KOLABORASI POLRES BATU, PEMKOT BATU DAN JATIM PARK GRUP, SUKSESKAN VAKSINASI 1 JUTA PER HARI

KOLABORASI POLRES BATU, PEMKOT BATU DAN JATIM PARK GRUP, SUKSESKAN VAKSINASI 1 JUTA PER HARI

POLRES BATU– Kemenkes serta TNI dan Polri berkolaborasi mengencarkan target satu juta vaksin per hari. Hal ini untuk menambah cakupan vaksin, dimana sebelumnya pada skala nasional vaksinasi telah didistribusikan sebanyak 700 ribu dosis.

Program nasional satu juta vaksin per hari juga turut diikuti Kota Batu. Antivirus itu diberikan kepada kelompok prioritas, utamanya pekerja sektor pariwisata. Pelaksanaan vaksinasi masal itu dibagi, 40 persen akan dilaksanakan oleh TNI POLRI yang dalam hal ini bekerjasama dengan RS Hasta Brata dan 60 persen akan dilakukan oleh Kemenkes melalui pemerintah daerah setempat.

Kapolres Batu, AKBP Catur Cahyono Wibowo menuturkan, vaksinasi massal itu untuk mengejar ketertinggalan. Dimana cakupan vaksinasi masih terbilang rendah. Dengan adanya vaksinasi masal ini diharapkan bisa segera mewujudkan kekebalan kelompok dari paparan Covid-19.

“Kami berharap vaksinasi ini bisa berjalan secara maksimal. Sehingga kekebalan dalam masyarakat bisa meningkat dan menjadi sehat. Terkhusus bagi pekerja wisata di Kota Batu yang bersentuhan langsung dengan banyak orang,” terangnya

Ia mengatakan, Kota Batu mendapatkan alokasi vaksin 1520 dosis atau 152 vial vaksin multidose buatan sinovac. Alokasi vaksin ke Kota Batu akan dilakukan dua tahap pada Rabu ini (22/6) dan Jum’at besok (25/6).

Begitupula pada minggu-minggu setelahnya, akan terus dilakukan vaksinasi secara massal dengan catatan Polres Batu kembali menerima alokasi vaksin dari Pemerintah Pusat. Selain itu, kekebalan kelompok samgat diperlukan agar mengantipasi munculnya klaster baru. Pihak kepolisian juga turut berjaga saat pelaksanaan vaksinasi massal. Hal ini untuk mengurai peserta agar tak menimbulkan kerumunan yang menjadi salah satu faktor resiko penularan.

“Untuk sasaran vaksinasi ini kami tujukan kepada seluruh lapisan masyarakat. Namun karena Kota Batu sebagai Kota Wisata, kami utamakan para pelaku wisata terlebih dahulu,” lanjut Catur.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batu, dr Susana Indahwati mengatakan, untuk vaksinasi hari ini pihaknya menargetkan ada 750 orang yang ikut vaksin. Begitu juga dengan hari Jumat mendatang.

“Untuk target vaksinasi pada hari ini, semuanya berasal dari pelaku wisata. Dilaksanakan di Jatim Park dua. Sedangkan pada hari Jumat mendatang akan dilakukan vaksinasi kepada pedagang, pemilik warung dan pegawai Pemkot,” ujarnya.
Lebih lanjut, untuk vaksinasi kepada orang-orang yang mengalami gangguan jiwa, pihaknya masih menunggu alokasi vaksin ke Kota Batu. “Di Kota Batu ada sekitar 200 orang yang mengalami gangguan bakal divaksinasi. Nantinya vaksinasi akan dilakukan pada setiap puskesmas-puskesmas di Kota Batu. Orang gangguan jiwa yang akan divaksinasi itu meliputi stres, psikotik dan lainnya,” tandasnya