Wakapolres Batu menghadiri Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Untuk Menurunkan Stunting

Wakapolres Batu menghadiri Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Untuk Menurunkan Stunting

Polres Batu – Wakapolres Batu Kompol Nurmala,SH,SIK. mewakili pak kapolres giat di pemkot dalam Acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat , untuk menurunkan stunting,

Untuk menurunkan angka stunting dan mencegah terjadinya stunting menjadi satu di antara beberapa fokus pemerintah untuk membentuk generasi Indonesia sehat. Menindak lanjuti hal ini,  Gubernur yang diwakili oleh asisten pemerintahan Dr. supriyanto.S.H,M.H.  ikut menyosialisasikan kepada masyarakat di Batu, Selasa (21/8/2018).

“Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) ini menjadi landasan utama yang bagus untuk mencegah terjadinya stunting,” Dr. supriyanto.S.H,M.H. Data Kementerian Kesehatan RI di tahun 2017 menyebutkan ada 9 juta anak menderita stunting.”Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita, akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan dari bayi di dalam kandungan sampai usia 2 tahun. Sehingga, perkembangan anak pada usianya lambat. Kondisi kekurangan gizi sudah terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah lahir,” jelasnya saat sosialisasi di halaman Gedung Among Tani.

Edukasi kepada masyarakat merupakan langkah yang perlu dilakukan, selain mengedukasi bagaimana cara untuk hidup sehat kepada ibu hamil. juga menegaskan asisten pemerintahan asupan gizi ibu hamil menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

“Mengenai stunting ini, tidak hanya masalah gizi saja yang harus terpenuhi, namun lingkungan juga berpengaruh. namun air di lingkungan  masyarakat tidak sehat, tidak ada air bersih, dan sanitasi tidak layak,” jelasnya.Akibat dari lingkungan yang kurang baik itu, anak-anak sering sakit.

Hidup sehat menjadi cara penting untuk mencegah terjadinya stunting dan penyakit lainnya. Masyarakat harus sadar betul melakukan pola hidup sehat.