MENUJU WBBM, POLRES BATU BANGUN RUANG SPKT TERPADU DENGAN FASILITAS LENGKAP

MENUJU WBBM, POLRES BATU BANGUN RUANG SPKT TERPADU DENGAN FASILITAS LENGKAP

Salah satu motto Kepolisian Republik Indonesia untuk melayani masyarakat sepertinya akan semakin baik saja. Hal itu tercermin dari dibangunnya gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan Command Centre di Mapolres Kota Batu.

Gedung yang rencananya dibangun dua lantai tersebut terdiri dari ruang SPKT dan penjagaan dilantai satu dan dua sebagai ruang digital dan Command Centre.

Kapolres Batu, AKBP. Catur C Wibowo, saat peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan gedung SPKT dan Command Centre di Markas Polres Batu, Kamis (04/03) menjelaskan, bahwa masyarakat yang membutuhkan pelayanan nantinya akan dilayani di gedung tersebut.

Masyarakat tidak perlu jauh-jauh masuk ke ruangan lainnya karena semua pemberkasan akan diselesaikan di gedung baru nantinya.

“Polres Batu akan melaksanakan pembangunan gedung SPKT. Gedung ini sendiri merupakan sentra pelayanan bagi masyarakat,” kata Catur.

Pembangunan ini juga merupakan upaya Polres Batu mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Dalam hal ini, Polres Batu masih proses dari WBK menuju WBBM. Tujuan dari pembangunan gedung ini adalah untuk peningkatan pelayanan bagi masyarakat. Gedung ini akan mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan,” jelasnya.

Sementara Command Centre akan diisi oleh sejumlah aplikasi. Aplikasi yang terpasang memberikan informasi mengenai kondisi Kota Batu. Informasi yang ditampilkan mulai dari kondisi jalanan hingga tempat tujuan wisata.

“Kami juga bekerjasama dengan PHRI Kota Batu. Sehingga pelayanan Polres Batu kepada masyarakat akan semakin maksimal. Kami akan kerja sama dengan pelaku usaha wisata hingga pemerintah daerah,” tambahnya.

Ketika masyarakat masuk ke ruangan Command Centre mereka dapat mengakses aplikasi bernama Apel Batu. Aplikasi itu berisikan tentang pengaduan, kondisi jalanan dan informasi tentang pariwisata Kota Batu.

Command Centre juga dimanfaatkan untuk mempermudah tugas kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban. Dengan terpantaunya kondisi kota, maka potensi tindak kriminalitas dapat ditekan.

“Juga untuk mempermudah mengungkap sebuah permasalahan. Pembangunan ini rencananya akan diselesaikan selama tiga bulan,” paparnya. Gedung baru ini berada di dekat pintu masuk Mapolres Batu. Ruas jalan di depan SPKT sebelumnya telah dilebarkan sehingga bisa dilalui kendaraan dua jalur.