Dengar keluhan PKL, Jum’at curhat Polres Batu gayeng dengan pedagang

Polres Batu- Guna mengakomodir setiap setiap keluhan masyarakat dalam menjaga Keamanan dan ketertiban masyarakat, Kepala Kepolisian Resor Batu AKBP Oskar Syamsuddin melaksanakan kegiatan Jum’at Curhat bersama Paguyuban PKL Pasar Relokasi Batu. Jumat (13/1/23).

Kapolres Batu bersama Pejabat Utama duduk bersama dengan para perwakilan pedagang Kaki Lima eks.Unit III pasar Lama sekitar 10 orang.

Dalam diskusi tersebut tersebut Bpk Budi ( perwakilan PKL) menyampaikan informasi/keluhan sbb:

1. Bahwa selama ini pkl sepanjang jalan sultan agung yg berjumlah 26 orang
menceritakan terkait masalah awal mula kebakaran yaitu dari lalainya salah satu pedagang yg lupa menyalakan watter hiter dan ditinggal pulang krn listrik padam akhirnya ketika listrik hidup terjadi over heat dan memicu munculnya api.

2. keluhan kedua adalah akan sepinya pembeli dari kebanyakan pedagang karena kurang representatifnya tempat mereka berjualan yg notabene berada di atas trotoar

3. Keluhan berikutnya permasalahan soal parkir sepanjang jl sultan agub, yg sempat tarik ulur dengan dishub karena sering terjadi kecelakaan. Pihak pedagang minta dikasih rambu atau speed trap dan papan himbauan bahwa ada pasar sehingga para pengemudi bisa mengurangi kecepatan .

4. Keluhan berikutnya pedagang mengungkapkan untuk pindah pasar baru mereka hanya dpt lokasi berukuran 1.5×2 M tanap kelengkapan (meja, kursi , rombong) sehingga mereka harus juga memikirkan kembali untuk membeli perlengkapan secara pribadi walaupun mereka mempunyai uang kas namun tidak akan bisa mengcover kebutuhan tersebut.

5. Keluhan berikutnya terkait adanya 2 kubu PKL yang terjadi, Bpk. Budi mengajak kubu yg lain agar bisa bergabung kepada Kubu mereka yg sudah diakui Oleh Pemkot dan sudah berakte notaris sehingga nantinya bisa mendapatkan jatah tempat di pasar Induk Yg baru.

Terkait informasi dan keluhan tersebut Kapolres batu akan melaksanakan langkah langkah koordinasi dengan instansi terkait untuk menindaklanjutinya.

” Kami akan berkoordinasi dengan Dinas terkait untuk menindaklanjut keluhan para pedagang termasuk Penambahan/pemasangan speed trap/garis kejut sebelum persimpangan dan menempatkan anggota Lalu lintas disepanjang jl. Sultan Agung untuk meminimalisir kecelakaan Polres juga akan menggiatkan Unit Sabhara guna melaksanakan patroli di sekitar daerah pasar relokasi, ” Ujar Kapolres.

“Pada Prinsipnya Polres Batu siap memberikan pelayanan kepada masyarakat , upaya preventif dilakukan secara maksimal demi tercapainya Harkamtibmas,” pungkas Oskar .