Forum Konsultasi Publik (FKP) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Polres Batu

Forum Konsultasi Publik (FKP) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Polres Batu

Forum Konsultasi Publik (FKP) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Polres Batu

 

Mendasari Peraturan Kemen PAN dan RB RI Nomor 16 Tahun 2017, tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik (FKP) di lingkungan Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Polres Batu menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) yang dilaksanakan dengan model Fokus Grup Diskusi, pada hari Jum’at, 14/09/2018 di Rupattama Polres Batu.

Forum Konsultasi Publik menghadirkan narasumber DR. H. Slamet Mukhsin, MSi, Lektor Kepala Tenaga Ahli Kebijakan Pembangunan dan Manajemen Pelayanan Publik Universitas Islam Malang. Kepala KPP RRI Malang Dra. Teguh Yuli Astuti, MM, Pejabat Pemkot Batu, Civitas akademika YPPII Batu, LSM Gerak Kota Batu, Rekan Media dan Netizen Kota Batu.

Dalam Forum Konsultasi Publik tersebut telah dilaksanakan kegiatan Fokus Grup Diskusi (FGD) bentuk kegiatan tatap muka/pertemuan semi formal dengan metode diskusi oleh penyelenggara pelayanan, akademisi/praktisi pelayanan publik dan masyarakat sebagai pihak penerima pelayanan dan kegiatan non tatap muka yang merupakan program pendukung kegiatan FKP tatap muka melalui media sosial, talk show radio dan televisi maupun melalui aplikasi Apel Batu.

Sebagai kewajiban penyelenggara pelayanan publik untuk melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP), untuk menjawab kebutuhan layanan masyarakat yang prima, memperbaiki mekanisme dan prosedur pelayanan dengan peningkatan kualitas petugas pelayanan publik yang ramah dan humanis.

Meskipun demikian setahun terakhir ini dapat dilihat pelayanan publik sudah lebih baik, seiring dengan naiknya Indeks Kepuasan Masyarakat dari lembaga eksternal. Polres Batu tetap berupaya memperbaiki pelayanan dengan membangun opini yang positif dan memberikan edukasi kepada masyarakat selaku penerima layanan publik, agar pelayanan dapat dirasakan oleh masyarakat secara maksimal dan mengurangi komplain serta kepuasan publik sebagai warga negara.

Program peningkatan kualitas pelayanan dimaksudkan supaya tidak terjadi gap, kesenjangan, pemisah antara publik sebagai penerima layanan dengan lembaga pemerintah sebagai pemberi layanan

Forum Konsultasi Publik ini menjadi salah satu cara untuk menemukan solusi bagi peningkatan pelayanan publik Polres Batu dan peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat serta akan mendapatkan masukan-masukan dan ide-ide berharga untuk peningkatan pelayanan prima.

Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini bukan hanya memenuhi “syarat” instansi pelayanan publik  sesuai anjuran Kementerian PAN dan RB saja, namun betul-betul hasil dari forum ini dapat dilaksanakan serta forum ini berguna sebagai sarana dan wadah partisipasi masyarakat yang terus menambah kebaikan pelayanan pada Polres Batu.