552 Personel Siap Amankan Natal dan Tahun Baru 2023 di Kota Batu

552 Personel Siap Amankan Natal dan Tahun Baru 2023 di Kota Batu

Polres Batu – Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin memastikan kesiapan Polres Batu Polda Jatim dalam mengamankan Natal dan Tahun Baru 2023 pada saat melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2022 di Alun-alun Kota Wisata Batu, Kamis (22/12/2022).

AKBP Oskar menyampaikan bahwa, kegiatan hari ini Kamis 22 Desember 2022 yaitu Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2022 mulai tanggal 23 Desember 2022 sampai tanggal 2 Januari 2023.

“Kegiatan hari ini yaitu Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Semeru 2022, jadi kegiatan ini untuk kesiapan pengamanan perayaan Natal dan perayaan malam tahun baru, kami melaksanakan pengecekan akhir baik dari kesiapan personel, sarana dan prasarana sehingga pada pelaksanaannya nanti mulai dari tanggal 23 Desember 2022 sampai tanggal 2 Januari 2023 dapat berjalan dengan lancar,” ujar AKBP Oskar.

Sebanyak 552 personel gabungan TNI-Polri serta Ormas disiapkan untuk mengamankan Natal dan tahun baru 2023.

“Untuk personel Polri kami siapkan sebanyak 240 personel dibantu dari TNI, Pemkot Batu, Instansi terkait serta Ormas keseluruhan sebanyak 552 personel, nantinya ada empat kegiatan atau empat prioritas yaitu perayaan Natal di gereja wilayah hukum Polres Batu, lokasi wisata, jalur arus lalu lintas kendaraan bermotor dan antisipasi bencana alam,” ungkapnya.

Selain pengamanan perayaan Natal terdapat potensi gangguan perlu diwaspadai seperti kemacetan lalu lintas yang diantisipasi dengan menerapkan rekayasa lalu lintas pada jalur atau titik kemacetan lalu lintas.

“Rekayasa lalu lintas kami terapkan pada titik atau lokasi yang kami nilai berpotensi kemacetan kendaraan bermotor cukup tinggi, namun secara umum untuk jalur alternatif kendaraan yang masuk dan keluar Kota Batu akan kami atur untuk rekayasa lalu lintasnya,” ucap AKBP Oskar.

Kepadatan arus lalu lintas maupun wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu terjadi pada tanggal 24 dan 30 Desember 2022.

“Kepadatan arus lalu lintas maupun wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu kami prediksi terjadi pada tanggal 24, 25 kemudian tanggal 29 dan 30 Desember 2022,” katanya.

Polres Batu berkerjasama dengan Pemkot Batu menyiapkan 1 Pos Pelayanan, 7 Pos Pengamanan dan 12 Pos Pantau dalam rangka mengamankan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Kami menyiapkan 1 Pos Pelayanan, 7 Pos Pengamanan dan kurang lebih 12 Pos Pantau yang kami tempatkan di lokasi tertentu untuk memudahkan masyarakat apabila ada hal-hal yang membutuhkan kehadiran Polri maupun kehadiran Instansi terkait lainnya,” terang AKBP Oskar.

Selain potensi gangguan kemacetan lalu lintas, Polres Batu Polda Jatim telah menyiapkan antisipasi pengamanan potensi ancaman terorisme seperti kejadian di Polsek Astana Anyar, Bandung.

“Kami menyiapkan antisipasi ancaman terorisme dengan melakukan deteksi dini dari fungsi intelejen, koordinasi serta kerja sama dengan Polda Jatim dan pemantauan langsung dari Densus 88/AT untuk mengantisipasi pergerakan dari kelompok radikal,” pungkasnya. (Pram/Hms).