Lepas Anggota Purna Tugas, Polres Batu Gelar Upacara Tradisi Pedang Pora

Lepas Anggota Purna Tugas, Polres Batu Gelar Upacara Tradisi Pedang Pora

Lepas Anggota Purna Tugas, Polres Batu Gelar Upacara Tradisi Pedang Pora

Kota Batu – Kepolisian Resor Batu mengelar upacara wisuda purna bakti  9 ( Sembilan  ) anggotanya di halaman Mapolres Batu, Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kapolres Batu , AKBP Budi Hermanto, SIK , MSi, Senin (14/01/2019).

Pada kesempatan tersebut Kapolres secara simbolis menyerahkan tanda penghargaan dan cindera mata kepada anggota yang mengakhiri masa baktinya tersebut. Selanjutnya, bersama seluruh anggota dan Bhayangkari dilanjutkan dengan acara pelepasan dengan pedang pora.

Kapolres menyampaikan, upacara ini pada hakekatnya merupakan penghargaan yang tulus dan ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya dari kesatuan Polres Batu atas pengabdian selama dinas aktif sampai mengakhiri tugas bagi anggota yang memasuki masa pensiun.

“Atas nama pimpinan dan pribadi menyampaikan penghargaan serta rasa hormat kepada segenap anggota yang telah memasuki masa purna atas dedikasi dan kinerja serta darma bhaktinya kepada bangsa dan negara,” ungkap Kapolres.

Menurutnya kegiatan ini juga menindak lanjuti perintah pimpinan, bahwa secara nasional di tingkat Mabes juga dilaksanakan upacara purna bakti kepada para perwira tinggi Polri yang memasuki masa purna tugas.

Tradisi pelepasan pedang pora ini sebagai bentuk wujud nyata penghargaan satuan institusi Kepolisian kepada tugas dan jasa-jasa para anggotanya, salah satunya Polres Batu yang juga ikut mengucapkan terima kasih dan penghargaan.

“Seperti peribahasa tak ada gading yang tak retak, maka atas nama kesatuan dan keluarga besar memohon maaf. Kami juga akan terus bersama rekan sekalian sebagian bagian dari keluarga besar Polri. Jadi kapan saja, kita selalu terbuka ” imbuh Kapolres.

Sementara kesembilan anggota tersebut masing-masing, Kompol Hartana ( Kapolsek Junrejo), AKP Suroso ( Kasikeu Polres Batu ), Aiptu Suwarno, Aiptu M. Ansori, Aiptu Agus Dwi, Aiptu Udik Ento, Aiptu Agung Sulakso, Aiptu Wibawa Nusantara dan Bripka Sudarminto

Mewakili anggota yang purna tugas, AKP Suroso mengungkapkan dirinya merasa terharu dan menyampaikan ucapan terima kasih terutama kepada Kapolres Batu dan anggota sekalian atas diadakanya kegiatan ini dan semoga tetap terjalin ikatan persaudaraan antara Purnawirawan dengan anggota yang masih aktif.

“Kami mewakili Sembilan anggota yang purna terhitung mulai dari bulan April 2018 hingga Januari 2019,  mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan petunjuknya  sehingga kami dapat mengahiri tugas pengabdian ini dengan sempurna,” pungkas AKP Suroso .

Acara dilanjutkan dengan Pedang pora serta jajar hormat kepada anggota Polres Batu yang memasuki masa pensiun kemudian diantar menuju rumah masing masing  menggunakan mobil patroli dinas.

Polsek Bumiaji Polres Batu Tingkatkan Patroli Malam Ciptakan Rasa Aman

Polsek Bumiaji Polres Batu Tingkatkan Patroli Malam Ciptakan Rasa Aman

Polsek Bumiaji Polres Batu Tingkatkan Patroli Malam

Untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayahnya, Kapolsek Bumiaji Akp Nyoto Gelar, S.Psi memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan patroli pada jam rawan terutama diwaktu malam hari. (Selasa/01/01/2019-2018)

Anggota Polsek Ngantang melaksanakan kegiatan patroli dialogis ke beberapa obyek vital dan daerah rawan kriminalitas. Selain itu anggota juga memberikan pesan – pesan Kamtibmas kepada warga masyarakat yang masih melaksanakan aktifitasnya di pagi dini hari ini.

Patroli merupakan kegiatan Kepolisian yang harus dilaksanakan oleh setiap anggota Polri dalam menjaga wilayah hukumnya agar tetap aman dan kondusif. Selain itu Kapolres Batu Akbp Budi Hermanto, S.I.K., M,Si juga memberikan atensi kepada masing – masing Kapolsek jajaran agar selalu mengingatkan dan bersama anggotanya dalam melaksanakan kegiatan Patroli.

Pastikan keamanan jelang tahun baru 2019, Kapolres Batu turun langsung cek gereja didampingi Forkompimda

Pastikan keamanan jelang tahun baru 2019, Kapolres Batu turun langsung cek gereja didampingi Forkompimda

Pastikan keamanan jelang tahun baru 2019, Kapolres Batu turun langsung cek gereja didampingi Forkompimda

Polres Batu- Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, SIK, MSi didampingi oleh Walikota Batu Dra, Hj. Dewanti rumpoko, M.Si  dan Forkompimda melakukan pengecekan terhadap sejumlah tempat ibadah umat Nasrani (gereja) yang sedang melaksanakan kegiatan keagamaan yaitu Misa Tutup Tahun 2018 . Senin (31/12/2018). Beberapa  gereja yang disambangi Kapolres dan rombongan adalah Gereja Paroki Gembala Baik yang berada di Jl. ters Kasiman dan gereja Telasonika di Kel songgokerto Batu .


Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, SIK, MSi mengatakan, ” pengecekan terhadap sejumlah gereja tersebut , dalam rangka untuk meningkatkan rasa keamanan bagi jamaat umat Nasrani yang sedang menjalani perayaan misa tutup tahun 2018 sekaligus sebagai bukti bahwa negara hadir ditengah tengah masyarakat untuk menjaga kegiatan tersebut,”

Usai melakukan pengecekan gereja, Kapolres beserta rombongan melakukan pengecekan sejumlah Pos Pengamanan Operasi Lilin Semeru 2018 dan Tahun Baru 2019.

Hal ini dilakukan untuk melihat langsung aktivitas anggota kepolisian khusunya anggota Polres Batu  yang melaksanakan tugas dilapangan, sehingga dipastikan keamanan dan pelayanan selama Tahun baru berjalan lancar.

“Setelah  cek  gereja, Bu Walikota juga juga cek beberapa Pospam dan Posyan. Pengecekan Pos akan berlangsung hingga malam hari,” imbuh Kapolres .


Kapolres turut membagikan bingkisan kepada petugas jaga Pospam dan Posyan,  pemberian bingkisan ini disaksikan dan diikuti oleh Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo , serta perwakilan dari Forkompinda lainnya.

” Kepada semua petugas Pospam dan Posyan, Kapolres berpesan untuk selalu siap siaga dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tuturnya.

Polres Batu laksanakan Apel kesiapan Pengamanan perayaan tahun baru 2019 di Alun Alun kota Batu 

Polres Batu laksanakan Apel kesiapan Pengamanan perayaan tahun baru 2019 di Alun Alun kota Batu 

Polres Batu laksanakan Apel kesiapan Pengamanan perayaan tahun baru 2019 di Alun Alun kota Batu

Polres Batu – Polres Batu menggelar apel kesiapan pengamanan tahun baru 2019 di Alun alun Kota Batu yang dihadiri oleh Forkompimda serta diikuti juga oleh personel TNI dan Instansi yang terkait seperti Satpol PP, Dishub, PMK, PMI, Senkom dan potensi masyarakat yang lain .Senin (31/12/2018) sekitar pukul 16.00 WIB dan Walikota Batu Dra.Hj. Dewanti  Rumpoko, MSi bertindak sebagai Pemimpin Apel pengamanan tersebut.

Sekitar 500 personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan tahun baru 2019 kali ini dan terdapat beberapa  titik tempat keramaian yang menjadi prioritas pengamanan selain tempat / simpang jalan yang berpotensi terjadinya Crowded arus lalu lintas.

Mengawali sambutanya ” Walikota Batu menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Polres Batu dan jajaran serta anggota TNI dan segenap potensi masyarakat yang mempunyai tekad bulat dalam mengamankan jalanya perayaan tahun baru ini. Melihat kebelakang seperti tahun sebelumnya, Kota Batu tahun ini juga akan melaksanakan kegiatan Tabligh Akbar Batu Bersholawat di Masjid An Nur sehingga perlu mendapatkan pengamanan secara maksimal, ” tuturnya .

“saya berkeyakinan dengan harapan besar , bahwa Polres Batu yang dibantu dengan anggota TNI , Dishub, Satpol PP dan segenap peserta semuanya akan dapat mengamankan perayaan tahun 2019 ini dengan baik dan aman, ” mengakhiri sambutanya.

Dalam apel tersebut Kapolres Batu AKBP Budi hermanto, S.I.K, M.Si juga memberikan penekanan kepada seluruh anggota bahwa  “kita sebagai anggota Polri khusunya yang berdinas di Kota Batu sebagai kawasan Wisata mempunyai tanggung jawab dalam mengamankan perayaan tahun baru kali ini. Keparcayaan masyarakat untuk berwisata dan menghabiskan liburanya di Kota Batu harus kita jawab dengan dedikasi dan loyalitas penuh dalam bekerja,”

“Antisipasi kejadian teror masih merupakan prioritas utama dari Pimpinan Polri untuk tetap dilakukan langkah pencegahanya . Kegiatan masyarakat, Tempat wisata , tempat ibadah dan kawasan perhotelan serta obyek vital juga tidak kalah penting untuk diamankan, serta anggota Lalulintas diharapkan dapat melaksanakan upaya Rekayasa arus untuk mengalihkan kendaraan apabila diperlukan,”

Sebelum mengakhiri arahanya , Kapolres mengajak ” semua stake holder untuk turut membantu pengamanan perayaan tahun baru 2019 ini dengan segenap tenaga sehingga apa yang diharapkan Kota Batu menjadi kota yang aman dan nyaman dapat dinikmati oleh semua masyarakat, ” pungkasnya.

Guna Tingkatkan Keamanan Tempat Ibadah, Polsek Batu Polres Batu Laksanakan Pengamanan Lokasi 

Guna Tingkatkan Keamanan Tempat Ibadah, Polsek Batu Polres Batu Laksanakan Pengamanan Lokasi 

Guna Tingkatkan Keamanan Tempat Ibadah, Polsek Batu Polres Batu Laksanakan Pengamanan Lokasi 

Dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah, Kapolsek Batu Kota AKP Arinto Priyo Sularso, S.H. bersama dengan Bhabinkamtibmas melaksanakan pengamanan kegiatan ibadah wilayah Kec. Batu Kota Batu. Minggu/30-12-2018 pukul 06.30 Wib.

Kegiatan ini sebagai upaya preemtif Polri melalui pengamanan dan hadir di tengah masyarakat memberikan pelayanan dalam beribadah untuk mencegah kerawanan potensi gangguan kamtibmas.

Pengamanan Gereja dan tempat ibadah lainnya merupakan kegiatan atensi dari Kapolres Batu Akbp Budi Hermanto, S.I.K., M.Si yang harus dilaksanakan oleh seluruh anggota dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Batu.

Dalam rangka Harkamtibmas Jelang Hari Natal dan tahun Baru, Polres Batu laksanakan Pemusnahan ratusan botol Miras Ilegal

Dalam rangka Harkamtibmas Jelang Hari Natal dan tahun Baru, Polres Batu laksanakan Pemusnahan ratusan botol Miras Ilegal

Dalam rangka Harkamtibmas Jelang Hari Natal dan tahun Baru, Polres Batu laksanakan Pemusnahan ratusan botol Miras Ilegal

Polres Batu – Untuk menjaga situasi yang kondusif, jelang natal dan tahun baru, Polres Batu melaksanakan pemusnahan miras hasil dari razia Ilegal selama satu bulan menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2019. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan setelah pelaksanaan Gelar Pasukan Operasi Lilin 2018 yang dipimpin Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto S.Ik, M.Si dan disaksikan oleh Forkompimda Kota Batu beserta peserta Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2018. Sejumlah 946 botol minuman ber alkhohol dihancurkan dengan cara dipecah menggunakan palu Jum’at 21/12/ 2018 bertempat di samping Pos Lantas 9.0 Kota Wisata Batu.

Setelah acara dibuka dengan sambutan dari Kapolres Batu selanjutnya dirangkai dengan penanda tanganan berita acara pemusnahan BB kemudian selanjutnya satu persatu botol dipecahkan Oleh Kapolres Batu dan Forkompimda Kota Batu.

Mengawali sambutanya Kapolres menyampaikan “Semoga dengan pemusnahan miras ini dapat mencegah tindak kejahatan yang meresahkan masyarakat selama perayaan Natal dan perayaan Tahun Baru 2019 dan sehingga kenyamanan pengunjung Kota Wisata Batu semakin terjaga”. Ujarnya.

“ Diharapkan juga dengan adanya kegiatan ini dapat menekan angka kriminalitas yang timbul selama perayaan Natal dan tahun baru 2019 akibat dari efek minuman keras, karena seperti yang kita ketahui miras merupakan salah satu penyebab terjadinya kriminalitas dan gangguan kamtibmas bagi masyarakat,” pungkasnya

Kapolres Batu Mengikuti giat Penyerahan Hasil Evaluasi dan Apresiasi Pelayanan Publik Lingkup Polres / Polresta / Polrestabes dan Polres Metro tahun 2018

Kapolres Batu Mengikuti giat Penyerahan Hasil Evaluasi dan Apresiasi Pelayanan Publik Lingkup Polres / Polresta / Polrestabes dan Polres Metro tahun 2018

Kapolres Batu Mengikuti giat Penyerahan Hasil Evaluasi dan Apresiasi Pelayanan Publik Lingkup Polres / Polresta / Polrestabes dan Polres Metro tahun 2018

Hari ini Selasa (11/12) Kapolres Batu  AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si mengikuti giat Penyerahan Hasil Evaluasi dan Apresiasi Pelayanan Publik Lingkup Polres / Polresta / Polrestabes dan Polres Metro tahun 2018.

Kegiatan tersebut di pimpin oleh Menpan RB Drs Syafruddin, M.Si dan juga dihadiri Deputi Yanlik Kemenpan RB , Prof Dr J.B Kristiadi ( Narasumber ) , Tulus Abadi ( Narasumber) , Kapolrestabes/ta peraih WBK / WBBM yang dilaksanakan di Ballroom Shangrila Hotel Jakarta.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa kemarin hari Senin tanggal 10 Desember 2018 , Polres Batu telah menerima piagam atau plakat WBK dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Drs Syafruddin, M.Si yang mana Pemberian penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Kementerian PAN-RB terhadap unit kerja yang berkomitmen melakukan percepatan implementasi reformasi birokrasi.

Menurut Kapolres Batu bahwa, ” kegiatan Penyerahan Hasil Evaluasi dan Apresiasi Pelayanan Publik tahun 2018 tersebut adalah tindak lanjut dari serangkaian kegiatan yang telah berjalan mulai kemarin , ‘

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, berbagai perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan di Polres Batu sudah semakin meningkat dan diharapkan nantinya bisa menjadi Polres percontohan yang dapat menggugah semangat reform dari Polres-Polres lain. “Semangat perubahan institusi POLRI harus terus digelorakan agar kualitas pelayanan dan integritas POLRI semakin membaik dari tahun ke tahun, dan semakin diakui oleh masyarakat,” ujarnya.

 

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto,SIK, M.Si gelar Konferensi Pers Ungkap kasus Curanmor dengan 30 TKP

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto,SIK, M.Si gelar Konferensi Pers Ungkap kasus Curanmor dengan 30 TKP

 

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto,SIK, M.Si gelar Konferensi Pers Ungkap kasus Curanmor dengan 30 TKP

Polres Batu – Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto,SIK,M.Si melaksanakan press release ungkap kasus Sat Reskrim Jumat, 7 Desember 2018 dalam ungkap kasus percobaan pencurian dengan pemberatan (Curanmor R2) sebagaimana diatur dalam pasal 363 KUHP yang dilaksanakan di Loby Mako Polres Batu.

Waktu Tempat kejadian perkara kasus curanmor  ini adalah hari Senin tanggal 19 November 2018 di sebuah kantor koperasi Jalan raya bukit berbunga desa Sidomulyo kecamatan Batu berupa satu unit sepeda motor Honda Beat yang saat ini pelaku telah dilakukan penangkapan dan penahanan di Polsek Karangploso bersama dengan tersangka lain yang bernama Renata .

Kapolres Batu mengungkapkan  ” Modus yang digunakan para pelaku adalah menggunakan Kunci T dengan sasaran kendaraan yang minim dalam pengawasanya , seperti yang terjadi di TKP sidomulyo ini.’

” Seiring dengan hasil Penyelidikan yang dilakukan oleh Sat Reskrim , Polres Batu telah berhasil mengembangkan kasus tersebut sehingga dapat mengamankan 9 unit kendaraan  hasil curian dengan 4 orang tersangka yang mempunyai peran masing masing yaitu sebagai Eksekutor , penadah dan juga perantara  yang mencarikan pembeli kendaraan dari hasil kejahatan tersebut.’

Masih menurut Kapolres, ” Polres Batu akan menitipkan rawat kepada pemilik sah / Korban dengan mekanisme pinjam pakai karena kendaraan tersebut masih akan digunakan dalam proses sidang pengadilan nantinya, dan tak lupa pula Kapolres menambahkan dalam menitip rawatkan tersebut tidak dipungut biaya sepeser pun, ‘ ungkapnya

Kabag Sumda Polres Batu Hadiri Dzikir Akbar

Kabag Sumda Polres Batu Hadiri Dzikir Akbar

Kabag Sumda Polres Batu Hadiri Dzikir Akbar

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Batu ke 17 tahun 2018, Pemerintah Kota Batu menggelar Dzikir Akbar pada Sabtu, (24/11/2018) bertempat di Halaman Timur Balaikota Amongtani.

Kabag Sumda Polres Batu Kompol Imam Rofik, S.H. mewakili Kapolres Batu Akbp Budi Hermanto, S.I.K., M.Si turut hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan yang merupakan penutup rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Batu ke 17 ini dihadiri oleh Walikota Batu beserta Wakil, Forkopimda Kota Batu, Ketua PCNU, Ketua MUI, Kepala Kantor Kemenag Batu, Jajaran Kepala OPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat hingga Pelajar se Kota Batu.

Kegiatan dzikir yang selalu diadakan setiap tahun ini merupakan sebuah upaya dari Pemerintah Kota Batu untuk menanamkan pendidikan karakter kepada penerus bangsa dan sifat akhlakul kharimah kepada seluruh masyarakat Kota Batu ditengah modernisasi jaman dan era globalisasi.

Wakil Walikota Batu, H. Punjul Santoso dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjalin silaturahmi dan berdzikir untuk intropeksi diri.

“Dengan momentum ini, Pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk berdzikir sebagai wahana intropeksi diri, agar setiap tahun lebih baik dari tahun sebelumnya” tutur H. Punjul Santoso.

Selain dzikir bersama, Majelis ini juga diisi dengan Tausiyah oleh Rois Syuriah PCNU Kota Malang, KH Hamzawi Syakur yang mengajarkan tentang keteladanan Rasulullah SAW dalam kepemimpinan yang dapat menyatukan seluruh umat manusia.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.H, S.I.K, M.Si pimpin rapat internal beri arahan pelaksanaan tugas

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.H, S.I.K, M.Si pimpin rapat internal beri arahan pelaksanaan tugas

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.H, S.I.K, M.Si pimpin rapat internal beri arahan pelaksanaan tugas

Polres Batu – Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto,SIK,M.Si Rabu,21 November 2018 memberi pengarahan kepada anggota dari Para kabag, Kasat, Perwira, Bintara yang menjabat perwira di rupatama polres Batu.

Dalam pengarahannya beliau menekankan kepada anggota untuk bekerja sesuai dengan porsi nya masing masing, dan jadikanlah Mako kita ini sebagai rumah kedua dan berikan kenyamanan untuk bekerja baik di rumah keluarga maupun dengan anggota yang ada di kantor, dan juga mengingatkan jangan sekali kali membuka aib anggota lain atau orang lain, karena belum tentu aib kita akan dibuka jika Allah menghendaki. Beliau mengikatkan kepada anggota.

Waka polres Batu Kompol Zein Mawardi A.Md menambahkan agar anggota yang bermasalah agar di datangi dirumah, diberikan teguran sampai dengan panisment, agar anggota tidak mengulangi perbuatannya itu lagi.

Dan juga beliau memaparkan akan adanya pengembangan kantor polres batu yang akan ada hibah dari Pemkot batu maka diharap anggota yang terlibat dalam kepanitian pengembangan tersebut untuk bisanya tinggal ditempat untuk membicarakan kepanitian ini.

Dan juga beliau mengingatkan kepada anggota yang memegang HT agar dibawah kemana ia berada dalam memenuhi tugas kepolisian, agar komunikasi antar pimpinan dan anggota bisa lancar baik menggunakan Ht atau dengan Hp.

Kapolres batu menambahkan ” polres batu dengan polres lain berbeda, polres lain boleh Sabtu Minggu bisa libur namun di polres batu banyak wisatawan yang berkunjung sehingga wisatawan membutuhkan kelancaran dan keamanan dari kepolisian, ” tuturnya Untuk itu anggota akan bertanya kapan liburnya, la harus bisa membaca hari hari bisa kalau landai anggota bisa mengendorkan.

Bapak Akp Moch Robi sebagai kasat Intel menanyakan kejadian di polres Lamongan berjualan tahu sampai keteras Mako diharap kepada propam untuk tidak terjadi di Mako polres Kita, mengingatkan kepada penjual, jangan sampai kedalam mako, dan juga kepada anggota apabila meminta jasa gojek diharap juga tidak boleh masuk kemako, berhenti di penjagaan aja.