Langkah Cepat Tanggap Empat Pilar Kelurahan Ngaglik Kota Batu Lakukan Tracing dan Testing

Polres Batu – Bhabinkamtibmas Kelurahan Ngaglik Bripka Ari Yudiantono bersama Babinsa, Bidan Kelurahan dan Perangkat Kelurahan (Empat Pilar) Kelurahan Ngaglik kembali melaksanakan kegiatan tracing dan testing warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Rabu (9/2/2022).

Ari sapaan akrab Bhabin Kelurahan Ngaglik mengatakan bahwa, kegiatan tersebut merupakan upaya gerak cepat dalam pencegahan menyebarnya virus corona.

“Kami Empat Pilar Keurahan Ngaglik dengan gerak cepat lakukan tracing dan testing kontak erat warga Ngaglik yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Ari.

Ia menyampaikan bahwa, tracing dan testing lokasi pertama di jalan Lesti dimana pada warga yang terkonfirmasi adalah seorang balita.

“Lokasi pertama tracing dan testing di jalan Lesti Kota Batu, warga yang terkonfirmasi ialah seorang balita, ,” ucapnya.

Temuan di lapangan, diperoleh keterangan dari orang tua warga terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut pada tanggal 7 Februari telah melaksanakan Swab PCR di salah satu rumah sakit di Malang dengan hasil positif.

“Keterangan dari orang tua warga tersebut pada tanggal 7 Februari 2022 melakukan Swab PCR untuk persyaratan penerbangan ke Kalimantan di salah satu rumah sakit di Malang hasilnya positif sedangkan kedua orang tuanya negative. Selanjutnya dilakukan tes swab yang sama di rumah sakit Karsa Husada Batu hasilnya negative semua, Kembali lagi pada tanggal 8 Februari 2022 lakukan swab PCR di rumah sakit berbeda di Malang hasilnya negative semua. Kemudian kami lakukan tracing pada hari ini untuk balita tersebut melakukan isoman di tempat tinggalnya,” ungkapnya.

Lokasi kedua giat tracing dan testing Empat Pilar Kelurahan Ngaglik bertempat di jalan Abdul Gani Kota, pada lokasi tersebut ada dua warga terkonfirmasi positif Covid-19, satu orang merupakan balita.

“Lokasi kedua tracing dan testing berada di jalan Abdul Gani Kota Batu dimana ada 2 orang warga terkonfirmasi positif Covid-19, satu orang merupakan balita,” katanya.

Temuan lokasi kedua ialah warga terkonfirmasi positif tersebut sudah melakukan isolasi mandiri di rumah sebelah tempat tinggalnya.

“Setelah didatangi kami lakukan tracing dan konfirmasi melalui Ketua Rt, Ketua Rw, Babinsa dan Satpam warga yang bersangkutan sudah melakukan isolasi mandiri di rumah sebelah tempat tinggalnya selama empat hari, akan melaksanakan swab PCR mandiri kembali sebagai pembanding dan untuk mengetahui kondisi riil kesehatannya. Sementara itu kondisi saat ini warga tersebut dalam keadaan sehat tanpa ada keluhan apa pun, semua dilaksanakan sesuai prosedur serta selama giat tracing dan testing warga yang bersangkutan sangat kooperatif mematuhi prosedur isoman di rumah,” paparnya.

Dalam giat tersebut bersama Babinsa, Perangkat Kelurahan Ngaglik dan Bidan Kelurahan menghimbau kepada warga masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kelurahan Temas untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 khususnya varian Omicron dengan menerapkan 6M, Mencuci tangan dengan air mengalir atau menggunakan Hand Sanitizer, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilisasi interaksi dan Menggunakan aplikasi Peduli Lindungi pada saat berada di ruang publik,” tutup Ari.