Kasat Binmas Polres Batu Binluh Kepada Pelajar SMK Negeri 1 Batu

Kasat Binmas Polres Batu Binluh Kepada Pelajar SMK Negeri 1 Batu

Kasat Binmas Polres Batu Binluh Kepada Pelajar SMK Negeri 1 Batu

Batu, Selasa (18/7/2017) Kasat Binmas AKP Diana Pudjiastuti, S.H menindak lanjuti perintah Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K, M.Si untuk meningkatkan pembinaan di tahun ajaran baru dengan memberikan binluh kepada pelajar SMK Negeri 1 Batu tentang pergaulan bebas ditinjau dari hukum Negara Republik Indonesia UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Giat pembinaan dan penyuluhan Kasat Binmas AKP Diana Pujiastuti, S.H, bersama PS. Kanit Bintibmas Aiptu Endro Supriyono dan Bripka Arik Setiyono bertempat di aula SMK Negeri 1 Batu Jl. Bromo Kel. Sisir Kec. Batu Kota Batu kepada pelajar kelas XI yang diikuti oleh 361 siswa.

Dengan perkembangan dan kemajuan teknologi seperti sekarang ini generasi muda khususnya pelajar banyak yang memanfaatkan kecanggihan HP karena setiap siswa pasti mempunyainya. Banyak hal baru yang ingin diketahui meskipun bertentangan dengan norma-norma agama maupun susila setelah membuka situs-situs tertentu atau porno.

Adanya kasus pencabulan disertai persetubuhan terhadap anak dibawah umur yang korbannya kebanyakan anak dibawah umur antara 13 s/d 17 tahun, sedangkan kasus lain yang juga sering terjadi yaitu membawa lari anak yang belum dewasa oleh temannya sendiri.

Dalam UU Perlindungan anak yang dikatakan anak dibawah umur yaitu anak yang berumur dari 0 tahun sampai dengan 18 tahun dan itu menjadi tanggungjawab kedua orang tua kalian.

Guna mencegah terjadinya permasalahan tersebut sebagai pelajar kalian harus meningkatkan disiplin, minat belajar, menanamkan aspirasi, mencari identitas individu yang benar dan menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan di rumah dan lingkungan sekolah serta mencegah gangguan dari pihak luar sekolah.

Dalam materinya Kasat Binmas juga mencontohkan kepada salah satu siswa yang berpakaian tidak rapi dan baju tidak dimasukkan untuk dirapikan yang dapat mencerminkan hidup bersih dan disiplin.

Joko Santoso S.Pd, MT selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Batu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kasat Binmas yang bersedia hadir di sekolah kami dan memberikan materi dan pembekalan kepada siswanya berharap semoga muridnya bertambah pengetahuan dan wawasan sehingga dapat lebih berhati-hati dan waspada dalam bergaul serta rajin belajar.