Personel Unit Pam Obvit Sat Samapta Polres Batu Patroli Dialogis Dengan Pelaku Objek Vital Sampaikan Pesan Kamtibmas Jelang Pilkada 2024

 

Polres Batu – Dalam rangka menjaga stabilitas pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat Kota Batu menjelang Pilkada Kota Batu Tahun 2024, Kanit Pam Obvit Sat Samapta Polres Batu Polda Jatim Ipda Suryanto memimpin langsung pelaksanaan patroli di beberapa tempat Obyek Vital dan beberapa obyek wisata Wilayah Hukum Polres Batu, Minggu (26/5/2024).

 

“Unit Pam Obvit Polres Batu melaksanakan kegiatan Patroli ke beberapa Objek Vital dan obyek wisata selain untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan, juga memberikan sosialisasi dan himbauan terkait akan adanya pelaksanaan Pilkada Kota Batu Tahun 2024,” terang Kanit Pam Obvit.

“Sesuai arahan dan petunjuk dari Bapak Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin kita lakukan patroli ini dengan menitikberatkan pada lokasi yang rawan gangguan kamtibmas, serta kegiatan masyarakat yang meningkat seperti tempat – tempat wisata, yang mana hal ini dapat berpotensi pada terjadinya kriminalitas dan gangguan kamtibmas lainnya,” tambah Ipda Suryanto.

 

Adapun sasaran objek vital pelaksanaan patroli Objek Vital tersebut yakni Tempat Wisata, Perhotelan dan Perbankan di Wilayah Hukum Polres Batu. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan pada wisatawan, nasabah Bank, pembobolan mesin ATM, antisipasi 3C (Curat, Curas dan Curanmor) serta untuk meminimalisir tingkat kerawanan kriminalitas lainnya di Kota Batu.

“Saat pelaksanaan kegiatan patroli objek vital personil berkoordinasi dengan anggota Satpam maupun pihak karyawan serta pelaku wisata dengan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas menjelang Pilkada Kota Batu agar tetap waspada terhadap gangguan kamtibmas, dan jika menemukan adanya Gangguan Kamtibmas agar segera menghubungi 110 Polres Batu ataupun Polsek jajaran terdekat melalui Pak Bhabin, supaya segera ditangani,” Imbuhnya.

Kasat Samapta Polres Batu AKP Sugiyanto menerangkan “kegiatan patroli tersebut rutin dilakukan baik itu waktu pagi, siang maupun malam hari, dengan harapan kehadiran Polisi dapat menjamin keamanan objek vital dan wisata dari berbagai tindak kejahatan dan gangguan Kamtibmas serta menjaga situasi tetap aman dan kondusif khususnya di wilayah hukum Polres Batu apalagi saat menjelang Pilkada Kota Batu tahun 2024.”

 

Tingkatkan Hubungan Dengan Masyarakat Polisi RW Berikan Pesan Kamtibmas Jelang Pilkada 2024

 

Polres Batu – Dalam rangka menjaga Harkamtibmas menjelang Pilkada Kota Batu 2024 dan memberikan rasa aman kepada semua lapisan masyarakat, Polisi RW Polres Batu Polda Jatim melaksanakan kegiatan sambang desa ke tokoh masyarakat dan warga sekitar, Minggu (26/5/2024).

Setelah diresmikan oleh Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T., Polisi RW Polres Batu langsung mengimplementasikan petunjuk dan arahan Kapolres Batu dengan lebih aktif membantu Bhabinkamtibmas dalam menjaga Harkamtibmas di tingkat Desa agar lebih optimal dalam melaksanakan kegiatan sambang desa untuk bertatap muka dan dialogis dengan Ketua RW setempat serta berinteraksi dengan perangkat desa dan warga apalagi menjelang Pilkada Kota Batu Tahun 2024.

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. menjelaskan bahwa Polisi RW merupakan sebuah program Kepolisian yang bertujuan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas yang akan dilaksanakan di lingkup wilayah terkecil.

 

“Dalam bekerja nantinya Polisi RW akan bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat. Adapun peran Polisi RW ini akan bersinergi dengan Kapolsek, Bhabinkamtibmas, serta Babinsa utamanya terkait informasi Kamtibmas di wilayah,” terang Kapolres Batu.

“Tugasnya adalah bagaimana dapat mewujudkan RW yang sejuk dan aman dengan security assesment, Polisi akan lakukan itu dengan ketua RW setempat dan elemen masyarakat lainnya,” tambah Kapolres Batu.

 

Polisi RW tersebut memang disiapkan untuk menjaga dan mengkondusifkan keamanan di lingkungan masyarakat yang terkecil dari sejumlah konflik sosial. Hal ini dilakukan demi menunjang warga dalam beraktivitas sehari-hari dengan aman dan nyaman tanpa merasa khawatir.

 

“Dengan dibentuknya Polisi RW ini diharapkan bisa melaksanakan penyelesaian terhadap segala permasalahan yang ada dengan cepat dan bisa mencegah terbentuknya potensi kejahatan di lingkungan masyarakat apalagi saat menjelang Pilkada Kota Batu tahun ini,’ tutup Kapolres Batu.

Rutinitas Lakukan Patroli Blue Light Polres Batu Wujudkan Situasi Kamtibmas Jelang Pilkada Kota Batu 2024

 

  

Polres Batu – Dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Batu Polda Jatim, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin memberikan petunjuk dan arahan kepada seluruh anggota dan jajarannya untuk melaksanakan kegiatan Rutin yang di tingkatkan (KRYD) menjelang Pilkada Kota Batu 2024, seperti patroli malam ke tempat pemukiman warga dan beberapa obyek vital lainnya, Minggu (26/5/2024).

“Dalam rangka menjelang Pilkada Kota Batu 2024, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat khususnya di wilayah hukum Polres Batu, saya berharap agar seluruh anggota melaksanakan kegiatan patroli, baik pada siang maupun khususya pada malam dan dini hari di jam – jam rawan pada beberapa titik yang patut diduga merupakan daerah rawan terjadinya tindak pidana seperti pemukiman penduduk dan beberapa lokasi obyek vital di wilayah hukum Polres Batu,” tegas Kapolres Batu.

 

Sesuai atensi Kapolres Batu dalam meminimalisir bentuk pelanggaran, kejahatan atau gangguan Kamtibmas lainnya, Anggota Polres Batu Polda Jatim dan Polsek jajaran melaksanakan kegiatan patroli malam secara periodik ke tempat pemukiman warga maupun ke beberapa obyek vital pada jam – jam rawan khususnya di waktu malam hari.

Adapun beberapa sasaran Patroli diantaranya KPU, Bawaslu, pemukiman penduduk, tempat ibadah, sekolahan, tempat pertokoan, Perbankan, tempat wisata dan titik – titik rawan lainnya seperti jalan arteri perbatasan desa dengan kota.

 

Kapolres Batu juga menyampaikan pentingnya sinergitas dengan instansi terkait dalam pelaksanaannya.

 

“Jalin sinergitas dengan TNI dan seluruh lapisan masyarakat saat patroli dalam rangka menjaga Sitkamtibmas yang sudah kondusif ini di wilayah hukum Polres Batu menjelang Pilkada 2024,” tambah AKBP Oskar.

Kapolres Batu juga memberikan atensi kepada seluruh anggota yang melaksanakan patroli agar meninggalkan no. 110 Call Center Polres Batu kepada masyarakat khususnya kepada perangkat desa, agar mempermudah dan percepatan dalam memberikan informasi gangguan kamtibmas di wilayah.

Tempuh 113 Km, Kapolda Jatim Pastikan Kesiapan Pengamanan Rute Tour de Panderman 2024 Dengan Bersepeda

Tempuh 113 Km, Kapolda Jatim Pastikan Kesiapan Pengamanan Rute Tour de Panderman 2024 Dengan Bersepeda

BATU – Dalam rangka gladi bersih pengamanan Tour de Panderman 2024, Kapolda Jatim , Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si, turun langsung melaksanakan pengecekan jalur dengan Gowes bersama PJU Polda Jatim, Sabtu (25/5).

Seperti diketahui, sebanyak 1.500 peserta yang dibagi menjadi 2 (dua), yakni 800 peserta pembalap dan 700 peserta non pembalap akan mengikuti Tour De Panderman bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Imam Sugianto MSi, pada 8 Juni 2024 mendatang.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat ( Kabidhumas) Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto mengatakan ajang olah raga sepeda Tour De Panderman 2024 tersebut dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78.

Selain itu kata Kombes Pol Dirmanto, kegiatan olahraga bersepeda ini digelar untuk meningkatkan kembali minat masyarakat dalam olahraga bersepeda, dimana di Jawa Timur ada beberapa event yang juga digelar setiap tahunnya.

“Olahraga balap sepeda ini dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke – 78 dengan bersepeda start Polda Jatim, finish di Kota Batu,” kata Kombes Dirmanto, Sabtu (25/5).

Ajang Tour De Panderman 2024 ini lanjut Kombes Dirmanto selain untuk lomba bagi atlet balap sepeda, juga untuk mengenalkan daerah yang dilintasi terutama di bidang pariwisata.

Dimana balap sepeda Tour de Panderman nantinya akan melintasi 6 kota/kabupaten mulai dari Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Kota Malang dan Batu dengan menempuh jarak lebih kurang 113 kilometer.

“Selain merebutkan piala Kapolda Cup, kegiatan ini juga mengenalkan daerah-daerah yang dilintasi kepada peserta bahwa ada potensi ekonomi yang bisa diangkat mulai dari UMKM hingga wisata,” terang Kombes Dirmanto.

Kombes Pol Dirmanto menambahkan setiap rute yang akan dilintasi para peserta nantinya sudah disiapkan pengamanan jalur semaksimal mungkin.

“Setiap wilayah Polres yang akan dilintasi sudah disiagakan personel untuk pengamanan yang maksimal,” kata Kombes Pol Dirmanto.

Namun demikian Kabidhumas Polda Jatim ini juga menyampaikan permemohonan maaf kepada pengguna jalan apabila dalam pelaksanaannya nanti sedikit mengganggu arus lalulintas, khususnya di rute yang akan dilewati termasuk beberapa pit stop.

“Yang pasti kita sudah persiapkan berbagai rekayasa lalulintas demi keamanan,keselamatan dan kelancaran bersama,” pungkas Kombes Dirmanto.

Sementara itu Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin melalui Wakapolres Batu, Kompol Jeni Al Jauza mengatakan, jajaran Polres di Malang Raya ( Polresta Malang Kota, Polres Malang dan Polres Batu….. red ) sudah menyiapkan pengamanan jalur untuk para pembalap.

“Kami yang ada di jajaran Polres se Malang Raya sudah menyiapkan pengamanan jalur yang akan dilintasi oleh para pembalap nantinya,” kata Kompol Jeni.

Ia menjelaskan kesiapan anggota dan pengecekan ranmor dinas anggota juga telah dilaksanakan untuk memastikan kesiapan kegiatan pengamanan Tour De Panderman 2024.

“Karena pentingnya kegiatan tersebut, kami juga melaksanakan gladi bersih pengamanan yang mana seperti kita lihat tadi Bapak Kapolda Jatim langsung cek rute dengan bersepeda,” terang Kompol Jeni.

Wakapolres Batu ini juga menekankan pentingnya kesiapan dan kewaspadaan setiap anggota dalam menjalankan tugas pengamanan.

Ia mengingatkan kelancaran Tour De Panderman 2024 ini juga bergantung pada koordinasi dan kerjasama yang baik di antara seluruh anggota Polres se Malang Raya.

“Kita semua berharap Tour De Panderman 2024 dapat berjalan sukses, lancar dan aman,” pungkasnya. (*)

Gladi Bersih Pengamanan Tour De Panderman, Kapolda Jatim Cek Jalur di Kota Batu

   

Polres Batu – Wakapolres Batu Kompol Jeni Al Jauza, S.H., M.H., mewakili Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T., memimpin pelaksanaan Apel kesiapan gladi bersih untuk pengamanan Tour De Panderman 2024, bertempat di Halaman Parkir Jatim Park 3 Kota Batu, Sabtu (25/5/2024).

Setelah dua kali melakukan pengecekan kesiapan personel di jalur Tour De Panderman, Wakapolres Batu bersama dengan pejabat utama (PJU) Polres Batu melaksanakan gladi bersih dan pengecekan kembali di lapangan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa personel yang bertugas dalam pengamanan di sepanjang jalur sudah siap sepenuhnya.

Kapolres Batu melalui Wakapolres Batu berharap seluruh personel bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

 

“Saya berharap rekan-rekan yang sudah terploting di jalur, bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan dengan penuh rasa tanggung jawab,” harap AKBP Oskar.

 

Kapolres Batu juga mengingatkan kepada seluruh Anggota agar menyiapkan peralatan yang dibutuhkan saat pengamanan nantinya dan mengingatkan agar memprioritaskan keselamatan diri sendiri, peserta maupun masyarakat umum.

Setelah selesai Apel, Wakapolres Batu menggelar seluruh personel untuk persiapan pelaksanaan gladi bersih.

Dalam kegiatan gladi bersih ini, Kapolda Jatim Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si, bersama PJU Polda Jatim turun langsung melaksanakan pengecekan jalur dengan Gowes untuk memastikan pengamanan Tour De Panderman di wilayah hukum Polres Batu sudah maksimal.

Penyelenggaraan World Water Forum di Bali Berjalan Aman dan Sukses, Polri Ucapkan Terima Kasih

Polri mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan seluruh pihak yang terlibat dalam pengamanan penyelenggaraan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Kepala Operasi Puri Agung 2024 Komjen Pol Fadil Imranmengatakan, penyelenggaraan KTT WWF di Bali berjalan aman, lancar dan sukses.

“Saya selaku kaops operasi puri agung 2024 mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Bali dan semua pihak yang terlibat dalam pengamanan sehingga pengamanan KTT World Water Forum ke-10 berjalan aman, lancar dan sukses,” kata Fadil di Bali, Jumat (24/5/2024).

Dalam kesempatan ini, Fadil yang juga Kabaharkam Polri meminta maaf kepada masyarakat jika selama kegiatan pengamanan ada kegiatan masyarakat yang terganggu.

“Namun pengamanan yang dilakukan semata-mata bertujuan agar Bali mendapatkan kepercayaan yang besar dari masyarakat dunia, membuktikan bahwa Bali menjadi destinasi wisata berkelas dunia dan tentunya mendapatkan keuntungan bagi masyarakat Bali dan Indonesia,” katanya.

Selain itu, Fadil berharap penyelenggaraan KTT WWF ke-10 di Bali ini dapat menghasilkan kesepakatan terbaik secara global buat kesejahteraan masyarakat dunia.

“Harapan kami semoga KTT World Water Forum menghasilkan keesepakatan global tentang air yang terbaik buat kesejahteraan kita bersama saat ini, ke depan dan seterusnya buat masyarakat dunia,” katanya.

Tebar Kepedulian, Polresta Malang Kota Ajak Taruna Akpol Gelar Bansos untuk Driver Ojol dan Kamling Udara

KOTA MALANG – Tidak perlu menjadi hebat tetapi cukuplah menjadi bermanfaat.

Itulah motovasi yang dibetikan oleh Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto kepada personel Polresta Malang Kota dalam menjalankan tugas pokok fungsinya sebagai anggota Polri dan juga dalam hidup sebagai makhluk sosial.

Kombes Pol Budi Hermanto menyebut tugas sebagai anggota Polri selain melindungi dan mengayomi masyarakat juga dapat melaksanakan berbagai agenda kemanusiaan.

Seperti yang dilakukan oleh Polresta Malang Kota dalam menebar kebaikan dan kebahagiaan kali ini dilakukan dalam kegiatan Jumat Berkah dengan menggandeng Taruna Akpol.

Di sela kesibukannya dalam proses belajar mengajar sebagai Taruna Akpol, Naufal Alcamdany Taruna Akpol Tingkat Satu ini mengikuti kegiatan Polresta Malang Kota dalam berbagi bantuan sosial.

Bantuan sosial ( Bansos) berupa paket sembako diberikan kepada driver ojek online dan masyarakat Kamling Udara yang berlokasi di Pos FKPM Jl. Veteran, pada Jumat (24/5/2024).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Aristianto Budi Sutrisno, S.H., S.I.K., M.H., ini menghadirkan kurang lebih sekitar 30 penerima bantuan.

Kompol Aristianto menuturkan bahwa kegiatan Bansos kali ini selain memberikan manfaat kepada penerima juga dapat memberikan nilai-nilai kepemimpinan bagi Taruna Akpol.

“Sesuai dengan arahan dari Bapak Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto, kami terus bekerja dengan hati nurani dan sesuai dengan prinsip tidak perlu menjadi hebat cukuplah menjadi bermanfaat,” ujar Kompol Aristianto.

Pada Bansos kali ini menggandeng Taruna Akpol untuk menumbuhkan dan memupuk karakter calon pemimpin yang berkarakter, teladan, peduli, disiplin, tegas dan bermanfaat.

Masyarakat penerima bantuan sosial ini merasa sangat senang karena mendapat perhatian dari institusi Polri khususnya Polresta Malang Kota.

“Alhamdulillah saya sangat berterima kasih dengan adanya perhatian dari Polresta Malang Kota kepada kami para driver ojol,” ungkap salah seorang driver ojol.

Ia pun berharap semoga kedepannya Polri dapat memiliki generasi yang berkarakter khususnya memiliki kepedulian tinggi kepada masyarakat seperti yang telah sering dilakukan oleh Polresta Malang Kota.

Perlu diketahui Akademi Kepolisian atau sering disingkat Akpol adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak Perwira Polri.

Naufal Alcamdany sebagai salah satu Taruna Akpol tingkat satu yang berkesempatan untuk mengumpulkan ilmu dari Polresta Malang Kota ini merasa sangat beruntung dapat terlibat dalam berbagai kegiatan mulai dari ilmu kepolisian dan ilmu bermasyarakat seperti bansos Jumat berkah.

“Terimakasih kepada Bapak Kapolresta Malang Kota dan kepada seluruh komandan yang telah melibatkan saya dan memberikan banyak ilmu kepada saya, ” ungkap Naufal.

Ia merasa bersyukur karena berkesempatan untuk bisa mengikuti kegiatan berbagi Bansos dalam Jumat berkah dengan masyarakat umum yaitu driver ojol dan kamling udara.

“Saya akan membawa ilmu serta menerapkan yang bermanfaat ini hingga kelak” ucap Naufal, Taruna Akpol. (*)

Polisi Berhasil Amankan Lima Terduga Pelaku Kekerasan di Sidoarjo yang Sempat Viral

SIDOARJO – Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Agus Sobarnapraja, memberikan keterangan pers terkait video viral aksi kekerasan fisik terhadap seorang anak yang terjadi di Lapangan Rusunawa, Desa Ngelom, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo pada 15 Mei 2024 lalu.

Peristiwa tersebut dialami A.V.H. 16 tahun, asal Kalijaten, yang dilakukan oleh lima pelaku. Mereka adalah A.A.P, 18 tahun, M.A. 17 tahun, M.R.M. 16 tahun, F.A.F. 17 tahun dan R.A.G. 16 tahun.

Kompol Agus mengatakan Motif kekerasan terhadap korban karena kelima pelaku tidak terima korban yang
bukan warga perguruan silat telah memakai kaos perguruan tertentu dan memposting di status Whatapps dengan kata-kata yang dianggap mengejek.

“Dalam aksi kekerasan fisik yang dilakukan kelima pelaku direkam oleh salah satu kawan mereka, hingga kemudian video aksi kekerasan ini viral di media sosial,” ujar Kompol Agus, Jumat (24/5).

Sementara akibat kekerasan fisik yang dialami A.V.H. mengakibatkan luka memar pada rahang kanan bawah, lengan kiri atas, pungung bawah dan luka lecet pada tengkuk.

Untuk kepentingan pemeriksaan terhadap 5 (lima) orang pelaku kini dilakukan penahanan di Rutan Polresta Sidoarjo, beserta beberapa barang bukti yang berhasil diamankan Polisi yakni Hand Phone, pakaian pelaku, sandal.

Atas perbuatannya kelima pelaku disangkakan Pasal 170 Ayat (2) ke-1 KUHPidana Bersama sama dimuka umum melakukan kekerasan yang mengakibatkan luka.

“Ancaman Hukuman pidana penjara 7 (Tujuh) tahun,” pungkas Kompol Agus. (*)

Polres Pacitan Amankan 29 Motor Diduga Balapan Liar

PACITAN-Polres Pacitan menggelar razia balap liar dan patroli cipta kondisi pada Sabtu (25/5/2024) dini hari.

Hasilnya, 29 motor pelanggar aturan berhasil diamankan petugas.

Razia yang dimulai pukul 00.00 WIB ini menyasar titik rawan balap liar kawasan JLS Barehan Sidoharjo – JLS Sirnoboyo.

“Seluruhnya langsung kami bawa ke Mapolres. Satu unit kendaraan bermotor tanpa surat-surat juga diamankan,” ujar Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho.

Patroli cipta kondisi ini diikuti oleh para pejabat utama Polres Pacitan, anggota Satlantas, Reskrim, Intelkam, dan Propam.

“Kegiatan ini sebagai upaya preventif untuk mengantisipasi kegiatan masyarakat yang dapat mengganggu ketertiban umum,” jelas Agung.

Selain itu dia mengimbau masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas dan tetap menjaga kondusifitas wilayah.

“Kami imbau masyarakat untuk sama-sama menciptakan rasa aman dan nyaman di lingkungan,” pintanya.

Razia balap liar dan patroli cipta kondisi ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Pacitan. (*)

Aksi Polwan Polres Lumajang Sigap Bantu Calon Jamaah Haji Lansia

LUMAJANG – Polisi Wanita (Polwan) Polres Lumajang Polda Jatim peduli dan turut serta mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji 2024 yang diberangkatkan dari Lumajang menuju asrama haji Sukolilo, Surabaya.

Selain membantu pengamanan dan kelancaran keberangkatan calon jamaah haji, para Polwan Polres Lumajang juga membantu mengurus barang bawaan para calon jamaah haji.

Kepedulian para Polwan Polres Lumajang kepada jamaah haji, nampak saat membatu calon jemaah haji yakni seorang lansia baru turun dari mobil menuju Pendopo Arya Wiraraja dengan menggunakan kursi roda.

Kehangatan dan keramahan para Polwan Polres Lumajang, membuat para jamaah haji merasa terharu dan terbantu.

Lansia tersebut diketahui bernama Ngatini Pangat Masmud. Ia lahir pada 19 April 1935, saat ini berusia 89 tahun.

“Sehat dan selamat ya mbah, semoga menjadi haji yang mabrur, selalu dalam lindungan dan karunia Allah SWT, Aamiin,” ucap Iptu Irdani Isma jelang keberangkatan bus jamaah haji.

Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur Rofik melalui Kasubsi si Humas Ipda Sugiarto mengatakan, keberadaan anggota Polwan tidak hanya untuk melaksanakan tugas pengamanan, tetapi juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para calon Jamaah Haji.

“Kami hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para calon jamaah haji terutama bagi mereka yang membutuhkan pertolongan khusus seperti jamaah lanjut usia (lansia) dengan keterbatasan fisik,”ucap Ipda Sugiarto, Jumat (24/5).

Ia juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji semoga diberikan kelancaran, menjadi haji yang mabrur, serta diberikan kemudahan, keselamatan, dan kesehatan dalam perjalanan ke tanah suci dan kembali ke Lumajang.

Untuk diketahui pada tahun ini sebanyak 923 jamaah haji asal kabupaten Lumajang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 47,48 dan 51 ini diberangkatkan menuju asrama haji di Surabaya yang selanjutnya akan diterbangkan menuju tanah suci.

Sekitar pukul 04.30 WIB, pemberangkatan perdana kloter 47 dan 48 jamaah haji kabupaten Lumajang, sebanyak 732 orang dari jumlah keseluruhan 923 orang jamaah haji. Sedangkan kloter 51 akan diberangkatkan hari ini sore pukul 16.30 WIB. (*)