Polres Batu Pengecekan Dan Monitor Buah Inpor Jenis Rock Melon Dari Australia

Polres Batu Pengecekan Dan Monitor Buah Inpor Jenis Rock Melon Dari Australia

Pengecekan dan monitor peredaran buah impor jenis Rockmelon dari Australia mengandung bakteri di pasaran Kota Batu.

Dengan Adanya Rujukan surat edaran Badan karantina pertanian Kementrian pertanian Nomor : 4353/KR.040/K/3/2018 tanggal 05 Maret 2018 perihal kewaspadaan dan pengawasan terhadap pemasukan PSAT rockmelon. maka

Pada hari Senin tanggal 12 Maret 2018 jam 11.00 s/d 13.30 wib maka Polres Batu mengadakan Pengecekan dan monitor peredaran buah impor jenis rockmelon dari Australia di pasaran Kota Batu dengan hasil sbb :

1. Hasil koordinasi dengan Ibu Sri Astutik (Divisi Manager Fresh Hypermart Batos),sbb:a). Bahwa untuk Buah yang terdapat di Hypermart Mall Lippo Plaza Batu umumnya mendatangkan Buah Lokal / tempatan namun khusus untuk buah impor hanya meliputi apel, pear, lemon dan kiwi.b). Untuk Buah melon khususnya jenis Rock Melon di Hypermart wilayah Jatim dan Jateng pengadaan berasal dari Kab. Banyuwangi, Nganjuk dan Ngawi (Lokal bukan Import).
c). Sedangkan untuk buah yang diimpor penempatan langsung pada tempat yang terdapat pendingin karena saat di datangkan sudah dalam kontainer pendingin.d). Konsumen yang membeli buah adalah kebanyakan dari kalangan menengah ke atas dan berasal dari orang sekitaran juga wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu.

2. Hasil pengecekan dibeberapa pedagang buah Pasar Batu, Sbb:a). Dengan sumber baket pedagang buah Bpk. Dedek menerangkan bahwa sudah tidak berjualan Melon Import (Rock Melon) sudah dapat Intruksi dari Distributor Melon tersebut sudah tidak di edarkan di pasaran.b). Sumber baket Ibu Yani pedagang buah menerangkan bahwa ybs hanya berjualan buah melon lokal yang berwarna putih sedangkan terkait adanya pemberitaan melon impor berbahaya pedagang pasar tidak melakukan penjualan jenis tsb.b). Hasil Koordinasi dengan Dinas UPT Pasar Batu Bpk. Fadli meyampaikan bahwa di pasar batu tidak ada yang jualan Melon Import, Namun bila mana terdapat pedagang yang berjualan akan dilakukaan pembinaan dengan menyarankan agar tidak dijual ke masyarakat.3. Hasil pengecekan di UD. Rame distributor buah impor Jl. Dewi Sartika dg sumber baket Ibu. Rahma menerangkan sbb:

a). Pasaran buah impor lokal saat ini mengalami kelesuan yang disebabkan kalah dengan buah lokal yang sedang masa panen.b). Sedangkan UD. Rame tidak mendatangkan buah impor jenis rockmelon yang didatangkan buah jeruk, per, anggur dan kelengkeng itu saja saat ini sedang vakum karena sepinya pasar buah impor.