Antisipasi PMK, Polsek Kasembon Himbau Peternak Sapi Jaga Kebersihan Hewan dan Kandang

Polres Batu terus melakukan pemantauan dan monitoring terkait wabah penularan PMK (Penyakit Mulut Kuku) pada hewan termak

Seperti yang dilakukan Aipda Yose pribadi Kanit Bhabinkamtibmas Sat Binmas Polsek Kasembon bersama Brigadir Dian Eka Pamekas Bhabinkamtibmas Desa Kasembon melakukan monitoring langsung ke peternak sapi.

Kapolres Batu melalui Kapolsek Lasembon AKP. Guguk Windu Hadi mengatakan melaksanakan kegiatan patroli secara dialogis untuk menghimbau setta antisipasi wabah PMK kepada peternak sapi.

“Kita memberikan himbauan kepada Suroso salah satu pemilik peternakan sapi perah di Dusun Sanggrahan RT 3 RW. 2 Desa Kasembon” terang Kapolsek Kasembon Jumat (20/5/2022)

Saat berada di lokasi kandang, AKP Windu panggilan akrabnya juga menyampaikan dengan merebahnya PMK, dihimbau kepada peternak sapi untuk selalu menjagakebersihan hewan dan kandang ternak.

“Harus dilakukan penyemprotan Disinfektan di kandang, dan tidak melakukan mobilitas sapi yang keluar dan masuk ke Desa Kasembon” jelasnya.

Dan peternak diharap tidak perlu panik apabila ada ternak sapi yang terjangkit PMK, dan bisa langsung melaporkan kepada Bhabinkamtibmas dan petugas PPL dari Dinas Pertanian dan Peternakan.

Dan yang terpenting, peternak agar segera memisahkan hewan yang sakit (karantina) dengan hewan yg sehat.

Dalam pemantauan dan monitoring yang dilakukan Polsek Kasembon, untuk hewan ternak di wilayah Desa Kasembon saat ini masih dalam keadaan sehat tanpa ada gejala PMK.