Tetap Antisipasi PMK, Petugas Lakukan Pemeriksaan SKKH di Pos Pam Songgokerto

Tetap Antisipasi PMK, Petugas Lakukan Pemeriksaan SKKH di Pos Pam Songgokerto

Polres Batu – Petugas dan Satgas PMK di wilayah hukum Polres Batu seolah tiada henti-hentinya dalam menjalankan tugas untuk penanggulangan wabah Penyakit Mulut Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Selain terus berupaya mempercepat program vaksinasi tahap kedua yang dilakukan Tim Vaksinator yang menyasar ke desa-desa, petugas Kepolisian dan Satgas PMK juga tetap memantu pergerakan lalu lintas pengendara muat hewan ternak yang akan keluar atau masuk wilayah Kota Batu.

Seperti terlihat dalam pantauan media, petugas dari jajaran anggota Polsek Batu Polres Batu melaksanakan pemantauan dan pemeriksaan Surat Keterangan Keaehatan Hewan Ternak (SKKH) yang keluar atau masuk dengan menggunakan kendaraan yang melewati Pos PMK Kelurahan Songgokerto Kecamatan Batu Kota Batu, Senin (8/8/2022) malam.

“Untuk antisipasi dalam rangka memutus mata rantai wabah PMK, serta mencegah adanya hewan ternak PMK yang memasuki Kota Batu. Anggota Pos Pam bersama Satgas PMK terus melaksanakan pemantauan dan pemeriksaan kendaraan yang mengangkut hewan ternak terkait SKKH” tetang Kapolsek Batu AKP Endang Iriani Sangaji mewakili Kapolres Batu.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek tetap menghimbau kepada masyarakat dan blantik, apabila akan membawa ternak sapi keluar daerah, harus melengkapi SKKH dan kondisi ternak juga harus benar-benar tidak terindikasi PMK.

“Hal ini penting dilakukan untuk memeriksa kelengkapan SKKH, agar wabah penyakit hewan yang belum juga tuntas ini tidak meluas dan menyebar ke daerah lain” ucapnya.