BENTUK KERUKUNAN UMAT BERAGAMA, PECALANG DAN UMAT NASRANI BANTU POLRI AMANKAN SHOLAT IED

Kota Batu – gema takbir berkumandang , Ribuan warga Kota Batu melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 H di Masjid masjid yang tersebar di wilayah Kota Batu serta tempat tempat yang digunakan untuk melaksanakan sholat selain masjid. Seperti kali ini , ratusan jamaah hadir memenuhi lapangan Mapolres Batu untuk bersama sama  melaksanakan Sholat Ied. Sabtu ( 21/4/23)

Dengan penjagaan Polisi, Masyarakat sekitar Polres Batu pun berbondong bondong memenuhi lapangan baik Orang Tua , laki laki, perempuan , anak anak datang sejak pagi hari ada yang berjalan kaki dan ada yang menggunakan Truck yang telah disediakan oleh Polres Batu.

Kapolres Batu AKBP oskar Syamsuddin bersama para Pejabat Utama juga turut hadir ditengah-tengah warga masyarakat untuk melaksanakan Sholat Ied sambil mengumandangkan Takbir diikuti Jamaah yang sudah duduk di Shof nya masing-masing,

Di pintu masuk Polres Batu, terlihat para petugas berjaga sambil mengingatkan para Jamaah untuk tetap menjaga ketertiban demi kelancaran peleksanaan Sholat .

Namun ada sedikit yang unik , sebagai bentuk wujud kerukunan umat beragama di Kota Batu yang terjalin dengan kuat, Polisi Adat Bali ( Pecalang ) serta tokoh pemuda umat Nasrani dari YPPII ( Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia ) dan BKSG ( Badan Kerjasama Gerejawi Kota Batu ) Nampak hadir berbaur dengan Anggota Polri yang mengamanken kegiatan Sholat Ied.

Menurut Kasat Binmas Polres Batu AKP Dwi Jatmiko, kehadiran mereka memang spontanitas sebagai bentuk kepedulian dan kerukunan antar Umat Beragama.

“Mereka hadir memang spontan dan memberikan contoh kepada kita semua bahwa keberagaman itu memang ada namun tidak harus menimbulkan perpecahan, “ ujar Dwi

Sebelumnya, Kapolres Batu melalui Kasi Humas AKP Untung Siswanto menerangkan bahwa pelaksanaan Sholat Ied ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan ini tahun pertama setelah Pemerintah melonggarkan aturan penggunaan masker di tempat umum.

“Mari kita sambut hari kemenangan inidengan penuh kebahagiaan dan penuh rasa Syukur untuk kembali ke Fitrah manusia serta mengucapkan hati untuk menjadi pribadi-pribadi yang Akhlakul Kharimah,” sambung Untung

Khatib dalam pelaksanaan Sholat Ied di Mako Polres Batu kalo ini adalah KH. Hafid Murtadi , selaku Bilal adalah Bripda Bikhar, anggota Bagian Sumda Polres Batu


Tema yang diangkat dalam Sholat Ied kali ini adalah Dengan Hikmah Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri , kita tingkatkan kualitas Iman serta taqwa dalam rangka menanamkan kejujuran dan kedisiplinan guna mewujudkan Polri PRESISI.

“Tak lupa saya juga mengingatkan kepada kita semua, kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT setelah sebulan kita digembleng melaksanakan Puasa ramadhan,” pungkas KH. Hafid Murtadi.