Cegah Laka Lantas, Kasat Lantas Polres Batu Tutup Sementara Jalur Klemuk

  

Polres Batu – Jalur Klemuk Jalan Rajekwesi merupakan Jalan alternatif Kota Batu – Pujon, Kabupaten Malang, pada hari Selasa (16/5/2023) sekitar pukul 17.00 WIB kembali memakan korban yang diakibatkan truk bermuatan sapi mengalami rem blong saat melintas turunan tajam tersebut, Kamis (18/5/2023).

Untuk mencegah terjadinya laka lantas yang serupa, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. meminta kepada Kasat Lantas Polres Batu AKP Lya Ambarwati, S.I.K. untuk koordinasi dengan Dinas Perhubungan setempat agar melaksanakan peninjauan kembali terkait rambu – rambu larangan untuk kendaraan berat dari arah Pujon ke Batu.

Kapolres Batu juga menghimbau agar jalur Klemuk untuk sementara waktu ditutup bagi kendaraan berat yang akan melintas. Sehingga perlu diadakan rekayasa Lalu Lintas agar masyarakat memahami dan tidak melintasi jalur Klemuk sampai terpasangnya Portal dan Jalur Keselamatan.

“Kami berharap kejadian Laka Lantas kemarin yang terjadi tidak akan terulang lagi, untuk mengantisipasi hal tersebut, sementara waktu apabila ke arah Kota Batu, sampai pemasangan Portal dan Jalur Keselamatan belum selesai kami himbau untuk kendaraan berat dan sejenisnya agar tidak melewati jalur klemuk, sampai dibuat jalur penyelamatan yang benar-benar bisa dijadikan standart,” terang AKBP Oskar.

Kasat Lantas Polres Batu Bersama Dinas Perhubungan Kota Batu langsung meninjau lokasi pintu masuk jalur Klemuk untuk mengambil Langkah – Langkah rekayasa Lalu Lintas dalam rangka penutupan sementara jalur tersebut.

“Penutupan itu dilakukan karena akan ada perbaikan pada palang pembatas agar kendaraan besar seperti truk dan sejenisnya tidak melintas di jalur berbahaya tersebut.

Dari Dinas Perhubungan sekarang sedang mempersiapkan untuk perbaikan portal (palang pembatas). Sebelumnya sudah dipasang tapi berjalannya waktu rusak makanya harus diperbaiki,” terang AKP Lya.