Dibantu Warga, Anggota Pos Pam Pait Evakuasi Pohon Tumbang

Dibantu Warga, Anggota Pos Pam Pait Evakuasi Pohon Tumbang

Dampak dari hujan deras dan angin kencang yang terjadi sejak kemarin sore mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Raya Kasembon, perbatasan antara Ngantang – Kasembon Kab. Malang.

Personil Pos pengamanan Ops Lilin Semeru 2022 di wilayah Pait Kasembon bersama – sama dengan warga telah mengevakuasi pohon tumbang yang berlokasi di Jalan Raya Kasembon, tepatnya di perbatasan antara wilayah hukum Polsek Ngantang dan Kasembon.

Kapos Pam Pait Polsek Kasembon Polres Batu Polda Jatim AKP G Windu Hadi, mewakili Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, membenarkan adanya pohon tumbang di wilayahnya, sekitar pukul 19.20 Wib, Jum’at 23 Desember 2022.

Dikatakan AKP G Windu Hadi, proses evakuasi dilakukan oleh personil Pos Pam Pait bersama – sama dengan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi kejadian, bergotong royong membersihkan daun-daun yang menutupi badan jalan kemudian memotong kayu menggunakan alat/mesin senso serta melaksanakan pengaturan lalu lintas secara buka tutup.

“Saat itu, kita mendapat informasi dari warga yang melintas bahwa ada pohon tumbang di jalan raya Kasembon, selanjutnya personil Pos Pam Pait langsung mendatangi lokasi,” ujar Kapos Pam Pait.

“Pohon yang tumbang akibat dari guyuran hujan dan angin kencang, arus lalu lintas memang sempat terhambat kurang lebih 30 menit, namun pohon berhasil kita tepikan, tidak didapat korban jiwa pada insiden tersebut dan arus lalin sudah kembali lancar,” ucapnya.

Selanjutnya Kapos Pam Pait Polsek Kasembon Polres Batu mengingatkan kepada warga masyarakat khususnya para pengguna jalan agar tetap selalu berhati – hati demi keselamatan bersama, karena kondisi cuaca hampir di setiap wilayah akhir – akhir ini dirasakan kurang baik,” tuturnya.

Jelang Nataru, Polres Batu Tingkatkan Patroli

Jelang Nataru, Polres Batu Tingkatkan Patroli

Polres Batu – Untuk meminimalisir bentuk pelanggaran, kejahatan atau gangguan kamtibmas dan atau tindak pidana/pelanggaran hukum yang menuntut atau perlunya kehadiran anggota polri (Police Hazard) untuk melakukan tindakan kepolisian guna terpeliharanya ketertiban dan menjamin keamanan umum masyarakat menjelang Nataru (Hari Natal dan Tahun Baru) Polres Batu Polda Jatim meningkatkan pelaksanaan kegiatan patroli pada jam – jam rawan.

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. saat apel jam pimpinan dan saat pelaksanaan anev mingguan menyampaikan ada beberapa kegiatan Kepolisian yang harus ditingkatkan menjelang Nataru, salah satunya yaitu kegiatan patroli.

“Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat khususnya di wilayah hukum Polres Batu, saya berharap agar seluruh anggota melaksanakan kegiatan patrol baik siang maupun malam hari pada jam – jam rawan dibeberapa titik – titik yang patut dianggap rawan terjadi pidana,” tegas Kapolres Batu.

“Selain itu kita saat melaksanakan patroli diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat baik yang akan melaksanakan ibadah maupun ke tempat – tempat keramaian. Jalin sinergitas dengan TNI dan seluruh lapisan masyarakat dalam rangka menjaga Harkamtibmas yang sudah kondusif di wilayah hukum Polres Batu,” tambah AKBP Oskar.

Menindaklanjuti atensi Kapolres Batu seluruh anggota Polsek jajaran maupun Satuan Fungsi Samapta dan Satlantas melaksanakan kegiatan patroli dan sambang pada jam – jam tertentu secara periodik. Beberapa sasaran Patroli diantaranya tempat ibadah, sekolahan, tempat pertokoan, Perbankan, tempat wisata, pemukiman penduduk dan titik – titik rawan lainnya seperti jalan arteri perbatasan desa dan Kota.

Respon Cepat Polres Batu Evakuasi Pohon Tumbang

Polres Batu – Polsek Ngantang Polres Batu Polda Jatim
Menindak lanjuti informasi dari Masyarakat, Respon cepat mendatangi TKP pohon tumbang yang menimpa Bus Pariwisata Plat DK 7592 AC dari arah Batu ke Kediri sehingga menutup sebagian Jln Raya Jombok Malang – Kediri di Dsn. Jombon Desa Jombok Kec Ngantang Kab Malang, Minggu (11/12/2022) Malam.

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin melalui Kapolsek Ngantang AKP Hanis Siswanto
Hujan disertai angin yang cukup kencang yang mengakibatkan
Jatuhnya ranting pohon mahoni Km 34, yang menimpa atas Bus pariwisata.

Akibat dari kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa serta menyebabkan Keruskan Body Bus bagian atas mengalami kerusakan ringan dengan kerugian materiil sebesar Rp. 1.000.000,- ( Satu juta rupiah). arus lalulintas sedikit terhambat, “Kata AKP Hanis.

Anggota Polsek Ngantang dan dibantu bersama masyarakat turun mengatasi kemacetan dengan mengalihkan arus pada jalur lainnya, untuk mengatasi pohon tumbang dengan Evakuasi / Pembersihan ranting pohon jenis kayu mahoni yang menutupi sebagian jalan raya Jombok bersama pihak terkait , PMI, BPBD serta warga sekitar warga. Kata AKP Hanis.

Menghimbau warga Jombok agar mewasdai pohon tumbang akibat hujan deras yang disertai angin kencang belakangan ini, sehingga masyarakat harus berhati-hati dalam berkendara, pohon tumbang bukan hanya karena rapuh tetapi memang ada potensi untuk tumbang dan sulit diprediksi,” tutup AKP Hanis.

 

Pimpin Apel pagi, Kapolres Batu Berikan Arahan Agar Anggota Menjaga Etika dan Prilaku Saat Bertugas

Batu – Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin pimpin langsung apel senin di lapangan apel Polres Batu, Senin (12/12/2022). Kegiatan ini dihadiri Para Kabag, Kasat, Kasie, Bintara dan ASN dilingkungan Polres Batu.

Dalam kesempatan apel pagi tersebut, Kapolres Batu menyampaikan arahan dari apa yang menjadi perhatian sehubungan dengan perkembangan situasi saat ini. Sebagai anggota Polri harus selalu menjaga etika dan prilaku saat melaksanakan tugas serta diharapkan tidak melakukan pelanggaran yang dapat merugikan institusi Polri, ‘ungkapnya.

“Sikap dan prilaku yang salah jangan diikuti, tapi dijadikan pengalaman agar tidak terulang lagi, sebab dengan demikian kita akan jadi Polri yang dicintai dan dihormati oleh masyarakat,” ucap Oskar.

Lebih lanjut, Kapolres mengingatkan kepada seluruh personel jangan sampai ada pelanggaran yang dilakukan oleh Personil, baik saat berdinas maupun diluar kedinasan yang dapat membuat citra Polri menjadi menurun dimata masyarakat. Selain itu, ia juga berpesan agar setiap personel polri harus memahami pedoman dalam pelaksanaan tugas sehingga tugas dapat berjalan dengan lancar.

“Kita satu sama lain saling mengingatkan karena kita sebagai manusia tidak luput dari kesalahan.Tetap jaga kekompakan bersama untuk menghadapi kegiatan kedepan,”tutup Oskar.

Selamatkan Santri Dan Pelajar, Kapolres Batu Gelar FGD

Kota Batu – Sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap anak khususnya Santri dan Pelajar di wilayah hukum Polres Batu, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) yang bertempat di Hall Tumapel Singhasari Hotel and Resort, Senin (31/10/2022).

Polres Batu dalam FGD yang mengambil tema “Selamatkan Santri dan Pelajar ’22 ini adalah Polres Batu. Selain dihadiri Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin, FGD juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Waka Polres Batu Kompol Iswahab, Dr Eny Rahyuningsih. Kepada Media, Kapolres Batu menyebutkan, FGD ini adalah sebagai upaya bersama untuk menekan angka kekerasan di kalangan pelajar atau santri, salah satunya adalah perundungan atau
bullying.

“Ini adalah upaya kita bersama bersama untuk menyikapi masalah seperti bulliying di lembaga pendidikan,” serunya.

Oskar, sapaan akrab Kapolres Batu menyebutkan, tujuan FGD ini adalah untuk menekan dan mencegah serta bagaimana tindak lanjut agar kasus serupa tidak terjadi khususnya di Wilayah hukum Polres Batu. Salah satunya dengan memberikan edukasi kepada para tenaga pendidik agar di dalam lembaga pendidikan tercipta sebuah situasi yang tenang dan nyaman. Upaya-upaya preemtif atau pencegahan perlu dilakukan agar mencegah terjadinya kasus kekerasan di Lembaga pendidikan.

“Bagaimana supaya hak-hak Pelajar yang menempuh pendidikan di sebuah lembaga pendidikan bisa terpenuhi,” ungkapnya.

Oskar,” juga menuturkan, edukasi bagi lembaga pendidikan tidak hanya sebatas kepada lembaga pendidikan formal saja. Namun juga diberikan kepada lembaga pendidikan agama seperti di Pondok-Pondok pesantren. Kasus-kasus yang terjadi, tidak lepas dari pengaruh global dan perkembangan teknologi informasi.

“Akibat pengaruh itu, bisa saja seseorang melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak semestinya,” imbuhnya.

FGD “Selamatkan Santri dan Pelajar ’22” menghadirkan beberapa pembicara, antara lain Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri, dari Balai Pemasyarakatan Malang, Kemenag Batu, Psikolog, dan Kasubsiluhkum Sikum Polres Batu Iptu Karjita.

 

Ajak Warga Patuhi Prokes, Polsek Kasembon Giatkan Pamor Keris

Ajak Warga Patuhi Prokes, Polsek Kasembon Giatkan Pamor Keris

Polres Batu – Kapolsek Kasembon bersama Anggota melaksanakan kegiatan Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan Masyarakat (Pamor Keris) di wilayah Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Selasa (27/9/22) malam.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya menghimbau dan mengajak warga masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui bersama bahwa Indonesia pernah dilanda pandemi Covid-19 awal tahun 2020 yang memakan banyak korban jiwa, Selain itu pandemi Covid-19 juga melumpuhkan perekonomian.

Hal serupa tentunya tak ingin terulang kembali, oleh karena itu Kapolsek Ngantang AKP Guguk Windu bersama anggotanya menggiatkan kegiatan Pamor Keris menghimbau dan mengajak warga masayrakat wilayah Kecamatan Kasembon untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Kami bersama anggota Polsek Kasembon lakukan himbauan serta mengajak warga masyarakat Kasembon agar patuh protokol kesehatan,” ujar AKP Windu sapaan akrab Kapolsek Kasembon.

Kegiatan tersebut selain memberikan himbauan serta mengajak warga Kasembon untuk patuh prokej juga membagikan masker kepada pengguna jalan dan masyarakat yang tidak memakai masker.

Harapannya dengan digiatkan kembali Pamor Keris dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dimana pun dan kapan pun.

“Covid-19 masih ada di sekitar kita, maka dari itu mari kita bersama-sama patuhi protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19,” tutur AKP Windu.

Anggota Polsek Kasembon juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk melaksanakan vaksin baik dosis pertama, kedua dan booster supaya Herd Immunity cepat terwujud.

Polres Batu Tekankan Pentingnya Vaksin dan Taati Protokol Kesehatan

Polres Batu – Covid-19 masih ada di sekitar kita, oleh karena itu Polres Batu dengan ‘Gerai Vaksin Presisi’ yang bertempat di Mapolres Batu, Kec. Junrejo, Kota Batu, gencarkan memberantas wabah Covid-19 di wilayah hukum Polres Batu.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin melalui Paur Kes Ipda Heriyanto meminta kepada semua pihak masyarakat untuk harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat di lingkungannya agar dapat mencegah merebaknya kasus Covid-19.

Ipda Heriyanto menjelaskan bahwa Polres Batu terus mendorong masyarakat dalam menjaga imun dan kesehatan warga Kota Batu, yang belum vaksin harap segera ikut melakukan vaksin, agar dapat menekan resiko penularan Covid-19.

“Kami mendorong agar semua masyarakat untuk segera melaksanakan vaksin, hingga vaksin lanjutan (booster), agar imun kuat dan dapat mencegah tertularnya Covid19,” kata Ipda Heriyanto, Senin (19/9/2022).

Jangan sampai lengah, mengingat bahwa Covid-19 ini belum berakhir, prokes ketat tetap harus dipatuhi, agar tidak terjadi lagi lonjakan masyarakat yang terpapar Covid-19.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah hukum Polres Batu untuk harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sekali lagi jangan sampai lengah, karena Covid-19 ini belum berakhir,” tegasnya.

Polres Batu Tekankan Pentingnya Vaksin dan Taati Prokes

Polres Batu – Covid-19 masih ada di sekitar kita, oleh karena itu Polres Batu dengan ‘Gerai Vaksin Presisi’ yang bertempat di Mapolres Batu, Kec. Junrejo, Kota Batu, gencarkan memberantas wabah Covid-19 di wilayah hukum Polres Batu.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin melalui Paur Kes Ipda Heriyanto meminta kepada semua pihak masyarakat untuk harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat di lingkungannya agar dapat mencegah merebaknya kasus Covid-19.

Ipda Heriyanto menjelaskan bahwa Polres Batu terus mendorong masyarakat dalam menjaga imun dan kesehatan warga Kota Batu, yang belum vaksin harap segera ikut melakukan vaksin, agar dapat menekan resiko penularan Covid-19.

“Kami mendorong agar semua masyarakat untuk segera melaksanakan vaksin, hingga vaksin lanjutan (booster), agar imun kuat dan dapat mencegah tertularnya Covid19,” kata Ipda Heriyanto, Jum’at (9/9/2022).

Jangan sampai lengah, mengingat bahwa Covid-19 ini belum berakhir, prokes ketat tetap harus dipatuhi, agar tidak terjadi lagi lonjakan masyarakat yang terpapar Covid-19.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah hukum Polres Batu untuk harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sekali lagi jangan sampai lengah, karena Covid-19 ini belum berakhir,” tegasnya.

Putus Rantai Covid-19, Polsek Kasembon Polres Batu Giatkan Pamor Keris

Putus Rantai Covid-19, Polsek Kasembon Polres Batu Giatkan Pamor Keris

Dalam rangka memutus penularan rantai covid-19, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin selalu mengingatkan jajarannya untuk senantiasa melaksanakan kegiatan penegakan protokol kesehatan di ruang publik dan masyarakat atau yang dikenal dengan Giat Pamor Keris Polres Batu.

Pamor Keris sendiri merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh anggota Gabungan Polres Batu, Polsek Jajaran dengan Instansi terkait yang bertugas untuk memberikan teguran simpatik kepada masyarakat yang masih enggan menggunakan masker serta memberikan edukasi terkait pentingnya melaksanakan prokes (prosedur kesehatan) saat masyarakat beraktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan.

Kapolsek Kasembon Polres Batu AKP G Windu Hadi meneruskan perintah dan petunjuk dari Kapolres Batu, pagi ini, Minggu (28/8) mengingatkan petugas Polsek untuk melaksanakan Pamor Keris bersama Babinsa.

Aiptu Rony selaku Ps. Kanit SPKT Polsek Kasembon menindaklanjuti perintah Pimpinan kemudian melaksanakan Pamor Keris bersama Babinsa Desa Pait Kec. Kasembon Sertu Nanang.

Dengan menggunakan sepeda motor lebih efisien menjangkau desa yang medannya sulit dan diharapkan bisa memberikan edukasi dan membagikan masker kepada warga setempat untuk memutus rantai covid-19.

Warga desa Pait nampak senang dan mengucapkan banyak terimakasih kepada petugas yang sudah mampir dan peduli dengan kesehatan warganya.

Pamor Keris merupakan innovasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Polda Jawa Timur bersama Kodam V Brawijaya sebagai wujud dukungan kepada program pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Selain penegakkan Protokol Kesehatan, Tim Patroli Pamor Keris berfungsi untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas),” jelas Kapolres Batu.

Himbau Kamtibmas Jelang Pilkades Kapolres Batu Dan Forkopimda Sambang Rumah Calon Kades

POLRES BATU – Bertempat di rumah Calon Kepala Desa Desa Pesanggarahan di JL. Samadi, JL. Hassanudin, JL. Srebet, Jl. Sakura Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin dan Walikota Batu Dewanti Rumpoko beserta Forkopimda Kota Batu melakukan kegiatan patroli dan sambang guna memberikan arahan serta himbauan kamtibmas jelang pelaksanaan pilkades mendatang,Jumat (26/8/2022)

Kapolres Batu Oskar Syamsuddin dan Walikota Batu Dewati rumpoko serta Forkopimda datangi ke lima calon kepala desa di Desa Pesanggarahan. Yaitu Rosihan, Moestari, Imam Wahyudi, Sutarno, dan Sugeng Subagyo.

Oskar mengatakan “Dilaksanakannya kegiatan patroli dan sambang selain sebagai kegiatan silaturahmi juga untuk memberikan himbauan kepada para Calon Kepala Desa agar senantiasa menjaga kondusifitas serta bisa mengendalikan team suksesnya masing – masing. Disamping itu para Calon Kepala Desa tidak hanya siap menang saja, namun kalahpun harus siap dan legowo demi terciptanya situasi yang aman di masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kunjungan ini, Kapolres Batu memastikan bahwa tahapan pemilihan berjalan dengan Aman hingga menjelang pelaksanaan pemungutan suara.
“Silaturahmi ini bertujuan untuk menjalin keakraban antara polisi dan calon kepala desa untuk bersama- sama menjaga kamtibmas dan tidak mempercayai berita – berita hoak,”tegas Oskar.

Kami himbau kepada calon Kepala Desa untuk selalu menjaga kerukunan, ketentraman, maupun kemananan desa menjelang pemilihan Kepala Desa, sebelum maupun setelah Pilkades situasi kamtibmas harus tetap kondusif. agar tetap waspada terhadap tindak kejahatan di lingkungan, jika menemui kejanggalan di saat pelaksanaan segera melaporkan pada pihak yang berwajib,” Tutup Kapolres.