Peringati Hari Bhayangkara Ke – 77, Kapolres Batu Gelar Sabers Pungli

Polres Batu – Pagi ini (12/6) Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. menggelar kegiatan “Sabers Pungli” (Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali) yang dilaksanakan secara serentak se – Kota Batu. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke – 77 dan memperingati hari lingkungan hidup sedunia tahun 2023.

Kegiatan tersebut diawali dengan apel Sabers Pungli yang dipimpin oleh PJ walikota Batu dan turut dihadiri oleh Kapolres Batu, Dandim 0818 Malang – Batu beserta Forkopimda Kota Batu dan PJU Polres Batu. Adapun peserta apel terdiri dari 3 SST TNI, 3 SST Polri, 1 SST DISHUB, 1 SST Satpol PP, 1 SST BPBD dan Dinkes, 1 SST Ormas, 1 SST Pramuka dan 1 SST dari Mahasiswa. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Halaman Parkir JTP 3 Jl. Ir Soekarno No. 112 Kec. Junrejo Kota Batu.

Setelah melaksanakan apel, panitia membagi titik-titik yang menjadi tanggung jawab masing-masing kelompok. Para peserta lantas bergegas menuju spot yang sudah ditentukan. Dalam pelaksanaannya dapat dilihat semangat dan sikap gotong royong masing-masing peserta, mereka bahu membahu untuk membersihkan baik sampah organik seperti rumput dan ranting kayu  maupun sampah anorganik seperti plastik dsb.

Bahkan pada kesempatan kali ini Kapolres Batu turun tangan langsung untuk membantu membersihkan dan mengangkut sampah yang sudah dibersihkan. Yang unik pada momen ini adalah jarak dasar sungai dengan permukaan jalan yang cukup tinggi, sehingga anggota harus menuruninya menggunakan tangga. Kapolres Batu sendiri membantu menaikkan sampah yang sudah dibersihkan dari dasar sungai menggunakan tali untuk kemudian diangkut oleh petugas kebersihan.

Kapolres Batu menyampaikan kepada awak media bahwa, kegiatan ini sungguh positif pasalnya seperti yang kita ketahui juga beberapa hari terakhir Kota Batu dilanda curah hujan yang lumayan deras. Sehigga kegiatan ini dapat meminimalisir terjadinya banjir akibat air yang terbendung oleh sampah.

“Kita sama-sama tahu beberapa hari terkahir turun hujan deras kan, ini merupakan salah satu kegiatan positif yang mampu meminimalisir banjir. Selain itu Kota Batu sebaga ikon Kota Wisata akan lebih indah jika terbebas dari sampah, jangan sampai masyarakat menjadi enggan dating akibat lingkungan yang kotor”, Terng Kpolre Batu.