Evaluasi Pembangunan Zona Integritas, Kementerian PAN – RB Tinjau Pelayanan Publik Polres Batu

Evaluasi Pembangunan Zona Integritas, Kementerian PAN – RB Tinjau Pelayanan Publik Polres Batu

Evaluasi Pembangunan Zona Integritas, Kementerian PAN – RB Tinjau Pelayanan Publik Polres Batu

Dalam rangka evaluasi pembangunan Zona Integritas di lingkungan Polri gelombang I oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawasan Kementerian PAN dan RB, Selasa (25/09/2018) bertempat di Polres Batu.

Guna menilai keberhasilan
pembangunan Zona Integritas Polres Batu, Asisten Deputi Pengelolaan Pengaduan Aparatur dan Masyarakat, Bapak Drs. Agus Uji Hantara, M.E. bersama Kepala Subbidang Pemantauan dan Evaluasi Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat Kementerian PAN dan RB, Bapak Galih Hadiwijaya, S. ST, meninjau langsung pusat pelayanan publik terpadu yang dibangun oleh Polres Batu.

Didampingi Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, SIK, MSi dan para Ketua Program Pembangunan Zona Integritas, Tim Evaluasi Kementerian PAN dan RB menerima penjelasan sarana dan prasarana yang telah dibangun oleh seluruh Ketua Program Pembangunan Zona Integritas, yang meliputi program manajemen perubahan, program penataan tata laksana, program penataan sistem manajemen SDM, program penguatan akuntabilitas, program penguatan pengawasan dan program peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pencapaian Pembangunan Zona Integritas dapat dilihat dan dirasakan oleh masyarakat sebagai pengguna layanan publik baik secara fisik maupun non fisik, telah tersedianya fasilitas yang merupakan standar pelayanan publik dan kepuasan masyarakat melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang terus meningkat serta telah mendapatkan dukungan masyarakat melalui Forum Konsultasi Publik (FKP) sebagai sarana komunikasi antara masyarakat sebagai pengguna layanan dan Polres Batu sebagai penyedia layanan.

Dalam paparannya, Kapolres Batu menjelaskan tahapan pembangunan Zona Integritas yang telah dimulai sejak tahun 2017, pembangunan sarana dan prasarana pelayanan publik, peningkatan kualitas petugas pelayanan, penyediaan sarana pendukung dan pembangunan sarana dengan menggunakan teknologi dan informasi serta penyediaan aplikasi Apel Batu guna mempermudah proses pelayanan prima kepada masyarakat.

Diakhir kunjungan Tim Evaluasi Kementerian PAN dan RB menyampaikan apresiasi kepada Polres Batu yang telah bersemangat membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dengan adanya penilaian ini diharapkan Polres Batu bisa lolos masuk babak akhir oleh Tim Penilai Nasional yang akan diumumkan pada 9 Desember 2018, sehingga mendapatkan predikat WBK dan ditetapkan sebagai role model bagi Polres lain dalam pembangunan Zona Integritas.