Kapolsek Bumiaji Bersama Anggota Menghadiri Dialog Lintas Agama, Polsek Bumiaji Polres Batu

Kapolsek Bumiaji Bersama Anggota Menghadiri Dialog Lintas Agama, Polsek Bumiaji Polres Batu

Kapolsek Bumiaji Bersama Anggota Menghadiri Dialog Lintas Agama, Polsek Bumiaji Polres Batu

Polres Batu -kamis tanggal 18 oktober2018 jam 09.00 wib sd 12.00 wib telah dilaksanakan kegiatan dialog lintas agama di hall arjuna hotel selecta desa tulungrejo kec bumiaji kota batu yg diadiri oleh 80 orang Adapun yang hadir dalam acara tersebut 1. suliyanah ( kesbangpol batu )2. drs h nawawi m.fi ( kemenag batu )3. kompol zein mawardi ( wakapolres batu )4. akp nyoto gelar (kapolsek bumiaji)
5. drs. abdurochim ismail ( ketua fkub )6. tokoh agama

Memberi Sambutan dari. ketua panitia abdul manaf yang pada intinya bahwa agenda hari ini dilaksanakan dialog lintas agama,bisa dibilang peserta yang hadir sat ini merupakan tokoh penyelamat bangsa serta disampaikan kegiatan ini akan berlanjut hingga tingkat kecamatan.namun diharapkan agar peserta yang hadir jangan hanya orang yang biasa hadir namun dibutuhkan orang orang baru.
b. abdurrohim ( ketua fkub batu ) yang pada intinya bahwa ucapan terimakasih untuk kehadiran para peserta karena kami mengharapkan saat menghadapi momen pileg pilpres kondisi masyarakat tetap tenang dn kondusif, diinformasikan juga untuk bulan oktober agar segera terbentuk forum pemuda lintas agama sebagai penerus kegiatan yang baik karena forum ini mengedepankan kerukunan.
c. suliyanah ( kakesbangpol batu ) yang pada intinya bahwa semua hal yang dinikmati saat ini merupakan perjuangan para pahlawan dalam menjaga kedaulatan bangsa maka diharapkan kepada seluruh pihak untuk tetap menjaga persatuan bangsa ini,diharapkan juga semua bekerja sama dalam gotong royong demi terbentuk bangsa yang makmur bukan hanya masyarakat namun semua pemimpin dan lapisan melalui revolusi pola pikir demi menghadapi tantangan kedepan.yang selanjutnya kegiatan dialog antar agama dibuka

Drs h. nawawi m.fil. sebagai narasumber menyampaikan yang pada intiny bahwa diinformasikan bahwa besok akan dilaksanakan kunjungan dari luar negeri program kementrian luar negeri sebagai studi banding tentang kerukunan umat beragama di batu yang dianggap sebagai pelopor, indonesia lahir dari keberagaman yang bisa menjadi modal dasar pembangunan serta pondasi kehidupan berbangsa namun bisa juga sebaliknya akan menjadi ancaman bila antar pihak saling curiga dan tidak terdapat toleransi yang bisa terjadi jika ada pihak lain/ketiga menilai kelompok agama,maka diperlukannya kerukunan umat beragama yang dilandasi sikap saling menghormati dan manghargai antar umat beragama,dalam hal ini peran pemerintah yaitu melindungi setiap penduduk dlm melaksanakan kehidupan beragama serta membeikan bimbingan didalamnya, dsebutkan juga kewajiban setiap pemeluk agama antara lain bahwa tidak memandang agama dari sudut pandang agamanya ,mencampuri urusan internal agama lain, tidak mudah mencurigai kegiatana agama lain,sering laksanakan dialog antar agama demi terwujudnya toleransi antar umat beragama.
b.kompol zein mawardi ( wakapolres batu ) sebagai narasumber menyampaikan yang pada intinya bahwa kerukunan umat beragama dalam persepsi tupoksi polri suatu sikap dalam memberikan kebebasan terhadap kehidupan beragama dengan batasan hak orang/kelompok lain sehingga tercipta toleransi antar umat beragama,kedamaian bagi kaum minoritas dalam menjalankan kehidupan beragama,meminimalisir konflik agama yang terjadi.diinformasikan juga tentang faham radikalisme yang muncul karena adanya suatu kelompok yang menganggap kelompoknya paling benar,perbedaan cara pandang agama terhadap agama lain sebagai akibat kurangnya pemahaman agamanya jadi diharapkan kepada seluruh pemuka agama agar menyampaikan tentang toleransi antar umat beragama tidak terjadi adu domba oleh pihak tidak bertanggung jawab.
c.suliyanah ( kesbangpol batu ) sebagai narasumber yang pada intinya bahwa kota wisata batu sudah menjadi jujugan sebagai kota dengan kerukunan umat beragama ,maka diucapkan terimakasih terhadap seluruh pihak yang ikutserta menjaga kerukunan hingga saat ini dan diharapkan terus dipertahankan mengingat menjelang pileg pilpres.

statement
a. abi yani ( islam ) yang pada intinya bahwa menyampaikan usulan tentang permasalahan yang terjadi di saat ini melihat masa lalu bahwa indonesia negara agamis,saat perjuangan kemerdekaan tidak ada dialog lintas agama namun semua bersatu padu tanpa pandang agama maupun kelompok,sesuai ajaran agama bahwa barang siapapun yang bertakwa kepada tuhan maka akan makmur negeri ini.diharapkan kepada seluruh pemuka agama untuk memerikan kontribusi terhadap negara.
b. ninik ( kristen ) yang pada intinya bahwa kegiatan ini tudak hanya untuk menghabiskan anggaran namun memiliki misi untuk menggalakkan forum sulaturahmi,mengajak semua pihak untuk selalu bersama sama,juga masukan untuk peserta jangan duduk berkelompok sesuai agamanya namun menjadi satu,membaur
c. pariyanto ( phdi kota batu /hindu ) menyampaikan bahwa tahun depan masuk pileg dan pilpres maka akan banyak berita hoax yang muncul maka ditanyakan usaha apa saja yang sudah dilakukan oleh pihak polri untuk antisipasi hal tersebut
d. yosep matose ( katolik ) menyampaikan bahwa banyak toleransi bersifat semu,apa yang akan dilakukan oleh kemenag /pemerintah untuk menghadapinya
e. suhartono ( konghucu ) menyampaikan bahwa jika ingin rukun maka perlunya intropeksi diri,
f. muhammad zainurhuda (pcnu kota batu ) menyampaikan bahwa bilamana setiap pihak aktif dalam beragama maka tidak akan menganiaya pihak lain,juga diharapkan sering dilaksanakan kegiatan seperti ini juga untuk diwilayah lain jg.

tanggapan
a. drs. nawawi m.fil yang pada intinya bahwa diharapkan kepada seluruh pihak bersikap dewasa dalam menghadapi berita yang beredar, tidak langsung membuat kesimpulan namun mencari klarifikasi terlebih dahulu.
b. zein mawardi yang pada intinya bahwa disampaikan sudah ada uu it no 11 thn 2018 siapapun yang menyebar berita tidak bertanggung jawab bersifat menghasut dll akan dijerat oleh undang – undang,pihak polri sudah memproses pihak yang menyebarkan berita hoax namun butuh waktu untuk secara total,disampaikan juga kepada seluruh pihak saat akan menyebarkan berita untuk dicermati dahulu.disampaikan juga di polres batu sudah dibentuk tim cyber untuk menjaga dunia maya dengan kegiatan patroli cyber untuk mencegah berita2 hoax.
c. drs nawawi m.fil menyampaikan bahwa hanya negara indonesia yang mampu menjaga kestabilan keanekaragama kerukunan umat beragama,upaya pemerintah khususnya kemenag dalah hal ini yaitu memiliki penyuluh di masing masing agama,juga ada peraturan dan perundang undangan tentang agama,juga bekerja sama lintas sektoral terutama kepolisian jika ditemukan kelompok yang mencoba merusak kerukunan umat beragama