Serahkan Hewan Kurban, Kapolres: Bentuk Keikhlasan Wujudkan Personel yang Presisi

Kota Batu – Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin secara simbolis menyerahkan 5 hewan kurban sapi dan 27 herwan kurban Kambing dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 10 Zulhjjah 1444 H di area parkir Masjid Roudlotul Amni Polres Batu,  Kamis (29/6/2023).

“Kita telah bersama-sama melaksanakan rangkaian kegiatan Hari Raya Idul Adha mulai dari Salat Ied dan selanjutnya baru saja kita melaksanakan penyerahan hewan kurban,” kata Oskar dalam kegiatan tersebut.

Penyerahan hewan kurban ini, dikatakan Oskar, merupakan bentuk keikhlasan dan pengabdian dari seluruh personel Korps Bhayangkara kepada bangsa, negara dan masyarakat, untuk mewujudkan Polri yang Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan (Presisi).

“Tentunya ini semua kita lakukan sebagai bentuk keimanan, ketulusan dan keikhlasan. Sebagaimana tema dan nilai-nilai pengorbanan serta keikhlasan, sehingga ini juga diharapkan bisa menjadi bentuk pengabdian personel, untuk mewujudkan Polri yang Presisi,” ujar Oskar

Kapolres mengatakan, nantinya daging hewan kurban ini akan disalurkan kepada masyarakat, Masjid dan beberapa pondok pesantren (ponpes) yang ada di sekitar Mapolres Batu.

Oskar menyebut, perayaan Idul Adha tahun ini berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun kemarin yang masih dalam Pandemi Covid-19 namun sekarang setelah Pemerintah mencabut status pandemi, Idul Adha tahun ini menjadi meriah namun tidak mengurangi esensi dan kehidmatan dalam menjalankan ibadah.

“Dimana memang kegiatan di tahun ini tentunya sedikit berbeda dengan tahun lalu,dua tahun lalu kita masih menerapkan prokes yang ketat dan SOP penanganan penyakit PMK namun sekarang sudah kita longgarkan” ucap eks Kasat Lantas Polres Batu ini.

Lebih dalam, Oskar menekankan bahwa penyaluran hewan kurban Idul Adha ini paling terpenting adalah sebagai wujud rasa syukur, mengenang keteladanan Nabi Ibrahim AS dan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Menurut Oskar, Idul Adha ini juga akan direfleksikan oleh seluruh personel Kepolisian untuk terus semangat dalam menjalankan tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat Indonesia sesuai tema “ Idul Adha Meningkatkan Nilai – nilai Kepatuhan dan Moralitas Guna Mewujudkan Polri yang PRESISI”.