TANGKAL BERITA HOAX JELANG PEMILU 2019, KAPOLRES BATU GELAR FGD ( FOCUS GROUP DISCUSSION )

TANGKAL BERITA HOAX JELANG PEMILU 2019, KAPOLRES BATU GELAR FGD ( FOCUS GROUP DISCUSSION )

TANGKAL BERITA HOAX JELANG PEMILU 2019, KAPOLRES BATU GELAR FGD ( FOCUS GROUP DISCUSSION )

Polres Batu- Polres Batu gelar Focus Group  Discussion (FGD) bersama para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Netizen , KPU, Bawaslu dan Instansi Pemerintahan  yang berlangsung di Hotel Singhasari Resort Batu ,  dengan mengambil tema Efektif Menetralisir Berita Hoax dalam rangka Pemilu Tahun 2019 . Jum’at (29/03/2019)

Tentunya  kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, SIK, MSi bersama para PJU, Seluruh Perwira dan tampak pula Ketua Bhayangkari Cabang Batu beserta Ketua Pimstaf serta jajaran Pengurus .

Perlu disadari bahwa Teknologi informasi beredar begitu cepat, tanpa batas. Setiap informasi yang dibutuhkan bisa diperoleh dengan satu klik saja. Bahkan you can control this entire world through your finger. Namun, kemudahan tersebut tidak berbanding lurus dengan tingkat pemahaman penggunanya. Begitu banyak foto foto palsu dibagikan, begitu banyak berita berita bohong diproduksi, terutama pada menjelang hari pemungutan suara yang akan dilaksanakan April nanti.

Menengok fenomena tersebut, maka Kapolres Batu menggelar kegiatan Focus Group  Discussion (FGD) dengan mendatangkan Narasumber dari Polda Jatim yaitu Kompol Agung Pribadi, SH jabatan Kanit Cyber II Ditreskrimsus dan Sdr. Chairil Fajar Rofi, S.Si, MSi yang menjabat Kepala Bidang Pengelolaan dan Layanan Informasi Dinas Kominfo Kota Batu yang diharapkan dapat meberikan gambaran secara jelas dan nyata tentang masivnya penyebaran berita Hoaxs terutama di Media Sosial.

Mengawali sambutanya dalam kegiatan tersebut, Kapolres Batu mengatakan, dalam FGD ini diharapkan bisa menjalin silaturahmi, berkumpul dan tatap muka antar okoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Netizen , KPU, Bawaslu dan Instansi Pemerintahan , sehingga nantinya Pemilu dapat berlangsung aman dan lancar di Kota Wisata Batu ini ,”

Ditambahkan pula ” bahwa  sudah sepatutnya kita semua yang sekarang ini hidup di jaman serba modern, tentunya tidak bisa lepas dari kemajuan teknologi dan media sosial, untuk itu diperlukan kesadaran dari diri kita pribadi untuk dapatnya selalu menyaring konten sesuatu yang kita dapat dan memverivikasinya sebelum menshare kepada kerabat atau teman sejawat yang lain,”

“Menjelang dan semakin dekatnya Pemungutan suara dalam Pemilu 2019 ini , banyak ditemuai berita Hoax baik berupa tulisan atau meme beredar di media sosial, jangan sampai kita semua terpengaruh tentang berita Hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kerukunan di dalam masyarakat, Untuk itu kapolres mengajak para Tokoh dan pimpinan Ormas serta para Netizen dan masyarakat saling menjaga Prasangka baik sehingga hambatan yang dapat mengganggu jalanya Pesta Demokrasi dapat dihindari, tentunya dengan dukungan TNI dan Polri , khususnya Polres Batu, ” ungkapnya

Kemuadian acara disambung dengan pemaparan dari narasumber serta dibuka sesi tanya jawab dengan audience seingga didapatkan imbal balik / Flashback yang baik sehingga esensi inti dari pertemuan tersebut dapat tercapai.