Polres Batu gelar mapping (pemetaan) psikologi seluruh anggota guna mengukur kesiapan dalam menjalankan tugas

Polres Batu gelar mapping (pemetaan) psikologi seluruh anggota guna mengukur kesiapan dalam menjalankan tugas

Polres Batu gelar mapping (pemetaan) psikologi seluruh anggota guna mengukur kesiapan dalam menjalankan tugas

Polres Batu-Tim Psikologi Polda Jatim melaksanakan tes psikologi terhadap seluruh personel Polres Batu , Rabu (30/01/19). Tim yang dipimpin Kabag Psikologi Biro SDM Polda Jatim AKBP Said Rifai, S.Psi , memberikan pelayanan konseling, pemeriksaan psikologi senjata api (Senpi), personel klinis psikologi (PKP) dan mapping (pemetaan) psikologi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Personil sejajaran Polres Batu bertempat di Gedung DPRD Kota Batu.

“Kegiatan ini merupakan upaya bagian psikologi dalam mengetahui tekad personel kepolisian menjalankan tugas sehari-hari. Sehingga, dalam menjalani tugas sebagai pelindung, pengayom dan penegak hukum di masyarakat, seluruh personel bisa menciptakan suasana nyaman, aman dan kondusif di masyarakat,” ujarnya.

AKBP Said Rifai  mengungkapkan pemeriksaan psikologi personel dilaksanakan secara berkala, yakni setiap enam bulan. Tujuan utamanya menurutnya adalah untuk menjamin agar dalam bertugas, para personel tidak bermasalah secara psikologi. Sehingga, bagi pemegang senjata api atau yang akan mengajukan diri menngunakan senjata api, memiliki kelayakan. Materi ujian psikologi ini berisi ketelitian, klasifikasi objek, hingga kepribadian.

“Dalam memiliki senjata api, tentu saja harus memiliki kondisi psikologi yang baik. Karena jika tidak, akibatnya tentu sangat fatal. Ujian psikologi ini dilaksanakan secara berkala. Tujuan utamanya adalah untuk menjamin personel tidak bermasalah secara psikologi dalam tugas,” ujarnya.

Lebih lanjut, AKBP Said Rifai   mengatakan, khusus bagi PJU, dan seluruh Perwira memiliki kondisi psikologi yang baik dalam memimpin anggotanya. Ujian dan pemeriksaan psikologi ini juga akan menjadi salah satu pertimbangan pembinaan karier. Serta pemetaan atau mapping ke bawahannya. Sehingga para PJU tersebut bisa merasakan psikologi bawahannya dan bisa mencarikan solusi.

“Kematangan psikologi sangat berperan dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat,” tambahnya.

Kepala Bagian Sumber Daya (Kabag Sumda) Polres Batu Kompol Imam Rofik, SH menyatakan peserta kali ini diikuti oleh seluruh anggota yang memegang dan akan mengajukan permohonan pinjam pakai senpi dari Polres dan Polsek jajaran , meski kegiatan tersebut merupakan hal yang dilakukan berkala, pemeriksaan kondisi psikologi personel akan sangat menentukan keberhasilan tugas dan tampilan polisi ke masyarakat.

“Dalam bertugas, seorang polisi tidak hanya membawa namanya secara pribadi, tapi juga nama institusi. Karena itu, mereka akan menjadi panutan yang membawa nama baik institusi kepolisian di masyarakat,” pungkasnya