Bersama Muspika, Kapolsek Ngantang Cek Tanah Gerak di Dusun Ganten

Bermula pada hari Selasa tanggal 28 Februari 2023 Tepatnya pukul 22.00 WIB telah terjadi hujan lebat disertai angin kencang yang mengakibatkan rumah Sdr. Supii RT 22 RW 9 Dusun Ganten Desa Tulungrejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang mengalami keretakan.

 

Setelah melaporkan kepada Kasi perangkat desa kemudian dicek ada kurang lebih 16 (enam belas) rumah yang mengalami kerusakan terdiri dari 4 (empat) rumah mengalami kerusakan berat dan 12 (dua belas) rumah mengalami kerusakan ringan.

Karena kejadian tersebut warga yang mengalami kerusakan di rumahnya melaporkan ke Muspika wilayah Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Dan pada hari ini Jum’at tanggal 3 Maret 2023 Kapolsek Ngantang AKP Hanis Siswanto bersama dengan Muspika Ngantang melaksanakan pengecekan atas peristiwa yang terjadi di Dusun Ganten Desa Tulungrejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.

 

“Akibat dari tanah gerak ini, 16 (enam belas) rumah terdiri dari 4 (empat) rumah mengalami kerusakan berat dan 12 (dua belas) rumah mengalami kerusakan ringan. Kerusakan tersebut ada yang dindingnya retak hingga lantainya ambles,” jelas AKP Hanis.

 

Hal ini juga dibenarkan oleh Pejabat Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Malang, Bapak Isa Anshori.

 

“Benar mas, ada yang lebih parah yaitu dua rumah salah satunya dindingnya retak dan lantainya porak-poranda akibat retak, serta ambles hingga 30 centimeter,” terang Anshori.

 

Saat ini dua warga yang rumahnya rusak parah akibat tanah gerak sudah pindah ke rumah anaknya dan saudaranya.


Kapolsek Ngantang juga berpesan kepada warga yang masih tinggal agar segera keluar dari rumah dan mencari tempat aman apabila terjadi hal yang sama dan juga harus segera menghubungi Muspika setempat.

 

Kami menghimbau agar segera keluar dari rumah dan mencari tempat aman apabila terjadi peristiwa tanah gerak dan juga jangan lupa untuk segera menghubungi kami dan kalau bisa untuk sementara bisa tinggal dengan saudaranya yang punya tempat lebih aman,” tambah Kapolsek Ngantang.

Pemerintah Kabupaten Malang melalui BPBD Kab. Malang, Kapolsek Ngantang, Danramil Ngantang dan Camat Ngantang memberikan bantuan berupa sembako dan terpal kepada warga yang terdampak.