Ops Keselamatan, Polsek Pujon Laksanakan Giat Imbangan

Ops Keselamatan, Polsek Pujon Laksanakan Giat Imbangan

Polres Batu – Guna mengantisipasi kerawanan kejadian kecelakaan lalu lintas pada pagi hari utamanya di jalan Provinsi serta dalam rangka mendukung Operasi Keselamatan Semeru 2023, Polsek Pujon Polres Batu Polda Jatim melaksanakan kegiatan pengaturan lalu lintas di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Rabu (8/2/2023).

Kapolres Batu Polda Jatim AKBP Oskar Syamsuddin melalui Kapolsek Pujon AKP Purwanto Sigit menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut dilaksanakan guna antisipasi kerawanan pada saat siswa berangkat ke sekolah serta mendukung Operasi Keselamatan Semeru 2023.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk antisipasi kerawanan pada saat siswa berangkat ke sekolah serta dalam rangka mendukung Operasi Keselamatan Semeru 2023 yang dilaksnakan mulai tanggal 7 – 20 Februari 2023,” ujar AKP Sigit sapaan akrab Kapolsek Pujon.

“Selain giat pengaturan lalu lintas, personel Polsek Pujon melaksanakan himbauan simpatik kepada pengguna jalan yang tidak mentaati peraturan lalu lintas di jalan,” tambahnya.

Selain itu, kegiatan tersebut merupakan rutinitas tugas yang dilaksanakan oleh Polsek Pujon Polres Batu Polda Jatim guna menciptakan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar Lantas) sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Pengaturan Lalu Lintas Pagi, Satlantas Polres Batu Beri Teguran Simpatik

Pengaturan Lalu Lintas Pagi, Satlantas Polres Batu Beri Teguran Simpatik

Polres Batu – Satuan Lalu Lintas Polres Batu Polda Jatim melaksanakan giat Pengaturan arus lalu lintas pagi di wilayah Kota Batu, Rabu (8/2/2023).

Kapolres Batu Polda Jatim AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. melalui Kasat Lantas Polres Batu AKP Lya Ambarwati menyampaikan bahwa, pihaknya memberikan teguran Simpatik kepada warga masyarakat yang kedapatan tidak menaati peraturan lalu lintas.

“Kami menghimbau kepada pengguna jalan pada saat pengaturan lalu lintas pagi utamanya bagi pengantar sekolah untuk mentaati peraturan lalu lintas menggunakan helm saat berkendara jauh maupun dekat,” ujar AKP Lya sapaan akrab Kasat Lantas.

Dalam Pelaksanaan Operasi Keselamatan Semeru 2023, masyarakat dihimbau agar menaati peraturan lalu lintas antara lain bagi R2 pengendara dan penumpang wajib menggunakan helm SNI, dilarang melawan arus lalu lintas, menggunakan handphone saat berkendara, dan berkendara melebihi batas kecepatan.

“Tak lupa juga kami sampaikan kepada Pengendara R4 agar selalu wajib menggunakan Safety Belt atau sabuk keselamatan saat berkendara, guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan,” himbaunya.

Kegiatan pengaturan lalu lintas dalam Operasi Keselamatan Semeru 2023 dilaksanakan secara tegas dan humanis kepada warga masyarakat yang masih didapati melanggar peraturan lalu lintas.

“Kami berharap kepada para pengguna jalan untuk selalu mentaati peraturan lalu lintas dimana pun dan kapan pun guna menciptakan Kamseltibcar Lantas yang aman dan lancar,” pungkas AKP Lya.

Edukasi Anak, Bhabinkamtibmas Desa Jombok Laksanakan Giat Polisi Sahabat Anak

Edukasi Anak, Bhabinkamtibmas Desa Jombok Laksanakan Giat Polisi Sahabat Anak

Polres Batu – Guna memberikan pelayanan serta edukasi kepada anak usia dini serta antisipasi isu yang akhir-akhir ini marak beredar di media sosial, Bhabinkamtibmas Desa Jombok melaksanakan kegiatan edukasi melalui kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA) di Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Sabtu (4/2/2023).

Kegiatan tersebut tersebut dilaksanakan guna memberikan edukasi kepada anak usia dini dalam rangka antisipasi kenakalan anak serta isu yang akhir-akhir ini marak beredar di media sosial.

Kapolres Batu Polda Jatim AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. melalui Kapolsek Ngantang AKP Hanis Siswanto menyampaikan bahwa pihaknya melaksanakan kegiatan tersebut di TK Nurul Iman Dusun Songgokerto, Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

“Bahwasanya untuk mengantisipasi kenakalan anak serta isu yang akhir-akhir ini marak beredar di media sosial tentang penculikan anak, Bhabinkamtibmas Desa Jombok Briptu Irmansyah melaksanakan kegiatan Polisi Sahabat Anak dengan memberikan edukasi kepada anak usia dini di TK Nurul Iman Dusun Songgokerto, Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang,” ujar AKP Hanis sapaan akrab Kapolsek Ngantang.

“Selain itu Bhabinkamtibmas Desa Jombok juga melaksanakan kegiatan patroli dialogis kepada warga masyarakat guna menciptakan situasi Desa Jombok aman kondusif,” imbuhnya.

Unit Pam Obvit Sat Samapta Polres Batu Intensifkan Giat Patroli Lokasi Wisata

Unit Pam Obvit Sat Samapta Polres Batu Intensifkan Giat Patroli Lokasi Wisata

Polres Batu – Guna meminimalisir bentuk pelanggaran, kejahatan atau gangguan kamtibmas yang menuntut atau perlunya kehadiran anggota Polri untuk melakukan tindakan kepolisian guna terpeliharanya ketertiban dan menjamin keamanan umum, Unit Pam Obvit Sat Samapta Polres Batu Polda Jatim melaksanakan kegiatan patroli pada lokasi wisata di wilayah Kota Batu, Minggu (5/2/2023).

Kegiatan tersebut tersebut dilaksanakan guna antisipasi gangguan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dalam rangka menciptakan situasi kondisi warga masyarakat utamanya wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu aman nyaman.

Kapolres Batu Polda Jatim AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. melalui Kasat Samapta Polres Batu AKP Ma’ruf menyampaikan bahwa pihaknya melaksanakan kegiatan tersebut pada lokasi wisata Jatim Park 2 Kota Batu.

“Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu, Unit Pam Obvit Sat Samapta Polres Batu Polda Jatim melaksanakan kegiatan patroli lokasi wisata guna menciptakan keamanan dan kenyamanan para wisatwan yang berkunjung pada lokasi wisata Jatim Park 2 Kota Batu,” ucap AKP Ma’ruf.

“Selain itu kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan keamanan kepada pengunjung lokasi wisata,” tambahnya.

Kegiatan patroli tersebut sesuai dengan arahan dan atensi Kapolres Batu bahwasanya seluruh Satuan Fungsi Polres Batu maupun Polsek jajaran wajib untuk melaksanakan kegiatan patroli dan sambang pada jam-jam tertentu secara periodik.

Polsek Pujon Polres Batu Polda Jatim Laksnakan Patroli dan Sambang Tokoh Masyarakat

Polsek Pujon Polres Batu Polda Jatim Laksnakan Patroli dan Sambang Tokoh Masyarakat

Polres Batu – Untuk meminimalisir bentuk gangguan Kamtibmas serta tindak pidana yang menuntut kehadiran anggota Polri perlu adanya tindakan kepolisian guna terpeliharanya ketertiban dan menjamin keamanan umum, Polsek Pujon Polres Batu Polda Jatim melaksanakan kegiatan patroli dan sambang tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Rabu (1/2/2023) malam.

Kapolres Batu Polda Jatim AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. melalui Kapolsek Pujon AKP Purwanto Sigit menyampaikan bahwa pihaknya melaksanakan kegiatan patroli dan sambang tokoh masyarakat di Dusun Krajan, Desa Pujon Lor, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

“Untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, personel Polsek Pujon Polres Batu Polda Jatim melaksanakan kegiatan patroli dan sambang kepada tokoh masyarakat di Dusun Krajan, Desa Pujon Lor, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang,” Ujar AKP Sigit sapaan akrab Kapolsek Pujon.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan guna mewujudkan Sitkamtibmas yang aman kondusif di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang,” tambahnya.

Dalam kegiatan patroli dan sambang tersebut personel Polsek Pujon Polres Batu Polda Jatim juga memberikan himbauan terkait Harkamtibmas.

Wujudkan Harkamtibmas Melalui Patroli Obyek Vital

Wujudkan Harkamtibmas Melalui Patroli Obyek Vital

Polres Batu – Guna meminimalisir bentuk pelanggaran, kejahatan atau gangguan kamtibmas yang menuntut atau perlunya kehadiran anggota Polri untuk melakukan tindakan kepolisian guna terpeliharanya ketertiban dan menjamin keamanan umum, Unit Turjawali Sat Samapta Polres Batu Polda Jatim melaksanakan kegiatan patroli obyek vital pada jam-jam rawan di wilayah Kota Batu, Kamis (2/2/2023).

Kegiatan tersebut tersebut dilaksanakan guna antisipasi gangguan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dalam rangka menciptakan situasi kondisi warga masyarakat yang aman kondusif.

Kapolres Batu Polda Jatim AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. melalui Kasat Samapta Polres Batu AKP Ma’ruf menyampaikan bahwa pihaknya melaksanakan kegiatan tersebut pada obyek vital SPBU di Jl. Diponegoro Kota Batu.

“Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan warga masyarakat khususnya di wilayah hukum Polres Batu, Unit Tujawali Sat Samapta Polres Batu Polda Jatim melaksanakan kegiatan patroli obyek vital pada jam-jam rawan di wilayah Kecamatan Batu, Kota Batu,” ujar AKP Ma’ruf.

“Pada lokasi tersebut juga terdapat pertokoan dan ATM yang digunakan untuk transaksi perbankan,” tambahnya.

Kegiatan patroli tersebut sesuai dengan arahan dan atensi Kapolres Batu, seluruh anggota Polres Batu maupun Polsek jajaran wajib untuk melaksanakan kegiatan patroli dan sambang pada jam-jam tertentu secara periodik.

Polsek Bumiaji Polres Batu Laksnakan Patroli Obyek Vital dan Pertokoan

Polsek Bumiaji Polres Batu Laksnakan Patroli Obyek Vital dan Pertokoan

Polres Batu – Untuk meminimalisir bentuk gangguan Kamtibmas serta tindak pidana yang menuntut kehadiran anggota Polri perlu adanya tindakan kepolisian guna terpeliharanya ketertiban dan menjamin keamanan umum, Polsek Bumiaji Polres Batu Polda Jatim melaksanakan kegiatan patroli obyek vital dan pertokoan pada jam-jam rawan malam hari di wilayah Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Minggu (29/1/2023) malam.

Kapolres Batu Polda Jatim AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. melalui Kapolsek Bumiaji AKP Suyatno menyampaikan bahwa pihaknya melaksanakan kegiatan patroli pada obyek vital dan pertokoan yang buka 24 jam di wilayah Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

“Untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, personel Polsek Bumiaji melaksanakan kegiatan patroli pada obyek vital dan pertokoan yang buka 24 jam pada jam-jam rawan malam hari,” Ujar AKP Suyatno sapaan akrab Kapolsek Bumiaji.

“Selain itu kita saat melaksanakan patroli diharapkan dapat memberikan pelayanan, keamanan dan kenyamanan kepada wwarga masyarakat wilayah Kecamatan Bumiaji,” tambahnya.

Kegiatan patroli obyek vital dan pertokoan yang buka 24 jam dilaksanakan menjelang subuh dan pagi hari di lokasi obyek vital seperti SPBU dan ATM.

Ciptakan Harkamtibmas, Unit Pam Obvit Sat Samapta Polres Batu Laksanakan Patroli Cipta Kondisi

Ciptakan Harkamtibmas, Unit Pam Obvit Sat Samapta Polres Batu Laksanakan Patroli Cipta Kondisi

Polres Batu – Guna meminimalisir bentuk pelanggaran, kejahatan atau gangguan kamtibmas yang menuntut atau perlunya kehadiran anggota Polri untuk melakukan tindakan kepolisian guna terpeliharanya ketertiban dan menjamin keamanan umum, Unit Pam Obvit Sat Samapta Polres Batu Polda Jatim melaksanakan kegiatan patroli cipta konndisi pada jam-jam rawan di wilayah Kota Batu, Senin (30/1/2023).

Kegiatan tersebut tersebut dilaksanakan guna antisipasi gangguan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dalam rangka menciptakan situasi kondisi warga masyarakat yang aman kondusif.

Kapolres Batu Polda Jatim AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. melalui Kasat Samapta Polres Batu AKP Ma’ruf menyampaikan bahwa pihaknya melaksanakan kegiatan tersebut pada lokasi pemukiman dan lokasi obyek vital di wilayah Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

“Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat khususnya di wilayah hukum Polres Batu, Sat Samapta Polres Batu Polda Jatim melaksanakan kegiatan patroli cipta kondisi pada jam-jam rawan di pemukiman dan lokasi obyek vital di wilayah Kecamatan Junrejo, Kota Batu,” ujar AKP Ma’ruf.

“Selain itu kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat pada saat beraktifitas di jalan maupun pada lokasi obyek vital,” tambahnya.

Menindaklanjuti atensi Kapolres Batu, seluruh anggota Polres Batu maupun Polsek jajaran wajib untuk melaksanakan kegiatan patroli dan sambang pada jam-jam tertentu secara periodik.

Kapolres Batu Pimpin Upacara HUT Satpam ke-42

Kapolres Batu Pimpin Upacara HUT Satpam ke-42

Polres Batu – Kapolres Batu Polda Jatim AKBP Oskar Syamsuddin memimpin upacara memperingati HUT Satpam ke-42 tahun 2022 dengan tema “SINERGITAS SATPAM DAN POLRI, PEDULI UNTUK SESAMA” bertempat di Lapangan Apel Mapolres Batu, Senin (30/1/2023).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Pejabat Utama Polres Batu, perwakilat Kasat Pol PP Kota Batu, serta pimpinan Instansi Swasta, Pengurus Asosiasi Jasa Pengamanan dan Pimpinan pengguna Satpam Kota Batu.

Pada giat tersebut, Kapolres Batu Polda Jatim AKBP Oskar Syamsuddin membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia bahwa, upacara ini merupakan puncak peringatan HUT ke-42 Satpam dimana sebelumnya dilakukan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya tabur bunga, pemutaran film edukasi penyalahgunaan narkoba di bioskop seluruh Indonesia, lomba gerak jalan, bhakti sosial dan berbagai kegiatan lainnya.

Selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-42 kepada seluruh personel Satuan Pengamanan dimanapun bertugas, semoga Satpam dapat semakin profesional dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Sebelum melanjutkan amanat, Kapolri mengajak peserta upacara mmenundukkan kepala sejenak untuk mengenang dan mendoakan Kapolri ke-8 Jenderal Polisi (Purn) Awaluddin Djamin yag telah berjasa dalam membentuk dan membesarkan Satpam sampai dengan saat ini.

Terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat dalam terselenggaranya proses pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, Polri menyadari bahwa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri.

Sumber daya Polri terbatas jika dibandingkan dengan tantangan tugas yang dihadapi, untuk itu potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa.

Menindaklanjuti hal tersebut pada tahun 1980 Jenderal Polisi (Purn) Awaluddin Djamin memiliki gagasan untuk membentuk suatu pengamanan swakarsa berupa Satuan Pengamanan, pembentukan Satpam ini juga di dasari pada penelitian dan studi banding tentang Security Guard dimana berbagai negara serta keberhasilan penjaga keamanan, partikelir swasta seperti Centeng, penjaga rumah, pabrik dan gudang dala menjaga keamanan setiap wilayahnya.

Kehadiran Satpam sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat 1 huruf c Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisin Negara Republik Indonesia yang berbunyi “Pengemban fungsi kepolisian adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibantu oleh bentuk-bentuk pengamanan swakarsa”.

Kehadiran Satpam merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban ndi lingkungannya secara swakarsa guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban.

Dalam perkembangannya Satpam menjadi salah satu bagian yang essensial di berbagai sektor seperti Industri, Perkantoran, Pendidikan, Pariwisata dan Lembaga Pemerintah maupun non Pemerintahan dengan kopetensi khusus yang tidak dimiliki masyarakat pada umumnya, rekan-rekan Satpam terus mendukung tugas Polri dalam menghadapi berbagai tantangan tugas seperti pada penanganan pandemi Covid-19.

Kami sangat merasakan peran rekan-rekan Satpam dalam melakukan strategi pengendalian Covid-19 khususnya penguatan Protokol Kesehatan diberbagai pusat aktifitas masyarakat, untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan-rekan Satpam atas dukungan selama ini, alhamdulillah saat ini laju pertumbuhan Covid-19 dapat terkendali dan kita telah memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi serta mulai berfokus pada pemulihan ekonomi.

Dalam rangka mendukung tugas Polri untuk menciptakan situasi yang kondusif Satpam dituntut semakin profesional dan mampu memberikan kontribusi nyata di lingkungan tugas masing-masing, menyadari hal tersebut peningkatan peran dan pembinaan Satpam sebagai pengamanan swakarsa menjadi salah satu kegiatan dalam program transformasi menuju Polri Presisi tepatnya pada kebijakan transformasi operasional program kelima dan kegiatan ke 21 yaitu peningkatan peran pengamanan swakarsa melalui peran aktif pam swakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pam swakarsa.

Sebelum mengakhiri amanat ini saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, Badan Usaha Pengamanan, Pengurus Asosiasi Jasa Pengamanan serta segenap Stakeholder terkait lainnya atas kerja sama yang sinergi sehingga situasi stabilitas kamtibmas dapat kondusif.

Saya berharap rekan-rekan Satpam agar terus mendukung tugas pokok Polri dalam melindungi seluruh masyarakat dari segala ancaman dan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya sebagaimana makna perisai dalam logo Satpam.

Seusai upacara peringatan HUT Satpam ke-42, acara dilanjutkan dengan tasyakuran pemotongan tumpeng yang diberikan kepada perwakilan anggota Satpam di Lobby Mapolres Batu.

Antisipasi Tindak Kejahatan, Polsek Junrejo Laksanakan Patroli Malam

Antisipasi Tindak Kejahatan, Polsek Junrejo Laksanakan Patroli Malam

Polres Batu – Untuk meminimalisir bentuk gangguan Kamtibmas serta tindak kejahatan yang menuntut kehadiran anggota Polri perlu adanya tindakan kepolisian guna terpeliharanya ketertiban dan menjamin keamanan umum, Polsek Junrejo Polres Batu Polda Jatim melaksanakan kegiatan patroli malam pada obyek vital di wilayah Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Sabtu (26/1/2023) malam.

Kapolres Batu Polda Jatim AKBP Oskar Syamsuddin melalui Kapolsek Junrejo AKP Anton Hendri menyampaikan bahwa pihaknya melaksanakan kegiatan patroli malam pada obyek vital jam-jam rawan.

“Untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Junrejo, Kota Batu, personel Polsek Junrejo Polres Batu Polda Jatim melaksanakan kegiatan patroli malam pada obyek vital jam-jam rawan,” Ujar AKP Anton sapaan akrab Kapolsek Junrejo.

“Selain melaksanakan patroli obyek vital, personel Polsek Junrejo Polres Batu Polda Jatim juga melaksanakan patroli pada lokasi rawan baik itu lokasi rawan laka lantas maupun lokasi rawan tindak kejahatan,” tambahnya.