POLISI TERPAKSA MELUMPUHKAN PELAKU CURANMOR.

POLISI TERPAKSA MELUMPUHKAN PELAKU CURANMOR.

BATU – Polisi terpaksa menembak seorang pelaku curanmor karena berusaha kabur saat ditangkap. Dalam beberapa waktu terakhir, pelaku curanmor berinisial EWN (32) telah menjadi target polisi. Dari beberapa kasus pencurian sepeda motor (Curanmor) penyelidikan polisi mengerucut pada pemuda asal Desa Purworejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang ini. Polisi berhasil menangkap EWN di Kecamatan Kintab Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan.

Wakapolres Batu KOMPOL Zein Mawardi, Amd mengatakan petugas terpaksa melumpuhkan pelaku karena berusaha melarikan diri. Pelaku merupakan target operasi Satreskrim Polres Batu yang di pimpin oleh Kasat Reskrim AKP HENDRO, S.H terkait dengan kasus pencurian sepeda motor.

“Yang berhasil diungkap adalalah kejadian yang terjadi di wilayah hukum Polres Batu dan disita 2 unit sepeda motor. Tetapi dalam pengembangan selanjutnya, tersangka mengaku telah mencuri sebanyak 2 sepeda motor,” ungkapnya saat menggelar jumpa pers di Mapolres Batu pada hari Jumat (17/1/2020).

Pengungkapan kasus tersebut, berawal dari olah TKP serta pemeriksaan sejumlah saksi, pengembangan informasi mengarah ke identitas tersangka. Selain itu, tersangka juga menawarkan sepeda motor hasil kejahatan dengan harga yang murah kepada saksi.

 “Barang bukti yang turut diamankan yaitu 1 (Satu) unit Sepeda motor Yamaha Vixion warna hitam dengan nopol N 3369 IV dan 1 (Satu) unit Sepeda motor Yamaha Vixion warna putih dengan nopol S 4258 GQ. Pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 7 (Tujuh) tahun penjara” jelasnya.

Kepada wartawan EWN mengaku dari 2 SPM yang dia curi, sudah sempat menjual 1 SPM hasil curiannya.

(Denmas Yudistiro)

 

SAT RESKRIM POLRES BATU RINGKUS PELAKU ILLEGAL LOGGING.

SAT RESKRIM POLRES BATU RINGKUS PELAKU ILLEGAL LOGGING.

 

BATU – Jajaran Polres Batu berhasil meringkus dua tersangka pembalakan liar di kawasan hutan Perhutani RPH Ngantang Desa Sumberagung Kec. Ngantang Kab. Malang, Selasa (14/1/2020) lalu. Para pelaku berinisial BS (24) warga Desa Plandi Kec. Jombang Kab. Jombang dan RC (32) warga Desa Wonosalam Kec. Jombang Kab. Jombang.

Diungkapkan oleh Wakapolres Batu Kompol Zein Mawardi, Amd  saat menggelar press release di Mapolres Batu, Jumat (17/1/20208), tersangka BS dan RC dalam kasus illegal logging berperan sebagai pembeli kayu hasil kejahatan.

“Selain mengamankan dua pelaku, polisi berhasil menyita barang bukti pembalakan liar berupa mobil 1 ( Satu ) unit Mobil Granmax warna putih, 4 gelondong kayu sonokeling,” papar Wakapolres Batu didampingi Kasat Reskrim AKP HENDRO, S.H , Jumat (17/1/2020).

Tersangka BS dan RC saat dikonfirmasi awak media mengaku membeli 4 batang kayu hasil jarahan itu seharga Rp 8.000.000,-. Menurut rencana kayu – kayu itu akan dijual kembali. BS diamankan petugas bersama satu rekannya yakni  RC warga Desa Wonosalam Kec. Jombang Kab. Jombang.

Atas perbuatannya, mereka dijerat pasal 83 ayat (1) huruf b  jo pasal 12 UU RI Nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan dengan ancaman hukuman penjara 1 hingga 5 tahun dan denda Rp 500 juta sampai Rp 2,5 miliar. (Denmas Yudistiro)

POLRES BATU TINDAK TEGAS PELAKU PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KOTA BATU.

POLRES BATU TINDAK TEGAS PELAKU PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KOTA BATU.

 

BATU – Sat Resnarkoba Polres Batu berhasil mengungkap 9 kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polres Batu. Dari hasil ungkap kasus tersebut petugas Sat Res Narkoba Polres Batu yang di pimpin oleh Kasat Resnarkoba IPTU Yusi Purwanto, S.H berhasil mengamankan 10 tersangka diantaranya AF, FR, WS, DRD, WA, AW, MS, S, AG dan HSD beserta barang bukti berupa sabu – sabu seberat 13,1 gram dan Ganja seberat 270,49 gram.

Waka Polres Batu Kompol Zein Mawardi, Amd mengatakan, pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya baik langkah pencegahan maupun penindakan terhadap penyalahgunaan narkoba di Kota Batu. “Kita akan lakukan pengembangan terhadap kasus yang kita ungkap ini,” kata Waka Polres Batu Kompol Zein Mawardi, Amd Jumat (17/1/2020).

Zein menambahkan, peredaran barang haram seperti Sabu – sabu dan ganja ini diedarkan oleh pelaku di kalangan masyarakat. Untuk itu dirinya berpesan agar masyarakat Kota Batu menjauhi Narkoba. “Segera laporkan kepada pihak kepolisian apabila ada kecurigaan yang terjadi di lingkungan,” tegas Zein.

Selanjutnya para tersangka ini akan dijerat dengan pasal 112 ayat 1 dan pasal 114 ayat 1 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. (Denmas Yudistiro)

Tanam 2000 pohon, Jajaran Polres Batu laksanakan program  Polri Peduli Penghijuan 

Tanam 2000 pohon, Jajaran Polres Batu laksanakan program  Polri Peduli Penghijuan 

Tanam 2000 pohon, Jajaran Polres Batu laksanakan program  Polri Peduli Penghijuan

Polres Batu – Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung P, SIK, MIK bersama Ketua Cabang Bhayangkari Batu beserta pengurus dan agggota Bhayangkari Batu serta Polsek Jajaran menggelar aksi penghijauan melalui gerakan tanam pohon dalam rangka ‘Polri Peduli Penghijauan’, Jum’at (10/1/2020).


Gerakan polisi peduli penghijauan lingkungan instansi Polri, merupakan instruksi Kapolri untuk menghijaukan lingkungan. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menciptakan suasana suasana go green di sekitar Mako Polri.


Sebelum pelaksanaan penanaman pohon tersebut , terlebih dahulu Kapolres Batu mengambil apel lengkap yang dilanjutkan dengan pemberian Reward anggota yang berprestasi yang kali ini diberikan kepada Paur Humas Bag Ops Iptu Ivandi karena aktif dalam kegiatan Penguatan Managemen Media serta undian secara acak kepada anggota yang lain berupa 5 buah Sepeda gunung.


Menurut Kapolres pemberian Reward tersebut merupakan penghargaan agar bisa dijadikan contoh oleh anggota yang lain untuk memacu prestasi dan pengabdian di Lingkungan Kepolisian.“ Sengaja saya memberikan reward ini supaya kita semua lebih bisa meningkatkan kinerja dalam rangka melayanai masyarakat serta lebih meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan tugas sesuai Tugas Pokok fungsinya masing masing,” Ujar Kapolres.


Adapun Prosesi penanaman pohon dilakukan secara simbolis oleh Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung P, SIK, MIK, Waka Polres Batu Kompol Zein Mawardi, AMd dan Ketua Cabang Bhayangkari Batu Ibu Dian Harvi bersama sejumlah pejabat utama Polres Batu , Para Kabag dan Kasat serta para Kapolsek di lingkungan sekitar Mako Polres Batu.


Masih menurut Kapolres Batu, bahwa penanaman pohon tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah berbagai bencana alam. “Salah satu tujuannya untuk mencegah banjir, tanah longsor, serta mengurangi polusi yang memberikan efek positif bagi manusia,” ungkapnya.


“Jenis pohon yang kita tanam variatif, di antaranya pohon mangga, kelengkeng , Alpukat, Durian hingga jeruk siam yang semuanya berjumlah total 2.000 buah, Kapolres menegaskan prosesi penanaman pohon tersebut akan dilakukan di lokasi lain di luar instansi Polri yang tersebar di 6 kecamatan berbeda di Wilayah Kota Batu. “Kita akan laksanakan dengan senang hati dan ikhlas demi kebaikan, bukan semata untuk pujian maupun penghargaan,” pungkasnya.

Polres Batu gandeng Pemkot Batu gelar Apel siaga Darurat Bencana di Kota Batu

Polres Batu gandeng Pemkot Batu gelar Apel siaga Darurat Bencana di Kota Batu

Polres Batu gandeng Pemkot Batu gelar Apel siaga Darurat Bencana di Kota Batu

Polres Batu – Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung P, SIK, MIK dalam hal ini Mewakili Polres Batu menggandeng Pemkot Batu yang dihadiri Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, MSi mengelar Apel Siaga Darurat Bencana di musim hujan 2020 di wilayah kota Batu yang dilaksanakan di area Model Konservasi dan Edukasi ( AMKE ) Jalibar Desa Oro oro ombo kota Batu. Rabu (8/1/2020 )

Tampak hadir pula dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu yang terkait langsung dengan penanganan bencana di Kota Batu. Kegiatan yang dilaksanakan di kaki gunung Panderman tersebut bertujuan menyamakan persepsi serta melihat sejauh mana kesiapan Stake Holder yang terkait dalam penanganan bencana di kota Batu.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko,MSi mengatakan gelar pasukan kesiapsiagaan bencana oleh Polres Batu yang bekerja sama dengan pemerintah kota Batu sesuai dengan perintah Presiden RI, Joko Widodo bersama Kapolri.

“Agar kita selalu mengantisipasi serta waspada dan bersiap siap untuk menghadapi ketika musim ekstrim tiba, karena BMKG menginformaaikan antara 10-20 Januari 2020, di Indonesia diperkirakan terjadi cuaca ekstrim yang luar biasa,” terangnya

Kota Batu sendiri kontur tanahnya sangat berpontensi terjadinya bencana karena merupakan dataran tinggi dan juga jenis tanahnya yang gembur apa bila terjadi hujan lebat di samping bisa menimbulkan tanah longsor dan bisa menyebabkan banjir bandang.

Untuk wilayah zonasi di Kota Batu, diantaranya di wilayah, Bumiaji serta hamparan pertanian di Pujon, ini yang sering terjadi longsor. Dan, terjadi banjir itu diakibatkan kemiringan kultur dataran tinggi di Kota Batu yang merupakan daerah pengunungan. Oleh sebab itu, menurut Dewanti, dengan kesiapsiagaan bencana oleh semua elemen di Kota Batu, bisa memperkecil resiko apabila terjadi bencana yang tidak diiinginkan.

“Saya sudah intruksikan kepada Sekda dan Kepala Desa, untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa saat ini sudah memasuki cuaca ekstrim, untuk itu harus waspada,” tegasnya.

Dan, masyarakat harus melakukan pembersihan sampah, supaya ketika banjir tidak terjadi penyumbatan. Ketika, terjadi hal yang tidak diinginkan, diharap masyarakat segera menyelamatkan diri, jangan mementingkan harta benda, utamakan keluarga.

Sementara itu, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama mengatakan Bahwa Polres Batu telah siap siaga untuk turut serta membantu upaya antisipasi bencana alam.

“Kesiapsiagaan personil itu merupakan gabungan dari TNI/Polri, BPBD Kota Batu, Dinkes Kota Batu, PMI Kota Batu, dan organisasi masyarakat lainnya. Kami juga melakukan simulasi untuk penangan korban bencana banjir dan tanah longsor,” ngkap Kapolres.

Polres Batu telah bersinergi bersama BPBD dalam juga mempersiapkan posko bencana. Agar ketika terjadi bencana msyarakat bisa langsung menuju ke Posko bencana yang berada di beberapa tempat. Salah satunya di Posko BPBD Punten.

“Pemkot dan Polres Batu juga melakukan penanaman pohon secara simbolis sebanyak 2000 pohon. Kemudian dalam waktu dekat bersama DLH juga akan melakukan tanam pohon besar-besaran sebanyak 2000 pohon di seluruh Kota Batu,”tegas kapolres

Walikota Batu pimpin apel kesiapan pengamanan tahun baru 2020 di Balai kota among Tani

Walikota Batu pimpin apel kesiapan pengamanan tahun baru 2020 di Balai kota among Tani

Walikota Batu pimpin apel kesiapan pengamanan tahun baru 2020 di Balai kota among Tani

Polres Batu – Apel Pergeseran Pasukan dan Patroli bersama skala besar pengamanan tahun baru 2020 berlangsung pukul 16.30 Wib bertempat di Balai Kota Among Tani Kota Batu, Selasa (31/12/2019)

Dandim 0818 Batu Malang Letkol INF. Ferry Musawwad bersama Kapolres Batu AKBP Harviadhi agung P, S.I.K,M.I.K mendampingi Wakil Walikota Batu Ir Punjul Santoso dan jajaran Forkompimda serta segenap tamu yang hadir duduk di deretan tamu undangan.

Walikota Batu Dra Hj. Dewanti Rumpoko, MSi dalam arahan nya menyampaikan, apel pasukan ini menunjukkan kepada masyarakat bahwa kita siap melaksanakan pengamanan dalam rangka mengamankan malam tahun baru 2020,

“kita harus memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyrakat dan jangan sampai kita melaksanakan secara arogan sehingga membuat masyarakat takut kita harus menggunakan sikap yg humanis. Disini kita sama-sama melaksanakan pengamanan pada malam hari ini,kita jangan terlena dengan kondisi saat ini tapi justru kita harus selalu tetap waspada,”ujar Walikota.

Sementara itu,ditambahkan Oleh Walikota Hari ini marilah kita sama-sama melaksanakan siaga dan patroli di kota Batu , jajaran TNI dan segenap Potensi Masyarakat siap membantu Polri untuk mengamankan jalanya perayaan tahun baru, marilah kita laksanakan patrol skala besar dan pengecekan ke gereja gereja untuk kenyamanan masyarakat kota Batu yang melaksanakan kebaktian dan merayakan malam pergantian tahun ini, kita laksanakan tugas ini dengan ikhlas, semangat dan penuh rasa tanggung jawab,”ucap nya.

Walikota menitipkan pesan dari Kapolres Batu bahwa Polri menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk merayakan pergantian malam tahun baru dengan senang hati dan gembira. Namun jangan melakukan tindakan yang melawan hukum, seperti berkendara tanpa menggunakan helm dan tidak minum minuman keras yang dapat menimbulkan konflik sosial.

Kegiatan dilanjutkan dengan Patroli Bersama Skala Besar (Gabungan) ke gereja gereja serta Pos Pam Ops Lilin Semeru untuk melihat pelaksanaan ibadah tahun baru dan kesiapan petugas dalam melaksanakan pengamananya.

Apel siaga bencana Kota Batu, Walikota dan Kapolres Batu pimpin apel kesiapan di Coban Talun

Apel siaga bencana Kota Batu, Walikota dan Kapolres Batu pimpin apel kesiapan di Coban Talun

Apel siaga bencana Kota Batu, Walikota dan Kapolres Batu pimpin apel kesiapan di Coban Talun

Polres Batu –  Tanah longsor, tanah ambles, angin kencang dan puting beling masih menjadi ancaman saat musim penghujan di wilayah Kota Batu. Karena itu Pemkot Batu menetapkan bulan Desember 2019 hingga 30 April 2020 sebagai daerah status siaga darurat bencana.

Hal ini diumumkan dalam Apel Siaga Darurat Bencana di Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Jumat (20/12/2019) yang pada pelaksanaanya Apel itu dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, yang juga dihadiri Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, Pabung Kodim 0818 Batu-Malang Mayor Arm Choirul Effendi, Kepala BNN AKBP Mudawaroh, Sekda Zadim Effisiensi dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Batu.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan resiko ancaman bencana alam di Kota Batu akhir-akhir ini cenderung meningkat sehingga diperlukan kesiapsiagaan tinggi.

“Meliputi persiapan personel, perlengkapan serta sosialisasi menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa datang kapan saja, juga diperlukan adanya koordinasi antar instansi yang lebih baik lagi selama masa siaga musim hujan 2019-2020. Sehingga memang perlu dipersiapkan apel seperti ini lebih awal,” katanya.

Ia menjelaskan penetapan status siaga darurat bencana tersebut bertujuan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa akibat bencana alam.

Penetapan ini mengacu pada pemberitahuan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menjelaskan bahwa puncak musim hujan tahun 2020 akan berlangsung pada bulan Januari – Maret tahun 2020, apalagi kejadian bencana tiga tahun terakhir terjadi peningkatan. Rata-rata di atas 100 kejadian per tahun,” imbuh pria yang juga ketua PMI Kota Batu, rinciannya, tahun 2017 terjadi 114 bencana alam, tahun 2018 terjadi 95 bencana alam, dan tahun 2019 terjadi 103 bencana alam.

Sementara itu, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama , SIK, MIK menambahkan di Kota Batu perlu diantisipasi bencana tanah longsor angin kencang.

“Melihat beberapa bulan lalu angin kencang dua kal melanda sebagian daerah di Kota Batu, karena itu Polres Batu juga berupaya untuk mempersiapkan fasilitas, seperti posko atau tenda pengungsi, dapur lapangan, hingga perlengkapan untuk rescue, sehingga sewaktu-waktu ada bencana siap untuk memberikan pelayanan,” ujar Kapolres.

Sedang dalam apel ini juga diikuti seribu personel gabungan yakni TNI, Polri, BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran (DPK), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Palang Merah Indonesia (PMI), Polisi Hutan (polhut), Banser, Pemuda Pancasila, Perlindungan Masyarakat (Linmas), Sentra Komunikasi  (Senkom), Organisasi Radio Republik Indonesia (Orari), fokus serta Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Baru satu hari berjalan Operasi Aman Semeru 2019, Polres Batu panen tangkapan Narkoba

Baru satu hari berjalan Operasi Aman Semeru 2019, Polres Batu panen tangkapan Narkoba

Baru satu hari berjalan Operasi Aman Semeru 2019, Polres Batu panen tangkapan Narkoba

Polres Batu – Selama 1 hari berjalan Ops Aman Semeru 2019 , Polres Batu telah berhasil mengamankan beberapa orang sebagaimana Target Operasi yang telah ditentukan dalam Ops Aman yaitu Curat, Curas, penyalah gunaan Senpi , Handak, senjata Tajam, Narkoba, Kejahatan Street Crime, Miras dan Terorisme.

Dalam kasus penyalahgunaan narkoba Polres Batu berhasil mengamankan dua orang tersangka yang bernininsial AW Als. Bujel alamat Wukir Temas Kota Batu dan IR yang beralatkan di Sidodadi  Kec. Ngantang Kab. Malang. Pasal yang terapkan adalah pasal 112 ayat (1) atau 11 ayat (1) dan 111 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkoba. Barang bukti yang berhasil diamankan 7 (tujuh) pocket sabu dan 3 ( tiga ) garis ganja, 1 ( satu) buah bong beserta sedotan dalam plastic, 1 ( satu ) buah plastik kantong flip ,  7 ( tujuh ) buah alat scrop, 3 (tiga)  buah korek api, 1 (satu)  Unit Handphone merk VIVO warna hitam , 1 (satu)  Unit Handphone merk NOKIA warna hitam dan Uang tunai sejumlah Rp. 362.000,- ( tiga ratus enam puluh dua ribu rupiah).

Untuk Minuman Keras Polres Batu dan Polsek jajaran Polres Batu berhasil mengamankan beberapa minuman keras dari berbagai merk antara lain Arak Jowo , Vodka, Red Label dll .

“Ini semua merupakan hasil Operasi Aman Semeru 2019 yang kita gelar menjelang pergantian tahun,” kata Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung P, SIK, MIK

“ Kami akan bekerja keras dalam menanggulangi kasus kasus seperti ini menjelang akhir tahun sehingga masyarakat yang akan beraktifitas di kota Batu dapat merasa tenang dan nyaman” pungkasnya.

Gelar Lat Pra  Ops Aman Semeru 2019 di Rupatama, maka secara sah Operasi tersebut mulai berlaku selama 7 hari ke depan

Gelar Lat Pra  Ops Aman Semeru 2019 di Rupatama, maka secara sah Operasi tersebut mulai berlaku selama 7 hari ke depan

Gelar Lat Pra  Ops Aman Semeru 2019 di Rupatama, maka secara sah Operasi tersebut mulai berlaku selama 7 hari ke depan

Polres Batu – Kepolisian Resort Batu pagi ini (14/12) melaksanakan Latihan Pra Operasi Aman Semeru 2019 di Rupatama Polres Batu .

Dalam kegiatan tersebut Wakapolres Batu Kompol Zein Mawardi, A.Md mewakili Kapolres Batu Akbp Harviadhi Agung P, SIK, MIK  memimpin pelaksanaan Latpra Ops Aman Semeru 2019. Dan kegiatan tersebut dihadiri oleh para PJU , Kapolsek , Kanit Reskrim serta seluruh anggota Polres Batu yang terlibat dalam Ops Aman Semeru 2019.

Dalam sambutannya Wakapolres Batu menyampaikan bahwa Operasi Aman Semeru 2019 digelar dalam rangka untuk penanggulangan kejahatan Curat, Curas, Curanmor, perampasan/pemerasan dengan gendam, Debt Colector, Handak dan penyalahgunaan Sajam/Senpi serta Street Crime lainnya yang meresahkan masyarakat di wilayah Jawa Timur guna meminimalisir kejahatan menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Operasi Aman Semeru 2019 ini akan dilaksanakan selama 7 hari, terhitung mulai tanggal 14 – 20 Desember 2019” jelas Wakapolres Batu.

Wakapolres Batu berharap dengan adanya Operasi tersebut akan berdampak positif dan keamanan di wilayah hukum Polres Batu semakin kondusif sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pelaku Pecah Kaca yang Meresahkan Masyarakat Berhasil Dibekuk

Pelaku Pecah Kaca yang Meresahkan Masyarakat Berhasil Dibekuk

     

Pelaku Pecah Kaca yang Meresahkan Masyarakat Berhasil Dibekuk

Terhitung sudah 2 (dua) kali dalam sepekan ini Polres Batu berhasil mengungkap kasus dan melaksanakan Press Release. Dimana pada hari Senin kemarin (09/12) Polres Batu berhasil mengungkap kasus Curanmor yang hanya bermodal rekaman CCTV. Maka pada hari ini (11/12) Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama S.i.K., M.I.K bersama Kasat Reskrim dan Anggota mengungkap kasus selanjutnya.

Kasus kali ini masih tergolong dalam katagori pencurian, tetapi menggunakan metode pecah kaca. Kasus pencurian dengan metode ini bukanlah sesuatu hal yang baru. Dimana pelaku biasanya menggunakan alat ataupun batu untuk memecahkan kaca kendaraan dan mengambil barang berharga didalamnya. Tentunya hal ini sangat meresahkan masyarakat dan ditakutkan akan meninmbulkan kerugian yang lebih besar baik moril maupun materil.

Setelah mendapat pengaduan dari masyarakat yang menjadi korban bertempat di tempat bakso depan Sekolah Selamat Pagi Kota Batu. Saat itu korban bersama keluarga sedang membeli bakso dan memarkirkan mobilnya yang berupa mobil CRV bewarna putih didekat warung tersebut.Melihat akan adanya celah pelakupun langsung melancarkan aksinya dan mengambil barang berharga milik korban.

Berdasarkan pengakuan tersangka, Ia melakukan aksinya dengan melemparkan baut berukuran 10 cm yang kemudian dilemparkan ke kaca mobil korban dnegan jarak sekitar 1 meter. Setelah kaca tersebut retak maka tersangka membongkar kaca mobil tersebut dan menggasak sejumlah barang berharga seperti sperti gawai merk Samsung J3, 1 Tab dan dompet korban yang berisi kartu identitas KTP, ATM dan sejumlah uang.

Pelaku sendiri bernama hariyanto (26) yang berdomisili di Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Saat ditanyai oleh Kapolres Batu, pelaku mengaku sebenarnya berniat untuk berlibur ke Kota Batu tetapi karena dinilai ada kesempatan. Seperti kata pepatah “Sambil Menyelam Minum Air” pelaku melihat adanya kesempatan maka melakukan aksinya untuk menggasak barang berharga korbannya.

Kapolres Batu menyampaikan agar masyarakat lebih berhati – hati lagi kedepannya dengan tidka meninggalkan barang berharga meski didalam mobil yang dikunci. Dan dari keterangan tersangka didapati bahwa pelaku merupkan residivis dari kasus serupa yang sebelumnya di tangani oleh Kepolisian di daerah Jakarta.

“Saya himbau kepada masyarakat untuk senantiasa berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaannya karena para pelaku tindak kejahatan memiliki lebih dari 1001 cara untuk melancarkan aksinya. Dan jangan pernah meninggalkan barang berharga anda didalam mobil meski mobil dalam keadaan terkunci serta jangan menggunakan dan membawa barang berharga terlalu berlebihan”. Ungkap Kapolres Batu.

“Jadi tersangka ini merupakan residivis dari kasus serupa yang sebelumnya pernah tertangkap dan dipenjara selama 2 tahun di Jakarta. Dan kembali melancarkan aksinya saat berlibur di Kota Batu bersmaa 1 rekannya yang masih DPO. Kami akan bekerjasama dengan pihak terkait untuk menangkap rekan tersangka yang  menurut keterangan tersangka kembali ke Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan”. Imbuh AKBP Harviadhi Agung Prathama S.I.K., M.I.K selaku Kapolres Batu.