Antisipasi Wabah PMK, Bhabinkamtibmas Kelurahan Songgokerto Batu Lakukan Edukasi dan Sosialisasi

Antisipasi Wabah PMK, Bhabinkamtibmas Kelurahan Songgokerto Batu Lakukan Edukasi dan Sosialisasi

Polres Batu – Bhabinkamtibmas Kelurahan Songgokerto Polsek Batu, Aipda Junaidy Salam melaksanakan kegiatan monitoring dan pengecekan hewan ternak sekaligus memberikan himbauan, edukasi dan sosialisasi antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pada Rabu (15/7/2022).

Kegiatan dilaksanakan oleh Aipda Junaedy Salam di Kandang ternak sapi milik Bapak Supadi di RT.5 RW.4 Kelurahan Songgokerto kecamatan Batu Kota Batu.

Adapaun hasil yang didapat, dari jumlah 10 ekor sapi yang berada dikandang bapak Supadi dalam keadaan sehat dan tidak ditemukan gejala atau ciri-ciri sapi yang terserang PMK.

“Sapi milik bapak Supadi semua sapi lokal (Sapi Jowo), bukan sapi yang didatangkan dari luar daerah. Sapi-sapi tersebut secara rutin mendapat pengawasan dari para petugas PPL dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Batu,” ujar Kapolsek Batu, AKP Endang Iriani Sangaji.

Dalam kegiatan tersebut juga, Aipda Junaedy menghimbau kepada pemilik ternak apabila menemukan ciri-ciri Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternaknya agar segera menghubungi Bhabinkamtibmas atau Posko PMK maupun dokter hewan yang ada. Serta selalu menjaga kebersihan kandang dan pakan untuk mencegah hewan ternak tertular penyakit.

“Kami selalu berpesan agar peternak tidak menerima atau membeli hewan ternak sapi dari daerah lain, terus lakukan koordinasi dengan petugas PPL dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Batu untuk memastikan sapi dalam keadaan sehat,” lanjut Kapolsek Batu.

Selain itu Bhabinkamtibmas selalu proaktif bersinergi dengan instansi terkait guna mencegah penyebaran penyakit PMK di wilayah Kota Batu.