Polsek Junrejo Polres Batu Melaksanakan Pengamanan Perayaan Kathina Dana Orang Budha Semalang Raya

Polsek Junrejo Polres Batu Melaksanakan Pengamanan Perayaan Kathina Dana Orang Budha Semalang Raya

Pada hari Minggu tanggal 8 Oktober 2017 dimulai pada pukul 09.00 s/d 15.15 wib bertempat di Graha Kertarajasa Padepokan Dhammadipa Arama ( Vihara Mojorejo ) Jalan Ir. Soekarno No.311 Desa Mojorejo Kec. Junrejo telah dilaksanakan kegiatan Perayaan Kathina Dana ( Sangha Dana masa Kathina 2561 BE / 2017 ) yang diikuti oleh sekitar 500 orang umat Budha se-Malang Raya.

1. Hadir dalam giat tersebut antara lain :- Bikkhu Kanthidaro Mahatera.- Banthe Jaya medo.
– Banthe Utomo.- Banthe Wirya.- Banthe Kemadaro.- Banthe Sukito.- Banthe Ugaseno.- Banthe Selanando.- Samanera dan Atthasilani.- Siswa/siswi Sekolah Tinggi Agama Budha.
– Umat Budha dari Malang raya.2.Adapun rangkaian acara sbb :- Pukul 08.00 wib donor darah.- Baksos Longevitology ( Penyelarasan energy Chi untuk pemulihan kesehatan oleh yayasan Samaggi Viriya Malang ).- Cek kesehatan gratis.- Pindhapatta.

3. Pukul 13.00 wib acara puncak kegiatan perayaan Kathina Dana 2561 BE/2017.
– BikhuKanthidaro memasuki Graha Kertarajasa.- Penyalaan lilin dan dupa oleh Bhikkhu Viriyandharo Mahatera dilanjutka Namakara Patha.- Puja Katha oleh pimpinan Puja Bakti.
– Aradhana Tisarana Pancasila dipimpin oleh pimpinan Puja Bakti.- Pembacaan Paritta Suci :
a. Buddhanussati.b. Dhammanussati.c. Sanghanussati.d. Saccakiriyagatha.- Pembacaan Nidhikanda Sutta oleh tim Atthasilani.- Samadhi dipimpin oleh Bhikku Sukhito Mahathera.
– Dhammadesana Aradhana.- Pembacaan Gatha penyerahan Kathina dana oleh pimpinan Puja Bhakti.- Sanghadana diiringi lagu dana paramitta oleh ibu – ibu Wandani.
– Anumodana.- Ettavatatiadipattidana.- Namakara Patha.- Penutup.

– Makna dari kegiatan perayaan Kathina Dana adalah pemberian dana berupa jubah dan keperluan lain ( Makanan, obat – obatan ) untuk kegiatan selama di Vihara oleh umat Budha kepada para Bikkhu.
– Kegiatan tersebut juga sebagai momentum intropeksi diri oleh para Bikkhu yang selama 9 bulan telah mengajarkan Dhamma ( ajaran Budha ) ke berbagai wilayah, dan 3 bulan dimulai pada Juni s/d September menetap didalam Vihara atau tidak keluar kemana – mana dan pada puncaknya dibulan Oktober dilaksanakan perayaan Kathina Dana.

– Tiga tingkatan berdana :1. Dadam piyo hoti ( Orang yang memberi itu akan dicintai ) sebagai bentuk aktualisasi diri, menjaga relasi dan mendapatkan nama baik.2. Sagga sampatti setelah kematian orang yang suka berdana ini akan dilahirkan di alam surga.
3. Berdana untuk melepas kotoran batin.