Tingkatkan Kepuasan Publik, Kapolres Batu Laksanakan Rapat Internal Kesiapan Forum Konsultasi Publik (FKP)

Tingkatkan Kepuasan Publik, Kapolres Batu Laksanakan Rapat Internal Kesiapan Forum Konsultasi Publik (FKP)

 

Tingkatkan Kepuasan Publik, Kapolres Batu Laksanakan Rapat Internal Kesiapan Forum Konsultasi Publik (FKP)

Mendasari Peraturan Kemen PAN dan RB RI Nomor 16 Tahun 2017, tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik (FKP) di lingkungan Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Polres Batu menggelar Rapat Internal Kesiapan Forum Konsultasi Publik (FKP) pada hari Selasa 4 September 2018 di Ruang Rupattama Polres Batu.

Sebagai kewajiban penyelenggara pelayanan publik untuk melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat, diharapkan  Forum Konsultasi Publik (FKP) bisa menjawab tantangan sebagian dari warga masyarakat yang seringkali malas ketika hendak mengurus administrasi kependudukan, mengurus KTP di Desa /Kelurahan.

Seperti halnya pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi, SIM di Kantor Polisi, perpanjangan STNK di Kantor Samsat dan sebagainya. Keruwetan prosedur ditambah dengan kurang ramahnya petugas pelayanan publik.

Guna meningkatkan pelayanan publik di Polres Batu, Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto , S.I.K, M.SI menyampaikan dalam setahun terakhir ini pelayanan publik sudah cukup membaik, seiring dengan naiknya Indeks Kepuasan Masyarakat , sebagai contoh proses Perpanjangan SIM tidak lebih dari 2 jam dan biaya transparan tidak ada tambahan biaya yang tidak jelas dan sudah bisa online.

Peningkatan pelayanan publik oleh Polri  harus direspon dengan baik oleh Polda Jatim dan jajarannya, karena Polres menjadi ujung tombak pelayanan publik, dan sebagai garda depan yang langsung berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

” Dalam rapat internal kesiapan Forum Konsultasi Publik tersebut telah disusun rencana kegiatan Fokus Grup Diskusi (FGD) bentuk kegiatan tatap muka, pertemuan semi formal dengan metode diskusi . Kegiatan FKP melalui melalui media sosial, talk show radio dan televisi maupun melalui aplikasi Apel Batu,” imbuh Kapolres.

Kapolres Juga menambahkan bahwa Forum Konsultasi Publik ini menjadi salah satu cara untuk menemukan solusi bagi peningkatan pelayanan publik Polres Batu . Peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat akan mendapatkan masukan dan ide berharga untuk peningkatan pelayanan prima.

” Forum Konsultasi Publik ini bukan hanya memenuhi “syarat” instansi pelayanan publik saja, lebih dari itu  hasil dari Forum ini nantinya dapat meningkatkan pelayanan di Polres Batu”, pungkasnya.