Polsek Junrejo Laksanakan Pemantauan Kendaraan Bermuatan Hewan Ternak

Polsek Junrejo Laksanakan Pemantauan Kendaraan Bermuatan Hewan Ternak

Polres Batu – Polres Batu tidak lelah dalam upaya mencegah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah hukum Polres Batu, kali ini Polsek Junrejo laksanakan giat pemantauan lalu lintas kendaraan bermuatan hewan ternak di Pos Pantau PMK depan Balai Desa Junrejo, Kota Batu, Kamis (11/8/2022) malam.

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin melalui Kapolsek Junrejo Iptu Anton Hendry menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya pencegahan diantaranya melakukan pengawasan terhadap lalu lintas hewan ternak, pelarangan masuk dan keluar hewan ternak dari daerah tertular wabah PMK.

Iptu Anton menambahkan, pelaksanaan pemantauan langsung di Pos Penyekatan PMK hewan ternak di Pos Pantau Balai Desa Junrejo, kita pastikan pengaturan lalu lintasnya agar kelancaran arus kendaraan tetap berjalan lancar. Serta melakukan pemeriksaan terhadap mobilitas hewan ternak yang akan keluar maupun masuk wilayah Junrejo dan Kota Batu,”.

“Kami berharap para personel yang bertugas di Pos Pantau dan penyekatan terus melakukan pengawasan, agar tidak ada penyebaran wabah PMK di wilayah hukum Polres Batu,” ucap Anton.

kegiatan penyekatan ini dengan proses memberhentikan kendaraan roda 4 dan dilakukan pemeriksaan serta kelengkapan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH), jika tidak lengkap, maka harus balik ke ketempat asalnya dan harus lapor ke petugas terkait.

“Saya harap ini benar-benar dicek, jangan hanya di jam-jam tertentu, tetap tegas tapi santun, jangan sampai ada satupun hewan terjangkit PMK yang lolos dari daerah lain yang masuk kesini,” ujar Iptu Anton.

Dalam kegiatan ini tidak ditemukan kendaraan yang bermuatan hewan ternak, dan berlangsung dengan aman serta kondusif, hal ini adalah langkah kita untuk mencegah wabah PMK di wilayah hukum Polres Batu.