Pastikan Aman, Kapolres Batu Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbir Dan Perayaan Idul Fitri 1444 H

Polres Batu – Sore ini Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. memimpin pelaksanaan Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbir dan Perayaan Idul Fitri 1444 H bertempat di Balaikota Among Tani Kota Batu, Jum’at (21/4/2023).

Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbir dan Perayaan Idul Fitri 1444 H ini dihadiri oleh PJ Walikota Batu Drs. Aries Agung Paewai, S.STP., M.M., Wakapolres Batu beserta PJU, Pabung 0818 Malang Batu, Kajari Kota Batu, Ketua DPRD Kota Batu, Ka Dishub Kota Batu, Ka Satpol PP Kota Batu, Ka BPBD Kota Batu, Ka Dinkes Kota Batu, Ka Kemenag Kota Batu, Para Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan tokoh Masyarakat Kota Batu.

Adapun peserta apel terdiri dari 1 SSR TNI AD dari Kodim 0818 Malang – Batu, 2 SSR Tim Urai/Lantas, 1 SSR Pos Pam, 1 SSR Ton Siaga, 1 SSR Gakkum dan Lidik, 1 SSR Dishub, 1 SSR Satpol PP, 1 SSR BPBD dan Dinkes, 1 SSR Banser dan Pemuda Pancasila, 1 SSR RAPI dan ORARI dan 1 SSR SENKOM dan BRANTAS.

Dalam sambutannya Kapolres Batu menyampaikan bahwa Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbir ini merupakan bentuk pengecekan kesiapan personel maupun sarana prasarana. dengan demikian, diharapkan pengamanan malam takbir dan perayaan idul fitri 1444 h di wilayah jawa timur khususnya di kota batu dapat terselenggara secara optimal dengan harapan situasi kamtibmas selama perayaan idul fitri 1444 h dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Salah satu kegiatan yang perlu kita antisipasi bersama adalah takbir keliling yang dikhawatirkan dapat menimbulkan gangguan kamtibmas, seperti bentrok antar warga, penggunaan petasan serta menimbulkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

“Oleh karena itu perlu dilakukan upaya preemtif dan preventif dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait hal – hal yang dapat terjadi saat kegiatan takbir keliling, sehingga kita perlu menghimbau masyarakat untuk melaksanakan kegiatan takbiran di Masjid, Musholla dan tempat ibadah lainnya,” terang AKBP Oskar.

 

“Selain itu beberapa hal yang yang menjadi atensi dalam kegiatan pengamanan ini antara lain pengamanan tempat ibadah, pusat perbelanjaan, lokasi wisata, jalur tol/arteri dan pusat keramaian lainnya serta yang lebih penting aspek keselamatan personel pengamanan juga harus menjadi perhatian dengan melaksanakan pendampingan personel oleh personel bersenjata (buddy system),” imbuhnya.

“Perlu saya ingatkan , bahwa keberhasilan pengamanan ini merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita laksanakan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. Saya yakin, dengan sinergisitas dan soliditas yang baik, maka masyarakat dapat melaksanakan rangkaian perayaan idul fitri dengan khidmat dan penuh suka cita,” tutup Kapolres Batu.