Dampak Bencana, Jajaran Polres Batu bersama Warga dan Instansi Terkait Evakuasi Material Tanah Longsor

Polres Batu – Cuaca ekstrim yang melanda Kota Batu akhir-akhir ini, mengakibatkan bencana alam di beberapa titik di wilayah Polres Batu. Diantaranya adalah tanah longsor, banjir dan pohon tumbang yang tersebar di beberapa titik yaitu Desa Baru Kecamatan Bumiaji, Payung 2 Kota Batu, Desa Kedungrejo Kecamatan Pujon, Desa Boyak dan desa Kaweden Kecamatan Ngantang. Dengan adanya fenomena alam tersebut jajaran Polres Batu bersama dengan masyarakat dan instansi terkait meninjau TKP bencana alam di wilayah Polres Batu. Kamis (02/03/2022).

Pada hari Kamis sekitar pukul 16.00 WIB telah terjadi banjir bandang yang memuat material berupa lumpur, batu dan pohon tumbang di Desa Mulyorejo Kecamatan Ngantang. Mengakibatkan tersendatnya arus lalu lintas di Jalan Raya Mulyorejo Dusun Keweden Kecamatan Ngantang. Hal ini diduga akibat curah hujan tinggi yang mengguyur Desa Mulyorejo sejak siang hari ditambah Jalan Raya Mulyorejo berada diarea perbukitan yang diapit oleh tebing dan jurang.

Kapolsek Ngantang AKP Hanis Siswanto menjelaskan bahwa kejadian merupakan hal yang mungkin terjadi selain dari curah hujan yang tinggi, letak Jalan Raya Mulyorejo yang berada di bawah tebing meningkatkan resiko terjadinya tanah longsor didaerah tersebut.

”Yah seperti yang kita ketahui untuk jalannya sendiri ini berada dibawah tebih jadi kalau terjadi curah hujan yang tinggi akan sangat beresiko terjadinya tanah longsor”, ujar Kapolsek Ngantang.

Sementara itu, anggota jajaran Polsek Ngantang bersama masyarakat dan instansi terkait tanggap meninjau lokasi bencana dan melakukan evakuasi. Selain bergotong royong untuk membersihakan area bencana, anggota juga menghimbau pengendara yang akan melintas agar waspada dan melakukan sistem buka tutup jalur untuk selama proses evakuasi jalur dilaksanakan.

Kapolsek Ngantang juga menuturkan tidak adanya korban jiwa dalam bencana ini dan menghimbau para pengendara jalan agar selalu berhati-hati dengan adanya curah hujan yang tinggi seperti sekarang.

”Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, akan tetapi saya tetap menghimbau kepada seluruh pengendara dan pengguna jalan agar lebih berhati-hati dikawasan jalur Ngantang hingga Kota Batu mengingat area tersebut merupakan area rawan longsor dan pohon tumbang”, tutup AKP Hanis.(humasresbatu/ch01)