Kapolres Batu ikut meriahkan Semarak Forkopimda Jawa Timur pada acara peringatan Hari Ibu Ke 91 di Kodam V Brawijaya

Kapolres Batu ikut meriahkan Semarak Forkopimda Jawa Timur pada acara peringatan Hari Ibu Ke 91 di Kodam V Brawijaya

Kapolres Batu ikut meriahkan Semarak Forkopimda Jawa Timur pada acara peringatan Hari Ibu Ke 91 di Kodam V Brawijaya

Polres Batu – Jelang Peringatan Hari Ibu yang jatuh pada setiap 22 Desember, Forkopimda Jawa Timur kali ini menggelar Jalan Sehat dan Senam Bersama dengan masyarakat, yang berlangsung start dan finish di lapangan Kodam V Brawijaya, Minggu pagi (8/12/2019) termasuk ada final Preparation.

Kapolres Batu AKBP HArviadhi Agung Pratama, SIK, MIK bersama PJU, Ibu Ketua Cabang Bhayangkari, Pengurus, serta anggota Polres Batu ikut berpartisipasi memeriahkan acara tersebut dengan memberangkatkan 500 orang yang berangkat bersama sama dari polres batu menggunakan 9 kendaraan bus menuju Kodam V Brawijaya surabaya.

Secara simbolis pada peringatan Hari Ibu “ Perempuan Berdaya – Indonesia Maju”. Ada Formasi Konfigurasi bertuliskan “I Love Ibu” Selamat Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019 Perempuan Berdaya Indonesia Maju. Ada pula Yel Yel dan Saking Tumbler dilakukan bersama-sama

Tentunya kegiatan itu dihadiri Forkopimda Jawa Timur diantaranya Gubernur Jatim Hj Khofifah Indar Parawangsa, Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan, Pangdam V Brawijaya termasuk para istri pejabat di Jawa Timur yang juga mengikuti pegelaran yang cukup spektakuler.


Musik Elekton juga menyemarakan acara tersebut. Tak lupa pula tari Remo dan musik Patrol termasuk tari Gandrung  juga ikut ambil bagian pada awal pegelaran tersebut. Ada senam Sajojo, Poco Poco dan Maumere.

Kali ini pengibaran bendera start dilakukan oleh Khofifah Indar Parawansa dan istri Pangdam V Brawijaya. Terakhir pembagian doorprize.

Pastikan tidak ada penimbunan Sembako, LPG dan BBM  di lapangan, Kapolres Batu lakukan sidak bersama Tim Satgas Pangan

Pastikan tidak ada penimbunan Sembako, LPG dan BBM  di lapangan, Kapolres Batu lakukan sidak bersama Tim Satgas Pangan

Pastikan tidak ada penimbunan Sembako, LPG dan BBM  di lapangan, Kapolres Batu lakukan sidak bersama Tim Satgas Pangan

Polres Batu – Untuk memastikan kebutuhan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK, MIK, bersama Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Eko Suhartono melakukan Inspeksi Mendadak ( Sidak ) untuk mematau Fluktuasi harga sembako ke Pasar Besar Batu, Rabu (4/12/2019).

Menurut Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prahama, tujuan dari pelaksanaan giat yang dimaksut untuk memastikan dan mengawal kebutuhan bahan- pokok masyarakat termasuk juga bahan bakar bisa mencukupi menjelang Natal dan tahun baru.

” Kalau harga sembako di Pasar Besar masih stabil. Fluktuasi harga memang terjadi, namun tidak terlalu tinggi. Selisih harga antara Rp 1000 hingga Rp 2000,” ungkapnya.

” Rencananya setelah ini kami akan mengecek di tempat pengepul bawang merah. Kemudian juga di tempat LPG, terakhir kami akan mengecek di SPBU,” ungkapnya.

Menurut Kapolres sampai saat ini masih belum ditemuiadanya penimbunan bahan pokok di wilayah Kota Batu. Meski begitu, Kapolres mengaku bahwa anggota POlres Batu melalui Satgas Pangan akan terus berjaga secara intensif untuk menghalau upaya penimbunan bahan – bahan  pokok tersebut.

“Sampai saat ini berdasarkan pemantauan dari tim Satgas Pangan, belum terdapat temuan penimbunan. Jadi di Kota Batu masih aman terdistribusi dengan baik ke masyarakat,” tandasnya.

Sampai saat ini tim Satgas Pangan Polres Batu masih terus beroperasi, Karena menurut Kapolres, Satgas Pangan merupakan satuan tugas yang terdiri dari beberapa intansi.Yani, dari Polres Batu dengan Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan,

“Kami pastikan ke depan tidak ada kesulitan dan kelangkaan untuk masyarakat memperoleh kebutuhannya. Apabila Satgas Pangan menemukan oknum tertentu yang memang berupaya melakukan spekulasi, tentunya akan kami berikan tindakan tegas sesuai aturan undang-undang yang berlaku,” ancam Kapolres dihadapan pewarta berita.

Sekadar diketahui, sesuai ketentuan Pasal 29 ayat (1) UU Perdagangan, disitu diatur bahwa Pelaku Usaha dilarang menyimpan barang kebutuhan pokok atau barang penting dalam jumlah dan waktu tertentu pada saat terjadi kelangkaan barang, gejolak harga, atau hambatan lalu lintas perdagangan barang.

” Larangan tersebut dimaksudkan untuk menghindari adanya penimbunan barang yang akan menyulitkan konsumen dalam memperoleh barang kebutuhan pokok dan/atau barang penting. Jika ada yang melanggar, maka sanksi yang diberikan kepada pelanggar tersebut yakni kurungan penjara 5 tahun dan denda maksimal Rp 50 milyar,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Kepala Diskumdag Kota Batu  Bpk. Eko , biasanya harga Sembako cenderung naik menjelang Natal dan tahun baru.

” Namun dari hasil sidak itu, belum ditemukan adanya kecenderungan kenaikkan harga.Harga menjelang tahun baru ini, kami lihat dari harga grosir hingga di pedagang yang kulakaan selisihnya Rp 1000 hingga Rp 2000. Masih dalam koridor aman,” paparnya.

Kemudian, papar dia, harga bawang merah dan putih yang sempat terjadi harganya melonjak, menurutnya dijetahui, cenderung stabil, dan kondisi tersebut, menurut dia berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“ Harga bawang merah dan bawang putih yang sempat melonjak, kali ini stabil,” pungkasnya

Bentuk karakter dan jiwa sosial, Kapolres Batu canangkan program Tabungan Akhirat untuk semua anggota Polres Batu

Bentuk karakter dan jiwa sosial, Kapolres Batu canangkan program Tabungan Akhirat untuk semua anggota Polres Batu

Bentuk karakter dan jiwa sosial, Kapolres Batu canangkan program Tabungan Akhirat untuk semua anggota Polres Batu

Polres Batu – Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Pratama, SIK, MIK mengawali gebrakanya memimpin Polres Batu dengan mencanangkan program Tabungan Akhirat berupa Amal Shodaqah Jariyah yang dilaksanak setiap hari Senin selesai pelaksanaan Apel pagi. Senin 18 November 2019.

Tujuan dibentuknya program ini adalah agar anggota Polri bisa menyisihkan sedikit rizkinya untuk membantu anggota dan keluarga yang mengalami musibah atau masyarakat yang kurang mampu dan yang sedang dirundung kesusahan .

Kapolres Juga mengharapkan agar anggota Polres Batu mempunyai jiwa sosial yang tinggi terutama kepada masyarakat yang kurang mampu ataupun yang kesusahan untuk dibantu dengan uang amal anggota melalui program Tabungan akhirat ini dan uang tersebut selama program ini berjalan sudah tersalurkan kepada yang berhak menerimanya .

“Program sosial tersebut sangat bagus dan bermanfaat bagi kita semua sehingga kami pun dengan keiklasan hati untuk menjalankan , meneruskan dan menggelorakan program yang digagas Pak Kapolres ini sebagai tabungan amal di akhirat nanti,”ujar Wakapolres Batu Kompol Zein Mawardi.

Dikonfirmasi secara terpisah Kapolres Batu AKBP Harviadhi  menyampaikan bahwa Program tabungan akhirat ini diharapkan akan  terus berlanjut walaupun nantinya dirinya sudah tidak memimpin Polres Batu , karena pada hakikatnya program ini dilandasi dengan keikhlasan setiap pribadi masing masing , dan juga amal Shodaqah pun bisa dilaksanakan dimana saja dan waktu kapan saja tidak harus juga dilaksanakan di Polres.

“ terserah saja kepada anggota yang mau beramal Shodaqah , bisa di Polres, di masjid, langsung kepada yang berhak menerima juga tidak apa apa, saya disini hanya berusaha mengajak anggota untuk melatih ringan tangan menyisihkan sedikit rizkinya untuk berbagi ,  anggota juga diperbolehkan menyumbang tidak hari Senin saja apabila mempunyai rejeki berlebih semoga program tabungan akhirat ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua , “ tutur Kapolres.

Edukasi Tertib Lalu lintas sejak dini, Kaur Mintu Sat lantas Polres Batu laksanakan penyuluhan ke sekolah – sekolah

Edukasi Tertib Lalu lintas sejak dini, Kaur Mintu Sat lantas Polres Batu laksanakan penyuluhan ke sekolah – sekolah

Edukasi Tertib Lalu lintas sejak dini, Kaur Mintu Sat lantas Polres Batu laksanakan penyuluhan ke sekolah – sekolah

Polres Batu – Untuk mengedukasi Tertib berlalu lintas sejak dini , Anggota Satlantas Polres Batu Aiptu Trimo,SH yang menjabat sebagai Kaur Mintu Sat Lantas , melaksanakan kegiatan memberikan himbauan kepada masyarakat terutama kepada anak sekolah para guru para wali murid yang ada di MI Baiturrahman, Rabu 20 November 2019.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan suri tauladan kepada masyarakat pengguna jalan untuk senantiasa tertib berlalu lintas. Persiapan perorangan berupa peralatan berkendara terutama jaket sarung tangan helm (SNI) penting diperhatikan disamping persyaratan administrasi berupa surat-surat STNK surat izin mengemudi dan juga kelengkapan dari kendaraan bermotor itu sendiri harus juga tidak boleh dilaikan . Kesehatan juga merupakan faktor penting yang harus menjadi mutlak ada di diri para pengendara , apabila dalam keadaan sakit jangan jangan dipaksakan untuk mengedara di jalan raya.

Program tersebut merupakan tugas rutin dari Satlantas Polres Batu untuk memberikan himbauan kepada masyarakat terutama yang terorganisasi maupun non organisasi yang merupakan disekolah-sekolah kepada guru-guru kepada wali murid dan juga kepada siswa, himbauan tentang keselamatan berkendara kami memberikan kan aturan daripada lalu lintas yang pertama harus mematuhi aturan lalu lintas kedua harus siap kendaraanya, yang ketiga harus siap fisik pengendaranya, aturan lalulintas artinya pengendara harus betul betul taat pada aturan lalulintas,kendaranya artinya harus betul-betul diperhatikan kendaraannya jangan sampai kendaraannya yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan dipakai di jalan raya

Dan juga satlantas Polres Batu Kaur mintu itu terima meresmikan daripada penambahan kelas yang ada di MI Baiturrahman didampingi dengan para sesepuh dari Yayasan Walisongo Yayasan pendidikan Mi baiturrohmah adapun yang dilaksanakan yaitu pemotongan pita kemudian dilanjutkan dengan tasyakuran bersama-sama agar pelaksanaan kegiatan pemakaian awal daripada penambahan kelas ini akan dapat diberikan keselamatan kesuksesan dan bisa belajar mengajar di kelas ini dengan nyaman.

” Sesuai rencana kegiatan dari Satlantas Polres Batu, ke depan tugas penyuluhan seperti ini akan terus kami laksanakan secara berkesinambungan sampai tujuan akhir dari program ini tercapai yaitu terciptanya kamtibcarlantas di masyarakat ” ujar Aiptu Trimo ,SH

Bersama jajaran Forkompimda, Kapolres Batu hadiri peringatan hari pahlawan 10 November di Balaikota Among Tani

Bersama jajaran Forkompimda, Kapolres Batu hadiri peringatan hari pahlawan 10 November di Balaikota Among Tani

Bersama jajaran Forkompimda, Kapolres Batu hadiri peringatan hari pahlawan 10 November di Balaikota Among Tani

Polres Batu – Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, MSi menjadi inspektur upacara dalam memperingati hari Pahlawan . Upacara diikuti jajaran TNI – Polri , Ormas , SKPD, dan Pelajar se Kota Batu di Balaikota among Tani Kota Batu. Minggu 10 November 2019.
Tampak hadir Pula Ir. Punjul Santoso (Plt. Walikota Batu), Kapolres Batu AKBP  Harviadhi Agung P, SIK, MIK, Asmadi, ST.(Ketua DPRD Kota Batu), Mayor Arm Chairul Effendy (Pabung Kodim 0818 Batu Malang), Zadim Effesiensi (Sekda Pemkot Batu) dan jajaran SKPD Kota Batu dan para veteran serta wara kawuri pejuang kemerdekaan .

“Peringatan hari pahlawan kita bangkitkan semangat inovasi pada anak muda untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan 2019 ‘Aku Pahlawan Masa Kini’,” kata Walikota Batu

“Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak memprovokasi yang dapat mengganggu ketertiban tidak menyebarkan hoax tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan lain sebagainya,” sambungnya.

Usai upacara dilanjutkan dengan Ziarah tabur bunga di TMP Suropati yang diikuti oleh seluruh pejabat yang hadir dengan dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Batu Bpk. Asmadi, ST sebagai pimpinan rombongan kemudian ditutup dengan acara ramah tamah di balai Kota Among Tani kota Batu.

75 orang pelanggar terjaring di hari ke 7 pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 di Polres Batu

75 orang pelanggar terjaring di hari ke 7 pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 di Polres Batu

75 orang pelanggar terjaring di hari ke 7 pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 di Polres Batu

Polres Batu – Satlantas Polres Batu dalam sepekan pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 mulai tanggal 23 Oktober 2019 selama 14 Hari telah menjaring sedikitnya 457 pelanggar dengan berbagai pelanggaran yang telah dilakukan mulai tidak memakai helm sampai dengan tidak membawa perlengkapan kendaraan.

Seperti yang telah dilaksanakan pada hari ini di jalan Trunojoyo dan jalan semeru Kota Batu , anggota Sat Lantas telah mengeluarkan Tilang sedikitnya 75 lembar kepada para pellangar.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa item sasaran penindakan dalam pelaksanaan Ops Zebra tahun 2019 ini .

“Sasaran operasi pengendara yang tidak pakai sabuk pengaman, terus anak dibawah umur, yang berkendara dalam keadaan mabuk. Melawan arus, melebihi batas kecepatan, tidak pakai helm, main HP saat berkendara, menggunakan strobo atau rotator,” tutur Kasat Lantas AKP Diyana.

Ditambahkan AKP Diyana, dirinya berharap pelaksanaan operasi yang sudah berjalan ini ini bisa menimbulkan kesadaran pengendara, khususnya di wilayah Kota Batu agar taat berlalu lintas. Dia mengingatkan, sebagian besar kecelakaan diawali dengan pelanggaran lalu lintas.

Oprasi ini sendiri akan tetap digelar sampai dengan batas terakhir dengan memaksimalkan kekuatan yang ada di Polres Batu dengan melibatkan polsek polsek jajaran sebagai penyeimbang.

Hari ke 4 Operasi Zebra, Jajaran Sat Lantas tilang  beberapa pengendara yg masih membandel tidak melengkapi surat surat kendaraan.

Hari ke 4 Operasi Zebra, Jajaran Sat Lantas tilang  beberapa pengendara yg masih membandel tidak melengkapi surat surat kendaraan.

Hari ke 4 Operasi Zebra, Jajaran Sat Lantas tilang  beberapa pengendara yg masih membandel tidak melengkapi surat surat kendaraan.

Polres Batu – Jajaran Sat Lantas Polres Batu kembali menggelar  pelaksanaan operasi  Zebra Semeru tahun 2019 di hari ke 4 ini di beberapa tempat di wilayah Kota Batu , mulai dari Jl. Dewi Sartika, Jl. P. Sudirman , Jl. Hasanudin  dan Jl. Brantas menjadi sasaran tempatnya , Minggu 27 Oktober 2019.

Dari beberapa titik yang digelar ini , pelanggaran yang masih mendominasi adalah banyak para pengendara yang masih belum melengkapi administrasi kendaraan baik STNK ataupun tidk memliliki SIM sehingga dengan sangat terpaksa petugas melaksanakan penilangan kepada para pengendara tersebut.

Kecenderungan pengendara yang masih senang melanggar banyak ditemui walaupun mereka pada prinsipny mengetahui bahwa apa yg dilakukan tersebut melanggar aturan lalu lintas.

“Masih banyak kami jumpai masyarakat yg masa bodoh dengan kelengkapan kendaraanya, mereka tahu bahwa itu melanggar namun mereka berusaha menghindari keberadaan petugas yg di lapangan sehingga berpotensi terjadi laka lantas, “ tutur Kanit Patroli Ipda Hariyanto.

Ke depan sudah menjadi tugas kami selaku anggota lalu lintas untuk tetap mensosialisasikan pentingnya untuk tertib diri dan tertib administrasi sehingga masyarakat merasa aman ketika berkendara di jalanan tanpa takut terkena Razia Polisi.

“ Saya sudah perintahkan kepada Kasat Lantas untuk tetap melakukan penindakan ini sampai tanggal yang telah ditentukan namun harus tetap mengedepankan sikap Humanis , senyum sapa salam kepada masyarakat sehingga dengan harapan masyarakat akan tersentuh hatinya untuk tertib dalam berkendara dari diri sendiri bukan karena ada Polisi,” sambung Kapolres Batu yang ditemui terpisah.

Kapolres Batu Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2019 diLapangan Mapolres Batu

Kapolres Batu Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2019 diLapangan Mapolres Batu

Kapolres Batu Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2019 diLapangan Mapolres Batu

Kepolisian Resort Batu melaksanakan apel gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2017 dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dibidang Kamseltibcarlantas. Pelaksanaan Apel tersebut dilaksanakan di lapangan apel Mapolres Batu, dipimpin langsung oleh Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, S.I.K., M.I.K, yang juga diikuti dari sejumlah instansi lain, Forkopimda ,Kejari ,TNI dari Kodim 0818 Malang – Batu, Satpol PP Kota Batu dan Dinas Perhubungan Kota Batu.

Kakorlantas dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kapolres Batu menyampaikan, Ops Zebra ditahun 2019 akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 23 Oktober s/d 5 November 2019, untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalulintas (Kamseltibcarlantas).

Operasi Zebra Semeru 2019 di Polres Batu akan difokuskan pada beberapa target yaitu pelanggaran yang berpotensi Laka lantas seperti kendaraan yang melawan arus, pengendara R2 tidak menyalakan lampu utama, pengendara R2 tidak menggunakan helm, Pengemudi Mobil tidak menggunakan sabuk pengaman serta penyalahgunaan penggunaan rotator/lampu blitz/strobe dan plat nomor tidak sesuai spektek.

Dikatakan juga, dengan dilaksanakannya kegiatan Operasi Zebra ini di wilayah Polres Batu diharapkan akan dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya sehingga bisa meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas dan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib berlalulintas serta terwujudnya situasi Kamseltibcar lantas .

“Kita ketahui bersama, bahwa lancar tidaknya arus lalu lintas dijalan raya itu sangat berhubungan dengan kinerja tugas Kepolisian serta Instansi terkait lainnya dan masyarakat pengguna jalan itu sendiri dalam mematuhi rambu-rambu lalu lintas”. Jelas kapolres Batu.

Bersama Gubernur Jatim dan Forkompimda, Kapolres Batu tinjau korban Bencana angin puting beliung di Desa Sumberbrantas Bumiaji.

Bersama Gubernur Jatim dan Forkompimda, Kapolres Batu tinjau korban Bencana angin puting beliung di Desa Sumberbrantas Bumiaji.

Bersama Gubernur Jatim dan Forkompimda, Kapolres Batu tinjau korban Bencana angin puting beliung di Desa Sumberbrantas Bumiaji.

Polres Batu – Kapolres Batu AKBP Harviadhi Prathama, S.I.K., M.I.K berserta ketua Cabang Bhayangkari Batu dan Forkopimda Kota Batu  mendampingi Gubernur  Jawa timur Ibu Khofifah Indar Parawansa  meninjau langsung para pengungsi yang berada di lokasi posko pengungsian di Balai Desa Punten, SDN 1 Punten dan , kantor BPBD Kec. Bumiaji. Senin 21 Oktober 2019.

Berdasarkan Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, angin kencang yang menerjang wilayah Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji Kota Batu terjadi sejak hari Sabtu 19 Oktober kemarin telah meluluh lantakkan rumah dan ladang serta ppohon dan prasarana jalan serta penerangan yang mengakibatkan korban jiwa 1 orang meninggal karena tertimpa pohon.

Adapun jumlah pengungsi yang terdata di Posko Balai Desa Punten berjumlah 530 warga, Posko PB BPBD Kota Batu 351 jiwa, Rumdin wali kota 122 jiwa, Balai Desa Tulungrejo 40 jiwa dan SDN 1 Punten 173 jiwa. Sehingga total pengungsi hingga pukul 22.35 mencapai 1216 jiwa.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Batu dan ketua Cabang Batu memberikan bantuan kepada warga  masyarakat yang mengungsi di Balai Desa Punten, SDN 1 Punten dan ,Posko BPBD Kota Batu yaitu Sembako , selimut, popok pempes anak kecil, makanan rinagn , susu dan lain-lainya.

“Sedikit yang kami berikan ini semoga dapat membantu meringankan beban masyarakat yang mengalami musibah, semoga badai yang menerjan desa Sumber Brantas segera berakhir dan masyarakat bisa kembali beraktifitas dengan tenang,” kata Lulusan Akpol 2001 ini.

Kapolres Batu juga mendampingi Ibu Walikota Batu dan Gubernur Jatim  melaksanakan takziah ke rumah duka Alm bapak Sodiq di daerah gunung sari Bumiaji untuk sekedar memberikan bantuan dan ikut berbela sungkawa serta memberikan semangat kepada keluarga yang ditinggalkan.

Peringati acara bersih – bersih sungai yang ke 100 kali bersama Komunitas Sabers Pungli, Kapolres Batu nyemplung kali didampingi Walikota dan Muspika Kecamatan Bumiaji.

Peringati acara bersih – bersih sungai yang ke 100 kali bersama Komunitas Sabers Pungli, Kapolres Batu nyemplung kali didampingi Walikota dan Muspika Kecamatan Bumiaji.

Peringati acara bersih – bersih sungai yang ke 100 kali bersama Komunitas Sabers Pungli, Kapolres Batu nyemplung kali didampingi Walikota dan Muspika Kecamatan Bumiaji.

Komunitas Sapu Bersih Nyemplung Kali (Saber Pungli) bersama Warga masyarakat Ds Sidomulyo dan Dsn Kapru bumiaji, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Polres Batu, kembali lakukan aksinya bersihkan aliran sungai Brantas Kota Batu. Kali ini dalam waktu 1,5 jam mereka bisa mengumpulkan sampah hingga satu truk, Minggu (13/10/2019).

Kali ini yang jadi sasarannya adalah aliran Sungai Brantas, perbatasan desa Sidomulyo Batu dan Dsn Kapru Bumiaji di Jl. Bukit Berbunga .

Dalam bersih-bersih ini Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Pratama, SIK, MIK dan Ibu Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arief Assidiq , Jajaran Muspika Kec Bumiaji dan segenap masyarakat juga langsung terjun membersihkan sungai.

Sampah-sampah yang ada di sungai satu persatu diambil dan dimasukkan plastik. Saat melakukan bersih-bersih ditemukan sampah kain, plastik dan ranting pohon bahkan bantal dan guling. Kemudian sampah-sampah ini dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Tlekung,” kata koordinator Saber Pungli, Herman Aga.

Ia menjelaskan bahwa aksi Saber Pungli kali ini terasa spesial karena bertepatan dengan 100 x sudah komunitas ini bergerak untuk membersihkan sungai yang hari ini kita rayakan .

“alhamdulillah kita masih bisa eksis , nantinya nama komunitas sabers Pungli akan kami ganti menjadi Sabers Brantas karena kami akan menjadikan program ini menjadi  lebih besar dan sebagai Role Models,” imbuhnya.

Menurutnya aksi Saber Pungli ini upaya menjaga ekologi, serta kelestarian air dan sungai. Kegiatan ini akan terus dilakukan, hingga sungai di Kota Batu betul-betul bersih dari sampah.

Kapolres Batu sendiri sangat senang dan bangga bisa diterima di kalangan komunitas pencinta lingkungan ini

“Saya sangat mendukung positif apa yang dilakukan oleh komunitas masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, dan saya sangat berterima kasih karena ini adalah nyemplung kali saya yang perdana sebagai Kapolres Batu setelah dilantik beberapa minggu yang lalu,” ujar Kapolres Batu.