Kapolres Batu ikut meriahkan Semarak Forkopimda Jawa Timur pada acara peringatan Hari Ibu Ke 91 di Kodam V Brawijaya

Kapolres Batu ikut meriahkan Semarak Forkopimda Jawa Timur pada acara peringatan Hari Ibu Ke 91 di Kodam V Brawijaya

Kapolres Batu ikut meriahkan Semarak Forkopimda Jawa Timur pada acara peringatan Hari Ibu Ke 91 di Kodam V Brawijaya

Polres Batu – Jelang Peringatan Hari Ibu yang jatuh pada setiap 22 Desember, Forkopimda Jawa Timur kali ini menggelar Jalan Sehat dan Senam Bersama dengan masyarakat, yang berlangsung start dan finish di lapangan Kodam V Brawijaya, Minggu pagi (8/12/2019) termasuk ada final Preparation.

Kapolres Batu AKBP HArviadhi Agung Pratama, SIK, MIK bersama PJU, Ibu Ketua Cabang Bhayangkari, Pengurus, serta anggota Polres Batu ikut berpartisipasi memeriahkan acara tersebut dengan memberangkatkan 500 orang yang berangkat bersama sama dari polres batu menggunakan 9 kendaraan bus menuju Kodam V Brawijaya surabaya.

Secara simbolis pada peringatan Hari Ibu “ Perempuan Berdaya – Indonesia Maju”. Ada Formasi Konfigurasi bertuliskan “I Love Ibu” Selamat Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019 Perempuan Berdaya Indonesia Maju. Ada pula Yel Yel dan Saking Tumbler dilakukan bersama-sama

Tentunya kegiatan itu dihadiri Forkopimda Jawa Timur diantaranya Gubernur Jatim Hj Khofifah Indar Parawangsa, Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan, Pangdam V Brawijaya termasuk para istri pejabat di Jawa Timur yang juga mengikuti pegelaran yang cukup spektakuler.


Musik Elekton juga menyemarakan acara tersebut. Tak lupa pula tari Remo dan musik Patrol termasuk tari Gandrung  juga ikut ambil bagian pada awal pegelaran tersebut. Ada senam Sajojo, Poco Poco dan Maumere.

Kali ini pengibaran bendera start dilakukan oleh Khofifah Indar Parawansa dan istri Pangdam V Brawijaya. Terakhir pembagian doorprize.

Pastikan tidak ada penimbunan Sembako, LPG dan BBM  di lapangan, Kapolres Batu lakukan sidak bersama Tim Satgas Pangan

Pastikan tidak ada penimbunan Sembako, LPG dan BBM  di lapangan, Kapolres Batu lakukan sidak bersama Tim Satgas Pangan

Pastikan tidak ada penimbunan Sembako, LPG dan BBM  di lapangan, Kapolres Batu lakukan sidak bersama Tim Satgas Pangan

Polres Batu – Untuk memastikan kebutuhan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK, MIK, bersama Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Eko Suhartono melakukan Inspeksi Mendadak ( Sidak ) untuk mematau Fluktuasi harga sembako ke Pasar Besar Batu, Rabu (4/12/2019).

Menurut Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prahama, tujuan dari pelaksanaan giat yang dimaksut untuk memastikan dan mengawal kebutuhan bahan- pokok masyarakat termasuk juga bahan bakar bisa mencukupi menjelang Natal dan tahun baru.

” Kalau harga sembako di Pasar Besar masih stabil. Fluktuasi harga memang terjadi, namun tidak terlalu tinggi. Selisih harga antara Rp 1000 hingga Rp 2000,” ungkapnya.

” Rencananya setelah ini kami akan mengecek di tempat pengepul bawang merah. Kemudian juga di tempat LPG, terakhir kami akan mengecek di SPBU,” ungkapnya.

Menurut Kapolres sampai saat ini masih belum ditemuiadanya penimbunan bahan pokok di wilayah Kota Batu. Meski begitu, Kapolres mengaku bahwa anggota POlres Batu melalui Satgas Pangan akan terus berjaga secara intensif untuk menghalau upaya penimbunan bahan – bahan  pokok tersebut.

“Sampai saat ini berdasarkan pemantauan dari tim Satgas Pangan, belum terdapat temuan penimbunan. Jadi di Kota Batu masih aman terdistribusi dengan baik ke masyarakat,” tandasnya.

Sampai saat ini tim Satgas Pangan Polres Batu masih terus beroperasi, Karena menurut Kapolres, Satgas Pangan merupakan satuan tugas yang terdiri dari beberapa intansi.Yani, dari Polres Batu dengan Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan,

“Kami pastikan ke depan tidak ada kesulitan dan kelangkaan untuk masyarakat memperoleh kebutuhannya. Apabila Satgas Pangan menemukan oknum tertentu yang memang berupaya melakukan spekulasi, tentunya akan kami berikan tindakan tegas sesuai aturan undang-undang yang berlaku,” ancam Kapolres dihadapan pewarta berita.

Sekadar diketahui, sesuai ketentuan Pasal 29 ayat (1) UU Perdagangan, disitu diatur bahwa Pelaku Usaha dilarang menyimpan barang kebutuhan pokok atau barang penting dalam jumlah dan waktu tertentu pada saat terjadi kelangkaan barang, gejolak harga, atau hambatan lalu lintas perdagangan barang.

” Larangan tersebut dimaksudkan untuk menghindari adanya penimbunan barang yang akan menyulitkan konsumen dalam memperoleh barang kebutuhan pokok dan/atau barang penting. Jika ada yang melanggar, maka sanksi yang diberikan kepada pelanggar tersebut yakni kurungan penjara 5 tahun dan denda maksimal Rp 50 milyar,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Kepala Diskumdag Kota Batu  Bpk. Eko , biasanya harga Sembako cenderung naik menjelang Natal dan tahun baru.

” Namun dari hasil sidak itu, belum ditemukan adanya kecenderungan kenaikkan harga.Harga menjelang tahun baru ini, kami lihat dari harga grosir hingga di pedagang yang kulakaan selisihnya Rp 1000 hingga Rp 2000. Masih dalam koridor aman,” paparnya.

Kemudian, papar dia, harga bawang merah dan putih yang sempat terjadi harganya melonjak, menurutnya dijetahui, cenderung stabil, dan kondisi tersebut, menurut dia berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“ Harga bawang merah dan bawang putih yang sempat melonjak, kali ini stabil,” pungkasnya

Kapolres Batu Pimpin Korp Raport Kenaikan Pangkat Penghargaan Anggota Sat Sabhara Polres Batu

Kapolres Batu Pimpin Korp Raport Kenaikan Pangkat Penghargaan Anggota Sat Sabhara Polres Batu

Kapolres Batu Pimpin Korp Raport Kenaikan Pangkat Penghargaan Anggota Sat Sabhara Polres Batu

Bertepatan dengan dilaksanakannya Kenaikan Pangkat TMT  1 Desember 2019. Maka pada pagi ini (02/12) Kapolres Batu Akbp Harviadhi Agung Prathama S.I.K., M.I.K memimpin Upacara Korp Raport Kenaikan Pangkat di Lapangan Apel Mapolres Batu.

Upacara kali ini diikuti oleh Wakapolres Batu Kompol Zein Mawardi A.Md, PJU Polres Batu, Anggota dan PNS Polres Batu. Sedangkan untuk anggota yang mendapatkan penghargaan kenaikan pangkat adalah Ipda M. rifai yang menjabat sebagai P.S Kanit Dalmas I Sat Sabhara Polres Batu.

Dalam amanatnya Kapolres Batu menyampaikan selamat kepada Ipda M. Rifai  yang mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi IPDA  , kenaikan pangkat pengabdian adalah suatu wujud penghargaan dari Negara yang diberikan kepada setiap anggota Polri atas pengabdian secara terus menerus tanpa cacat.

“Tidak semua anggota personil bisa diberikan kenaikan pangkat pengabdian ini, disamping harus memenuhi syarat administrasi juga selama menjalankan tugasnya harus menunjukan dedikasi, prestasi dan loyalitas yang sangat baik dan yang bersangkutan tidak pernah melakukan pelangaran pidana maupun pelanggaran disiplin,“ tambahnya.

“Pangkat pengabdian ini diberikan bagi setiap anggota yang telah memenuhi kriteria sebagaimana diatas dan akan dipakai selama tiga bulan menjelang purna tugas dari kepolisian,“ pungkasnya

Kapolres menambahkan karena sulitnya persyaratan yang harus dipenuhi maka sudah sepantasnya dari Institusi memberikan pangkat pengabdian setingkat lebih tinggi.

Semoga apa yang telah diterima dapat berguna bagi saudara dan keluarga dan menjadi inspirasi, penyemangat bagi setiap anggota lainnya untuk selalu bisa meningkatkan kinerja, hindari pelanggaran disiplin/ pidana dan sebagai motivasi untuk meningkatkan profesionalisme kinerja Polri, ubahlah pola pikir dan budaya lama serta berikan pelayanan yang prima sebagai upaya memupuk dan mewujudkan kepercayaan masyarakat yang ada.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Batu menekankan kepada seluruh anggota mengenai Program Kapolri yang baru Jendral Polisi Idam Azis pada saat upacara kenaikan pangkat penghargaan tentang program penguatan Polri yang promoter menuju Indonesia baru yang terdiri dari 7 Program prioritas.

“Harapan saya semoga anggota dapat mengimplementasikan seluruh program kapolri yang baru tersebut dalam tugas sehari hari,” mengakhiri amanatnya.

TINGKATKAN SILATURAHMI BHABIN DESA TULUNGREJO POLSEK BUMIAJI LAKUKAN KEGIATAN SAMBANG WARGA PEMILIK USAHA KIOS makanan

TINGKATKAN SILATURAHMI BHABIN DESA TULUNGREJO POLSEK BUMIAJI LAKUKAN KEGIATAN SAMBANG WARGA PEMILIK USAHA KIOS makanan

TINGKATKAN SILATURAHMI BHABIN DESA TULUNGREJO POLSEK BUMIAJI LAKUKAN KEGIATAN SAMBANG WARGA PEMILIK USAHA KIOS makanan

Dalam rangka bangun kesadaran partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas melalui kegiatan Sambang Desa dan Silaturahmi, Pada hari Kamis 28 November 2019 pukul 21.30 Wib s/d selesai Wib, Bhabinkamtibmas Desa Tulungrejo BRIPKA M. TAUFIKKURAHMAN, SH. telah melaksanakan kegiatan sambang dan silaturahmi kepada Bpk. KADIR Pemilik Usaha Kios warga RT. 001 Rw. 004 Dusun Kekep Desa Tulungrejo Kec. Bumiaji, Kota Batu.

Pesan yang disampaikan:
1). Himbauan kamtibmas untuk mendukung program Bpk. Kapolres Batu AKBP HARVIADI AGUNG PRATAMA, S.I.K., M.I.K. “JOGO KOTA BATU DAMAI DALAM RANGKA PELANTIKAN PILKADES SERENTAK DALAM BULAN DESEMBER TAHUN 2019.

2). Peningkatan kewaspadaan di lingkungan dengan mengaktifkan kembali siskamling dan tamu Wajib Lapor 1×24 Jam.

3). Selalu menghimbau dan mengingatkan kepada warganya yang memiliki kendaraan R2 dan R4 agar selalu dilengkapi dengan kunci ganda, antisipasi kejahatan curat, curas dan curanmor.

Kegiatan ini sebagai wujud kehadiran Bhabinkamtibmas di tengah masyarakat memberikan pelayanan Kepolisian melalui sambang dan silaturahmi mewujudkan sikon Kamtibmas yang Aman dan Kondusif.

Tak lupa pula dalam kegiatan sambang tersebut , anggota Bhabinkamtibmas selalu memberikan early warning kepda para tokoh desa binaan untuk tetap selalu mewaspadai gejolak yang ada di lingkunganya.

” saya berharap kepada bapak dan ibu untuk turut serta membantu tugas Pak Polisi dangan cara selalu siaga mendengar apabila ada informasi yang muncul di lingkunganya, kemudian segera sampaikan ke perangkat desa terdekat atau langsung kepada anggota Bhabin sehingga apa yang terjadi bisa segera ditindak lanjuti” Ungkapnya

Kegiatan anggota Bhabinkamtibmas ini menindaklajuti tugas dari Pimpinan Polri agar Anggota Polri semakin dekat dan berada di tengah tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman , sehingga program Promoter Polri dapat berjalan dengan baik.

Tingkatkan Tali Silahturahmi , anggota Bhabinkamtibmas Polsek Batu Kota Sambang Warga berikan pemahaman tentang situasi kamtibmas

Tingkatkan Tali Silahturahmi , anggota Bhabinkamtibmas Polsek Batu Kota Sambang Warga berikan pemahaman tentang situasi kamtibmas

Polres Batu Cyber News

Tingkatkan Tali Silahturahmi , anggota Bhabinkamtibmas Polsek Batu Kota Sambang Warga berikan pemahaman tentang situasi kamtibmas

Binmas Polsek Batu Kota-Polres Batu Brigadir Anton Isfianto Bhabinkamtibmas Kel.Temas pada hari Jumat (29/11/2019) pukul.10.30 Wib sambang ibu rumah tangga dilingkungan Jl.Wukir Gg.VII Rt 04 Rw 04 Kel.Temas Kec.Batu Kota.Batu.

Melaksanakan kegiatan sambang jalin tali silahturahmi antar warga dilingkungan untuk pererat guyup rukun yang baik sesama tetangga sampaikan peningkatan kewaspadaan dan pengawasan kepada putra putri dari prilaku kenakalan remaja ataupun dalam penggunaan gadget yang dapat berdampak negatif selain itu diharapkan kembali aktifkan budaya tamu wajib lapor 1×24 jam dan suaminya hadir saat siskamling/ronda malam juga sebagai tempat berkumpul sarana komunikasi antar warga dan bertukar informasi guna tercipta sikon yang kondusif kemudian bijak dalam bermedia sosial saring sebelum sharing berita/informasi yang tidak jelas dan Hoax yang dapat berdampak hukum apabila ada informasi atau permasalahan kamtibmas segera berkoordinasi dengan tiga pilar setempat.

Tak lupa pula dalam kegiatan sambang tersebut , anggota Bhabinkamtibmas selalu memberikan early warning kepda para tokoh desa binaan untuk tetap selalu mewaspadai gejolak yang ada di lingkunganya.

” saya berharap kepada bapak dan ibu untuk turut serta membantu tugas Pak Polisi dangan cara selalu siaga mendengar apabila ada informasi yang muncul di lingkunganya, kemudian segera sampaikan ke perangkat desa terdekat atau langsung kepada anggota Bhabin sehingga apa yang terjadi bisa segera ditindak lanjuti” Ungkapnya

Polres Batu Cyber News

Silaturahmi  kepada Tokoh Agama , anggota Bhabinkamtibmas Desa Pesanggrahan Polsek Batu berikan himbauan kamtibmas

Silaturahmi  kepada Tokoh Agama , anggota Bhabinkamtibmas Desa Pesanggrahan Polsek Batu berikan himbauan kamtibmas

Polres Batu Cyber News

Silaturahmi  kepada Tokoh Agama , anggota Bhabinkamtibmas Desa Pesanggrahan Polsek Batu berikan himbauan kamtibmas

Binmas Polsek Batu Polres Batu –  Anggota Bhabinkamtibmas Desa Pesanggrahan Polsek Batu, Brigadir Siti Nurlaila Jumat (29/11/2019) pukul.10.20 Wib, melaksanakan kegiatan silaturahmi kepada Tokoh Agama Bapak KH.Ali Rohim warga di Jl.Suropati Desa Pesanggrahan Kota Batu.

Di sampaikan pesan pesan peran Tokoh Agama bisa membawa kerukunan antar umat beragama serta pencegahan masuk dan berkembangnya paham radikal/ terorisme selalu Kordinasi dengan Polri melalui bhabinkamtibmas bila ada informasi berkaitan dengan Kamtibmas.

Tak lupa pula dalam kegiatan sambang tersebut , anggota Bhabinkamtibmas selalu memberikan early warning kepda para tokoh desa binaan untuk tetap selalu mewaspadai gejolak yang ada di lingkunganya.

” saya berharap kepada bapak dan ibu untuk turut serta membantu tugas Pak Polisi dangan cara selalu siaga mendengar apabila ada informasi yang muncul di lingkunganya, kemudian segera sampaikan ke perangkat desa terdekat atau langsung kepada anggota Bhabin sehingga apa yang terjadi bisa segera ditindak lanjuti” Ungkapnya

Polres Batu Cyber News

Gelar Do’a dan Dzikir bersama , Bhayangkari Cabang Batu  berikan dukungan spiritual kepada Polri dalam amankan NKRI

Gelar Do’a dan Dzikir bersama , Bhayangkari Cabang Batu  berikan dukungan spiritual kepada Polri dalam amankan NKRI

Gelar Do’a dan Dzikir bersama , Bhayangkari Cabang Batu  berikan dukungan spiritual kepada Polri dalam amankan NKRI

Polres Batu – Demi kelancaran tugas Polri, Pengurus Bhyangkari Cabang Batu menggelar acara Dzikir dan Doa Bersama, yang dihadiri langsung oleh Ketua Bhayangkari Cabang Batu Ibu Dian Harviadhi, Wakil Ketua Bhayangkari Ibu Zein Mawardi, Pengurus Pimstaf Bhayangkari Batu , Pengurus Cabang dan ranting Bhayangkari Batu serta Anggota Bhayangkari Cabang Batu di Masjid Roudlotul Amni Polres Batu. Jumat (22/11/2019)

Dzikir dan Doa Bersama ini diharapkan akan meningkatkan imam dan takwa kepada Allah SWT dan sebagai bentuk dukungan semangat penuh Bhayangkari untuk Polri agar tugas Polri dalam menjaga keamanan Negara Republik Indonesia dapat berjalan dengan baik dan diridhoi oleh Allah SWT.

“Doa para Bhayangkari untuk Bhayangkara semoga menjadi spirit dalam mengemban tugas dan tanggungjawab dimanapun mereka berada,” ucap Ketua Bhayangkari Cabang Batu

“ Ibu Dian menuturkan, komitmen seluruh Bhayangkari untuk terus mendukung tugas suami tak perlu diragukan lagi sehingga diharapkan sikap istri yang penuh pengertian tersebut, bisa membuat suami nyaman saat menjalankan tugas tanpa ada beban meninggalkan keluarga di rumah, “ pungkasnya.

Pentingnya peningkatan Keimanan dan Ketakwaan dalam diri kehidupan Bhayangkari dan beragama merupakan upaya menciptakan kedamaian dan keselamatan bagi umat manusia serta sikap toleransi setelah acara selesai dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Bentuk karakter dan jiwa sosial, Kapolres Batu canangkan program Tabungan Akhirat untuk semua anggota Polres Batu

Bentuk karakter dan jiwa sosial, Kapolres Batu canangkan program Tabungan Akhirat untuk semua anggota Polres Batu

Bentuk karakter dan jiwa sosial, Kapolres Batu canangkan program Tabungan Akhirat untuk semua anggota Polres Batu

Polres Batu – Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Pratama, SIK, MIK mengawali gebrakanya memimpin Polres Batu dengan mencanangkan program Tabungan Akhirat berupa Amal Shodaqah Jariyah yang dilaksanak setiap hari Senin selesai pelaksanaan Apel pagi. Senin 18 November 2019.

Tujuan dibentuknya program ini adalah agar anggota Polri bisa menyisihkan sedikit rizkinya untuk membantu anggota dan keluarga yang mengalami musibah atau masyarakat yang kurang mampu dan yang sedang dirundung kesusahan .

Kapolres Juga mengharapkan agar anggota Polres Batu mempunyai jiwa sosial yang tinggi terutama kepada masyarakat yang kurang mampu ataupun yang kesusahan untuk dibantu dengan uang amal anggota melalui program Tabungan akhirat ini dan uang tersebut selama program ini berjalan sudah tersalurkan kepada yang berhak menerimanya .

“Program sosial tersebut sangat bagus dan bermanfaat bagi kita semua sehingga kami pun dengan keiklasan hati untuk menjalankan , meneruskan dan menggelorakan program yang digagas Pak Kapolres ini sebagai tabungan amal di akhirat nanti,”ujar Wakapolres Batu Kompol Zein Mawardi.

Dikonfirmasi secara terpisah Kapolres Batu AKBP Harviadhi  menyampaikan bahwa Program tabungan akhirat ini diharapkan akan  terus berlanjut walaupun nantinya dirinya sudah tidak memimpin Polres Batu , karena pada hakikatnya program ini dilandasi dengan keikhlasan setiap pribadi masing masing , dan juga amal Shodaqah pun bisa dilaksanakan dimana saja dan waktu kapan saja tidak harus juga dilaksanakan di Polres.

“ terserah saja kepada anggota yang mau beramal Shodaqah , bisa di Polres, di masjid, langsung kepada yang berhak menerima juga tidak apa apa, saya disini hanya berusaha mengajak anggota untuk melatih ringan tangan menyisihkan sedikit rizkinya untuk berbagi ,  anggota juga diperbolehkan menyumbang tidak hari Senin saja apabila mempunyai rejeki berlebih semoga program tabungan akhirat ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua , “ tutur Kapolres.

Edukasi Tertib Lalu lintas sejak dini, Kaur Mintu Sat lantas Polres Batu laksanakan penyuluhan ke sekolah – sekolah

Edukasi Tertib Lalu lintas sejak dini, Kaur Mintu Sat lantas Polres Batu laksanakan penyuluhan ke sekolah – sekolah

Edukasi Tertib Lalu lintas sejak dini, Kaur Mintu Sat lantas Polres Batu laksanakan penyuluhan ke sekolah – sekolah

Polres Batu – Untuk mengedukasi Tertib berlalu lintas sejak dini , Anggota Satlantas Polres Batu Aiptu Trimo,SH yang menjabat sebagai Kaur Mintu Sat Lantas , melaksanakan kegiatan memberikan himbauan kepada masyarakat terutama kepada anak sekolah para guru para wali murid yang ada di MI Baiturrahman, Rabu 20 November 2019.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan suri tauladan kepada masyarakat pengguna jalan untuk senantiasa tertib berlalu lintas. Persiapan perorangan berupa peralatan berkendara terutama jaket sarung tangan helm (SNI) penting diperhatikan disamping persyaratan administrasi berupa surat-surat STNK surat izin mengemudi dan juga kelengkapan dari kendaraan bermotor itu sendiri harus juga tidak boleh dilaikan . Kesehatan juga merupakan faktor penting yang harus menjadi mutlak ada di diri para pengendara , apabila dalam keadaan sakit jangan jangan dipaksakan untuk mengedara di jalan raya.

Program tersebut merupakan tugas rutin dari Satlantas Polres Batu untuk memberikan himbauan kepada masyarakat terutama yang terorganisasi maupun non organisasi yang merupakan disekolah-sekolah kepada guru-guru kepada wali murid dan juga kepada siswa, himbauan tentang keselamatan berkendara kami memberikan kan aturan daripada lalu lintas yang pertama harus mematuhi aturan lalu lintas kedua harus siap kendaraanya, yang ketiga harus siap fisik pengendaranya, aturan lalulintas artinya pengendara harus betul betul taat pada aturan lalulintas,kendaranya artinya harus betul-betul diperhatikan kendaraannya jangan sampai kendaraannya yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan dipakai di jalan raya

Dan juga satlantas Polres Batu Kaur mintu itu terima meresmikan daripada penambahan kelas yang ada di MI Baiturrahman didampingi dengan para sesepuh dari Yayasan Walisongo Yayasan pendidikan Mi baiturrohmah adapun yang dilaksanakan yaitu pemotongan pita kemudian dilanjutkan dengan tasyakuran bersama-sama agar pelaksanaan kegiatan pemakaian awal daripada penambahan kelas ini akan dapat diberikan keselamatan kesuksesan dan bisa belajar mengajar di kelas ini dengan nyaman.

” Sesuai rencana kegiatan dari Satlantas Polres Batu, ke depan tugas penyuluhan seperti ini akan terus kami laksanakan secara berkesinambungan sampai tujuan akhir dari program ini tercapai yaitu terciptanya kamtibcarlantas di masyarakat ” ujar Aiptu Trimo ,SH

KAPOLRES BATU MENDAMPINGI WAKAPOLDA JATIM DALAM ACARA APEL PENERIMAAN PESERTA NAPAK TILAS PERJUANGAN A.P III KATJOENGPERMADI DI PENDOPO KECAMATAN PUJON KAB MALANG

KAPOLRES BATU MENDAMPINGI WAKAPOLDA JATIM DALAM ACARA APEL PENERIMAAN PESERTA NAPAK TILAS PERJUANGAN A.P III KATJOENGPERMADI DI PENDOPO KECAMATAN PUJON KAB MALANG

KAPOLRES BATU MENDAMPINGI WAKAPOLDA JATIM DALAM ACARA APEL PENERIMAAN PESERTA NAPAK TILAS PERJUANGAN A.P III KATJOENGPERMADI DI PENDOPO KECAMATAN PUJON KAB MALANG

Ratusan peserta Napak Tilas dari TNI dan Polri yang digagas Satbrimob Polda Jatim, yang sekaligus rangkaian dari HUT ke – 74 Korps Brimob Polri Tahun 2019 , yang sebelumnya diberangkatkan dari Jombang, pada Minggu 3 November 2019 .200  personil yaitu TNI AD (KOSTRAD) : 1 SST ,TNI AU (PASKHAS) :,1 SST BRIMOB : 1 SSK, POLRES BATU: 1 SST tersebut sampai di Monunen AP Katjoeng Permadi, di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Rabu 6 November 2019 dan disambut  langsung oleh Waka Polda Jatim Brigjen Pol Djamaludin

Prosesi penerimaan peserta Napak Tilas sejumlah ratusan dari  TNI dan Polri yang digagas Satbrimob Polda Jatim dengan mengusung tema “Brimob Untuk Indonesia” sebagai wujud sinergititas dua institusi TNI dan Polri tersebut,menariknya disambut dengan teatrikal yang diperankan dari siswa SMS 1 Pujon yang mengusung sejarah perjuangannya AP Katjoeng Permadi. Kegiatan tersebut diIkuti oleh  Pangdam V Brawijaya Surabaya (MAYJEN TNI R. WISNUE PRASETJA BOEDI), Komandan Brigadi 18 Divisi 2 Kostrad (KOLONEL INF ROYNAL SUMENDAB), Danyon 464 Paskhas Abd Saleh (LETKOL PAS Y. MADE SUWARSONO),Aster Kodam V Brawijaya Surabaya (KOLONEL INF SINGGIH PAMBUDI), Danrem Malang (KOLONEL INF ZAINUDIN), Dansat Brimob Polda Jatim (KOMBES POL I KETUT GEDE WIJATMIKA S.I.K.),Karo SDM Polda Jatim (KOMBES POL H. NAZIRWAN ADJI WIBOWO S.I.K., M.Si),Dir Samapta Polda Jatim (KOMBES POL SUGENG INGAT RIKOLO), Kabid Dokkes Polda Jatim (KOMBES POL Drg. TRIAWAN MASUDI), Dir Tahti Polda Jatim (AKBP SUTRISNO H.R., S.H., S.I.K, M.Si),Dandim Malang-Batu (LETKOL INF FERI MUZZAWARD S.I.P.), Kapolres Batu (AKBP HARVIADHI AGUNG PRATHAMA S.I.K., M.I.K.), Kapolres Malang Kota (AKBP DONY ALEXANDER S.I.K., M.H.), Pamen Polres Malang (KOMPOL KADISO), Kapolres Blitar (AKBP BUDI HERMANTO S.I.K., M.Si), Waka Polres Jombang (KOMPOL BUDI SETIYONO, S.I.K., M.H.)

Tak hanya itu, giat yang digagas Satbrimob tersebut, juga menggelar bhakti sosial kepada beberapa rekan seperjuangannya dan adik kandungnya, AP Katjoeng Permadi. Yang perlu diketahui pula, Kapolres Kabupaten Blitar AKBP Budi Hermanto, mantan dari Kapolres Batu tersebut, juga diundang karena sebagi inisiator penelusuran Fakta Sejarah Agen Polisi Tingkat III, Katjoeng Permadi tersebut

Menurut Waka Polda Jatim Brigjen Pol Djamaludin, inisiator penelusuran fakta ,AP III Katjoeng Permadi , adalah Budi Hermato, mantan Kapolres Batu yang saat ini sebagai Kapolres Blitar.


” Budi Hermanto yang menulis buku yang pertama kali Agen Polisi ( AP ) III , beliu berhasil menggali informasi dari beberapa barasumber kemudian dituangkan dalam buku,” kata Djamaludin.

dengan begitu, Djamaludin berharap dalam rangka menanam jiwa kepahlawanan jangan sampai terpecah belah.

Sementara itu Budi Hermanto yang sapaan akrabnya Buher, menambahkan, sekilas tragedi Satus Quo di Pujon, menurutnya masih ada pelaku – pelaku sejarah yang masih hidup,dari rekan – rekannya AP III Katjoeng Permadi dan adik kandungnya, untuk membuktikannya,Buher mengajak duduk bersama dengan mereka.

” Beliu – beliunya ini pelaku sejarah masih hidup, pada saat tragedi satus quo di Pujon.Para pejuang – pejuang pahlawan kepolisian lokal yang belum terangkat.Dalam perjalanan tersebut,Brimob dengan jajarannya Napak Tilas yang mengelorakan kembali ada sosok prajurit kepolisian atrikal , mungkin kesempatan ini bisa ,diusung menjadi Pahlawan Nasional dan Pahlawan kepolisian, mempunyai bukti yang dibuat dari tim, sejarah singkat AP III Katjoeng Permadi,” ungkapnya.

Diwaktu yang sama, Komandan Satuan Brimob Polda Jatim Kombes Pol, I Ketut Gede Wijatmika,mengatakan giat Napak Tilas tersebut, diawali dari Jomnag yang diikuti sebayak 200 peserta, yang terdiri.

” Dari personil TNI dan Polri. Selain itu kegiatan ini juga diisi dengan kegitan bhakti sosial , pemberian santunan kepada anak yatim dan fakir miskin dan beberapa giat yang lain,” tegasnya.

Dengan begitu, tagas dia,rencananya mau menggali dan menelusuri perjuangan dari polisi istemewa, yang patut dihornati dan dihargai dengan jiwa kesatrianya dan jiwa pemberaninya.

” Itu patut dicontoh, kalau kita melihat perjuangan yang luar biasa itu, jadi kami berharap anggota menteladani pendahulu pendahulu kita,” harapnya.

Lantas,harap dia, terkait sinergititas TNI dan Polri agar semakin kuat.Karena menurut dia, sejak tahun 1948 agresi militer perjuangan itu sudah bersinesinergi, dan itu tercermin dari perjuangannya AP III Katjoeng Permadi bersama TNI dan Masyarakat.