Kapolsek Bersama Danramil Kasembon serta Warga telah melakukan pengecekan perbukitan

Kapolsek Bersama Danramil Kasembon serta Warga telah melakukan pengecekan perbukitan

Polres batu, Kamis tgl 15 Nopember 2018 Pkl. 10.00 wib s/d 12.30 wib, Kapolsek bersama Danramil Kasembon serta Warga telah mekakukan pengecekan ke perbukitan Dsn.Giling masuk kawasan hutan produksi Wilayah KRPH Kasembon, dengan adanya informasi dari warga masyarakat terkait adanya Keretakan / rekahan tanah di perbukitan Dusun Giling Desa Bayem kec. Kasembon dengan ketinggian ± 150 m dan kemiringan tanah ± 45 derajat .

– Keretakan / rekahan tanah berada di lokasi lahan Kawasan hutan produksi Wilayah KRPH Kasembon dengan jarak antara Rumah warga ± 300 m, Rekahan/ keretakan tanah tsb dilewati air ketika hujan turun dan rembesan air ke tanah yg retak-retak/merekah yang nantinya dapat menjadi potensi untuk terjadinya tanah longsor.

– Langkah/Tindakan Kepolisian yg diambil : 1. Melakukan koordinasi dg Muspika Kec.Kasembon / BPBD yg ada di Kec.Kasembon. 2.Melakukan pengecekan ke lokasi retakan/rekahan yg menjadi potensi longsor. 3. Muspika Kec.Kasembon dan BPBD serta GEMPAL Kec.Kasembon (Gerakan masyarakat peduli Alam dan Lingkungan) menghimbau warga disekitar lereng bukit dsn.giling tersebut untuk lebih waspada dan berhati – hati terutama pada saat Hujan dan sewaktu -waktu bila ada gejala tanah longsor / keretakan yg lebih besar utk menjauh dari lokasi serta melaporkan ke Muspika/BPBD.

4.Menyarankan kepada pihak Perhutani/KRPH Kasembon agar membuat saluran air / irigasi disekitar samping tanah yang retak sehingg pada saat hujan turun agar air tidak masuk langsung ke tanah yang retak / rekahan , namun air akan mengalir ke saluran irigasi dan segera melaporkan kepada muspika dan pihak terkait.

.Menghimbau kepada Warga agar selalu aktif memberikan informasi kepada Petugas setiap ada perkembangan.