Hari Kelima Ops Zebra Semeru , pelanggaran didominasi tidak memakai Helm saat berkendara

Polres Batu – Operasi Zebra Semeru 2022 yang telah digelar sejak Senin (3/10/2022), dan menjaring sejumlah pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.Salah satu titik operasi berlangsung di sekitar kawasan Alun alun Kota Batu. Di sana paling banyak ditemukan pelanggaran pengendara motor tak memakai helm berstandar SNI.

 

Ada pula orangtua yang juga membonceng anaknya tanpa helm. Pengendara lain juga ikut ditertibkan, dalam giat tersebut.Mereka yang melanggar disetop oleh jajaran Satlantas Polres Batu lalu dibawa ke sisi jalan untuk diberikan sosialisasi terkait tata tertib berlalu lintas. Jumat (7/10/2022)

 

Dalam operasi Zebra di hari ke Lima ini, Satlantas Polres Batu memberikan teguran dan sosialisasi kepada pelanggar. Sebanyak 21 pelanggar roda 2 telah dilakukan pendindakan simpatik karena tidak memakai Helm.

 

“Tentunya kami bertahap untuk melakukan penindakan, pertama kita imbau kepada masyarakat pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat. Untuk penindakan nanti kita bertahap,” ujar Kanit Tujawali Satlantas Polres Batu Ipda M Huda Rohman .

 

Kasat Lantas Polres Batu AKP Lya Ambarwati mengatakan, operasi tersebut akan dilaksanakan selama dua pekan ke depan hingga 16 Oktober 2022, dan menyasar 7 pelanggaran lalu lintas antara lain:

 

Pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara, Pengemudi atau pengendara ranmor yang masih dibawah umur, Pengemudi yang berboncengan lebih dari satu orang, Pengemudi atau pengendara ranmor tidak menggunakan helm SNI / tidak menggunakan safety belt, Pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh alkohol, Pengemudi atau pengendara ranmor melawan arus dan Pengemudi atau pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan.