Selamatkan Santri Dan Pelajar, Kapolres Batu Gelar FGD

Kota Batu – Sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap anak khususnya Santri dan Pelajar di wilayah hukum Polres Batu, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) yang bertempat di Hall Tumapel Singhasari Hotel and Resort, Senin (31/10/2022).

Polres Batu dalam FGD yang mengambil tema “Selamatkan Santri dan Pelajar ’22 ini adalah Polres Batu. Selain dihadiri Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin, FGD juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Waka Polres Batu Kompol Iswahab, Dr Eny Rahyuningsih. Kepada Media, Kapolres Batu menyebutkan, FGD ini adalah sebagai upaya bersama untuk menekan angka kekerasan di kalangan pelajar atau santri, salah satunya adalah perundungan atau
bullying.

“Ini adalah upaya kita bersama bersama untuk menyikapi masalah seperti bulliying di lembaga pendidikan,” serunya.

Oskar, sapaan akrab Kapolres Batu menyebutkan, tujuan FGD ini adalah untuk menekan dan mencegah serta bagaimana tindak lanjut agar kasus serupa tidak terjadi khususnya di Wilayah hukum Polres Batu. Salah satunya dengan memberikan edukasi kepada para tenaga pendidik agar di dalam lembaga pendidikan tercipta sebuah situasi yang tenang dan nyaman. Upaya-upaya preemtif atau pencegahan perlu dilakukan agar mencegah terjadinya kasus kekerasan di Lembaga pendidikan.

“Bagaimana supaya hak-hak Pelajar yang menempuh pendidikan di sebuah lembaga pendidikan bisa terpenuhi,” ungkapnya.

Oskar,” juga menuturkan, edukasi bagi lembaga pendidikan tidak hanya sebatas kepada lembaga pendidikan formal saja. Namun juga diberikan kepada lembaga pendidikan agama seperti di Pondok-Pondok pesantren. Kasus-kasus yang terjadi, tidak lepas dari pengaruh global dan perkembangan teknologi informasi.

“Akibat pengaruh itu, bisa saja seseorang melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak semestinya,” imbuhnya.

FGD “Selamatkan Santri dan Pelajar ’22” menghadirkan beberapa pembicara, antara lain Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri, dari Balai Pemasyarakatan Malang, Kemenag Batu, Psikolog, dan Kasubsiluhkum Sikum Polres Batu Iptu Karjita.