Kantor KPU Kota Batu Rapat Koordinasi Pencermatan Daftar Pemilih

Kantor KPU Kota Batu Rapat Koordinasi Pencermatan Daftar Pemilih

Pada hari Minggu tanggal 30 September 2018 Jam 16.00 s/d 18.00 Wib di Aula Kantor KPU Kota Batu Jln. Raya Tlekung No. 212 Kec. Junrejo Kota Batu dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Pencermatan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 1 (satu) (DPTHP-1) dalam Pemilihan Umum tahun 2019 yang diikuti ± 40 orang.

Hadir dalam kegiatan :- Saifudin Zuhri, S.H (Plt. Ketua KPU Kota Batu).- Ashar Chilmi, S. Psi (Komisioner KPU Kota Batu).
– Erfanudin, S.Hi (Komisioner KPU Kota Batu).- Mardiono, S.Hi (Komisioner KPU Kota Batu).- Heru Joko Purwanto (Komusioner KPU Kota Batu).- Thomas Maydo (Sekretaris KPU Kota Batu).- Abdur Rochman, ST (Ketua Bawaslu Batu).
– Supriyanto (Komisioner Bawaslu Kota Batu).- Drs. Maulidiyono (Dispendukcapil Kota Batu).- Abdullah Koyim (Ketua DPC PSI Kota Batu).- Rudianto (Sekretaris PBB Kota Batu).- Bambang Siswo Edi Widodo (Ketua DPC Berkarya Kota Batu).
– Siti Maryam (Ketua DPC Perindo Kota Batu).- Didin Darianto (Ketua DPC PKPI Kota Batu).- Didik Sumintarjo (LO DPC Partai Golkar Kota Batu).- Nanang Sudjianto (Wakil ketua DPD PAN Kota Batu).- Fikri Afandi (LO DPC Demokrat Kota Batu).- PPK se Kota Batu.

. Sambutan dari Saifudin Zuhri, S.H (Plt. Ketua KPU Kota Batu) yang intinya – Ucapan terimakasih kepada hadirin yang hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pencermatan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 1 (satu) (DPTHP-1) dalam Pemilihan Umum tahun 2019 di aula KPU Kota Batu.- Memperkenalkan sdr. Heru Joko Purwanto sebagai Komisioner KPU Kota Batu yang baru.- Pada tanggal 1 – 28 nanti kita selaku penyelenggara akan mengadakan gerakan melindungi hak pilih.- Kita akan aktif berkoordinasi dengan Rt dan Rw guna menyerukan gerakan melindungi hak pilih.

Sambutan dari Ashar Chilmi, S. Psi (Komisioner KPU Kota Batu) yang intinya :- Kita patut bersyukur dimana di Kota Batu sampai penetapan DPT telah berjalan aman dan lancar tidak seperti di wilayah lain, dimana banyak dinamika – dinamika yang membuat situasi wilayah kotanya tidak kondusif.

– Penyempurnaan DPT berupa :a). Mengeluarkan data pemilih dari DPTHP-1 apabila masih ditemukan pemilih yang tidak memenuhi syarat pemilih ganda, pemilih belum berusia 17 tahun saat hari pemungutan suara dan belum menikah, pemilih yang telah meninggal dan lainnya.b). Memperbaiki elemen data pemilih apabila ditemukan pemilih yang elemen datanya keliru / belum lengkap.c). Memasukkan pemilih apabila masih ditemukan pemilih yang belum terdaftar.- Dalam rangka melindungi hak pilih warga negara Indonesia KPU melakukan gerakan melindungi hak pilih (GMHP) pada tanggal 01 s/d 28 Oktober 2018.- KPU dan KPU / KIP Kabupaten / Kota membuka posko layanan pemilih GMHP bagi yang belum terdaftar pada DPTHP-1 di kantor KPU Provinsi, KPU / KIP Kabupaten / Kota, PPK dan PPS.- KPU Provinsi KPU / KIP Kabupaten / Kota secara aktif berkoordinasi dengan dinas terkait serta kelompok masyarakat tertentu yang berpotensi kehilangan hak pilih.- KPU Provinsi KPU / KIP Kabupaten / Kota melakukan sosialisasi daftar pemilih.- Kegiatan penyempurnaan DPTHP-1 selama 60 hari.- Dalam rangka pelaksanakan kegiatan penyempurnaan DPTHP-1, kuasa pengguna anggaran pada KPU Provinsi dan KPU / KIP Kabupaten / Kota melakukan optimalisasi anggaran pada keluaran pemutakhiran data pemilih pemilu.- Semoga upaya kita dengan adanya kegiatan gerakan melindungi hak pilih dapat membantu seluruh masyarakat Kota Batu.

. Sambutan dari Drs. Maulidiyono (Dispendukcapil Kota Batu) yang intinya :- Upaya Dispenduk Capil Bulan depan adalah mendatangi RS dan penyandang Disabilitas guna data dan perekaman E-KTP.- Kita akan Mobiling ke SMA dan SMK untuk perekaman E-KTP.- Menjadwalkan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) karena bagaimanapun juga saudara kita yang terkena musibah di lembaga tersebut mempunyai hak pilih dalam Pemilu tahun 2019.7. Sambutan Abdur Rochman, ST (Ketua Bawaslu Batu) yang intinya :- Kita akan selalu berkoordinasi dengan KPU terkait pencermatan data.- Indek kerawanan dalam pemilu adalah mengenai DPT.- Mari kita sukseskan Pemilu 2019 dengan cara hindari pelanggara demi terwujudnya pesta demokratis yang Berkeadilan dan demokratis.- Kami dari Bawaslu Kota Batu hanya menghimbau jangan sampai pemilih TMS belum di coret.