Basmi PMK, Polsek Junrejo dan Tim Vaksinator Datangi Desa Junrejo

Basmi PMK, Polsek Junrejo dan Tim Vaksinator Datangi Desa Junrejo

Polres Batu – Upaya penanganan mengatasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak terus gencar dilakukan oleh Polres Batu. Giat monitoring dan pendampingan Tim Vaksinator hewan ternak sapi yang ada di wilayah hukum Polres Batu.

Saat ini Polsek Junrejo bersama Tim Vaksinator PMK ke Desa Junrejo melaksanakan vaksinasi bagi hewan ternak sapi yang berlokasi di Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu, Rabu (3/8/2022).

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin melalui Kapolsek Junrejo Iptu Anton Hendry Subagiyo terus menekankan kepada anggota yang tergabung dalam Tim Vaksinator maupun jajaran Bhabinkamtibmas untuk terus mengawal pelaksanaan vaksinasi hewan ternak guna membasmi wabah PMK di wilayah hukum Polres Batu.

“Kami berharap wabah PMK ini enyah dari wilayah hukum Polres Batu,” ucap Iptu Anton.

Giat ini dihadiri oleh Drh. Wulan beserta Tim (RPH Kota Batu), Ketua BPBD bersama Tim, Perangkat Desa Junrejo, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Dokes Polres Batu, PPL Desa Junrejo, dan Pemilik ternak sapi.

“Vaksin PMK untuk sapi membutuhkan tiga kali vaksinasi. Tahap pertama sudah dilakukan pada Juni 2022, kemudian vaksin tahap 2 diberikan kepada sapi-sapi setelah 1 bulan. Sedangkan tahap ketiga akan diberikan setelah enam bulan pemberian vaksin kedua,” Kata Kapolsek Junrejo.

Adapun jenis vaksin yang digunakan adalah Aftopor. Vaksin PMK di Desa Junrejo ini dengan dosis ke 1 total ada 23 ekor, vaksin dosis ke 2 total 134 ekor.

Disampaikan, sapi yang menjadi sasaran vaksinasi, di antaranya sapi yang sehat tidak dalam kondisi sakit atau yang sudah sembuh dari PMK, kemudian sapi yang masa hidupnya masih panjang, bukan sapi yang akan dipotong, dan usia sapi yang sudah bisa divaksin.

“Dalam giat ini tidak di temukan sapi sakit yang mengarah ke PMK, dan bisa di vaksin keseluruhan. Dan himbauan kami, apabila kedapatan ada hewan ternaknya yang terindikasi terjangkit PMK, agar segera melapor ke Babinkamtibmas atau petugas terkait. Dan giat ini berlangsung aman, lancar serta kondusif,” pungkas Iptu Anton.