Cegah Penyebaran PMK, Polres Batu Gencarkan Penyemprotan Disinfektan

Cegah Penyebaran PMK, Polres Batu Gencarkan Penyemprotan Disinfektan

Polres Batu – Menjelang perayaan hari raya Idul Adha, Polres Batu dalam hal ini Polsek Kasembon Kota bekerja sama dengan Dinas terkait menggencarkan penyemprotan disinfektan kepada hewan guna mengantisipasi penyebaran wabah PMK pada hewan ternak khususnya hewan sapi. Sabtu, (9/7/2022).

Kapolres Batu AKBP, I Nyoman Yogi Hermawan melalui Kapolsek Kasembon, AKP Guguk Windhu Hadi menjelaskan bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan terhadap hewan ternak di wilayah Kecamatan Kasembon dilakukan secara kontinyu dan bekerjasama dengan instansi terkait guna memastikan kandang maupun hewan ternak dalam keadaan bersih, sehat dan baik.

“Sesuai perintah dan arahan bapak Kapolres Batu, kami bersinergi dengan aparat terkait dan juga potensi yang ada di masyarakat untuk berkolaborasi dan selalu berkoordinasi untuk meningkatkan sinergitas guna mengantisipasi wabah PMK,” jelas AKP Windhu.

Lebih lanjut Kapolsek Kasembon menjelaskan bahwa selain aktif menggalakkan patroli dan penyekatan, Polsek Kasembon bekerja sama dengan Dinas terkait juga aktif memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang wabah PMK sehingga wabah PMK ini segera bisa diatasi dan tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat khususnya para peternak.

“Kami back up Dinas Pertanian dan Peternakan sebagai leading sektor dan kami kerahkan potensi yang ada untuk membantu dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh dinas Pertanian dan peternakan sehingga wabah PMK ini segera bisa diatasi,” lanjut AKP Windhu.

“Kami juga mengawasi secara ketat mobilisasi hewan ternak baik yang masuk maupun keluar dari wilayah kecamatan Kasembon yang merupakan wilayah perbatasan menjelang momen Idul Adha,” tutur Kapolsek Kasembon tersebut.

Diharapkan dengan proaktif dan sinergitas dengan Dinas terkait bisa meminimalisir penyebaran wabah PMK di wilayah kecamatan Kasembon.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat maupun peternak untuk tidak panik dan selalu menjaga kebersihan kandang hewan ternak serta segera melaporkan kepada petugas jika ada hewan ternak yang mengalami gejala penyakit PMK sehingga sesegera mungkin dilakukan langkah-langkah pengobatan maupun pencegahan,” pungkasnya.