Kapolres Batu Bersama Dengan Tim Polda Mendampingi Kunjungan Pus Sejarah di Wilayah Polres Batu

Kapolres Batu Bersama Dengan Tim Polda Mendampingi Kunjungan Pus Sejarah di Wilayah Polres Batu

Polres Batu , Telusuri sejarah perjuangan Bhayangkara di garis Van Mook, Tim Pusat Sejarah Polri melakukan peninjauan Monumen Status Quo Pujon. Pusat Sejarah Polri melakukan peninjauan Monumen Status Quo Pujon pada hari Rabu, 06/12 /2017, monumen sejarah perjuangan polisi keamanan di wilayah Desa Pandesari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Tim Pusat Sejarah Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol Muhammad Jufri Ses Pussejarah Polri didampingi oleh AKBP Sigit dan AKBP Yatni disambut oleh Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, SIK, MSi beserta Wakapolres dan para pejabat utama Polres Batu.

Dalam sambutannya Kapolres Batu menjelaskan sejarah singkat perjuangan Polisi Keamanan yang menjaga garis demarkasi antara daerah pemerintah Republik Indonesia dan daerah pendudukan penjajahan Belanda. Setelah perjanjian Renville tanggal 8 Desember 1948 pemerintah Belandan telah menetapkan garis demarkasi atau garis status quo, yang salah satunya garis Van Mook (Status Quo Lijn) di Desa Pandesari, pada tanggal 19 Desember 1948 pasukan tentara Belanda yang dipimpin oleh MISON melakukan provokasi dan melanggar garis Status Quo tersebut, setelah diperingatkan oleh AP. III KATJOENG PERMADI penjaga Pos I bersama AP. III SOEKIRNO dan AP. III KAMSO, pasukan tersebut kembali wilayah Batu, namun pada waktu tengah hari, pasukan tentara Belanda menyerang Pos I dari arah timur yang mengakibatkan gugurnya AP. III KATJOENG PERMADI, sedangkan serangan pada Pos II dari arah utara mengakibatkan gugurnya AP. II SOEJADI dan AP. II PERIL mengalami luka tembak.
Guna mengenang perjuangan dalam melawan penjajahan Belanda pada Agresi ke II, maka dibangun sebuah monumen perjuangan di garis Status Quo, peletakan batu pertama pembangunan monumen dilakukan pada tanggal 17 September 1982. Kemudian setelah tiga bulan pembangunan, monumen diresmikan pada tanggal 27 Desember 1982 oleh Pangdam VIII Brawijaya, Mayjen TNI AD Moergito.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Batu menjelaskan kegiatan yang telah dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2017, antara lain melakukan Forum Grup Diskusi menelusuri sejarah perjuangan Bhayangkara di garis Van Mook dengan menghadirkan pelaku sejarah pejuang, diantaranya Diantaranya Supeno, Ngatemun, Ngaisah, Saimo dan Hoesodo dan Ari Sapto ahli sejarah Universitas Negeri Malang. Untuk pertama kalinya dalam peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017, Polres Batu menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di Monumen Status Quo sebagai penghormatan kepada pejuang Polisi Keamanan yang gugur di garis Status Quo.