Gema Takbir sedari tadi berkumandang diikuti Jamaah yang sudah duduk di Shof nya masing-masing,
Warga pun berbondong-bondong berdatangan dengan membawa Sajadah untuk ikut melaksanakan Sholat Ied di Mako Polres Batu

Di pintu masuk Polres Batu, terlihat para petugas berjaga sambil mengingatkan para Jamaah untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan cara memberikan masker, handsanitizer dan juga mengingatkan untuk penggunaan aplikasi Peduli Lindungi

Sebelumnya, Waka Polres Batu menerangkan bahwa pelaksanaan Sholat Ied di Mako Polres Batu berpotensi membedakan, maka dari itu penerapan Protokol kesehatan akan diperkenalkan, terutama tentang penggunaan masker

“Pelaksanaan Sholat Ied di Mako Polres Batu berpotensi membuatnya para Jamaah yang akan melaksanakan Sholat, maka dari itu petugas dari Polres Batu akan memperketat pelaksanaan penerapan Protokol kesehatan, terutama pemakaian masker,” ujar Kompol Iswahab

“Mari kita sambut hari kemenangan inidengan penuh kebahagiaan dan penuh rasa Syukur untuk kembali ke Fitrah manusia serta mengucapkan hati untuk menjadi pribadi-pribadi yang Akhlakul Kharimah,” sambung Iswahab

Khatib dalam pelaksanaan Sholat Ied di Mako Polres Batu kalo ini adalah Drs. K.H. Abdul Hanam EM. M.Si, Pembina Pondok Pesantren Mahasiswa Tahfizul Qur’an Darul Muhtadin Malang, selaku Bilal adalah Bripda Bikhar, anggota Bagian Sumda Polres Batu


Serta tema Khotbah adalah “Dengan Hikmah Idul Fitri, Kita Gapai Ketaqwaan Melalui Peningkatan Kepedulian Sosial Menuju Polri Presisi”

“Tak lupa saya juga mengingatkan kepada kita semua, kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan disaat berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara,” pungkasnya

SATRESNARKOBA POLRESTABES SURABAYA BEKUK 7 PENGEDAR DAN AMANKAN 42,8 KG SABU

Beranda TNI-POLRI
TNI-POLRI
Satresnarkoba Polrestabes Surabaya Bekuk 7 Pengedar dan Amankan 42,8 Kg Sabu

Redaksi Harijono
25 April 2022
IMG 20220425 WA0239
SURABAYA, GERAKNEWS.COM-Dalam waktu dua bulan saja, Satresnarkoba Polrestabes Surabaya dan Polsek Gubeng Surabaya berhasil bekuk 7 orang pengedar narkoba dan juga berhasil menyita barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 42,8 Kg.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol A Yusep Gunawan mengatakan 3 orang tersangka yakni PS (40), DB (38) dan CS (36) berhasil diringkus Satnarkoba Polrestabes Surabaya. Sementara 4 tersangka .
“Pengungkapan yang pertama 11 Maret, 1 April dan 8 April oleh Polrestabes Surabaya. 17 April dan 18 April dilakukan oleh Polsek Gubeng,” ujar Yusep, Senin (25/4/2022).

Polrestabes Surabaya berhasil menyita 17 bungkus sabu dengan berat 8.925 gram atau 8,9 kg dan Polsek gubeng berhasil menyita 33.693 gram atau 33,6 kg sabu. Sehingga total barang bukti yang disita adalah 43,8 kg sabu.

“Yang mana apabila kita mengamankan atau menyita barang bukti ini maka kita mampu mencegah peredaran gelap atau menyelamatkan masyatakat sebanyak 400.000 jiwa,” urainya.
Mantan Dirkrimsus Polda Jatim ini mengatakan, jika dilihat dari kemasan, 7 pengedar tersebut berasal dari jaringan Sumatera. Meski demikian pihaknya masih terus melakukan pengembangan, apakah jaringan tersebut berasal dari Timur Tengah, Cina ataupun Malaysia.

“Modus operandi terus berubah-ubah, artinya bahwa ada pengiriman melalui ekspedisi baik perorangan atau jasa jaringan maupun pelaku-pelaku dengan istilah mengambil di suatu tempat yang tidak tau siapa pengirimnya, kami akan mengembangkan untuk jaringan peredaran gelap ini,” ungkap.

Dalam pengungkapan ini, pihaknya pun memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah membantu pengungkapan narkoba. Penghargaan diberikan kepada anggota Satnarkoba Polrestabes Surabaya, Anggota Polsek Gubeng dan Masyatakat.
Kami beri penghargaan kepada 2 diantara 3 masyarakat yang membantu memberikan informasi. Ada Satpam SPBU kami beri penghargaan atas keberanian memberikan kecepatan informasi kepada kepolisian,” tutur Yusep.

Yusep berharap, pengharagaan tersebut bisa menjadi motivasi berbagai pihak untuk ikut berperan aktif dalam mencegah peredaran gelap narkoba.

“Masyatakat harus lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya, khususnya rukun tetangga sehingga kita bisa mencegah peredaran gelap narkoba,” pungkas Yusep. Tetap Selalu Menjaga Prokes 5 M.

Sattahti Polres Batu Bekerjasama dengan RS. Bhayangkara Hasta Brata Gelar Pengecekan Kesehatan Tahanan

Polres Batu – Bertempat di ruang tahanan Polres Batu, Kasat Tahti Polres Batu, Iptu M. Taufik mendampingi Tim Kesehatan RS. Bhayangkara Hasta Brata Kota Batu melaksanakan pengecekan kesehatan para Tahanan untuk memastikan Tahanan dalam keadaan sehat, Rabu, (13/4/2022).

Pengecekan kesehatan tahanan tersebut adalah kegiatan rutin dan berkala yang dilakukan oleh Sat Tahti Polres Batu yang bekerja sama dengan RS. Hasta Brata Kota Batu.

“Pengecekan kesehatan terhadap para Tahanan ini merupakan salah satu bentuk Kontrol dan pelayanan yang dilakukan oleh Sat Tahti Polres Batu,” ujar Kasat Tahti Polres Batu.

“Dalam Kesempatan ini pula, kami menghimbau kepada para Tahanan jika ada keluhan tentang kesehatan, bisa langsung disampaikan kepada para tenaga medis dari RS. Hasra Brata Kora Batu,” lanjutnya

Disamping melakukan pengecekan kesehatan para Tahanan, personel Sat Tahti juga melakukan pengecekan ruang tahanan, hal tersebut dilakukan dikandung maksud untuk mencari dan menemukan benda-benda yang dilarang serta untuk meminimalisir hal-hal terjadinya pelanggaran yangtidak diinginkan.

“Ini sudah menjadi tanggung jawab kami untuk senantiasa memastikan kondisi para tahanan dalam keadaan sehat selama berada di rumah tahanan negara Polres Batu,” tambahnya

Pemeriksaan secara kontinyu dan secara berkala terhadap para tahanan merupakan salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan tugas di satuan Tahti,” pungkas Taufik.
(humasresbatu/andi).

Polsek Pujon Tingkatkan Patroli Kamtibmas dan Operasi Yustisi

Polsek Pujon Tingkatkan Patroli Kamtibmas dan Operasi Yustisi

Polres Batu – Personel Polsek Pujon melaksanakan kegiatan Patroli Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan Operasi Yustisi penerapan protokol kesehatan di masyarakat wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jum’at (8/4/2022).

Dihubungi terpisah, Kapolsek Pujon AKP Purwanto Sigit mengatakan bahwa, kegiatan tersebut dilaksanakan guna antisipasi gangguan kamtibmas serta pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami lakukan giat tersebut untuk menciptakan situasi kondisi aman nyaman kepada masyarakat, serta sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Sigit sapaan akrab Kapolsek Pujon.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan sasaran tempat berkerumunnya masyarakat utamanya di pusat perbelanjaan.

“Ada beberapa titik lokasi yang menjadi sasaran kami antara lain pasartradisional, pertokoan yang ada di Kecamatan Pujon,” paparnya.

Selain sebagai tugas rutin kegiatan tersebut juga untuk mendukung tugas Tim Pamor Keris Polres Batu.

“Disamping sebagai tugas rutin yang dilaksanakan Polsek, kegiatan tersebut untuk mendukung tugas Tim Pamor Keris Polres Batu dengan sasaran penegakkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Sigit berharap, warga masyarakat lebih patuh dan berdisiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kami berharap agar warga masyarakat dimanapun dan kapanpun selalu patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan karena Covid-19 masih ada disekitar kita,” tutupnya.

Ciptakan Situasi Kamtibmas Aman, Polsek Pujon Tingkatkan Operasi Yustisi

Polres Batu – Personel Polsek Pujon melakukan kegiatan Operasi Yustisi penerapan protokol kesehatan guna Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Kamis (24/3/2022).

Dihubungi terpisah, Kapolsek Pujon AKP Supriyanto mengatakan bahwa, kegiatan tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta menciptakan situasi Kamtibmas aman dan tertib.

“Kami laksanakan kegiatan tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron serta menciptakan situasi Kamtibmas aman dan tertib di tengah-tengah lingkungan masyarakat,” ujar Supriyanto sapaan akrab Kapolsek Pujon.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada lokasi kerumunan warga masyarakat yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Beberapa titik lokasi yang menjadi sasaran operasi diantaranya pusat perbelanjaan dan lingkungan warga masyarakat yang disinyalir menjadi tempat berkerumun,” paparnya.

Disamping sebagai tugas rutin kegiatan tersebut juga untuk mendukung tugas Tim Pamor Keris Polres Batu.

“Selain sebagai tugas rutin yang dilaksanakan Polsek kegiatan tersebut guna mendukung tugas Tim Pamor Keris Polres Batu dengan sasaran penegakkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Masih banyak dijumpai masyarakat yang tidak patuh Prokes oleh oleh tim operasi yustisi Polsek Pujon.

“Masih banyak kami jumpai masyarakat tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan, kami lakukan teguran lisan hingga sanksi sosial,” ucapnya.

Ia berharap, warga masyarakat tetap patuh dan berdisiplin menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami tidak henti-hentinya selalu menghimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, kami berharap agar warga masyarakat tetap patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron,” pungnkasnya.

Kabareskrim Polri dan Kapolda Jatim Cek Pelaksanaan dan Pencapaian Vaksinasi Covid-19 di Pamekasan

Pamekasan- Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto didampingi Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta melakukan pengecekan pelaksanaan dan pencapaian vaksinasi covid-19 di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Rabu (23/03/2022)

Dalam kegiatan pengecekan vaksinasi serentak di Kabupaten Pamekasan di Gedung Bakorwil, tepatnya Jl. Slamet Riadi Kelurahan Barurambat Kota, Kecamatan Kota Pamekasan juga dihadiri Dirut RS Dokter Sutomo Surabaya Jatim dokter Joni Wahyu Hadi yang mewakili Gubernur Jatim, Forkopimda Kabupaten Pamekasan diantaranya Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, Kapolres Pamekasan, AKBP. Roqib Triyanto, Dandim 0826/Pamekasan, Letkol Inf Ubaydillah, Kadinkes Pamekasan, dr. Syaifuddin serta beberapa tokoh Ulama, Kyai dan Pengasuh Pondok Pesantren di Madura.

Untuk hari ini Jawa timur menyelenggarakan vaksinasi serentak di 86 titik lokasi vaksinasi di seluruh polres jajaran polda jatim dengan target sasaran 32.455 dosis vaksin covid-19. Sedangkan untuk di Bakorwil IV Pamekasan sendiri dilaksanakan vaksinasi sebanyak 2000 dosis dengan bantuan dari tenaga kesehatan gabungan baik dari TNI Polri, Dinkes dan Relawan.

Selain memantau langsung pelaksanaan Vaksinasi Covid – 19 di Kabupaten Pamekasan, Kabareskrim juga memantau dan berkomunikasi interaktif secara vitual terhadap pelaksanaan vaksinasi di seluruh jajaran Polda dan Polres seindonesia terkait penanganan covid-19 dan perkembangan capaian vaksinasi dibeberapa daerah.

“Kami datang ke Pamekasan atas perintah Kapolri untuk melakukan pengecekan hasil pencapaian vaksinasi covid -19 yang sudah berjalan hampir dua tahun ini, sementara tiga pejabat bintang tiga yang lain besok akan hadir di kegiatan yang sama secara virtual di seluruh Indonesia”, terang Komjen Pol Drs. Agus Andrianto saat ditemui sejumlah wartawan.

Kabareskrim berharap, pencapaian vaksinasi Dosis 1, 2 dan 3 di Kabupaten Pamekasan akan terus meningkat, utamanya bagi lansia dan anak-anak, sehingga kekebalan tubuh atau herd immunity bisa segera terwujud.

“Mudah – mudahan pencapaian vaksinasi di Kabupaten Pamekasan semakin bagus, terima kasih kepada Kapolda jatim, Bupati Pamekasan, Kapolres, Dandim 0826, warga Pamekasan dan rekan-rekan Media atas kerjasamanya, sehingga pelaksanaan vaksinasi baik dosis 1, 2 dan 3 bisa berjalan lancar”, Ucapnya.

Perlu diketahui, saat memantau pelaksanaan vaksinasi Covid -19 di Kabupaten Pamekasan, Kabareskrim Polri bersama Kapolda Jatim, Bupati Pamekasan, Kapolres Pamekasan, Dandim 0826 Pamekasan dan Kadinkes Pamekasan memberikan bingkisan sembako secara simbolis kepada warga yang sudah divaksinasi.

Kapolri Minta HIPMI Terus Kawal Seluruh Kebijakan Pertumbuhan Ekonomi Ditengah Pandemi Covid-19

Bali – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada seluruh pengurus maupun anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk mengawal serta mendukung seluruh kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah terkait dengan pertumbuhan perekonomian Indonesia ditengah Pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Sigit saat menjadi salah satu pemateri di acara Forum Bisnis Sidang Pleno HIPMI dengan tema ‘Kolaborasi Pengusaha Muda dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional Pasca-Pandemi’ di Hotel Trans Resort Bali, Jumat (18/3/2022).

“Kemudian ini menjadi tantangan kita untuk sama-sama mencapai target pertumbuhan ekonomi kita di tahun 2022. Memang betul-betul harus kita jaga, agar terus bisa tumbuh di atas angka lima persen. Karena menjadi syarat kita, bisa terlepas dari yang biasa disebut Middle Income Trap,” kata Sigit mengawali materinya.

Dihadapan anggota HIPMI tersebut, Sigit pun kembali mengingatkan pernyataan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ketika acara Rakernas HIPMI tahun 2021 lalu.

Sigit menyampaikan bahwa, Presiden Jokowi ketika itu menyatakan kader HIPMI pasti bisa membalik sebuah tantangan menjadi sebuah peluang, membalikkan bencana Pandemi Covid-19 menjadi sebuah kebangkitan ekonomi kita.

“Jadi ini sengaja saya mengingatkan kepada rekan-rekan. Saat ini, Pemerintah sedang melakukan berbagai macam program pemulihan ekonomi nasional. Tentunya peran HIPMI didalamnya melakukan berbagai hal untuk dukung program-program tersebut. Mulai dari sosialisasi, bagaimana mengembangkan upaya usaha-usaha dengan UMKM, e-commerce. Kemudian penyaluran KUR dan juga kegiatan FGD dan talkshow yang tentunya ini kita harapkan lahirkan pengusaha baru,” ujar Sigit.

Lebih dalam, Mantan Kabareskrim Polri ini menyebut, dengan adanya perkembangan lingkungan global tentunya hal tersebut juga memberikan dampak terhadap Negara Indonesia. Sehingga, kata Sigit, diperlukan kerjasama hingga sinergitas seluruh stakeholder dalam mengawal program pertumbuhan ekonomi nasional.

“Yang menjadi tantangan kita saat ini, karena kita berusaha untuk bisa lepas dari Middle Income Trap. Namun disisi lain dengan kondisi Pandemi Covid-19 yang ada ini tentu jadi tantangan berat. Yang harus tentunya kita lakukan adalah konsolidasi yang kuat untuk bisa menjaga,” ucap eks Kapolda Banten itu.

Menurut Sigit, untuk terus mencapai target pertumbuhan perekonomian Indonesia tentunya harus diiringi dengan pengendalian Pandemi Covid-19 yang optimal. Terkait hal itu, Sigit menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal keempat sebesar 5,02. Ia pun berharap, di kuartal pertama 2022 bisa berada di angka 5,3 hingga 5,5.

Dari segi pengendalian Covid-19, kata Sigit, berdasarkan data Indeks Nikkei akhir tahun lalu, Indonesia menjadi negara yang berada di urutan pertama dalam hal tersebut. Sementara, dari CDC Amerika Serikat, Indonesia berada di kategori level I. Bahkan, Indonesia saat ini menjadi peringkat lima di dunia terbanyak terkait penyuntikan dosis vaksin, dengan jumlah
360,8 juta.

“Tentunya kerja keras seluruh stakeholder termasuk didalamnya rekan-rekan HIPMI. Dan ini semuanya penting untuk mendukung agar ditengah Pandemi Covid-19, ekonomi bisa bertumbuh. Karena kuncinya memang negara mana yang bisa mengendalikan laju Covid-19, maka dialah yang menjadi pemenang dan itu yang sekarang terus kita laksanakan,” ucap Sigit.

Disisi lain, Sigit mengungkapkan bahwa, Pemerintah Indonesia juga melakukan transformasi ekonomi dengan konsep Green dan Blue Economy. Menurutnya, hal itu untuk menjadikan sumber kekuatan perekonomian yang baru.

“Saya kira ini memang komitmen yang harus dilakukan untuk menjaga bumi, alam dan masa depan generasi akan datang. Tolong hindari hal-hal yang bisa berdampak perusakan lingkungan. Hindari kawasan hutan lindung untuk masa depan kita,” tutur Sigit.

Tak hanya itu, Sigit menyebut, dalam semangat transformasi Presisi, Polri akan berkomitmen untuk terus mendukung dan mengawal iklim usaha dan investasi yang kondusif. Hal itu tertuang dalam transformasi operasional dalam program kedelapan yakni pemulihan ekonomi nasional.

“Terkait dengan kebijakan iklim investasi kami dari Polri telah membuat program Polri Presisi. Saya masukan di dalam program dan kegiatan aksi kita. Tidak usah khawatir kita pasti mendukung mengawal rekan-rekan yg memang memiliki jiwa entrepreneur dan kreatifitas. Kami sudah sampaikan anggota terhadap kegiatan usaha tolong dikawal. Kalau kurang izin lakukan pendampingan,” tegas Sigit.

Sigit memaparkan, komitmen iklim investasi dan usaha yang kondusif, Polri telah membentuk Satgas Mafia Tanah, Satgas Penanganan Konflik Sosial, Satgas Waspada Investasi, Satgas PEN, dan lainnya.

“Namun itu semua tentunya saya harapkan juga, agar program saya bisa berjalan bagaimana kita masuk dan lakukan pendampingan. Sehingga rekan-rekan semua bisa melaksanakan usahanya sesuai apa yang rekan-rekan harapkan tanpa takut memiliki masalah hukum. Saya juga titip pesan mari kita menciptakan iklim usaha yang baik,” papar Sigit.

Tak lupa, Sigit juga menyinggung soal bonus demografi yang akan dihadapi Indonesia. Sebab itu, Sigit juga mengajak HIPMI untuk mewujudkan SDM yang unggul. Dengan begitu, dikatakan Sigit, di tahun 2045 terwujud Indonesia tangguh, Indonesia Tumbuh dan Indonesia emas.

“Ini harus kita lakukan agar mewujudkan Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh dan Indonesia emas di tahun 2045. Saya mengingatkan moto HIPMI jadilah pengusaha pejuang, pejuang pengusaha. Jadilah pengusaha nasional yang tak hanya tangguh di dalam negeri, tapi tangguh dikawasan global, dengan tetap memiliki wawasan kebangsaan,” tutup Sigit.

Kapolres Batu Dampingi Kapusjarah, Pastikan Pembuatan Galeri Polri di Kota Batu

Polres Batu – Dengan didirikannya Galeri Polri yang berlokasi di Musium Angkut kota Batu, bertujuan untuk menjaga dan mengenang serta melestarikan nilai-nilai sejarah Polri khususnya sejarah Polisi yang ada di Wilayah Jawa Timur.
Hal ini disampaikan langsung oleh Kapusjarah Polri, Brigjen Pol. Aspriastini Bakti Bugiansri dalam kunjungan kerja keduanya di Polres Batu. Kamis, (17/3/2022)

“Galeri Polri yang akan didirikan di Musium Angkut kota Batu ini adalah salah satu wujud untuk menambah wawasan generasi penerus bangsa tentang sejarah Polri,” tutur Kapusjarah Polri.

Kapolres Batu, AKBP I Nyoman Yogi Hermawan dalam sela-sela kunjungan kerja Kapusjarah mengatakan bahwa nantinya di dalam galeri Polri yang berada di Musium Angkut kota Batu juga akan mengenalkan perjuangan AP III Katjoeng Permadi yang merupakan Sosok Pahlawan asli dari Pujon sehingga bisa menambah wawasan dan kebanggaan bagi generasi penerus khususnya generasi millenial.

“Kita punya sosok Pahlawan lokal yang mungkin selama ini kurang terdengar gaungnya, dengan adanya Galeri Polri yang berada di Museum Angkut kota Batu ini bisa mengangkat cerita kepahlawanan AP III Katjoeng Permadi,” ucap Kapolres Batu.

“Mohon Doanya semoga pendirian Galeri Polri yang berada di Museum Angkut kota Batu segera dapat terealisasikan,” pungkas Yogi