POLRES BATU LAUNCHING VAKSINASI PMK KE PETERNAK

Polres Batu – Launching Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak hewan dilaksanakan di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu pada Sabtu (25 /6/2022)

Acara Launching vaksinasi PMK ini di hadiri oleh Asisten 2 Kota Batu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kapolsek Bumiaji, Kapolsek Junrejo, Kapolsek Kota Batu, Para Danramili serta Camat dan perwakilan Kades Kota Batu, Perwakilan KUD Batu dan Perwakilan Kelompok Tani serta Relawan Tenaga Keswan.

Kapolres Batu melalui Kapolsek Junrejo Iptu Anton Hendry mengatakan bahwa vaksinasi PMK ini betul-betul bisa memberikan kepada peternak agar tidak panik, sehingga mampu meningkatkan imun hewan ternak.

“Penyerahan Vaksin dari Asisten 2 Pemkot Batu diberikan ke Keswan drh. Utami Kurniawati. Dan penyerahan Vaksin di lakukan di lokasi Kandang Komunal Kelompok Tani Gunung Harta di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu” terang Anton.

Sementara Kadis Pertanian Ir. Heru Yulianto menyampaikan bahwa wabah PMK ini tidak menular kepada manusia, tetapi manusia sebagai vektor dari virus PMK.

“PMK ini dapat dikendalikan dan PMK ini penyebarannya mirip seperti Covid-19
Alhamdulillah Vaksin PMK datang lebih cepat” katanya

“Sejumlah 12.500 dosis Vaksin PMK dibagikan. Untuk sapi perah memdapatkan 12.000 dan 500 dosis untuk sapi potong” jelasnya.

Heru berharap, dalam waktu 2 Minggu diharapkan vaksin tersebut sudah terdistribusi kepada peternak. “Diharapkan pertengahan bulan Juli sudah digunakan”.

Suntik vaksin PMK dilaksanakan sebanyak 3 kali pentahapan. Vaksin 1 diharapkan bisa selesai sampai tanggal 7 Juli 2022, dan Vaksin 2 dilaksanakan satu bulan kemudian. Sedangkan Vaksin 3 atau Booster dilaksanakan 6 bulan kemudian.