Lantik AS SDM, Kapolda Aceh dan Kadiv TIK, Kapolri: Dukung dan Tuntaskan Program Pemerintah Tangani Covid-19

Lantik AS SDM, Kapolda Aceh dan Kadiv TIK, Kapolri: Dukung dan Tuntaskan Program Pemerintah Tangani Covid-19

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi melantik sejumlah jabatan perwira tinggi (pati) Kepolisian. Diantaranya adalah, AS SDM, Kapolda Aceh dan Kadiv TIK.

Selain itu, Kapolri juga melantik sejumlah perwira yang naik pangkat setingkat lebih tinggi atau Korps Raport. Diantaranya, ada enam Brigjen yang naik menjadi Irjen. Sementara, 20 Kombes dilantik menjadi Brigjen.

Dalam amanatnya, Sigit meminta kepada seluruh pati yang dilantik hari ini, untuk fokus mendukung seluruh kebijakan Pemerintah terkait dengan penanganan Pandemi Covid-19 atau virus corona.

“Kepada pejabat yang baru dan yang telah dilantik, kita semua sedang menghadapi situasi sulit. Pemerintah bekerja keras untuk menanggulangi Covid-19. Saya minta fokus upaya langkah-langkah mendukung Pemerintah untuk segera kami tuntaskan,” kata Sigit.

Eks Kapolda Banten itu menekankan, seluruh jajaran kepolisian harus berinovasi dan menyiapkan langkah-langkah penanganan dan pengendalian Covid-19 sekaligus Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Oleh karena itu, laksanakan secara maksimal, sungguh-sungguh dan sekaligus Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Saya yakin rekan-rekan mampu. Berikan yang terbaik untuk institusi. Bagi rekan-rekan yang melaksanakan kenaikan pangkat tentunya membawa implikasi beban tugas semakin berat,” ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

Lebih dalam, Sigit berharap, seluruh jajaran Kepolisian harus melakukan yang terbaik untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Sebagaimana, semangat dari Polri Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan).

“Lakukan yang terbaik untuk institusi tercinta berikan pelayanan kepada masyarakat dengan Polri Presisi, sehingga dipercaya masyarakat sesuai dengan harapan masyarakat,” ucap Sigit.

Selain itu, Sigit menegaskan untuk para jajaran Kapolda agar memahami situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) yang menjadi karakteristik wilayah masing-masing. Serta dampak-dampak yang bisa ditimbulkan.

“Harapannya masyarakat menjadi aman. Laksanakan tugas dengan baik,” tutur Sigit.

Diketahui, dalam pelantikan tersebut, Irjen Wahyu Widada resmi menjabat As SDM, Irjen Ahmad Haydar sebagai Kapolda Aceh dan Irjen Slamet Uliandi selaku Kadiv TIK.

KIBARKAN BENDERA MERAH PTIH, SUPIR AMBULAN DAN PENJAGA GEREJA OPTIMIS COVID SEGERA BERAKHIR

KIBARKAN BENDERA MERAH PTIH, SUPIR AMBULAN DAN PENJAGA GEREJA OPTIMIS COVID SEGERA BERAKHIR

Wabah penyakit Covid 19 ini benar benar memukul sendi perekonomian masyarakat tak terkecuali kepada para sopir ambulans yang bekerja di Rumah Sakit , Puskesmas atau Klinik di Kota Batu dan juga para penjaga Gereja di GKJW Batu.

Fenomena inilah yang ditangkap Polres Batu bersama Pemerintah Kota Batu tak henti-hentinya melakukan berbagai kegiatan semata-mata menjaga stabilitas kesehatan dan ekonomi masyarakat di Kota Batu . salah satunya dengan cera membagikan ribuan bansos kepada masyarakat yang terdampak Covid 19.

Kali ini di Kota Batu masyarakat para sopir ambulans tersebut memilih untuk memasang dan mengibarkan bendera merah putih sebagai simbol perang melawan pandemi di kendaraan yang mereka gunakan untuk bekerja sehari hari.

Kali ini mereka berkumpul di kawasan alun alun Batu untuk bersama sama dengan Polri, TNI dan Pemrintah kota Batu mengibarkan bendera merah putih sebagai wujud rasa optimas bahwa kita semua bisa menghadapi pandemi ini dengan saling membantu kepada sesama .

Kapolres Batu, AKBP Catur mengapresiasi kegigihan dan semangat masyarakat dalam berkolaborasi bersama pemerintah dalam mengatasi pandemi.

“Situasi memang tidak mudah. Tapi dengan kebijaksanaan pemerintah dan masyarakat, masa sulit ini akan terlewati. Bendera merah putih bisa jadi sebagai simbol perang melawan Covid 19. Sinergi antara pemerintah dengan masyarakat,”ujar Kapolres Batu di Alun alun . Senin (2/8/21)

Semangat merah putih itu, menurut Catur merupakan simbol semangat Aremania khususnya untuk tetap bisa survive di tengah pandemi ini.

“Semangat itu harus digelorakan bersama. Jadi masyarakat tetap bisa bertahan hidup dengan bekerja sekaligus kesehatannya tetap terjaga. Dengan prokes, taat aturan pemerintah melalui kebijakan baik pusat maupun daerah, Insyaallah pandemi ini akan segera tertangani dengan baik,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu Kapolres juga memberikan Bansos sebanyak 175 paket kepada para Sopir ambulan dan penjaga gereja , dengan harapan apa yg sedikit diberikan ini dapat bermanfaat sekaligus berterima kasih atas apa yang sudah mereka kerjakan dalam situasi saat ini sebagai bagian dari garda  mengatasi Covid 19.

” Tetap semangat , Ikhlas, dan jaga kesehatan ya bapak bapak dan ibu ibu,” ujar Kapolres Batu

DENGAN PROKES YANG KETAT, KAPOLRES BERIKAN ARAHAN DAN BANSOS PAKET SEMBAKO KEPADA WARTAWAN

DENGAN PROKES YANG KETAT, KAPOLRES BERIKAN ARAHAN DAN BANSOS PAKET SEMBAKO KEPADA WARTAWAN

Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang terdiri dari media cetak, elektronik, maupun media online, pada Senin (19/7/2021) siang.

Masih dalam suasana pandemi Covid-19, terlebih PPKM Darurat, kegiatan terbatas namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Para jurnalis sebelum memasuki ruang Rupatama Mapolres Batu, juga di cek suhu tubuhnya, wajib memakai masker, dan menggunakan handsanitizer, serta menjaga jarak.

Para wartawan yang tergabung di Pokja Jurnalis Polres Batu tersebut, mendapat pembinaan dari Kapolres Batu terkait dengan sinergitas dan kemitraan tentang program kerja Polres Batu.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rupatama Mapolres Batu Jalan AP lll Katjoeng Permadi, No.16, Kecamatan Junrejo, Kota Batu ini dihadiri Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono, SIK, MH, Paur Humas, bersama awak media yang tergabung di Pokja Polres Batu.

Kegiatan acara tersebut dikemas dalam “Pembinaan Wartawan Polres Batu” dengan pemberian berupa tali asih, dalam rangka mempererat tali silaturahim antara Polres Batu dengan media massa yang ada di wilayah hukum Polres Batu.

Utamanya, dalam hal meningkatkan kerjasama dalam membentuk opini publik di masyarakat yang positif terhadap kinerja Polri dan wartawan atau jurnalis.

Selain memberikan pembinaan kepada rekan-rekan media massa sebagai Mitra kerja Polri, Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK, MH juga menyampaikan, apabila ada suatu kegiatan yang berhubungan dengan peliputan, hendaknya bisa bekerja bersama dengan profesional.

“Ya, kami harapkan seperti itu, baik itu dalam hal press release maupun program kerja kegiatan lainnya,” kata Catur sapaan akrabnya di hadapan awak media.

Dengan penuh suasana keakraban, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Lalu, Perwira Polisi dengan pangkat dua melati dipundaknya ini juga menegaskan, agar rekan-rekan wartawan dihimbau agar selalu menyajikan berita-berita fakta dan berimbang dengan tidak merugikan disalah satu pihak.

“Jadi rekan-rekan wartawan, jangan menyajikan berita hoax yang dapat meresahkan masyarakat. Mari kita bersama-sama memerangi hoax alias berita bohong. Sekali lagi saya berharap, agar rekan-rekan wartawan selalu menyajikan berita-berita fakta yang aktual, sebab berita-berita yang kita sajikan akan kita pertanggung jawabkan di dunia dan akhirat kelak,” ucapnya.

Jika mengetahui ada warga masyarakat Kota Batu yang tengah menjalani isoma, Catur juga mengimbau, agar menghubunginya.

“Nantinya saya akan langsung turun ke lokasi, untuk membantu masyarakat yang terdampak maupun yang tengah menjalani isoman, dan masyarakat yang tak mampu,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang jurnalis media online mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Kapolres Batu, karena selama ini baik dan respect kepada rekan media.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolres Batu, karena tidak dapat dipungkiri memang terlebih dalam suasana pandemi Covid, utamanya PPKM Darurat, semua orang juga terdampak, ya termasuk juga dengan jurnalis,” tandasnya.

POLSEK PUJON TEKAN PENYEBARAN COVID , BAGIKAN MASKER DI WILAYAH DESA PUJON LOR

POLSEK PUJON TEKAN PENYEBARAN COVID , BAGIKAN MASKER DI WILAYAH DESA PUJON LOR

Polres Batu – Dalam rangka peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan,Polsek Pujon bagikan masker gratis dan menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, Rabu  (23/6/2021).

Kita datangi beberapa tempat pusat keramaian dan ruas jalan desa untuk memastikan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan covid 19″,terang Kapolsek Pujon AKP Supriyanto, SH

Nampak terlihat masih ada masyarakat yang tidak menggunakan masker yang masih kurang disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

“Kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan harus kita tingkatkan,karena pandemi covid 19 yang belum berakhir”.

Selain itu petugas juga membagikan masker gratis dan menyampaikan himbauan kepada warga untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Kami berikan masker kepada warga yang tidak menggunakan masker,saya berharap kedepannya lebih disiplin lagi dalam menerapkan protokol kesehatan”,ucap Kapolsek

Meski demikian, pihaknya terus menghimbau kepada masyarakat agar berperan dalam upaya untuk memutus rantai penyebaran covid 19 ini.

“Disiplin protokol kesehatan dengan cara 5 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,mengurangi mobilitas,menghindari kerumunan dan mematuhi prokes)”, imbuhnya

Kegiatan Operasi Yustisi Pembagian masker merupakan salah satu kegiatan atensi Kapolres Batu Akbp Catur C Wibowo, SIK, MH yang harus dilaksanakan oleh masing – masing anggota Anggota Bhabinkamtibmas dalam rangka menekan penyebaran Virus Covid 19 di Masyarakat sehingga tidak terjadi lonjakan Penambahan kasus.

KAPOLRES PIMPIN PEMERIKSAAN KESIAPAN SARANA DAN PRASARANA

KAPOLRES PIMPIN PEMERIKSAAN KESIAPAN SARANA DAN PRASARANA
UNTUK HADAPI BENCANA ALAM

Tribratanews.batu.jatim.polri.go.id – Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo,S.I.K., M.H melakukan pemeriksaan peralatan dan kendaraan inventaris dinas dalam rangka mengantisipasi kejadian Gempa Bumi dan potensi Tsunami di Lapangan Apel Polres Batu. Kamis 10 Juni 2021.

Kegiatan apel peralatan dan kendaraan tersebut untuk mengantispasi kejadian gempa bumi dan potensi bencana tsunami ataupun bencana alam yang dimungkinkan terjadi di Wilayah Kota Batu.

Kegiatan diawali pemeriksaan kendaraan dan peralatan penanganan kejadian awal apabila di Kota Batu terjadi bencana alam. Ada gergaji mesin, Toolkit untuk TPTKP , senter, pemadam kebakaran sampai perahu karet turut dipamerkan .

Tampak pula kendaraan roda 4 berpenggerak depan belakang atau dikenal dengan 4 WD ikut diperiksa oleh Kapolres Batu, kendaraan penyuluhan Bhabinkamtibmas dan Mobil Ambulan juga ikut diperiksa. Sepeda motor Trail milik Sat sabhara yang bisa digunakan di medan berat dan berlumpur juga turut di apelkan dan di siapsiagakan. Pemeriksaan meliputi kebersihan kendaraan dan kondisi mesin apakah siap digunakan .

Perlu diketahui di Kota Batu sendiri yang merupakan kontur pengunungan dan dataran tinggi , bencana alam yang sering terjadi adalah tanah longsor dan angin puting beliung sehingga penanganan akan lebih difokuskan ke arah tersebut.

Dalam wawancaranya Kapolres berpesan kepada Kabag Ops dan Kasat Sabhara dan untuk mensiagakan pasukan yang dapat digerakkan sewaktu waktu apabila terjadi bencana alam yang membutuhkan perkuatan anggota Polri.

“Untuk Kabag Ops dan Kasat Sabhara , segera inventarisir dan siagakan kekuatan yang bisa bergerak kapan saja sehingga kehadiran Polri ketika terjadi bencana alam bisa segera tiba dan ada di Lokasi, serta laksanakan koordinasi dengan pihak terkait dengan Pemkot Batu melalui BPBD untuk membantu mensiagakan peralatan berat nya untuk digunakan ketika terjadi bencana alam “ ungkap Kapolres Batu.

Menurut Kasat Sabhara Polres Batu AKP M. Zainudin, S.H pihaknya juga sudah melatih anggotanya untuk melakukan penanganan awal apabila terjadi bencana alam.

“ Anggota Sabhara Polres Batu sudah melakuka latihan simulasi penanganan bencana alam bekerjasama dengan TNI dan BPBD Kota Batu di wana wisata Coban Talun Kota Batu yang mana latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para personil dalam menangani bencana alam” pungkasnya.( Humas)

KOLABORASI DENGAN DISPARTA,POLRES BATU EDUKASI PROKES KEPADA MASYARAKAT DENGAN CARA INI

KOLABORASI DENGAN DISPARTA,POLRES BATU EDUKASI PROKES KEPADA MASYARAKAT DENGAN CARA INI

 

KOLABORASI DENGAN DISPARTA,POLRES BATU EDUKASI PROKES KEPADA MASYARAKAT DENGAN CARA INI

POLRES BATU – Dengan berpakaian menggunakan APD lengkap, dan mengajak beberapa pocong untuk masuk di Jatim Park 3, Sat Lantas Polres Batu mengingatkan Kembali Soal Bahaya Covid-19 Yang Masih Mengintai, melalui aksi teaterikal Saat Sosialisasi Prokes Di tempat wisata,  Rabu (26/5/2021).

Perlu diketahui saat ini Pandemi Covid belum berakhir namun Cluster Penyebaran Covid-19 Masih Bertambah. Di Sisi Lain Mulai Banyak Orang Yang Jenuh Dengan Kondisi Serba Terbatas Saat Ini. Akhirnya Beberapa Orang Kini Mulai Mengendurkan Protokol Kesehatan (Prokes). Misalnya, Mereka Sering Lalai Tak Melepas Masker Di Tempat Umum.

Melalui giat tersebut , Satlantas Polres Batu Memunculkan Sosok masyarakat yang mengabaikan keberadaan Virus Covid-19 dengan diberikan dua pilihan , mau disuntik di rumah sakit atau meninggal menjadi pocong Untuk Menarik Perhatian Pengguna Jalan dan pengunjung Jatim Park 3.

Dalam Kegiatan Ini, Anggota Satlantas Polres Batu bekerjasama dangan Disparta dan menggandeng komunitas para pekerja seni yg biasa berada di seputar alun alun kota batu untuk memerankan pocong serta para dokter, perawat dan pasien yang terpapar.

“Kami Bersama Anggota, Tepatnya di Jatim Park 3, Melaksanakan Teatrikal Tentang Bahayanya Covid, Diharapkan Masyarakat Bisa Paham Dan Mengerti Betapa Mengerikannya Covid Itu,” Jelas Kasat Lantas Polres Batu AKP Indah Citra Fitriani, S.I.K.

“Selain Itu, Kami Juga Terus Tegaskan Pada Masyarakat Untuk Selalu Mematuhi Protokol Kesehatan, Saat Berkendara Pun Harus Memakai Masker. Kami Harus Tekankan Untuk Selalu Peduli Dan Mengingatkan Antar Sesama,” ujarnya.

Operasi ketupat berakhir, Polres Batu siap melanjutkan Penyekatan .

Operasi ketupat berakhir, Polres Batu siap melanjutkan Penyekatan .

Operasi ketupat berakhir, Polres Batu siap melanjutkan Penyekatan .

Batu – Secara resmi Operasi Ketupat Semeru 2021 telah berakhir Senin (17/5/2021) jam 00.00 Wib, Kendati demikian, penyekatan tetap dilanjutkan hingga 24 Mei 2021 untuk meminimalisir penyebaran Covid-19

Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo, SIK., MH mengakui hal tersebut . Dia mengatakan, mekanisme penyekatan mirip dengan kegiatan Operasi Ketupat Semeru 2021

“Namun bedanya, untuk pelaksanaan penyekatan mulai tanggal 18 Mei sampai dengan 24 Mei 2021 tidak terlalu ketat. Untuk tempat penyekatannya tetap sama, yaitu di Mangir Kasembon perbatasan Kab Malang dan Kediri, Pos Kambal perbatasan dengan Blitar, Pos Garuda Bumiaji dan Pos Chek Point Pendem Batu sedangkan Pos Alun alun dan beberapa pos di tempat wisata difungsikan sebagai pos pemantauan pariwisata” ungkap dia.

Selain melakukan penyekatan, pihaknya juga menggelar kegiatan rapid tes antigen secara random (acak) bagi pengemudi dan penumpang mobil yang akan memasuki wilayah Kota Batu serta.

“Kegiatan rapid test antigen tetap kami lakukan. Kami laksanakan secara random (acak), kita bekerjasama dengan Dinkes” tambahnya.

Sementara itu, menurut Kasat Lantas Polres Batu AKP Indah Citra F , SIK , mengungkapkan, bahwa pihaknya telah siap melaksanakan kegiatan perpanjangan penyekatan tersebut.

“Kami sebagai anggota Polri, siap melaksanakan perintah dari pimpinan. Bila kegiatan penyekatan diperpanjang, kami siap untuk melanjutkan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat. Untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

AKP Zainudin, SH , Kasat Sabhara juga akan menerjukan kekuatan penuh di tempat Wisata.

“Tempat wisata dan pusat keramaian juga tidak akan luput dari pemantauan kami, anggota Sabhara dan Pam Obvit akan kami sebar secara maksimal di Tempat wisata dan pusat keramaian,” ungkapnya

Lanjut, Kegiatan penyekatan akan tetap dilakukan sesuai perintah dari kesatuan atas dan semua ini dilaksanakan secara serentak semua semata mata demi mengurangi resiko penularan virus Covid di masyarakat.

Bagikan 1000 takjil, Kapolres juga sisipkan pesan agar masyarakat tidak mudik

Bagikan 1000 takjil, Kapolres juga sisipkan pesan agar masyarakat tidak mudik

Bagikan 1000 takjil, Kapolres juga sisipkan pesan agar masyarakat tidak mudik

Polres Batu bersama jajaran melaksanakan giat Gebyar 1.000 Takjil. Total ada 2.000 takjil secara serentak dibagikan kepada masyarakat, Sabtu (17/04).

Kegiatan dimulai pada pukul 14.00 WIB dan dipimpin langsung Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo didampingi Pejabat Utama (PJU) Polres Batu. Tampak Kapolres menyerahkan bantuan sembako (beras) kepada beberapa kusir dokar yang ada di sekitar alun-alun serta takjil dan bingkisan. Tak luput semua kendaraan yang melintas di depan pos lantas alun-alun juga mendapat takjil dari petugas kepolisian.

Wakapolres Batu, Kompol Suharsono, mengatakan ada 1.000 takjil dibagikan di seputaran Alun-alun Batu dan 1.000 takjil yang diberikan melalui 6 Polsek jajaran di wilayah hukum Polres Batu.

“Kegiatan terpusat di Pos 90 Lantas alun-alun, tapi juga ada di terminal Batu dan seluruh Polsek jajaran, termasuk pos Pendem,” jelasnya mewakili Kapolres Batu.

Tak hanya membagikan, takjil saja namun dalam kegiatan tersebut petugas juga menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mudik pada tahun ini.

“Himbauan kami dalam peringatan lebaran masyarakat tidak perlu mudik, cukup di rumah masing-masing, agar pandemi lekas berlalu, dan selalu nyalakan lampu untuk sepeda motor pada siang hari, serta selalu gunakan masker, saat berkegiatan di luar rumah,” himbau Wakapolres Batu

Bersama Forkopimda cek sembako, Kapolres Batu warning jangan ada penimbunan.

Bersama Forkopimda cek sembako, Kapolres Batu warning jangan ada penimbunan.

Bersama Forkopimda cek sembako, Kapolres Batu warning jangan ada penimbunan.

Polres Batu – Kapolres Batu, Wawalikota Batu dan Instansi terkait melakukan sidak harga di Pasar Besar Kota Batu, Kamis (153/04/2021). Kegiatan ini untuk menindaklanjuti kebijakan Pemkot Batu yang berkomitmen memastikan tidak ada lonjakan harga sembako pada saat Ramadhan dan menjelang Idul fitri 1442 H tahun ini.
Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo bersama Wawalikota Batu H. Punjul Santoso, SH, MM , Asisten 2 Pemkot Batu Bp. Erwan Puja Fianto, Diskoperindag Kota Batu Bpk. Nurbianto Puji, Ka Dishub Pemkot Batu Bpk. Imam Suryono meninjau Pasar Besar Kota Batu untuk memastikan stabilitas harga sembako.
Peninjauan itu dilaksanakan selama kurang lebih satu jam setengah, sejak pukul 09.30 WIB hingga 11.30 WIB.
Kapolres mengatakan bahwa terdapat kenaikan harga namun masih tipis dan tidak mengganggu stok sembako yang ada.
“Salah satu yang naik beras yang tipis saja dan tidak mengganggu stok sampai di Idul Fitri Nanti ,” jelasnya.
Secara keseluruhan, ia menilai harga sembako stabil dan stock terjaga pada saat Ramadhan tahun ini , Kapolres Batu menambahkan bahwa tidak terjadi penimbunan dalam pantauannya kali ini.
Jika terjadi penimbunan, ia mengatakan akan ditindak dengan tegas. Pihaknya sudah mengetahui ciri-ciri terjadinya penimbunan.
“Kalau ditimbun pasti harganya pasti akan melonjak dan tidak terkendali, itu indikatornya,” jelasnya.


Setelah sidak di Pasar Batu , dilanjutkan dengan pemantauan harga makanan minuman serta batas kadaluarsanya di Batu Plaza Kota Batu.