Pilkades Aman dan Kondusif, Kapolres Batu Himbau Pemenang Tidak Uforia Yang Berlebihan

  Kota Batu – Pengamanan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di wilayab Kota Batu masih terus di lakuan pemantauan meskipun hingga berakhirnya rapat pleno perhitungan suara di masing-masing Desa berjalan lancar dan kondusif.

Tampak Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, bersama pejabat utama (PJU) Polres Batu memantau langsung rapat pleno rekapitulasu perhitungan suara di Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji hingga selesai.

“Untuk sampai dengan saat ini secara umum, ini Desa terakhir di Desa Bulukerto berjalan lancar dan tadi sudah penandatanganan berita acara untuk pelaksanaan rapat pleno. Malam ini 5 Desa Alhamdulillah semuanya berjalan aman dan lancar. Ucap Oskar Minggu (28/8/2022) malam.

Kapolres juga menyampaikan untuk personil khususnya yang mengamankan TPS masih berada di desa masing-masing. Hal ini untuk memastikan surat suara logistik aman di desa.

“Jadi pengamanan dari Polres dan TNI tetap melaksanakan pengamanan di Desa. Surat suara sudah dikumpulkan dari TPS-TPS sudah diamankan di Desa , saat ini dari personel pengamanan masih stanbay di desa” terangnya.

Pengamanan pilkades serentak di Kota Batu tetap dilakukan hingga kondisi benar-benar kondusif dan aman. “Kalau seandainya setelah penyerahan berita acara pelaporan ke BPD aman dan lancar, untuk pengamanan khususnya di Desa bisa kita tarik. Sambil memonitor sampai dengan pelantikan pada tanggal 11 Oktober”

Dengan keliling menggunakan motor, Kapolres Oskar memastikan bahwa dalam pelaksanaan pilkades di Kota Batu tidak ada kendala apapun di lapangan. Dari Kapolsek dan Bhabinkamtibmas memantau situasi perkembangan di wilayah tidak ada masalah.

“Tapi upaya-upaya patroli tetap kita laksanakan untuk cipta kondisi. Sehingga mungkin adanya calon-calon kades yang menang agar tidak melaksanakan uforia yang berlebihan. Kita pantau dan himbau agar tidak melaksanakan arak-arakan agar situasi tetap kondusif” ungkap Oskar

“Dari awal kita sampaikan saat sambang ke calon, sudah ada kesepakatan dari masing-masing calon untuk tidak melaksanakan arak-arakan. Secara persiasif tetap kita sampaikan kep pemenang untuk tidak melaksanakan arak-arakan karena memang sudah komitmen dari awal” pungkasnya.