Jajaran Polsek Junrejo Lakukan Pendampingan Vaksinasi PMK Hewan Ternak

Jajaran Polsek Junrejo Lakukan Pendampingan Vaksinasi PMK Hewan Ternak

Polres Batu – Jajaran Polsek Junrejo Polres Batu lakukan pemantauan dan Pendampingan Vaksinasi terhadap sejumlah pemilik hewan ternak sapi di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu, sebagai antispasi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan melalui Kapolsek Junrejo Iptu Anton Hendry S,S.H.menerangkan, pemantauan dan pendampingan vaksinasi ternak sapi yang dilakukan jajarannya terkait langkah yang harus diambil pemilik peternakan guna menekan PMK.

“Apalagi saat ini sudah mendekati Idul Adha, sehingga pengawasan dan pendampingan vaksin ternak ini, sehingga diharapkan mampu menekan penyebaran wabah PMK di wilayah Kota Batu,” ujar Iptu Anton Hendry, Selasa (28/6/2022)

Dikatakan Anton, Pemerintah daerah Kota Batu dan Kementerian Pertanian telah meluncurkan program vaksinasi perdana ini guna menekan penyebaran virus PMK pada ternak sapi, kerbau dan kambing.

Kegiatan vaksinasi ini dilakukan secara bertahap terhadap ternak yang sehat dan wilayah yang tidak pernah terkena wabah PMK. Sedangkan untuk ternak yang terkena PMK hanya dilakukan pengobatan.

“Ternak sakit hanya dilakukan pengobatan, dan ternak yang sehat yang diberikan vaksin,” katanya.

Berdasarkan data, jumlah ternak sapi di Dusun Caru Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu sebanyak 30 ekor sapi, dan sampai saat ini tidak di temukan sapi sakit yang mengarah ke PMK sehingga dapat di vaksin keseluruhan.